Men acquire a particular quality by constantly acting in a particular way.

By Aristotle

Pengkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Pengkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Hello World

Medan, 2 Juni 2016

Kemana 1 hari di Medan? Kalau cuma 1 hari di Medan maka yang bisa dikunjungi ialah wisata di daerah Kota Medannya, tidak bisa mengunjungi tempat di luar Medan. Lupakan Brastagi, lupakan mandi air belerang di Sidebu-debu, lupakan Danau Toba karena butuh setidaknya 5 jam perjalanan, lupakan juga wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, juga lupakan melihat gajah di Tangkahan, lupakan melihat orang Utan di Taman Nasional Leuser atau lupakan juga Air Terjun Sipiso-piso. Lalu jika semua tujuan wisata Menarik Medan dan sekitarnya dilupakan kemana dong di Medan?

Jika hanya ada satu hari di Medan maka bisa melakukan tur ke wisata Medan. Kegiatan yang bisa dilakukan 24 jam di Medan

1. Mengunjungi wisata Medan

Setidaknya ada wisata utama Medan yang bisa dikunjungi yaitu Masjid Raya Medan sebagai landmark Kota Medan, Istana Maimun, Penangkaran asam Kumbang, Tjong Afie di daerah Kesawan Medan, Wild Museum Rahmat, Vihara Cemara Asri, vihara gereja “Graha Bunda Maria Annai Velangkanni” atau sekedar main di Mall. Mall di Medan cukup banyak dengan beberapa pilihan Sun Plaza, Centre Point di Jalan Timor Blok H, Hermes Palace Polonia, Thamrin Plaza Medan dan masih banyak lagi.

Untuk memulai tur di Medan bisa dimulai dari Masjid Raya Medan pagi-pagi kemudian bisa melanjutkan ke Istana Maimun karena dua lokasi wisata Medan ini saling berdekatan. Selanjutnya pas siang hari bisa mencoba kuliner di area Dr. Mansyur USU karena di wilayah mahasiswa banyak makanan murah meriah dan enak. Nah lanjutlah tur berikutnya ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang untuk melihat koleksi Buaya dari berbagai umur. Lalu malamnya bisa wisata kuliner di Medan yang salah satunya di Kampung Keling Medan dekat Sun Plaza atau sering disebut dengan wisata kuliner malam di Jalan Pagaruyung Kampung Keling Medan.

Atau bisa juga dengan pilihan lain yaitu pagi-pagi ke gereja yang bangunnya berbentuk Vihara Graha Bunda Maria Annai Velangkanni kemudian lanjut ke Vihara Cemara Asri dan sorenya bisa ke Wild Museum Rahmat.

Apapun pilihannya tergantung minat dan yang dicari apa di Medan. Jika suka bangunan tua maka jangan lewatkan area Kesawan hingga ke area Stasiun karena banyak bangunan zaman kolonial. Jika suka museum ada dua pilihan Museum Sumatera Utara dengan isinya seluk beluk ras di Sumatera Utara atau bisa melihat koleksi hewan yang diawetkan di Wild Museum Rahmat Gallery, papanya artis Raline Shah. Buat penyuka alam bisa melihat Danau Linting atau ke Brastagi adri pagi tapi waktunya harus padat dan bisa melihat pasar buah Brastagi. Nah jika suka dengan wisata budaya bisa mengunjungi Masjid, Isatana, Vihara maupun Gereja di Medan.

Selanjutnya terserah kebutuhan wisata 😀

2.  Wisata Kuliner Medan

MERDEKA WALK

MERDEKA WALK

Untuk wisata Medan banyak sekali kuliner Medan yang aku suka. Selain banyak wisata Kuliner Medan di Merdeka Walk yaitu ada Restauran Jala-jalan/nelayan yang aku suka, juga suka banget dengan makan mie Aceh di Titi Bobrok di Jl Setiabudi Medan. Untuk penyuka pedas bisa memilih Ayam Penyet Joko Solo di Jl. Dr Mansyur area USU. Aku sendiri paling doyan dengan makanan sepanjang jalanan USU, maklum sebagai alumni USU dengan kebiasan nongkrong sore sambil makan siomay lengkap dengan Sop Durian maka ketika ke Medan wajib banget rasanya melakukan tradisi makan yang sudah jadi kebiasaan. Tapi hati-hati untuk kuliner Medan buat yang beragama Muslim harus pilih-pilih agar tidak salah makan. Karena banyak sekali makanan yang non halal yang juga terkenal di Medan misalnya saja BPK alias Babi Panggang Karo dan masih banyak lagi.

3. Beli oleh-oleh di Medan

Membeli oleh-oleh sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan jika mengunjungi Medan. Banyak pilihan untuk oleh-oleh tapi kebanyakan kebiasan wisawatan itu paling pihannya Durian Ucok, Bolu Meranti, Bika Ambon Zulaika. Paling itu-itu saja yang sering dibeli orang!

Nah aku sendiri ketika datang ke Medan hal yang paling aku lakukan itu lebih kepada wisata Kuliner khususnya makanan yang sering aku rindukan yang tidak aku dapatkan di tempat lain serta paling seringnya malahan tur ke tempat teman alias pengen jumpa teman saja.

