Kuliner di 7 Kota India


Le secret d’ennuyer est celui de tout dire

The secret of being a bore is to tell everything

By Unknown

Indian Food

Hello World

India, Maret 2016

Saat mencoba kuliner India itu rasanya sungguh enak bila dibandingkan dengan kuliner India yang ada di Indonesia. Bukan kenapa pernah punya pengalaman makan makanan India yang ada di Indonesia rasanya itu aneh dan berempah. Sebelum ke India sempat berpikir “mati dah gua kelaparan secara tidak suka makanan India”, dan ternyata persepektif itu berubah ketika berada di India malahan aku menjadi “sangat suka masakan India”. Walau dua kali terkena diare tepatnya saat hari pertama di India tepatnya Kota Kolkata serta hari ke lima di India tepatnya di Jaipur tidak mengurungkan niatku untuk mencoba kuliner ala India apalagi street food India yang harganya murah dan enak. Saking murah dan enaknya malahan aku doyan jajan makanan India.

manisan India
Manisan India

Dari semua tempat yang aku kunjungi berupa Kolkata, Varanasi, Agra, Jodhpur, Jaisalmer, Jaipur dan New Delhi kuliner yang paling aku suka dan enak itu ketika makan Kabooli di Jodhpur berupakan makanan khas Rajashtan dengan buah dan sayur seperti anggur, apel, nenas. Makanan India kedua yang aku sangat suka ialah makan kari di depan Masjid Jama Old Delhi.

Untuk minuman khas India yang aku suka Chai dan Lassi. Bahkan selama di India, Chai dan Lassi adalah minuman wajib sepanjang perjalanan. Namun walau sering minum, Lassi dan Chai terbaik yang pernah aku coba berada di Kota Jaipur.

Beberapa makanan India yang pernah aku coba di 7 Kota

1. Kolkata

Chai
Chai

Di Koklata alias Calcutta banyak sekali makanan street food India yang aku coba mulai dari Chai, Susu, Lassi sampai dengan Sattu. Tapi dari semua makanan yang aku coba di Kolkata yang aku suka pertama kali Lassi, karena yogurt menyegarkan. Waktu itu pertama kali minum Lassi di Stasiun Howrah.

Untuk harga makanan dan minuman yang aku coba di Kolkata yaitu:

Patata Rs3

Chai Rs 300/3 orang

Susu Rs 20/2 orang

Kasta Katchuri Rs10

Lassi Rs20

Lassi
Lassi

2.Varanasi

Laddu
Laddu

Sewaktu di Varanasi kami makan di madhur Milan Café dekat Dasameth Gates dam warung berupa Paneer Chowmie . Di Varanasi lah untuk pertama kalinya aku makan manisan India yang super manis. Walau waktu di Kolkata aku suka dengan manisan tapi saat di Varanasi lumayan manis sekali jadi kurang cocok di lidah.

Laddu Rs50

Paneer chowmie (mie tahu) Rs 90

3. Agra

Menu makan malam kami di Agra
Menu makan malam kami di Agra

Karena keasyikan mengelilingi Taj Mahal, akhirnya kami hanya makan seadanya pas malam hari di stasiun Agra Fort dengan menu ngasal pilih dan rasanya tidak terlalu wow tapi lumayan enak untuk rotinya. Waktu itu si Yosi sempat geli lihat nasi India yang panjang katanya kayak “ulet”, tapi menurutku biasa saja 😀

Makanan India yang kami coba di Agra yaitu:

Chamsala Rs70

Chicken curry Rs90

Egg kel Rs50

Zeera rice Rs70

2 Roti Rs 8

4. Jodhpur

Makanan favorite selama di India
Makanan favorite selama di India

Jodhpur merupakan surga makanan bagiku dan Yosi karena kami berdua sangat suka makannya. Bahkan sampai dua kali ke restorant yang sama bernama Shivam. Untuk menu makanan yang sangat aku rokomendasikan untuk mencoba kuliner di Shivam Guesthouse ialah Kabooli.

Untuk makanan India yang kami coba saat di Jodhpur

Mixed vegetable Rs140

Kabooli Rs 140

Pineapple lassi Rs 55 = Rs385/2 orang

Omelet terenak di Jodhpur rs110/ 2 orang

Veg meal Rs270

Strawberry lassi Rs 55

Mango Lassi Rs55

5. Jaisalmer

Vege Food
Vege Food

Di Jaisalmer makan dengan pemandangan spektakuler itu sangat menakjubkan. Untungnya Mix patatanya enak dan mengenyangkan.

Makam pagi di Pakwan Restauran Rs 380/ 2 orang dengan pemandangan Jaisalmer Fort

Veg biryani Rs 80

Mix patata Rs 50

6. Jaipur

Chai
Chai

Karena di Jaipur kami makan siang dengan orang lokal jadi kami hanya makan roti saja terus sempat makan di depan stasiun pagi hari berupa roti juga dan cemilan kecil di depan Danau Jal Mahal pas sore hari.

Makan potta Rs70

Samosa Rs12

Paneer Parantha Rs40

7. New Delhi

Indian food yang kami coba di New Delhi
Indian food yang kami coba di New Delhi

Untuk makanan yang kami suka selama di India terdapat di depan Masjid Jama, Old Delhi karena untuk pertama kalinya selama di India kami puas makan daging. Maklum di India kebanyakan makannya ialah sayuran jadi pas nemu makanan kari enak langsung khilap makan banyak.

Makanan India yang kami coba di New Delhi ialah

Matton Rs150,

Chicken biryani rs150.

Kolkata

sattu
Sattu

Jadi selama di India tidak usah khawatir untuk mencoba kuliner India, kapan lagi mencoba makanan India apalagi jajanannya 🙂

Salam

Winny

Iklan

37 tanggapan untuk “Kuliner di 7 Kota India

  1. Menu favoritku sewaktu ke India (Selatan) adalah Chicken 65-nya Win. Itu enaaaak, ahahahaha 😆 . Trus ada variannya juga, paneer 65, apa-apa 65 gitu, haha 😛 .

    Kalau aku sih bukan khawatir masalah rasa tapi lebih khawatir masalah tingkat kebersihannya, hehe 😛 .

  2. seru ya mbak bisa cicip kuliner India 🙂
    oh iya, itu “gelas” buat chai, kalau habis minum, gelasnya dicuci dan dipake lagi kah atau dibuang? (soalnya pernah liat tv, gelasnya langsung dibuang pecah habis dipake minum) *hehe malah fokus ke gelasnya

  3. Aku sebenarnya bukan penggemar makanan India, tapi karena sering lihat aja jadi penasaran. Ga tahan sama bau bumbunya. Nah ceritanya kemarin itu sebelum balik ke Jakarta, sempat icipin makanan india di NZ, ada samosa, chicken Tikka Masala, lamb ( ini lupa namanya ) plus nyoba gulab janum.. aduhhhhh.. semuanya bikin aku jadi kepengen nyoba makanan india lagii,, enak banget ternyata.. hahaha..

  4. Weh, weh asyik ya mbak ya nyobain street food di luar negeri,,,,
    Aku jadi penasaran ama Kabooli nya mbak yang ada di restoran Shivan,,,
    mbak Winny aja sampai 2 kali mendatangi tempat itu,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s