Relief Cantik di Candi Bayon


A warm smile is the universal language of kindness

By William Arthur Ward

Bayon Temple

Hello World

Kamboja, 2014

Bayon, merupakan salah satu Candi yang sangat mengagumkan menurutku karena baru pertama kalinya dalam hidupku melihat Candi yang isinya semuanya “Wajah” dari kiri kanan belakang. Yah Bayon Temple di Kamboja ini cukup membuat bulu kudukku berdiri waktu pertama kali melihatnya. Bayangkan saja tidak pernah aku bayangkan sebelumnya di area Komplek Angkor Wat yang luas terdapat Candi penuh dengan wajah senyum dari Batu. Trip Angkor Wat walau sehari lumayan memuasakan paling tidak Candi utamanya sudah dikunjungi berupa Angkor, Bayon dan Ta phom yang memiliki keunikan tersendiri. Pokoknya jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi ketiga Candi utama ketika berada di Angkor Wat sehingga walau bayar masuk kedalam komplek Angkor Wat seharag $20 lumayan terbayar.

Bayon Temple, Cambodia
Bayon Temple, Cambodia

Berbeda dengan relief yang cukup banyak di Angkor, di Bayon temple reliefnya cukup sedikit kebanyakan di dindingnya gambar wanita, mungkin permaisuri di zamannya. Hanya saja pahatannya khas dari batu. Beberapa relief juga berkisah tentang wanita menari. Disekeliling Bayon sering terdapat gajah yang mngelilingi Bayon, beberapa pengunjung ikut dalam trekkng dengan gajah mengelilingi Bayon. Sementara aku hanya fokus kepada sekeling Bayon yang didalamnya full wajah tersenyum membuatku bertanya kok bisalah dibangun bangunan seperti ini. Kemudian ada juga antraksi dari warga lokal dengan pakaian khas Kamboja tapi kalau bephoto wajib memberikan uang seikhlasnya.

Bayon
Bayon
Bayon
Bayon

Bagaimana menurut mu relief di Bayon?

Salam

Winny

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

42 thoughts on “Relief Cantik di Candi Bayon

  1. candi candi budha yang sudah berumur seperti ini nampak eksotif sekaligus magis. seneng lihat2 foto dan ingin melihat langsung ke sana πŸ™‚

  2. Peninggalan bersejarah seperti candi memang peninggalan yang menyimpan banyak misteri, setiap pertanyaan yang muncul pasti “gimana cara bikinnya?”

    terlalu luar biasa untuk manusia jaman sekarang. Belum ada teknologi yang menyamai..

  3. wah… aku ngebayangin candi dengan wajah senyum ukuran gede gitu juga merinding mbak hahhaaa…

    btw, suka takjub liat peninggalan jaman dulu. mereka canggih-canggih menurutku πŸ˜€

  4. indah banget ukiran wajah pada relief candinya. πŸ˜€
    berharap banyak candi di indonesia yg kini mulai bermunculan bisa terawat seperti candi-candi di thailand ini… πŸ™‚

      1. baca dan nonton berita sih udah muncul beberapa candi yg dulunya “hilang” (gara-gara terkubur di dalam tanah misalnya), katanya sekarang lagi diteliti terus sama para arkeolog.
        padahal candi di indonesia aslinya buanyak banget~ πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: