“Advice is what we ask for when we already know the answer but wish we didn’t”

By Erica Jong

martabak mesir

Hello World

Padangsidempuan, 15 Februari 2016

Kampung halamanku Pdangsidempuan merupakan salah satu tempat wisata kuliner nikmat di Sumatera Utara. Selain harganya ramah di kantong, juga sangat enak! Anehnya ketika aku pulang kampung karena berduka aku malah sempat makan dan kulineran bareng adikku dan keponakanku. Karena mereka mengajak makan terus yaudahlah sekalian makan ajalah mumpung masih di kampung karena makanan enak Padangsidempuan hanya bisa aku dapatkan di kota ini, tidak ada duanya.

Paling tidak ada 7 makanan yang aku suka coba ketika pulang kampung

1. Sate

sate

Sate

Sate yang terkenal di kampungku namanya Sate si Baci dan Sate Nauli. Harga seporis Rp16.000/setengah. Satenya seperti sate Padang dengan kuah padang atau bisa pesan dengan kuah kacang. Kalau aku paling suka dengan kuah kacang dan aku paling suka dengan kuahnya tentunya. Adikku paling lucu saat makan sate Padang sampai porsi satu sementara aku hanya habis setengahnya. Beda satu porsi dengan dua porsi itu pada jumlah dagingnya. Selain sate Padang di Padangsidempuan, yang aku suka lagi ialah sate Madura.

2.Martabak Mesir

martabak mesir

Martabak Mesir

Tidak ada rasanya martabak seenak Martabak Mesir di Kampungku. Paling tidak sepanjang perjalanan di beberapa daerah belum ada yang menandingi enaknya martabak Mesir di kampungku. Harga seporsi martabak mesir Rp13000 saja dan mudah didapat di sekitar Jl. Merdeka Padangsidempuan. Murah dan enak! Tiap tahun kalau pulang kampung pasti ritualku makan martabak Mesir.

3. Lontong

lontong

Lontong

Lontong Padangsidempuan berbeda dengan lontong Medan. Kalau lontong Medan pake sayuran, maka Lontong Padangsidempuan hanya memiliki tempe, lontong, mie kuning. Tapi jangan tanya rasanya, enak banget. Waktu kecil lontong merupakan sarapan sehari-hari dan aku masih ingat baik almarhum nenekku maupun mamaku sering membelikanku seporsi lontong. Untuk harga seporsi Lontong di Padangsidempuan Rp6000 saja.

4. Mie Bufet Yohana

mie yohana padangsidempuan

Mie Yohana Padangsidempuan

Tak ada yang dapat menyaingi mie buffet Yohana yang beralamat di Jl Merdeka Padangsidempuan. Karena rasa mienya lezat, sambelnya sangat aku sukai karena khas. Aku mulai suka makan mie buffet Yohana dari SMA karena tiap hari lewat sehingga setiap tahun pasti aku ajak teman, sodara atau siapapun untuk makan mie Bufet Yohana. Harga satu porsi mie goreng Bufet Yohana Rp6000.

5. Gado-Gado

gado-gado

Gado-gado

Gado-gado Padangsidempuan emang juaranya. Gado-gado yang paling aku suka di belakang Pajak Buah Padangsidempuan. Harga satu porsi Gado-gado Rp6000 saja dan rasanya enak. Kuah nya enak serta sambalnya juga enak terus jangan heran kalau gado-gadonya pake mie kuning selain sayur-sayuran bahkan ada pake lontong juga.

6. Pecal

Dulu waktu pertama di Jakarta aku mengira kalau pecel lele itu sama dengan Pecal. Eh rupanya beda sekali dimana pecel Lele itu ayam/lel yang digoreng pake sayur sementara pecal yang biasa aku makan dikampungku itu berisi sayuran dengan kuah kacang. Harga satu porsi pecal di Padangsidempuan Rp6000 saja. Mudah didapatkan di sentaro Padangsidempuan.

7. Es Krim Alpukat

es krim alvukat

Es krim alpukat juga tak kalah nikmatnya. Dimana es krim dicampur dengan alpukat. Harga satu porsinya Rp10.000 dan mudah didapatkan di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidempuan.

Selain 7 makanan yang sering aku makan ketika pulang kampung, tentu saja masakan mamakku yang paling Top. Apalagi ikan teri sambelnya beugh nikmat serta kerupuk sambal mamakku juga enak. Kebetulan beliau membuka warung makanan di Jalan Baru Padangsidempuan dengan nama warung Winny Rizki. Jangan lupa memesan mie rebus dan keripik sambalnya pasti suka khususnya penyuka pedas.

Tak heran kan ya kalau aku pulang kampung hobinya berburu kuliner, soalnya selain murah juga enak.

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

80 Comments

  1. Mie buffet Yohana kayaknya enak ya win,,,, #slurp
    Win kalo martabak mesir sama ga kayak martabak telor?

    Reply

  2. Waduh. Martabaknya bahaya… Enak banget buat cemilan sebelum tidur ๐Ÿ˜‚

    Reply

  3. aaakkk aku lapaaaar….penasaran sama mie rebus dan keripik sambal buatan mamak-nya Winny

    Reply

    1. yang ada tinggal teri nasi nya Rinta, mau kah?

