9 Pengalaman Travelling di 9 Negara Asia


Derita si Tukang Jalan, gatel mulu kakinya klo gak jalan

By Melisa Sianipar

kelimutu

 

Hello World

Jakarta, April 2016

Setiap perjalanan memiliki cerita sendiri, begitu juga denganku ketika jalan-jalan di 9 Negara ASIA. Tidak pernah aku sangka bahwa kaki kecilku dari kampung Padangasidempuan telah berkunjung ke 9 negara di Asia. Walau kadang berpikir pantas saja kere rupanya uangnya habis ke jalan-jalan mulu tapi entah kenapa senang saja. Bukan apa-apa walau kere karena rata-rata perjalanan dibiayai sendiri kecuali pertama kali ke Malaysia disponsorin oleh My Selangor Story selebihnya pake uang sendiri kemudian mencari tiketnya setahun sebelum keberangkatan bermodalkan tiket promo terus jalan deh. Aku sangat bersyukur mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dinilai dengan uang, maksudnya kenangan dan pembelajaran di dalamnya.

Perjalanan di 9 Negara di Asia yang paling sangat berkesan

1. Gratis masuk ke Candi Borobudur di Magelang Indonesia

Candi Boprobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang

Borobudur adalah salah satu tempat yang sangat aku ingin kunjungi sewaktu kecil gara-gara suka membaca RPUL terus dalam hati “pasti menyenangkan bisa mengunjungi Borobudur”, walau aku tidak pasti kebenaran apakah Borobudur pernah masuk kedalam 7 Keajaiban Dunia karena sewaktu kecil aku didoktrin kalau Borobudur termasuk 7 Keajaiban Dunia eh pas dewasa begini malah menemukan bukan 7 keajaiban Dunia sehingga tidak tahu benar atau tidaknya. Pengalaman perjalanan berkesan dari Borobudur ketika aku dan Yessi berjalan kaki dari Candi Mendut mengikuti rombongan yang merayakan Waisak kemudian masuknya gratis lagi, lumayan seru melihat prosesi keagamaan umat Buddha walau waktu itu banyak pengunjung mengganggu upacara keagamaan tersebut.

2. Bersepeda 8 jam demi ke Patung Christo Rei di Dili Timor Leste

Bersepeda di Dili
Bersepeda di Dili

Bersepeda selama 8 jam dari ujung Kota ke Ujung Kota di Timur Leste merupakan pengalaman gokil dan nekat yang pernah aku alami. Waktu itu Timor Leste merupakan negara pertama yang aku kunjungi dengan membayar visa Timor Lester USD30/1bulan. Aku bersama Daboo mengunjungi Timor Leste berpanas ria namun seru bahkan ada acara nyasar tapi semua terobati ketika berada diatas melihat pantai Indah Dili.

3. Specheless di Upaca Thaipusam di Batu Caves Malaysia

Thaipusam Celebration 2013
Ritual Thaipusam

Pertama kali menginjakkan kaki di Malaysia yang membuatku tak bisa berkata ketika melihat upacara Thaipusam, upcara umat Hindu bersama rekan My Selangor Story. Untuk pertama kalinya melihat acara keagamaan dimana badan yang mengikuti Thaipusam berisi besi tapi dengan entengnya memikulnya. Waktu itu pengunjung banyak sekali terus pas diatas aku dan Devi diberkati oleh salah satu ibu yang sedang mengikuti Thaipusam.

4. Berjalan kaki demi Mencari Patung Raffles di Singapura

Raffless Statue
Raffless Statue

Perjalanan terkonyol yang pernah aku lakukan ketika mencari patung Raffles di Singapura, karena dengan niat itu aku berkenalan dengan Anna, turis asal Prancis dan kami berdua berjalan kaki sambil mencari dimana letak Patung Raffless yang rupanya berada di area Clarke Quay. Menelusuri Singapura bersama teman yang baru dikenal terus cepat kompak dengan tujuan sama sangat menyenangkan.

