Angkor Wat Vs Candi Prambanan, Mirip Tapi Beda


Never let life impede on your ability to manifest your dreams. Dig deeper into your dreams and deeper into yourself and believe that anything is possible, and make it happen.
By Corin Nemec

Angkor Wat

 

Hello World
Jakarta, Mei 2016
Bicara tentang Candi, setidaknya ada dua Candi yang menurutku mirip tapi tak sama. Karena ada satu phoku di Angkor Wat dikirain oleh teman di Prambanan. “Win, itu photo DP di whatsapp dimana?, Prambanan ya? Kira-kira begitulah pertanyaan seorang teman kala aku membuat photo dengan latar belakang Angkor Wat pas sunrise. Terus sejak aku perhatikan dengan seksama, “iya pula mirip sekilas”.
Kalau dari segi luar dipastikan tidak sama karena Angkor Wat dari luar ada air yang mengelilinginya serta patung ular yang menarik dan mudah menemukan pohon semacama mirip pohon kurma namun pas masuk ke dalam maka tadaaaa mirip dah Prambanan dari kejauhan.

sunrise in angkor wat
sunrise in angkor wat

Persamaan Angkor Wat dan Candi Prambanan

  1. Sama-sama merupakan Candi Hindu dan memiliki relief di dinding Candinya.
  2. Kalau diperhatikan keduanya terbuat dari batu alami tanpa adanya perekat, dan warnanya juga mirip agak kehitam-hitaman. Sama-sama berbentuk menjulang untuk Candi Utamanya yang merupakan khas Candi Hindu.
  3. Sama-sama masuk kedalam UNESCO HERITAGE
Angkor Wat
Angkor Wat
Relief Angkor Wat
Relief Angkor Wat

Perbedaan Angkor Wat dan Candi Prambanan

  1. Dari segi luas, Candi Prambanan lebih kecil bila dibandingkan dengan Angkor Wat karena komplek Angkor Wat sangat luas sekali. Bahkan untuk mengelilingi komplek Angkor Wat dibutuhkan paling tidak seharian, sehingga tidak heran banyak trip di Agkor Wat mulai dari trip keliling Angkor sehari, dua hari bahkan seminggu. Sementara Candi Prambanan cuma butuh setengah hari saja untuk mengelilingi karena tidak seluas Angkor. Namun meski demikian keindahan Candi Prambanan di Yogyakarta tidak kalah indah dengan Angkor Wat.
  2. Selain itu perbedaan signifikan antara Candi Prambanan dengan Angkor Wat ialah pada fasilitas tiket masuk. Kalau masuk ke dalam Angkor Wat maka kita diphoto dulu sehingga wajah narsis kita ada di tiket masuk Angkor Wat sementara masuk ke Candi Prambanan tidak ada photo wajah di tiket karena tiketnya biasa saja.
  3. Harga tiket masuk ke dalam Angkor Wat untuk sehari $20, 3 hari seharga $40 dan tujuh hari $60 sementara untuk masuk ke dalam Candi Prambanan tiket masuk $18 sekali masuk.
Prambanan
Prambanan
Prambanan
Prambanan
Relief di Candi Prambanan
Relief di Candi Prambanan

Menurut teman-teman, Angkor Wat mirip tidak dengan Prambanan?

Salam
Winny

Iklan

44 tanggapan untuk “Angkor Wat Vs Candi Prambanan, Mirip Tapi Beda

  1. Hehehe, mirip tapi nggak mengherankan ya Win, kan akar budayanya sama. Ketika di India berapa bulan yang lalu, orang sana (dari Tamil) bilang bahwa Angkor dan Prambanan itu akarnya sama-sama dari Tamil, jadilah memang mirip 😛 .

  2. Hmmm. Baru sadar kalo 2 candi ini mirip. Tadi sekilas, foto pertama malah dikira Prambanan.

    Saya suka banget sama Prambanan. Selalu mampir ke sini kalo ke Jogja. Ga bosen. Cantik banget!

  3. emang mirip ya, sama2 dr hindu. makanya, saat prambanan ditemukan dan mau dibangun kembali, salah satu rujukan pembangunannya ya si angkor wat ini.

  4. Mungkin bedanya, meskipun dibangun bergaya Hindu, pada akhirnya Angkor Wat justru digunakan oleh umat Buddha (aku pernah baca dimana di satu artikel lain, tapi lupa), sedangkan Prambanan tetap digunakan oleh para penganut agama Hindu. Mungkin masa pembangunannya juga perlu ditilik kembali, siapa tahu memang mereka berada dalam kurun abad yang sama dan ada sedikit budaya arsitektur global yang saling mempengaruhi 🙂

    Keren Win!

  5. Walaupun sama-sama candi Hindu, Prambanan lebih diutamakan ke dewa Siwa, dan Angkor Wat ditujukan untuk dewa Wisnu. Bahkan Angkor dalam perkembangannya dikonversi jadi candi Buddha. Tetapi memang akarnya sama kan dari India juga.

  6. Di prambanan gak kalah luas menurut saya, disana ada banyak kompleks candi mulai candi bubrah, candi sewu, sama candi lumbung. Sebenrnya di prambanan itu terdapat 224 candi perwara yg mengelilingi, tp karena udah rusak jd kutang. Waktu kesana tour guide nya bilang tiap taun mereka merenovasi candi tersebut, jd kira kira butuh waktu 220 tahun lg kalo pengen liat candi prambanan secara utuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s