The best preparation for tomorrow is doing your best today. By Jackson Brown

Prambanan

Hello World!

Jakarta, April 2016

Aku merupakan penggemar mengunjungi Candi sering diledekin temanku sebagai “manusia Candi” terus pas di trip di India betapa kagetnya aku ketika orang India mengatakan “Long time ago, you are Hindust, ur reckarnation as Hindust”, terus aku tercengang aja. Walau sebagai penyuka Candi, namun Candi yang berhasil aku kunjungi terutama Candi di Indonesia yang rata-rata cakep dan menarik untuk dikunjungi baru 10 loh dan itupun jumlahnya masih sedikit dibandingkan dengan Candi yang ada. Namun karena keterbatasan dana dan waktu, maka hanya 10 Candi yang baru bisa aku kunjungi sejak mulai memerankan peran sebagai hobi jalan-jalan terasa sudah lumayan. Semoga kedepannya bisa melihat lebih banyak Candi lagi di Indonesia karena candi Indonesia itu bertabur sehingga penasaran untuk menjelajah Candi Indonesia serta meninggalkan jejak. Bukannya kenapa aku kagum saja peninggalan zaman dulu loh entah generasi kapan tapi peningalannya masih ada hingga sekarang ini 🙂

10 Candi Menarik di Indonesia yang pernah aku kunjungi

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi pertama kali aku kunjungi ialah Candi Prambanan bersama Yosi sekitar tahun 2013. Waktu itu masuk kedalam Candi Prambanan membuatku terpukau karena kok bisa ya Candi dari zaman kapan masih utuh seperti itu. Merasa takjub aja bahwa Candi yang seiyoganya dari masa silam masih ada keberadannya hingga sekarang. Selain itu Komplek Candi Prambanan lumayan bersih dan dijaga baik. Hal yang aku suka dari Candi Prambanan itu pada sisi hijau dari samping Candi sehingga pas diphoto Istagramble banget dah! Selain itu aku juga suka dengan relief di dindingnya. Walau panas terik waktu itu tidak mengoyahkan kami untuk berjalan serta menelurusi setiap inchi dari Candi Prambanan. Lokasi Candi Prambanan diYogyakarta.

2. Candi Borobudur

Borobudur

Candi Borobudur

Candi kedua yang aku kunjungi ialah Candi Borobudur, impian sewaktu kecil. Jadi aku punya sodara rumahnya dekat dengan rumah kami jadi aku dari kecil melihat photo Sodaraku itu dengan Candi Borobudur terus didoktrin dengan Buku RPUL tentang Borobudur sehingga membuat masa kecil memiliki impian untuk berkunjung ke Candi Borobudur dan Alhamdulillah impian itu menjadi nyata. Aku menginjakkan kaki di Candi Borobudur tahun 2013 menemani Yessi, teman kampus waktu di USU karena dia merayakan Waisak.  Hal yang aku suka dari Candi Borobudur terletak pada pemandangan pegunungan dari Candi dengan patung Buddha serta relief didindingnya. Entah kenapa ya relief Candi itu menarik aja dan penasaran bagaimana orang zaman dulu mengukir relief itu. Lokasi Borobudur di Magelang.

3. Candi Sukuh

candi sukuh indonesia

Candi Sukuh 

Candi Sukuh merupakan Candi tergokil yang pernah aku kunjungi karena vulgar. Tapi bentuknya yang mirip kayak Aztez membuatnya menjadi salah satu Candi wajib yang dikunjungi selain Borobudur dan Prambanan. Lokasi Candi Sukuh berada di Karanganyar, tak jauh dari Solo. Waktu travelling ke Candi Sukuh ramai-ramai dengan teman terdiri dari Sarta, Reza, Gladies bahkan teman dari Swiss ikut yaitu Cecil.

4. Candi Cetho

Candi Ceto

Candi Ceto

Masih satu perjalanan dengan Candi Sukuh, maka Candi Ceto juga sama dengan temanku Sarta, Reza, Gladies dan Cecil tahun 2014. Lokasi Candi Ceto berada di kaki Gunung Lawu, sayangnya waktu itu kami sore menjelang magrib hari dan salah satu teman itu Indogo sehingga agak serem ketika dia menjelasakan yang dilihatnya yang tidak bisa kami lihat. Walau demikan Candi Ceto cukup menarik untuk dikunjugi, dan vulgarnya beda tipis dengan Candi Sukuh.

5. Candi Gedong Songo

Candi gedong songo

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo waktu itu aku kunjungi tahun 2013. Lokasi Candi Gedong Songo di Semarang dan jalan-jalan ke Gedong Songo beramai-ramai dengan teman kantor karena sekalian sehabis lihat kondangan teman. Candi Gedung Songo merupakan Candi yang sangat aku suka karena dalam satu komplek Candinya banyak serta pemandangannya hijau karena berada di Pegunungan terus menanjak serta membuat untuk betah lama-lama berada di Candi Gedong Songo.

