If you have made mistakes, even serious ones, there is always another chance for you. What we call failure is not the falling down but the staying down.

By Mary Pickford

Gua di Bandul

Gua di Bandul

Hello World

Jakarta, 2016

Gua/Goa menarik di Indonesia banyak sekali untuk dikunjungi. Dari sekian daftar Gua/Goa indah di Indonesia aku hanya bisa mengunjungi 8 saja. Setiap Goa yang aku kunjungi juga memiliki pengalaman tersendiri mulai dari teman yang melihat hantu sampai Goa yang baunya minta ampun bahkan kepada Goa yang keren. Semuanya memiliki kesan sendiri.

Daftar 8 Goa/Gua Menarik di Indonesia

1. Goa Ngalau indah, Payakumbuh Sumatera Barat

Gua Ngalau indah

Gua Ngalau Indah

Gua Ngalau Indah di Bukittingi, Sumatera Utara merupakan Gua pertama yang aku kunjungi di tahun 2011 ketika aku melakukan trip solo keliling semua wisata Sumatera Utara selama 10 hari. Aku ke Gua Ngalau Indah bersama temanku Nyakmat ke Payakumbuh. Sayangnya pas kedatangan kami sore hari terus si Rahmat bisa melihat makhluk halus alhasil mukanya pucat pasi di depan Goa Ngalau Indah yang membuat kami tidak jadi masuk ke dalam Gua Ngalau Indah. Akhirnya, aku cuma bisa melihat dari luar saja padahal di dalam Gua Ngalau Indah terdapat batu berbentuk gajah.

2. Gua Jepang, Bukittinggi

Gua Jepang

Gua Jepang Bukittingi

Sama seperti Gua Ngalau Indah, Gua Jepang Bukittingi merupakan salah satu tujuan wisata yang hendak aku kunjungi di Bukittingi. Bersama Nyakmat alias Rahmat kami mengitari Goa Jepang yang lumayan luas. terdapat ruang penjara didalam Gua Jepang Bukittingi, untungnya waktu itu ramai pengunjung jadi cukup kondusif untuk dikunjungi.

3. Gua Kristal, Kupang

Gua Kristal

Gua Kristal

Berbeda dengan Goa biasa yang aku kunjungi, Goa kristal di Kupang merupakan Goa terindah yang pernah aku kunjungi karena ada air di dalam Goa berwarna bening serta ketika matahari muncul maka dasar air langsung kelihatan. Waktu mengunjungi Goa Kristal Kupang tahun 2012.

4. Gua Jatijajar, Kebumen

 

Goa Jatijajar kebumen

Goa Jatijajar Kebumen

Di tahun 2013, aku mengunjungi Goa Jatijajar Kebumen. Goa Jatijajar Kebumen merupakan Goa terbersih yang pernah aku kunjungi, mirip seperti Goa Batu Caves di Malaysia. Bedanya di dalam Batu Caves terdapat patung-patung berisi legenda Goa Jatijajar Kebumen serta jalannya bagus dan tidak bau.

5.Gua Petruk, Kebumen

 Goa Petruk

Goa Petruk

Goa Petruk bersamaan dengan kunjungi ke wisata Kebumen. Jadi dari Goa Jatijajar kami langsung ke Goa Petruk. Untuk pengalaman kedalam Goa Petruk ialah kami tidak membawa senter karena di dalam sangat gelap. Sayangnya waktu itu ada salah satu teman yang bisa melihat makhluk halus alhasil kami masuk ke dalam agak takut juga. Serat di Goa Petruk sandalku rusak sehingga harus kaki ayam berjalan serta pas menelusuri air entah hewan apa yang ada dikakiku yang membuat bulu kuduk merinding. Goa Petruk merupakan Goa alami serta memiliki berbagai batuan yang bentuknya unik mulai dari otak hingga bentuk ayam. Kalau penyuka Goa alami maka Goa Petruk merupakan pilihan terbaik untuk dikunjungi.

6. Gua Pindul Yogyakarta

 Goa Pindul

Goa Pindul

Goa Pindul merupakan merupakan wisata menarik di Yogyakarta karena main tubing sambil mengitari Sungai sambil mengitari Goa Pindul yang cakep. Seru sekali mengitari Goa Pindul, tak heran sering jadi tempat favorite untuk shooting iklan. Aku ke Go Pindul tahun 2013 bersama-sama teman, dan sebaiknya jika ke Goa Pindul beramai-ramai.

