7 Makanan Kesukaan di Padangsidempuan


“Advice is what we ask for when we already know the answer but wish we didn’t”

By Erica Jong

martabak mesir

Hello World

Padangsidempuan, 15 Februari 2016

Kampung halamanku Pdangsidempuan merupakan salah satu tempat wisata kuliner nikmat di Sumatera Utara. Selain harganya ramah di kantong, juga sangat enak! Anehnya ketika aku pulang kampung karena berduka aku malah sempat makan dan kulineran bareng adikku dan keponakanku. Karena mereka mengajak makan terus yaudahlah sekalian makan ajalah mumpung masih di kampung karena makanan enak Padangsidempuan hanya bisa aku dapatkan di kota ini, tidak ada duanya.

Paling tidak ada 7 makanan yang aku suka coba ketika pulang kampung

1. Sate

sate
Sate

Sate yang terkenal di kampungku namanya Sate si Baci dan Sate Nauli. Harga seporis Rp16.000/setengah. Satenya seperti sate Padang dengan kuah padang atau bisa pesan dengan kuah kacang. Kalau aku paling suka dengan kuah kacang dan aku paling suka dengan kuahnya tentunya. Adikku paling lucu saat makan sate Padang sampai porsi satu sementara aku hanya habis setengahnya. Beda satu porsi dengan dua porsi itu pada jumlah dagingnya. Selain sate Padang di Padangsidempuan, yang aku suka lagi ialah sate Madura.

2.Martabak Mesir

martabak mesir
Martabak Mesir

Tidak ada rasanya martabak seenak Martabak Mesir di Kampungku. Paling tidak sepanjang perjalanan di beberapa daerah belum ada yang menandingi enaknya martabak Mesir di kampungku. Harga seporsi martabak mesir Rp13000 saja dan mudah didapat di sekitar Jl. Merdeka Padangsidempuan. Murah dan enak! Tiap tahun kalau pulang kampung pasti ritualku makan martabak Mesir.

3. Lontong

lontong
Lontong

Lontong Padangsidempuan berbeda dengan lontong Medan. Kalau lontong Medan pake sayuran, maka Lontong Padangsidempuan hanya memiliki tempe, lontong, mie kuning. Tapi jangan tanya rasanya, enak banget. Waktu kecil lontong merupakan sarapan sehari-hari dan aku masih ingat baik almarhum nenekku maupun mamaku sering membelikanku seporsi lontong. Untuk harga seporsi Lontong di Padangsidempuan Rp6000 saja.

4. Mie Bufet Yohana

mie yohana padangsidempuan
Mie Yohana Padangsidempuan

Tak ada yang dapat menyaingi mie buffet Yohana yang beralamat di Jl Merdeka Padangsidempuan. Karena rasa mienya lezat, sambelnya sangat aku sukai karena khas. Aku mulai suka makan mie buffet Yohana dari SMA karena tiap hari lewat sehingga setiap tahun pasti aku ajak teman, sodara atau siapapun untuk makan mie Bufet Yohana. Harga satu porsi mie goreng Bufet Yohana Rp6000.

5. Gado-Gado

gado-gado
Gado-gado

Gado-gado Padangsidempuan emang juaranya. Gado-gado yang paling aku suka di belakang Pajak Buah Padangsidempuan. Harga satu porsi Gado-gado Rp6000 saja dan rasanya enak. Kuah nya enak serta sambalnya juga enak terus jangan heran kalau gado-gadonya pake mie kuning selain sayur-sayuran bahkan ada pake lontong juga.

6. Pecal

Dulu waktu pertama di Jakarta aku mengira kalau pecel lele itu sama dengan Pecal. Eh rupanya beda sekali dimana pecel Lele itu ayam/lel yang digoreng pake sayur sementara pecal yang biasa aku makan dikampungku itu berisi sayuran dengan kuah kacang. Harga satu porsi pecal di Padangsidempuan Rp6000 saja. Mudah didapatkan di sentaro Padangsidempuan.

7. Es Krim Alpukat

es krim alvukat

Es krim alpukat juga tak kalah nikmatnya. Dimana es krim dicampur dengan alpukat. Harga satu porsinya Rp10.000 dan mudah didapatkan di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidempuan.

Selain 7 makanan yang sering aku makan ketika pulang kampung, tentu saja masakan mamakku yang paling Top. Apalagi ikan teri sambelnya beugh nikmat serta kerupuk sambal mamakku juga enak. Kebetulan beliau membuka warung makanan di Jalan Baru Padangsidempuan dengan nama warung Winny Rizki. Jangan lupa memesan mie rebus dan keripik sambalnya pasti suka khususnya penyuka pedas.

Tak heran kan ya kalau aku pulang kampung hobinya berburu kuliner, soalnya selain murah juga enak.

Salam

Winny

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

80 thoughts on “7 Makanan Kesukaan di Padangsidempuan

  1. Kalau saya ke Padangsidempuan, bisa nih makan di warung Winny Rizki secara gratis :hehe. Iya, makanan-makanan di postingan ini menggoda banget, harga murah, porsi besar, lengkaplah sudah. Oke ke Padangsidempuan kita menuju… pokoknya kalau jalan ke kotamu suatu hari nanti (doakan di waktu dekat ya) saya kepengen coba semua-muanya :hehe :amin.

  2. Gado-gado Padangsidempuan hampir sama dengan gado-gado Padang, ya Win. Yang saya suka dari gado-gado Padang ada kuah kacang yang enak, mie dan lontongnya cuma sedikit.
    Serba tujuh kayak tv aja Win, hehehe…

  3. duh salah, pagi2 mata disuguhi beginian. yg ada, perut tereak minta sarapan hehehe.
    pecal itu kalo di jawa pecel ya? bukan pecel lele tapi.

  4. Aku maunya makanan di warung Winny Rizki πŸ˜€ *modus tersembunyi*
    Maratabaknya itu menggoda banget kak win. Kalau pecal disana itu sama kayak pecel sayuran disini nggak?

  5. Ini nih yang ngeselin, padahal cuma bikin ngiler karena nggak bisa beli langsung, tapi tetep aja saya baca sampai abis hehe πŸ˜†

    Harganya jauh lebih murah dibanding di Jakarta. Atau Jakarta yang jauh lebih mahal?

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…. saya pertama kali merasai sate padang di Bangi, Selangor (Malaysia). rasanya tidak manis. Kok lontongnya makan dengan mie, ya.. Di sini biasanya makan dengan nasi himpit. Makanan kampung memang enak ya Win. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. πŸ™‚

  7. murah-murah juga ya kakak, makanan di sana. top banget ni buat referensi kalau jalan-jalan ke sana. makasih kak winny…

  8. lontongnya mirip ama lontong pical di pekanbaru, aduh jadi kebayang-bayang rasa lontong kampungku nich jadinya. Semuanya kelihatan enak dan murah gitu yach? Kalau pulang kampung pasti puas2in kulineran, soalnya kapan lagi hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: