A warm smile is the universal language of kindness

By William Arthur Ward

Bayon Temple

Hello World

Kamboja, 2014

Bayon, merupakan salah satu Candi yang sangat mengagumkan menurutku karena baru pertama kalinya dalam hidupku melihat Candi yang isinya semuanya “Wajah” dari kiri kanan belakang. Yah Bayon Temple di Kamboja ini cukup membuat bulu kudukku berdiri waktu pertama kali melihatnya. Bayangkan saja tidak pernah aku bayangkan sebelumnya di area Komplek Angkor Wat yang luas terdapat Candi penuh dengan wajah senyum dari Batu. Trip Angkor Wat walau sehari lumayan memuasakan paling tidak Candi utamanya sudah dikunjungi berupa Angkor, Bayon dan Ta phom yang memiliki keunikan tersendiri. Pokoknya jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi ketiga Candi utama ketika berada di Angkor Wat sehingga walau bayar masuk kedalam komplek Angkor Wat seharag $20 lumayan terbayar.

Bayon Temple, Cambodia

Bayon Temple, Cambodia

Berbeda dengan relief yang cukup banyak di Angkor, di Bayon temple reliefnya cukup sedikit kebanyakan di dindingnya gambar wanita, mungkin permaisuri di zamannya. Hanya saja pahatannya khas dari batu. Beberapa relief juga berkisah tentang wanita menari. Disekeliling Bayon sering terdapat gajah yang mngelilingi Bayon, beberapa pengunjung ikut dalam trekkng dengan gajah mengelilingi Bayon. Sementara aku hanya fokus kepada sekeling Bayon yang didalamnya full wajah tersenyum membuatku bertanya kok bisalah dibangun bangunan seperti ini. Kemudian ada juga antraksi dari warga lokal dengan pakaian khas Kamboja tapi kalau bephoto wajib memberikan uang seikhlasnya.

Bayon

Bayon

Bayon

Bayon

Bagaimana menurut mu relief di Bayon?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

42 Comments

  1. Pantesan angkor Wat membius Winny penyuka candi. Wajah candi di Bayon apik sekali Win.

    Reply

  2. keren keren ya reliefnya…

    Reply

  3. Aku juga suka jalan ke candi Win. Biasanya adem *alesannya cethek amat mba 😆😆

    Reply

    1. Gak apa yang penting suka 🙂

      Reply

  4. Keren bgt reliefnya ya disini

    Reply

  5. Relief wajahnya unik banget ya Win 🙂

    Reply

  6. Kebaca nya candi Baygon tadi. Hehe

    Reply

  7. candi candi budha yang sudah berumur seperti ini nampak eksotif sekaligus magis. seneng lihat2 foto dan ingin melihat langsung ke sana 🙂

    Reply

  8. Wow. Di Indonesia ga ada ya relief wajah sebesar ini di candi2? Tadi baca Bayon dikira daerah mana di Jawa gitu. Haha.

    Reply

    1. di Indonesia belum nemu iyos

      Reply

  9. dua ratus ribu mahal banget kak

    Reply

    1. tapi berharga maswar karena luas

      Reply

  10. warbiyasak yaaa.. trus mikir, itu mahatnya gimana?? :))

    Reply

    1. aku juga penasaran kak gimana buatnya

      Reply

  11. Wah saya baru tau Candi Bayon, epic ya peninggalan jaman dulu

    Reply

    1. ada banyak mas di angkor wat

      Reply

  12. relief wajahnya keren…kebayang bagaimana pembuatannya di masa dulu

    Reply

  13. Peninggalan bersejarah seperti candi memang peninggalan yang menyimpan banyak misteri, setiap pertanyaan yang muncul pasti “gimana cara bikinnya?”

    terlalu luar biasa untuk manusia jaman sekarang. Belum ada teknologi yang menyamai..

    Reply

    1. betuk tina takjub banget

      Reply

  14. mantep banget, dan harus dijaga kelestariannya. di sana pun ada candi dan relief juga, hehee

    Reply

  15. wah… aku ngebayangin candi dengan wajah senyum ukuran gede gitu juga merinding mbak hahhaaa…

    btw, suka takjub liat peninggalan jaman dulu. mereka canggih-canggih menurutku 😀

    Reply

    1. aku juga sampai merinding waktu disitu kak

      Reply

  16. kalo ngelihat candi selalu penasaran dengan sejarahnya bagaimana bisa terbuat dan cerita didalamnya

    Reply

  17. indah banget ukiran wajah pada relief candinya. 😀
    berharap banyak candi di indonesia yg kini mulai bermunculan bisa terawat seperti candi-candi di thailand ini… 🙂

    Reply

    1. banyak candi di Indonesia tapi belum semua ditemukan

      Reply

      1. baca dan nonton berita sih udah muncul beberapa candi yg dulunya “hilang” (gara-gara terkubur di dalam tanah misalnya), katanya sekarang lagi diteliti terus sama para arkeolog.
        padahal candi di indonesia aslinya buanyak banget~ 😀

      2. iya ada tu di Yogyakarta juga dekat universitas islam di dekat perpustakaan

  18. orang zaman dahulu hebat2 yah… bisa pahat wajah di batu yang sangat besar

    Reply

    1. iya kak padahal dulu peralatan seadanya

      Reply

  19. Apa ya latar belakangnya kok candi isinya wajah. Pasti ada sejarahnya.
    Belum pernah ke Kamboja, baru sampai Laos.
    Salam hangat dari Jombang

    Reply

    1. Dibangun sekitar 1190 di zaman Raja Jayavarman VII, patungnya bodhisattva Avalokiteshv katanya pak 🙂

      Reply

  20. Kangen ke Angkor lagi 😊

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.