7. Gua Londa, Toraja

londa toraja sulawesi selatan

Londa Toraja Sulawesi Selatan

Goa Londa merupakan pemakamana di Toraja yang berada di dalam Goa. Berbeda dengan Gua yang aku kunjungi, maka di dalam Goa Londa terdapat makam serta tengkorak dan peti mati berserak di dalam Goa. Untungnya Londa merupakan tempat wisata popuker di Toraja sehingga sewaktu ke Londa tahun 2015 masuk kedalamnya tidak terlalu seseram yang dibayangkan.

8. Goa Leang-leang, Makassar

Leang-leang

Leang-leang

Goa Leang-leang di Makassar merupakan salah satu Gua impian yang ingin aku kunjungi. Sederhana karena penasaran dengan cap tangan yang ada di dinding Goa. Untuk masuk kedalam Goa Leang-leang harus bersama tourguide karena dijaga. Leang-leang juga merupakan batuan purbakala di dalam leang-leanglah terdapat Goa yang wajib dikunjungi.

Nah dari 8 Goa menarik di Indonesia, ada lagi kah teman-teman referensi Goa menarik lainnya untuk dikunjungi di Indonesia?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

52 Comments

  1. dari 8 goa yang menarik di Indonesia, aku baru ke no 6, Goa Pindul… 😀

    Reply

  2. Aku belum pernah memasuki goa 😦

    Reply

  3. I love caves. Ada feeling beda kalo masuk gua, membayangkan nenek moyang kita dulu tinggal di sana.

    Reply

  4. Goa mimpi di Bantimurung sudah pernah ke sana Win? Coba ke sana deh dan rasakan sensasinya 😀 Aku udah masuk goanya, jln masuk goa ada di atas air terjun bantimurung. Di dalam kurang lebih 2-3 jam baru bisa keluar goa (jln keluarnya pas parkiran kendaraan di bantimurung). Klo masuk ke sana mesti pake guide karna terowongan di dlm goa itu bercabang, klo salah pilih jln malah nyasar. Dulu ada sekelompok mahasiswa pecinta alam yg masuk tanpa guide dan mereka nyasar keluar dr goa sudah ada di kota lain yg jauh dr makassar.. hehee

    Reply

    1. ke bantimurang tapi gak masuk

      Reply

      1. Coba nanti masuk ke sana deh… seruuuu bgt win buat menjelajah.

  5. Goa Kristal nampak keren Win!

    Kalau Leang-Leang mah memang oke banget ya! 😀

    Reply

  6. Kalau menurut KBBI, yang tepat itu “gua” Mbak, bukan “goa” hehehe 😀

    Baru pernah mengunjungi dua gua terakhir, sisanya belum pernah. Coba ke Pacitan Mbak, kota 1001 gua 🙂

    Reply

  7. Yg goa kristal bagus yaaa… sayangnya aq bukan penggemar goa.. cukup liat dari foto or video aja deeeh hehehe.. sekali masuk goa waktu di NZ liat glow worms.. kl di Indonesia cuma ke goa lawar di Bali tp ga masuk ke dalam, atuuuut 😀

    Reply

  8. Aku belom pernah ke Pindul lho malahan. Penuh bangeet. Males duluan. Kalo aku prefer Gua nya Kalisuci sama Jomblang

    Reply

    1. aku belum pernah ke Goa Kalisuci

      Reply

  9. Belum pernah ke satu pun gua yang ada di daftar ini :haha. Ikut dong kalau ke Leang-Leang Win :hehe, ada lukisan tangan manusia prasejarah di sana, konon katanya yang tertua di dunia (eh itu yang di Maros bukan sih?). Melihat lukisan-lukisan tangan yang ada di sana itu kayaknya sesuatu banget :hehe. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa ke sana, ya :amin.

