Never let life impede on your ability to manifest your dreams. Dig deeper into your dreams and deeper into yourself and believe that anything is possible, and make it happen.
By Corin Nemec

Angkor Wat

 

Hello World
Jakarta, Mei 2016
Bicara tentang Candi, setidaknya ada dua Candi yang menurutku mirip tapi tak sama. Karena ada satu phoku di Angkor Wat dikirain oleh teman di Prambanan. “Win, itu photo DP di whatsapp dimana?, Prambanan ya? Kira-kira begitulah pertanyaan seorang teman kala aku membuat photo dengan latar belakang Angkor Wat pas sunrise. Terus sejak aku perhatikan dengan seksama, “iya pula mirip sekilas”.
Kalau dari segi luar dipastikan tidak sama karena Angkor Wat dari luar ada air yang mengelilinginya serta patung ular yang menarik dan mudah menemukan pohon semacama mirip pohon kurma namun pas masuk ke dalam maka tadaaaa mirip dah Prambanan dari kejauhan.

sunrise in angkor wat

sunrise in angkor wat

Persamaan Angkor Wat dan Candi Prambanan

  1. Sama-sama merupakan Candi Hindu dan memiliki relief di dinding Candinya.
  2. Kalau diperhatikan keduanya terbuat dari batu alami tanpa adanya perekat, dan warnanya juga mirip agak kehitam-hitaman. Sama-sama berbentuk menjulang untuk Candi Utamanya yang merupakan khas Candi Hindu.
  3. Sama-sama masuk kedalam UNESCO HERITAGE
Angkor Wat

Angkor Wat

Relief Angkor Wat

Relief Angkor Wat

Perbedaan Angkor Wat dan Candi Prambanan

  1. Dari segi luas, Candi Prambanan lebih kecil bila dibandingkan dengan Angkor Wat karena komplek Angkor Wat sangat luas sekali. Bahkan untuk mengelilingi komplek Angkor Wat dibutuhkan paling tidak seharian, sehingga tidak heran banyak trip di Agkor Wat mulai dari trip keliling Angkor sehari, dua hari bahkan seminggu. Sementara Candi Prambanan cuma butuh setengah hari saja untuk mengelilingi karena tidak seluas Angkor. Namun meski demikian keindahan Candi Prambanan di Yogyakarta tidak kalah indah dengan Angkor Wat.
  2. Selain itu perbedaan signifikan antara Candi Prambanan dengan Angkor Wat ialah pada fasilitas tiket masuk. Kalau masuk ke dalam Angkor Wat maka kita diphoto dulu sehingga wajah narsis kita ada di tiket masuk Angkor Wat sementara masuk ke Candi Prambanan tidak ada photo wajah di tiket karena tiketnya biasa saja.
  3. Harga tiket masuk ke dalam Angkor Wat untuk sehari $20, 3 hari seharga $40 dan tujuh hari $60 sementara untuk masuk ke dalam Candi Prambanan tiket masuk $18 sekali masuk.
Prambanan

Prambanan

Prambanan

Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Menurut teman-teman, Angkor Wat mirip tidak dengan Prambanan?

Salam
Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

46 Comments

  1. Hehehe, mirip tapi nggak mengherankan ya Win, kan akar budayanya sama. Ketika di India berapa bulan yang lalu, orang sana (dari Tamil) bilang bahwa Angkor dan Prambanan itu akarnya sama-sama dari Tamil, jadilah memang mirip 😛 .

    Reply

  2. iyj mirip! tiket masupnya angkor wat mahal yak

    Reply

    1. mahal kak sakit di kantong 😀

      Reply

      1. ahahaha manjat pager aja masupnya

      2. hihi ayo kak asal gk di borgol satpam demi gratisan

  3. Sekilas mirip.

    Eh lucu jg ya, tiketnya begitu :D.
    Kenang2 an bgt

    Reply

    1. Iya titin moga di Prambanan ada ya

      Reply

  4. Hmmm. Baru sadar kalo 2 candi ini mirip. Tadi sekilas, foto pertama malah dikira Prambanan.

    Saya suka banget sama Prambanan. Selalu mampir ke sini kalo ke Jogja. Ga bosen. Cantik banget!