6. Candi Sewu

Candi Lumbung

Candi Sewu

Masih  satu kawasan dengan Candi Prambanan, Candi Sewu cukup menarik untuk dikunjungi. Yang aku suka ialah dua patung di depan Candi Sewu, cakep 🙂

Lokasi Candi Sweu di Yogyakarta, satu kawasan dengan Candi Prambanan.

7. Candi Mendut

Candi Mendut Magelang

Candi Mendut Magelang

Candi Mendut juga merupakan salah satu bagian dari trip Waisak bersama Yessi tahun 2013. Candi Mendut mungil tapi cukup cantik dan menarik untuk dikunjungi. Lokasi Candi Mendut di Magelang.

8. Candi Arjuna Dieng

Cabdi Arjuna DIeng

Candi Arjuna Dieng

Tahun 2013 aku bersama teman mengunjungi dataran tinggi Dieng dan siapa sangka travelling ke Dieng malah menemukan Candi Arjuna serta beberapa Candi lainnya. Ada lima Candi dalam satu Komplek Candi Arjuna serta pemandangannya sangat aku suka, berada di dataran tiggi, sejuk serta adem dengan pemandangan pegunungan sebagai latar belakangnya.

9. Candi Setyaki Dieng

Candi Setyaki

Candi Setyaki

Candi Setyaki juga berada di kawasan Candi Arjuna hanya saja letaknya berpisah dan berdiri sendiri berada di tepi sawah. Aku sendiri memisahkan diri dari rombongan temanku demi Candi Setyaki tahun 2013.

10. Candi Ratu Boko

Pintu Utama Ratu Boko

Candi  Ratu Boko

Masih satu trip dengan Trip Yogyakarta bersama Yessi, setelah dari Candi Prambanan kami melanjutkan ke Candi Ratu Boko karena harga tiketnya satu paket dengan Candi Prambanan. Saran kalau ke Candi Ratu Boko bagusnya pas sore karena katanya sunsetnya bagus pas sore hari.

11. Candi Portibi

Candi Portibi

Candi Portibi

Untuk Candi Portibi aku kunjungi bersama teman waktu SMA si Ilham tahun 2015. Lokasi Candi Portibi di Protibi, Sumatera Utara kira-kira 3 jam dari kampungkua Padangsidempuan. Candi Portibi atau Candi Bahal terdiri dari 3 Candi yang utuh dan katanya masih banyak lagi candi bertaburan di sekitarnya yang belum diketahui.

Dari 10 Candi di Indonesia, dipastikan masih banyak lagi Candi indah yang ada di Indonesia dan wajib untuk dikunjungi ketika jalan-jalan. Nah bagi yang punya rencan mengunjungi Candi-candi di Indonesia jangan lupa ajak saya ya 😀

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

58 Comments

  1. hahaha ku baru denger ada candi macam sukuh dan cetho.

    dideket boko ada candi barong sama candi n beberapa candi lg lo, lumayan bagus

    Reply

    1. Untuk Yogya paling banyak daftar candi nya Dewa, kayaknya harus balik ke Yogya lagi aku

      Reply

      1. hahaha huum huum banyak banget, nggak cukup sekali dua kali bahkan 10 kali jg blom cukup untuk nuntasin kangen kota jogja #eh

      2. iya Jogja banyak banget yg dikunjungi

  2. Terpukau dengan candi Portabi loh Win, arsitektura nya unik.

    Reply

    1. unik ya kak mirip muara takus kak

      Reply

  3. Cuma pernah ke candi songo, wkwk ada banyak candi dalam satu komple. Naik sampe candi ke berapa mbak win?

    Reply

    1. aku semuanya kecuali yg candi ke enam an ketujuh

      Reply

  4. Rata – rata jawa tengah dan Jogja ya mbak ya,,,, 🙂
    eh kak ada tow Candi Portibi? baru kali ini ew kak aku melhatnya tapi di gambar,,,,
    keren ya dan unik candinya,,, bener – bener ajib Sumatera Utara oke punya,,,

    Reply

    1. ada aku taunya dari kecil tapi mengunjungin udah gede

      Reply

  5. Ternyata, banyak yang belum aku datengin… hihi.. Indonesia memang kayaaa..

    Reply

    1. iya Indonesia bagus banget

      Reply

  6. Wuihhhh emang kamu penggemar candi ya. Aku rasa indonesia kurang promosiin candi deh. Masa di dunia lebih ngetop stonehenge di inggris dibanding Prambanan atau borobudur? Jelas jauh lbh fantastis dan menarik candi kita, loh. 👍