    Reply

    1. ayo Gara kapanlah jalan lagi

      Reply

  10. Blm pernah ke goa-goa neh menarik jg…😍

    Reply

      1. interesting tapi ada diskriminasi gak? soalnya aku paling jengkel kalau ada diskriminasi harga tiket local n asing…paling dongkol…kyk waktu di kawah ijen tiket local 7500 rupiah orang asing 150ribu rupiah 20x lipat busyet dah…udah gtu aku tanya baik2 sama tukang tiket knpa bedanya jauh bngt dia jwb karena orang indonesia miskin *miris banget ! jadi males ke tempat2 pariwisata indonesia krn gak bersahabat sama orang asing kesannya semena-mena…mau orang Indonesia miskin atau kaya kan bukan salah orang asing kali ya 😀 *eh curhat

      2. kayaknya emang begitu kak harga lokal beda ama yang orang luar

      3. Bedanya klo cuma 2x lipat g masalah klo sampe 10x lipat bahkan 20x lipat ya bikin males…

      4. iya jg sih kka kasihan kadang

      5. Liburan di negeri sendiri di indonesia sebenarnya lbih mahal ketimbang liburan ke singapura loh…contohnya untuk menuju lombok aja tiket pesawat dr kakarta dah berapa…lbih murah tiket pesawat ke singapura 😅 trus di singapur tuh publik trans murah bngt n mudah

  11. Gua jepang kukira yang di bukit Sakub, Win. Di Brebes. Ternyata bukan 😀

    Reply

  12. Saya belum pernah masuk ke gua-gua yang terkenal rupanya.. Tapi memasuki gua alami itu luar biasa indahnya (asalkan aman dari sampah para wisatawan)..

    Reply

  13. Seumur hidup aku cuma sekali ke goa, goa jatijajar yg ada stalagtit & stalagmit nya dan aku ga suka. Gelap dan lembab. Aku penasaran mengunjungi dan sholat tentunya di gua hira

    Reply

    1. sama kak disana temanku makhluk halus

      Reply

  14. kalau nggak salah gue pindul itu yang bbrp waktu lalui rame banget dikunjungi ya sampe2 seperti nggak bisa gerak…. saya cuma lihat fotonya seh…. nggak tahu juga itu fotonya valid atau nggak 😀

    Reply

    1. kalau liburan pasti ramai kak jd gk seru pas datang liburan

      Reply

  15. keren! satu pun belum pernah saya kunjungi, menyedihkan ya….
    Goa Petruk, Goa Pindul dan Goa Toraja nya penasaran banget

    Reply

  16. Aku baru saja ke Goa Pindul seminggu yang lalu mbak bareng keluarga. Keren mbak, apalagi pas dibolehin terjun dari tebing 😀
    Eh, Goa Gong sama Goa Lowo juga menarik mbak

    Reply

      1. Goa gong di Pacitan. Goa Lowo di Trenggalek. Semuanya di Jawa Timur 🙂

  17. Aku juga pernah ke Gua Jepang di Bukittinggi. Scary!

    Reply

  18. waaah, ada juga gua jatijajar dan gua petruk di list inih 😀
    waktu baca judulnya yg kebayang ya 2 gua ituh hihi

    Reply

  19. karena saya cocok di air, jadi saya suka goa kristal eh salah gua

    Reply

  20. Itu Goa Kristal bagus banget kakwin, pengen kesituuuuuuu tapi jauh 🙂
    Aku belum pernah menelusuri Goa gitu sih, nggak terlalu suka gelap

    Reply

  21. Hahaha,,,, cuman Goa Pindul aja yang baru tak datangi,,,
    Padahal bagus – bagus ya goanya seperti Goa Kristal di Kupang,,,,
    keren dah mbak Winny ini, sudah melalang kemana – mana, 🙂

    Reply

  22. Saya baru liat judul artikelnya aja udah penasaran dan muncul pertanyaan. Apakah goa di kota tempat ku tinggal masuk dalam 8 goa menarik di Indonesia yang pernah dikunjungi mbak Winnymarlina? Dan ternyata masuk di urutan ke-4 hehe ..

    Ngomong-ngomong sudah pernah main di pantai2 Kebumen?

    Reply

    1. Kebumen emang banyak wisata yang belum tersentuh. ada dua goad ari sana yang aku suka. Pantai kebumen udah dan cukup bersih juga

      Reply

  23. Di Jogja/Bantul ada juga Win, gua Cerme, tapi rada ekstrem gitu masuknya.

    Reply

      1. Kalo ada waktu mainlah ke Bantul Win, tak anter keliling 2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.