Teman-teman apa yang paling disukai di Medan? Ada yang pernah tur wisata Medan dalam 1 hari?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

41 Comments

  1. Aku aku aku, duku sering ke Medan.
    Peresmian kereta ke Kuala Namu, aku hadir loh hehehe..

    Win, aku suka 3M. Medan Makassar Manado.
    Di tiga kota ini, walaupun cara berkendara mobil di jalan “agak” ngebut & takut klw nyebrang jalan.
    Tapi aku suka makanannya.

    Di medan nggak cuma di mewalk loh
    .
    Di sekitar hotel suci banyak makanan enak malem2: Nasi goreng semalam suntuk, beuhhh mantap.
    Ucok duren apalagi
    Mau bolu meranti tinggal nyebrang ke depan hotel garuda plaza
    Bubur Kumango, wajib banget dicoba.

    Aahh… Kapan ya gratisan kesini lagi.

    Reply

    1. aku belu yg manado jd penasaran biar bisa 3m jg 😀

      Reply

  2. Jd inget alfa sagala 😄..

    Reply

      1. Novel supernova dee yg gelombang hehe

  3. Kalo ke Medan selalu inget kulineran dan beli oleh – olehnya Win

    Reply

    1. itu wajib banget ya kak

      Reply

  4. aku ga pernah benar-benar tur dimedan, ke medan dalam rangka bakti sosial, abis itu pas jatah city tour ga ikut, gara-gara takut ketinggalan pesawat. Pun pas mobil dengan rombongan yang mau antar ke bandara singgah bentar di masjid raya, aku udah gemes sendiri, terus kami ga jadi foto-foto. Sedih sih, mudah-mudahan bisa ke medan lagi tahun depan 😀

    Bolu meranti medan emang paling topp

    Reply

    1. moga bisa balik lagi ya fira

      Reply

  5. Ke masjid raya dan istana maimun saya sudah pernah. Bahkan di istana maimun semoat nyewa baju buat foto2 bergaya penghuni istana raja 😀

    Reply

    1. iya ada di dalam ama sekalian tempatnya ya kak

      Reply

  6. Aku belum pernah ke Medan, hehehe

    Reply

  7. omg aku kangen banget mba sama Medan :(( dulu abis dari sana naik 3 apa 4 kilo ya? hahahahah abis enak enak banget makanannya haduhh. Trus wisata alamnya juga kerenn

    Reply

    1. gila juga naiknya ya hahah saking wiskul D;

      Reply

      1. iyaa 😦 bener bener definisi tukang makan hahahaha

  8. melihat foto2 masjid jadi langsung ingat puasa sudah dekat 🙂

    Reply

    1. iya penyambutan puasa, 🙂

      Reply

  9. Waaah, boleh juga tuh durian ucok 🙂

    Reply

  10. yang pasti makanannnya Win. Kategorinya Enak dan Enak sekali dech, kalau sudah pulang ke Medan nga naik timbangan rasanya nga sah.

    Reply

  11. Aduh, gambar pertama udah bingin megap-meap Win. *keringatan*
    Iyaaaah, wisata kuliner Medan, mau banget, pernah ke Medan, udah lamaaaa banget, yah emng wisata kuliner, sama ngunjungi ke Mesjid Raya, terus ke pasar dengan bangunan tua, ah sama London Sumatra, kalo gak salah ingat. 😀 😀

    Reply

    1. iya lonsum itu vintage banget ya kak

      Reply

  12. selalu kgn ama medan.. ortu juga msh tinggal di sana soalnya… jd tiap kali mudik ke medan, kita cuma kebanyakan wiskul mba… :D. ga prnh bosenlah soal itu..makanan di medan cuma ada enak dan enak bgt soalnya :p

    Reply

    1. tos sama kak aku juga suka banget ama wiskulnya bikin rindu mulu

      Reply

  13. Pernah cuma punya waktu setengah hari buat kll Medan. Walhasil cuma sempet ke istana maimun, masjid raya, sama makan durian ucok. btw, istana maimun menyedihkan banget yaa kondisinya

    Reply

    1. padahal bagus ya dari luar istananya

      Reply

  14. pernah ke medan sih, tapi niatnya pergi wisata, tapi nyampe disana nya malah sakit saya nya :D, jadi ga nikmat deh..

    Reply

    1. harus balik lagi kayaknya

      Reply

  15. Cie medan, jadi kangen

    Reply

  16. Dulu sat hari di sana ngga bisa banyak main… kayanya perlu nyobain lagi deh ke sana biar bisa ke mana-mana mengunjungi tempat-tempat itu..

    Reply

    1. kalau Medan bikin nagih ya tina

      Reply

  17. cuma keliling 1 hari pun bisa dapet beberapa tujuan yang menarik. 🙂

    Reply

    1. iya kak soalnya dekatan

      Reply

  18. aku blm ke penangkaran buaya nya nich ihik ihik

    Reply

    1. kak kalau ke Medan lagi boleh dicoba kak cumi

      Reply

  19. Waa jadi kangen medan. Dulu pernah mampir juga ke tempat pasar buku bekas itu apa ya namanya? Apa masih ada?

    Bolu meranti, bika ambon.waaa mba winny jadi mau nih… 🙂

    Reply

    1. namanya Titi Gantung kak tapi udah pindah gak di depan stasiun kereta lagi

      Reply

  20. kalau cuman ada satu hari di medan, ya mutar – mutar Kota Medan aja ya mbak Winny. Lupakan Danau Toba, Brastagi, dan kawawh putihnya
    Tapi jangan lupakan semuanya,,, Hahahaha,,,, pizzzzzz a

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.