5. Masuk Gratis ke Grand Pallace Bangkok, Thailand

Grand Pallace
Grand Pallace

Perjalanan nekat yang tak terlupakan lagi ketika berada di Bangkok. Waktu itu bersama temanku Thimo yang menyuruhku melewati penjagaan untuk lokal sehingga pas masuk ke dalam Grand Pallace gratis karena aku dikira orang Thailand. Saat itu jantungku deg-deg an parah tapi si kawan malah tertawa, katanya lumayan kan gak bayar 300 Bhat. Gokil sih kalau ingat nekat pura-pura jadi orang lokal, untung mukaku muka universal!

6. Merasa Spooky di Candi Bayon, Siam Riap Kamboja

bayon, angkor

Aku memang penyuka Candi tapi ketika mengunjungi Candi Bayon di Komplek Angkor Wat Siam Riep Kamboja aku langsung merinding karena satu Candi utuh berisi dengan empat wajah keliling. Menakjubkan sekaligus merinding,

7. Salju Pertama di Kyoto, Jepang

my first snow in kyoto tower
my first snow in kyoto tower

Mimpi apa aku ketika melihat Salju pertama kali dalam hidupku. Tidak pernah kubayangkan aku bisa melihat salju pas berada di Kyoto Tower padahal dalam perjalanan ke Jepang ketika membawa teman perjalanan salah eh malah beruntung ketika berpisah dengan kawan perjalanan itu. Dulu ingat sekali sewaktu bertemu dengan turis asing selalu menayakan bagaimana rasanya melihat salju, maklum sebagai orang Indonesia hidup di negeri tropis maka melihat Salju sungguh menakjubkan

8. Mimpi Menginjakkan kaki di Great Wall, Beijing, China

great wall
Great wall

Sama halnya dengan Borobudur, Taj Mahal maka Great Wall juga merupakan tujuan wisata sejak kecil karena melihat di Buku RPUL sebagai 7 Keajaiban Dunia dan Great Wall merupakan list pertama dari 7 keajaiban dunia. Lucunya aku baru tahu kalau Tembok China itu mendaki dan licin hehhe.

9. Unta dan Padang Pasir Pertama di Jailsamer, India

jaisalmer
jaisalmer

Pengalaman naik Unta dan Padang Pasir aku bela-belain padahal dari Calcutta alias Kolkata. Bukannya kenapa seru saja melihat Padang Pasir di ASIA yang serasa Middle East. Terus naik Unta itu tidak seenak yang dibayangkan, lebih empuk naik Kuda malahan aku lebih suka untuk memeluk untanya.

Teman-teman punya cerita perjalanan menarik juga?

Salam

Winny

Iklan

66 tanggapan untuk “9 Pengalaman Travelling di 9 Negara Asia

  1. Dulu pernah ke Borobudur mbak. Excited banget waktu pertama kali lihat. Dari jauh sungguh terlihat wah. Dan lebih excited lagi waktu lihat pemandangan gunung dari atas Borobudur. Terlihat dekat sekali, belum lagi seperti berada di atas awan yang berjalan. Haha

  2. Hahaha hasyem,,, kak Winny, kak Winny,, gratisnya masuk ke Candi Borobudur itu masih maklum kak Negara sendiri, rumah sendiri pula,,, la ini di Thailand, kok bisa gitu,,, di lihat – lihat wajah mbak Wnny memang Unipersal sieh,,, hahaha, pizzzzz

  3. Aku pernah hampir gak masuk thailand gara2 uang gak cukup susuai yg di mau pihak imigrasi pas di perbatasan. Sumpah aku kere beneran dan ujungnya nyogok bru di ksih masuk hahaha.

      1. Iya aku jlur darat dri penang. Trus di tanyain stay brapa hari. Ya udin dia suruh nunjukin uang 10.000 bath atau 300$. Sempat debat dan akhirnya nyogok 20 ringgit. Matek awak hahaha

      2. omak gak enak baget ya kak, aku juga waktu itu jalur darat dari Kamboja ke Thailand tp gk pernah nunjukin uang. waktu tu petugasnya lagi butuh uang kali ya kak, jadi berkesan bagt itu dah kak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s