    Reply

  5. Iya mirip yaaa.. eh tapi sampe seminggu di angkor wat tuh ngapain aja? Sekalian beribadah kali ya?

    Reply

    1. Keliling semua Candinya kak

      Reply

  6. emang mirip ya dr jauh…

    Reply

  7. Ohh candi hindu ya? kirain budha. Soalnya kan kamboja terkenalnya dengan budha…

    Reply

    1. tapi udah berubah fungsi jadi Candi Buddha

      Reply

  8. persis mba Win. Eh tapi kalau diperhatiin sipitnya mata di relief Angkor Wat dan Prambanan agak beda hehe

    Reply

  9. panasnya sama gak mbak??? hehehe

    Reply

  10. Pengen ke kamboja… mudah2an tahun dpn bisa ikut kkn internasional ke sana..

    Reply

  11. kalo diliat emang mirip ternyata, ya mbak. jadi pengen bisa liat angkor wat langsung *entah kapan, hehe

    Reply

    1. diniatin mbak pasti kejadian

      Reply

  12. Dan aku belum pernah ke Angkor Wat dan aku belum pernah ke Candi Prambanan. Sekian.

    Reply

      1. Iya Win. Yang di Palembang dulu.

  13. emang mirip ya, sama2 dr hindu. makanya, saat prambanan ditemukan dan mau dibangun kembali, salah satu rujukan pembangunannya ya si angkor wat ini.

    Reply

  14. Mungkin bedanya, meskipun dibangun bergaya Hindu, pada akhirnya Angkor Wat justru digunakan oleh umat Buddha (aku pernah baca dimana di satu artikel lain, tapi lupa), sedangkan Prambanan tetap digunakan oleh para penganut agama Hindu. Mungkin masa pembangunannya juga perlu ditilik kembali, siapa tahu memang mereka berada dalam kurun abad yang sama dan ada sedikit budaya arsitektur global yang saling mempengaruhi 🙂

    Keren Win!

    Reply

  15. memang terlihat mirip ya kalo dipandang sekilas, tapi sayangnya saya pun belum pernah pergi dan berkunjung di candi prambanan #curhat 😀

    Reply

    1. harus dicoba mas yang prambanan

      Reply

  16. Walaupun sama-sama candi Hindu, Prambanan lebih diutamakan ke dewa Siwa, dan Angkor Wat ditujukan untuk dewa Wisnu. Bahkan Angkor dalam perkembangannya dikonversi jadi candi Buddha. Tetapi memang akarnya sama kan dari India juga.

    Reply

    1. seratus persen benar kak, pantas mirip yg di India ya kak

      Reply

  17. agak2 mirip2 gitu sih ya mba hehehe…

    Reply

  18. iya rada-rada mirip sih ya mba… aku cuma pernahnya ke prambanan doang hehehe….

    Reply

  19. Menurutku beda.. Angkor ada lorongnya…

    Reply

    1. emang beda kak tapi agak mirip di bagian atasnya sekilas 😀

      Reply

  20. Di prambanan gak kalah luas menurut saya, disana ada banyak kompleks candi mulai candi bubrah, candi sewu, sama candi lumbung. Sebenrnya di prambanan itu terdapat 224 candi perwara yg mengelilingi, tp karena udah rusak jd kutang. Waktu kesana tour guide nya bilang tiap taun mereka merenovasi candi tersebut, jd kira kira butuh waktu 220 tahun lg kalo pengen liat candi prambanan secara utuh.

    Reply

    1. wah hebat ternyata ada cerita dibaliknya

      Reply

  21. Kalo menurut saya sih Candi Angkor Wat lebih tua daripada Candi Prambanan, Karena alur kedatangan orang orang india pada masa itu melalui darat, di india sendiri ada dua kemungkinan orang akan beragama, yaitu merujuk ke Hindu atau ke Budha, meski kebanyakan pada masa ekspansi india adalah orang Hindu, namun pada masa Rakai Pitakan atau setelahnya dimana konsep beragama bukan suatu masalah bagi bangsa. Pada akhirnya dibangunlah Candi Borobudur untuk orang Budha dimana pembiayaan dan tanah nya juga diberikan dari Kerajaan Hindu. Ini sepatutnya menjadi pelajaran bagi kita dimana Agama bukan masalah untuk tetap bersama membangun negeri. ^_^

    Reply

    1. Terimakasih atas penjelesannya Fafha

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.