5 Pengalaman Mendaki Gunung di Indonesia


Something you need most might be something you turn away from, something you turn away from might be something you regret, and something you regret, in the end, might cost you the one chance you ever had.

By Brian Judge

Gunung Meranti

Hello World

Jakarta, April 2016

Jujur saja aku bukan tipe pejalan yang suka mendaki Gunung, karena proses pendakian itu sangat melelahkan buatku. Anehnya dengan sifatku yang kontradiktif, dihitung-hitung aku sudah 5 kali naik Gunung.

5 Pengalaman Mendaki Gunung di Indonesia

1. Pendakian Gunung Kelimutu di Ende Flores

kondiis jalan ke kelimutu
Kondisi jalan ke Kelimutu

Gunung pertama yang pernah aku daki ialah Kelimutu di Flores tahun 2012 bersama teman satu angkatan MT. Waktu itu tujuan wisata ke Ende untuk mengejar “Sunrise di Kelimutu”.  Beramai-ramai kami jam 5 subuh sudah stand by di kaki Gunung Kelimutu di Moni kemudian naik ke Gunung Kelimutu yang lumayan menanjak. Kami melewati tangga menaik serta dengan bantuan senter seadanya, kurang lebih 1 jam perjalanan demi ke Puncak Kelimutu untuk melihat Kawah Kelimutu dengan sunrise. Saat itu banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang menantikan sunrise di Kelimutu. Yang tidak habis pikir ketika ibu-ibu separuh baya dengan kuatnya membawa barang dagangannya santai sampai di Puncak, aku sungguh salut kekuatan ibu itu.

 2.Pendakian Gunung Sikunir di Dieng

Sunrise Sikunir Dieng
Sunrise Sikunir Dieng

Saat ke Dieng beramai-ramai siapa sangka aku ikut mendaki ke Sikunir demi sunrise Sikunir. Menanjak melewati jalanan sempit, dan sampai ke puncaknya 2 jam. Sayangnya karena cuaca tidak baik alhasil kami gagal melihat Sunrise Sikunir padahal kami sudah bersusah payah dari jam 5 naik dengan senter seadanya bahkan salah satu tim kami hampir pingsan karena kecapaian karena belum makan lalu mendaki. Untungnya ada yang menolong dan kami sampai juga di Puncak Sikunir.

3.Pendakian Gunung Papandayan

mendaki gunung papandayan
Mendaki Gunung Papandayan

Dari semua pendakian Gunung yang pernah aku ikutin tidak sengaja, maka pengalaman ke Gunung Papandayan benar-benar aku niatkan karena aku beli sleeping bag bahkan tenda. Bahkan menginap di Papandayan, untuk ukuran yang bukan penyuka Gunung maka trip Papandayan benar-benar niat. Untungnya ada Bunga Edelweis dan Hutan Mati di Papandayan sehingga waktu berjalan demi Papandayan selama 3 jam jadi tidak terasa.

4.Pendakian Gunung Ijen

Ijen
Ijen

Demi Kawah Ijen aku rela mendaki Gunung Ijen selama 2 jam bersama Melisa, dan dua seniorku. Kami menanjak pegunungan jam 2 pagi demi mengejar “Blue Fire Ijen” yang fenemonal walaupun pada akhirnya kami malah melihat sedikit Blue Fire nya saja. Hanya saja mendaki ke atas Gunung ijen itu lumayan capek buatku, syukur ada pemandangan indahnya.

5.Pendakian Gunung Galunggung

Wisata di Gunung Galunggung Tasikmalaya
Wisata di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Karena mendaki Gunung Galunggung ada tangganya serta jaraknya dekat dengan Jakarta, maka aku mengajak temanku untuk naik ke Gunung Galunggung. Untungnya ada Kawah Galunggung kalau tidak mungkin teman yang aku ajak akan kecewa setelah melewati puluhan atau mungkin ratusan anak tangga Gunung Galunggung.

Nah teman-teman, siapa yang hobinya mendaki Gunung? Gunung apa yang harus dicoba oleh pendaki pemula dan tidak tahan mendaki seperti saya? Ada saran?

Salam

Winny

 

Iklan

54 tanggapan untuk “5 Pengalaman Mendaki Gunung di Indonesia

  1. Saya belum pernah mendaki gunung… kemarian ada yang ngajaki buat mendaki Papandayan hanya saja sayang waktunya belum tepat. Pengen sih jelajah gunung, jelajah alam dan vegetasi kayaknya asyik ya, apalagi kalau ada tempat-tempat yang bisa ditelisik dari segi budaya dan sejarah :hihi. Tapi fisik memang mesti siap banget kalau mau mendaki gunung. Tak apalah, sekalian menyehatkan badan!

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…

    Pemandangan gunung yang indah. Saya yakin tentu banyak tantangan yang harus dilalui untuk sukses menakluki setiap gunung iut ya, Win. Salut dengan 2 jempol.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  3. Wah jan mbak,…
    walaupun nggak suka naik gunung tapi kok yow sudah cukup banyak mendaki gunung,,,
    semuanya bikin iri lagi,,, apalagi yang di Kelimutu,,, kapan aku bisa kesana,,,,
    tak nabung dulu ah,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s