Cerita Siem Reap Kamboja


Never let life impede on your ability to manifest your dreams. Dig deeper into your dreams and deeper into yourself and believe that anything is possible, and make it happen

By Corin Nemec

angkor wat Kamboja

Hello World

Kamboja, 2014

Entah perasaanku saja tapi ketika menyebut Kamboja yang teringat langsung  Angkor Wat di Siem Reap gara-gara korban film Tom Rider. Bayangin saja aku bela-belain ke Kamboja dari Bangkok dengan jalur darat “bus” demi si cantik temple Angkor Wat.  Bahkan untuk mengelilingi komplek Angkor Wat tidak cukup rasanya sehari saking banyaknya temple disekitaran Angkor Wat Siem Reap, Cambodia alias Kamboja. Biasanya untuk menjelah komplek Angkor Wat, transportasi yang digunakan bisa menyewa mobil, menyewa tuk-tuk seharian atau sepeda/sepada motor.

Waktu berkunjung ke Siam Reap ada 6 hal menarik yang aku temukan disekitar Angkor Wat

1. Becak di Kamboja sama dengan yang di Indonesia

Kalau di Bangkok namanya Tuk-tuk, di India Rickswah di Indonesia Bajaj bisa juga Betor/becak motor, nah di Kamboja juga sama ada becak juga. Biasanya sering dipakai keliling Angkor Wat karena sewa tripnya seharian jauh lebih murah tergantung pintar nawarnya mulai dari jam 5 subuh sampai petang hari.

Cambodia
Cambodia

2. Temple Kamboja unik dari Batu

Menurutku Candi/Kuil/Temple ala Kamboja cukup unik apalagi khasnya dari Batu itu kelihatan cakep. Menag sih Bangkok ama Kamboja mirip tapi beda. Nah untuk pintu depan nya aja udah cakep begini padahal nemunya pas di tengah jalan aja secara acak, gimana coba pas di dalam komplek Angkornya.

Cambodia
Cambodia

3. Mudah menmukan Patung Buddha

Cambodia
Cambodia

Patung Buddha memang sangat mudah ditemukan di sepanjang Kamboja, mirip sama dengan Thailand. Tak heran kalau Thailand dan Komboja menjadi wisata wajib bagi teman kita yang beragama Buddha.

4. Anak Kecil Mandi di Kolam dekat Angkor Wat

Siam Reap
Siam Reap

Melihat bocah mandi di kubangan rasanya meningatkanku pada masa kecilku di kampung halaman tercinta, Padangsidempuan. Jadi di area Komplek Angkor Wat terdapat sebuah kolam yang mirip Danau atau kubangan juga boleh deh intinya anak kecil itu man tanpa beban di bawah teriknya matahari. Waktu itu aku melihanya dari becak motor yang kami sewa terus melihat kebahagiaan bocah aku jadi ingat belum mandi karena mengejar sunrise di Angkor. Tapi walau di Kamboja, ternyata mirip juga ama tingkah laku anak kecil dikampung halaman, ingatnya jadi cekikan sendiri.

5. Serasa menmukan Oasis di Kawasan Angkor Wat 

Siam Riep Kamboja
Siam Riep Kamboja

Pas datang di Angkor Wat kebutulan sekali cuaca panas minta ampun. Terus lihat ada kolam dengan pohon mirip kurma terus aku bayangin dong lagi di Gurun terus menemukan Oasis. Imaginasi tingkat tinggi sekali pas berada di area Angkor Wat, tidur cantik sambil menikmati kolam kayaknya asyik apalagi naruh tikar bawa bekel terus tamasya deh 😀

6. Angkor Wat Mirip Candi Prambanan

Ini cerita Kamboja yang paling aneh, entah kenapa saat melihat Angkor Wat pas yang didalamnya tapi ya itu mirip banget dengan Candi Prambanan yang di Yogyakarta. Tapi bedanya pas bagian luar malah mirip seperti di Mesir, unik sih Angkor Wat.

Angkor Wat
Angkor Wat

Ada yang memiliki cerita lain mengenai Angkor Wat?

Salam

Winny

Iklan

39 tanggapan untuk “Cerita Siem Reap Kamboja

  1. Mirip Prambanan mungkin karena ada candi utama dan candi-candi pengiringnya itu ya WIn :hehe. Ah jadi kangen Angkor, saya belum ada tulis apa-apa soal itu di blog :haha. Dan saya yakin perjalanan ke sana pasti sangat seru sekali :)).

      1. Terima kasih banyak, Win. Semangat memang lagi diuji banget nih sekarang :haha. Mudah-mudahan semua bisa saya lewati :amin.

  2. Eh mbak Lara Croft mau syuting Tomb Raider ya? 😀

    Baca ini jadi keinget pernah dikasih oleh2 dari tante baju dari kamboja gambarnya becak Tuc-Tuc Thailand.

    Anyway itu serem amat patung ular berkepala 7.

  3. kalo inget siam rep, yg diingetanku cuma 1 mbak.. perjalanan panjang yg rada bikin kesiksa gra2 naik kereta api ekonomi butut dr bangkok kesana ;p hahahaha… ada ayam di dlm kereta, perjalanan kurleb 8 jam, g ada ac, tempat duduk kayu, jendela kebuka.. ;p.. trs masih harus antri imigrasi yg sampe makan wkt 3 jam, dan kantornya panaaaaaas bingiiiiit ;p bangnan seadanya gitu ;p

    tapi biar gimana, aku cinta ama kotanya krn orgnya ramah2 🙂 .. walopun ya, pulang dr siamrep, ke pnom penh lalu balik jkt, itu aku lgs radang tenggorokan parah saking panas dan berdebu nya cuaca di sana -__-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s