Sardar Market Jodhpur, Belanja Murah


Anytime we step out boldly to make changes, we take a chance that we might fail. But the only way to get better is to try.

By Joyce Meyer

Sardar Market

Hello World

India, Februari 2016

Salah satu yang aku suka dari trip India ketika belanja oleh-oleh khas India berupa Sari yang harganya super murah di Sardar Market, Jodhpur. Sardar Market ialah sebuah pasar yang letaknya tak jauh dari Mehrangarh Fort, salah satu objek wisata wajib saat di Jodhpur India. Dari stasiun Jodhpur ke Sardar Market cukup mudah, hanya membayar Rs50 untuk berdua orang dengan bajaj yang di India disebut Rickshaw. Bilang saja ke “Clock Tower” pasti orang India tahu dan tepat di samping Menara Jam itu terdapat Pasar yang bernama “Sardar”. Pintu masuk Sardar inilah menuju ke Blue City, Jodhpur.

Di sepanjang Sardar Market mulai dari Clock Tower Jodhpur maka jangan heran sepanjang jalan disambut dengan aneka souvenir khas India mulai dari kerajinan tangan India sampai Sari India.

Belanja murah di Sardar Market
Belanja murah di Sardar Market

Selain aneka barang yang bisa dibeli di Sardar Market, sepanjang perjalanan menuju ke Mehrangarh Fort banyak terdapat restauran dan tempat penginapan sekalian toko-toko warga dihiasi dengan souvenir yang dijual. Aku paling suka dengan etalase toko dengan warna-warni hasil tangan khas Rajashtan seperti payang, topi bahkan hiasan dinding. Lucu lihat warnanya dan harganya dipastikan murah meriah, asalkan pandai menawar.

Menurutku tempat oleh-oleh terbaik di Jodhpur itu berada di Sardar Market, dan sekitar Sardar. Sayangnya aku tidak membeli sandal khas Rajashtan di Jodhpur maupun payung lucunya karena perjalanan yang panjang dan malas bawa barang banyak. Alhasil aku malah membeli Sari India untuk mamaku dan gelang India untuk kenang-kenangan.

Sardar Market Jodhpur
Sardar Market Jodhpur

Aku dan Yosi bahkan sengaja pas malam hari ke Sardar Market, untuk beli oleh-oleh India karena dipikiran kami “belanja murah”. Dan benar saja pas berada di Sardar Market, kami khilap untuk belanja bahkan yang tidak penting seperti gelang India pun terbeli. Waktu itu aku dan Yosi belanja Sari di Sardar Market dengan harga sari bervariatif tergantung kualitas sarinya mulai dari Rs200 sampai Rs1000, tinggal pandai menawar saja. Tapi kalau harga sarinya cukup murah di kantong menurutku. Selain belanja aneka sari, baju ala Punjab, di Pasar Sardar Jodhpur juga bisa mendapatkan aneka makanan khas India

Selain Sari untuk mamaku, aku juga membeli baju Punjab tapi harus dijahit dulu. Terus penyesalan terbesar ialah ketika membeli sarinya hanya 1 saja di Jodhpur dan baju Punjabnya hanya 2 yang belum terjahit padahal pas aku kasih ke mamaku dia senang dan suka. Nyesel banget beli sedikit waktu itu.

Tempat oleh-oleh di Jodhpur
Tempat oleh-oleh di Jodhpur

Nah kalau hendak travelling  ke India maka jangan lewatkan deh mengunjungi Jodhpur, selain ada belanja murah di Sardar Market, orang Jodhpur juga ramah dan makannya enak-enak. Terus kalau ke Sardar Market jangan lupa belanja sandalnya karena lucu-lucu, karena asli nyesel tidak beli sandalnya.

Semoga bisa kembali lagi ke Jodhpur untuk membeli oleh-oleh khas Rajashtan dan Dress Punjab yang membuat mamaku jatuh hati, amin 😀

Tempat oleh-oleh di Jodhpur
Tempat oleh-oleh di Jodhpur

Salam

Winny

Iklan

28 tanggapan untuk “Sardar Market Jodhpur, Belanja Murah

  1. Kalau ke sana lagi saya ikut dong :haha. Asyik memang belanja di pasar tradisional, ketahuan banget bagaimana roda ekonomi daerah sana berputar. Belum lagi kalau harganya sangat terjangkau, bahkan kalau bisa dikasih harga yang sama dengan masyarakat lokal, wah sekali mendayung sekian ratus pulau terlampaui itu namanya :hihi.

  2. Namanya tanggung ya kak ya,,, kok sardar, bukan “sadar” sekalian,,,,
    ow iya dink ini di India, hehehe,,,,
    Duh, terus rebutan nggak mbak Dress punjabnya ama ibuknya mbak Winny?
    Kalau rebutan menang siapa? hahahaha pizzzzzzz *just kidding* 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s