So many of our dreams at first seem impossible, then they seem improbable, and then, when we summon the will, they soon become inevitable

By Unknown

Temple of Prambanan

Hello World

Yogyakarta, 2013

Aku salah satu penyuka wisata Candi meskipun jangan tanya tentang seluk beluk sejarah di Candi tersebut dipastikan aku tidak tahu, hanya sebatas tahu secara umum. Tapi bukan berarti aku tidak menikmati perjalananku justru dari ketidaktahuan itu membuatku penasaran. Dari sekian Candi yang pernah aku kunjungi, Candi Prambanan merupakan Candi yang aku sukai. Lokasi Candi Prambanan atau disebut Candi Loro Jonggrang di Yogyakarta dibangun pada abad ke-9 Masehi  merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan bahkan memiliki denah dengan bentuknya tinggi menjulang yang merupakan ciri khas Candi Hindu. Saking kerennya Candi Prambanan, maka tak heran Candi Prambanan masuk menjadi salah satu UNESCO HERITAGE.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan terdiri dari 

  1. 3 Candi Trimurti: candi Siwa, Wisnu, dan Brahma
  2. 3 Candi Wahana: candi Nandi, Garuda, dan Angsa
  3. 2 Candi Apit: terletak antara barisan candi-candi Trimurti dan candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan
  4. 4 Candi Kelir: terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam atau zona inti
  5. 4 Candi Patok: terletak di 4 sudut halaman dalam atau zona inti
  6. 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44, 52, 60, dan 68 (Sumber Wikipedia)

Untuk tiket musuk ke Candi Prambanan Rp30.000 (tahun 2013)

Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan Yogyakarta

Nah ada yang unik yang aku temukan di dalam perjalanan ke Candi Prambanan yaitu tentang relief yang ada di dinding Candi Prambanan. Dinding di Candi Prambanan bahkan bercerita hanya dari relief yang ada, dan salah satu yang membuatku takjub dengan karya manusia pada zamannya. Kok bisalah ya ada Candi zaman dulu terus masih ada hingga sekarang, seakan beribu pertanyaan bodoh yang tak sanggup aku jawab sendiri. Intinya mengunjungi Candi Prambanan must visit banget dah kalau hendak jalan-jalan ke Yogyakarta.

Beberapa relief Candi Prambanan Yogkarata yang memukau yang aku temukan sewaktu trip ke Yogyakarta tahun 2013 silam

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Relief di Candi Prambanan

Ada yang tahu kisah dibalik relief Candi Prambanan?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

44 Comments

  1. Pengen bgt ke Jogja. Ga pernah kesana.. 😢

    Reply

      1. Iya mbak.. mau bgt

  2. Bagus yaa.. Aku pernahnya cuma Candi Penataran.. 😂

    Reply

    1. mau dongke penataran suci

      Reply

      1. Ayo kak ke Blitar sini. Hehehe.

  3. Bagunan seperti candi memang takjub, kalau sekarang pasti butuh biaya yg besar untuk membangun candi seperti candi prambanan. Sering liat d natgeo dan td pagi bahas tajmahal itu dulu membutuhkan belasan tahun dan 20.000 pekerja.. Prambanan butuh berapa ya? Apa pake bantuan mahluk gaib hehe

    Reply

    1. penasaran juga berapa ya kak

      Reply

  4. Ada kisah roro jonggrang dan bandung bondowoso ya yang paling terkenal.

    Reply

  5. Setau aku yg beken kisahnya roro jonggrang hahaha.. ga tau kalo reliefnya sbnrnya ceritain itu beneran apa engga

    Reply

    1. iya kak aku kira itu legenda

      Reply

  6. Winny memang pecinta candi sejati 🙂

    Reply

    1. kagak Rinta suka lihat doang hehe

      Reply

  7. saya nggak tahu apa-apa, mbak 😀

    Reply

  8. Katanya kalo ke prambanan sama pacarnya ntar putus

    Reply

    1. untung perginya bukan ama pacar

      Reply

  9. Aku waktu ke Candi Prambanan nyesel nggak sewa jasa guide jd nggak tahu ceritanya relief. Kalau di Borobudur pake guide 🙂 sedihnya pokoknya sama Prambanan, sampah di mana2!! Pengen pites semua org yg buang sampah seenaknya

    Reply

    1. aku ikut kak pitesnya eh kka kalau boribudr gmna sejarahnya

      Reply

  10. Kagum dg karya sebi budaya akbar ini ya Win, konseptor dan pemahat relief yg super telaten.

    Reply

    1. sama kak kagun gimana membuatnya

      Reply

  11. Bila olahraga bersepeda, saya sering lewat jalan kecil di baratnya candi Prambanan 🙂

    Reply

  12. kemarin aq wkt ke prambanan pas mendung2nya terus mendekati hujan gerimis eh malah nemu payung tergeletak gitu aja, qiqiqi yowis ambil aja dipake sampe pintu gerbang keluar dan balikin ke penyewaannya 😀
    terus smpt liat turis bule nemu duit 2rebu eh dikantongin sm dia *pemandangan ga penting.

    Reply

    1. hihi kenapa si bule ambil uangnya

      Reply

      1. Hihi lumayan tau mbaa buat jajan es di dpn prambanan *mungkin qiqiqi

      2. seru juga nyobainnya

  13. Ada rencana ke sana lagi, tapi ingin menonton pentas sendratari di panggung terbuka 🙂

    Reply

    1. saya penasaran juga itu pak dengan pentasnaya

      Reply

  14. Belum pernah kesitu. Apalagi nerjemahin relief. Mungkin mas gara tahu soalnya suka banget sama candi dan sejarah. Coba liat blognya di mencarijejak.com

    Reply

    1. itu aku sebut nama Gara juga 😀

      Reply

  15. Kalau tidak salah reliefnya adalah cerita dari sebuah kitab Win 🙂

    Reply

  16. Aku kira kamu mau cerita soal reliefnya? 😛 hehehe

    Reply

    1. kagak kak karena gak tahu hahha

      Reply

  17. Komplek Prambanan punya nuansa sendiri ya Win,, hikayatnya Roro Jongrang dan Bandungbondowoso katanya, tapi kan jg ada patung Shiwa dan Ganesha di situ, mungkin sejarah dlm kitab Hindu kali,,

    Reply

    1. Iya kak malahan tentang Hindu karena candinya kan ada 3 dewa trimurti itu

      Reply

  18. Kalo ke candi harus kuat stamina karena jalannya jauh ditambah dengan naik tangga 😀 tapi itu memang sensasinya harus capek

    Reply

  19. Wah, betul. Relief di candi-candi itu mesti bercerita hal-hal bagus. Saya pernah coba baca relief di borobudur, tp saya gagal mengerti hubungan tiap relief. Kalau satu2, bisalah saya tebak itu relief ttg apa, tapi ketika dihubungkan satu per satu, kayak ndak berhubungan. Kalau saja ada buku petunjuk untuk memahami gambar relief itu, seharusnya kunjungan ke borobudur saat itu lebih bermakna 🙂

    Reply

    1. jadi penasaran ama referensi

      Reply

  20. Terakhir ke sini sama ponakan, dia bilang Tante ini istana ya? Hehehe. Emang canggih banget jaman dulu bisa membuat bangunan seperti ini. Btw Win, Roro Jonggrang bukan Loro Jonggrang 🙂

    Reply

    1. ponokannya lucu kka, eh makasih koreksinya kak 😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.