    Reply

    1. iya kak aku mau balik yogya mau kahtaminn candi disana heheh

      Reply

  7. Hmm, Candi Portibi sepertinya unik banget ya Win, dari bentuk dan warnanya!

    Reply

    1. mirip muara takus zilko

      Reply

  8. Candiiii Bokoooo Mbak yang pemandangannya paling yahuuud 😀

    Reply

      1. Bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet Mbak 😀

  9. Bagus juga tuh candi-candi dijadikan tempat settingan film. Jd, scra tidak langsung wisata indonesia bisa dipromosi. Cuma sayang, film2 sekrng, terutama sinetron, ngikutnya pada aneh2 dan lebay… hehe 😀

    Reply

    1. setuju biar orang lebih mengenal candi kita

      Reply

  10. Wah baru tau di Sumut ada candi Portibi, itu peninggalan kerajaan apa Win?

    Sebelum buka blog ini aku lagi kepikiran bahwa nenek moyang kita pada zaman kerajaan dulu pastilah penganut Hindu, eh pas buka tulisanmu ini ternyata langsung pas sama isi pikiranku, hehehe..

    Reply

    1. itu mirip yang dimuara takus kak

      Reply

  11. Wah, bisa jd list destinasi nih klo liburan sm skluarga, dulu cuman kunjungin Candi Borobudur, Prambanan, dan Mendut.

    Reply

  12. Sampai sekarang blm kesampaian ke ratu boko ihik ihik

    Reply

    1. kak kalau kesana aku ikut ya

      Reply

  13. belum satu pun candi yang saya datangi 😀

    Reply

  14. Hiks. Ternyata baru 5 candi yg udah saya datengin dari 11 candi di atas.

    Paling suka sama Prambanan sih. Diliatin dari jauh megah banget. Anggun sekaligus angkuh gitu kesannya.. *sok akrab*

    Reply

    1. Prambanan emang cakep, yuk kak keliling Candi lagi

      Reply

  15. Cuma Borobudur dan Prambanan saja yang pernah tak samperin.

    Reply

    1. keduanya bagus kesukaanku

      Reply

  16. Waktu aku ke candi Sukuh lagi dipugar hiks

    Reply

  17. baru separonya saja yang pernah kukunjungi mbak. tapi menurutku yang syahdu banget ya candi cetho itu. selain bentuknya yang berbeda dengan candi lain di jawa tengah dan sekitarnya, letaknya yang di lereng gunung dengan tanjakan yang cukup jahanam itu yang bikin penasaran, itu dulu pembangunannya gimana. 😀

    Reply

    1. aku karena temanku bisa lihat itu jadi balik ke Cetho takut mas

      Reply

  18. udah cukup banyak juga tuh Win…, candi2 utama dan terkenal,
    penasarannya kk sama candi Ceto. Sukuh dan Ratu Boko

    Reply

    1. Candi Sukuh ama Cetho lucu kak harus kesana

      Reply

      1. insya Allah Win.. kepengenan dari dulu memang..

  19. Candi sukuh ukirannya memang vugar kak 😄😄😄, etapiiii pasti ada nilai historis dibalik ukirannya

    Reply

    1. eh penasaran ama historsinya titin

      Reply

  20. koleksi candimu banyak kali tok hahaha … ::malu
    kapan ke muaro jambi tok ?

    Reply

    1. iya tok penasaran juga ama Muara Takus

      Reply

      1. Muara Takus di Riau tok, jangan salah pilih, yg asli ada stiker hologramnya :p

      2. kmren waktu ke riau gk sempat kesananya 😦

  21. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny….

    Yang saya kenal dan tahu hanya Candi Borobudor sahaja kerana candi ini ditulis di dalam buku mata pelajaran Sejarah untuk sekolah-sekolah di Malaysia.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    Reply

    1. wah saya penasaran buku sejarah malaysia siti

      Reply

  22. Wow … cantik cantik candinya, jadi ingin ke candi Portibi, Ratu Boko, Setyaki, Mendut dan candi Sewu, begitu kayanya tanah air terrcinta dengan candi candi cantiknya ya 🙂

    Reply

    1. iya kak aku juga suka ama Candi Indonesia cakep

      Reply

  23. Dari 11 cuma pernah ke dua pertama doang hiks

    Reply

      1. masih jauh banget Win itu mah

  24. Baru Prambanan dan Borobudur nih Win..

    Reply

  25. di kompleks Prambanan ada banyak banget candi. Pengen sesekali gitu bikin seharian di Prambanan jelajah seluruh candi yang ada di kompleks. 😀
    sama beberapa candi di Jawa Timur 😀

    Reply

  26. Saya belum habis mengunjungi candi yang ada di daftar ini Win :hihi, Sukuh dan Cetho pun belum pernah, apalagi yang di Sumatera, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa ke sana :amin. Candi-candi di Indonesia memang keren, dan cerita tentangnya tidak akan habis, tapi saking banyaknya tidak membuat bosan, malah jadi lebih dan lebih tertarik lagi buat dijelajahi :hihi. Aaaak kejutan apa lagi yang tersimpan di candi-candi itu, ya… :hehe.

    Reply

    1. aku juga masih banyak yg belum, kapanlah gara kita khatamin semuanya

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s