      Reply

  4. sukses bikin aku laper berat nih wyn…

    Reply

    1. untung pas makan siang ya kak

      Reply

  5. ya ampun Winny aku mau makan semua… *kemudian lihat celana yg udah mulai gak muat* ๐Ÿ˜€

    Reply

    1. udah gemuakna ya di kampung adhya

      Reply

      1. iya Win,BB naik lumayan drastis gara2 makanan endonesah yang juara ๐Ÿ˜€

  6. Kalau saya ke Padangsidempuan, bisa nih makan di warung Winny Rizki secara gratis :hehe. Iya, makanan-makanan di postingan ini menggoda banget, harga murah, porsi besar, lengkaplah sudah. Oke ke Padangsidempuan kita menuju… pokoknya kalau jalan ke kotamu suatu hari nanti (doakan di waktu dekat ya) saya kepengen coba semua-muanya :hehe :amin.

    Reply

  7. Gado-gado Padangsidempuan hampir sama dengan gado-gado Padang, ya Win. Yang saya suka dari gado-gado Padang ada kuah kacang yang enak, mie dan lontongnya cuma sedikit.
    Serba tujuh kayak tv aja Win, hehehe…

    Reply

  8. duh salah, pagi2 mata disuguhi beginian. yg ada, perut tereak minta sarapan hehehe.
    pecal itu kalo di jawa pecel ya? bukan pecel lele tapi.

    Reply

      1. oh beda ya? kirain sama. sama2 sayuran yg dikasih saus kacang.

      2. kalau di jakarta pecel malah kayak lalapan

      3. ah itu pecel lele/ayam dan sejenisnya. kalo pecel aja sayuran dikasih saos kacang.

  9. Martabak Mesir ini kayak martabak Har di Palembang bukan ya?

    Reply

    1. mirip kak tapi enaka yang mesir soalnya pernah icip yang har

      Reply

  10. Sya pesan sate padangnya plus juice alpulkat ๐Ÿ˜€

    Reply

  11. Gleeeek.. Martabaknyaaaa… *tim martabak telor ๐Ÿ˜€

    Reply

  12. Duh martabak mesirnya bikin ngiler mbak. Di Bukittinggi harganya satu porsi udah 18ribu aja. -_-

    Reply

    1. miash murah di jakarta kalau yang lumayan enak 50 rb seporsi kalau yg 25 gk enak

      Reply

  13. Aku maunya makanan di warung Winny Rizki ๐Ÿ˜€ *modus tersembunyi*
    Maratabaknya itu menggoda banget kak win. Kalau pecal disana itu sama kayak pecel sayuran disini nggak?

    Reply

  14. wah…. ada gado2 juga rupanya ๐Ÿ˜€

    Reply

  15. Makanan Indonesia itu memang paling enak dan ngga ada duanya โ˜บโ˜บโ˜บ

    Reply

  16. Wah.. semuanya bikin ngiler. Gado-gadonya hampir mirip dengan makanan Jogja, namanya lotek.

    Reply

  17. Kebayang-bayang martabaknya..

    Reply

  18. Aduh, jadi pengen Win!!

    Ah, aku baru tahu pecal itu ๐Ÿ˜›

    Reply

  19. Ini nih yang ngeselin, padahal cuma bikin ngiler karena nggak bisa beli langsung, tapi tetep aja saya baca sampai abis hehe ๐Ÿ˜†

    Harganya jauh lebih murah dibanding di Jakarta. Atau Jakarta yang jauh lebih mahal?

    Reply

  20. Wah… ada martabak mesir. enakk bener kyknya mba win..

    dibanding martabak telur, sy lebih suka martabak mesir, lebih tebal.. kuahnya pun beda ya mba.. ๐Ÿ˜€

    Reply

  21. Waah aku belum pernah nyoba martabak mesir. Saya juga belum tau si itu apa bedanya sama martabak martabak biasa pada umumnya ?

    Reply

  22. Harganya gak terlalu mihil ya.. Standar lah, 11 12 sama di surabayaa.. Aku kok pengen makan martabak mesirnyaa ๐Ÿ˜

    Reply

    1. surabaya lumayan murah ya kak

      Reply

  23. Aku penasaran sama martabak dan mie nya. Kayanyaaaaa endeees! Duh laper mbaWin haha

    Reply

  24. Aku kangen sama martabak nih Winny..jadi pingin ๐Ÿ˜€

    Reply

      1. Gak ada Win, mesti bikin sendiri ๐Ÿ˜ฆ dan daku suka males masak.

  25. Mb win aku mau dong lontongnya..sama martabaknya..bedanya sm martabak INDO kykny gak Beda enakny

    Reply

    1. lontongnya mirip yang di tangerang bg, kalau martabaknya sama kayak martabak telur

      Reply

  26. Ampun deh Winny bikin pengen ke Sidempuan langsung. Itu sate, gado-gado, sm es krim alpukat kok gambarnya gak sopan ya bikin ngiler aja pagi-pagi gini.

    Reply

    1. enak banget nisa yuk kesana

      Reply

  27. Gado-gadooo sama martabak itu mbaaak uwuwuwuw bangeeet ๐Ÿ˜€ icip-iciiiip dong mbak ๐Ÿ˜€

    Reply

  28. Bikin air ludah netes….. :d

    Reply

    1. disana namanya martabak mesir juga kan ya

      Reply

      1. Haha, sa gak pernah denger ada martabak Mesir disini mbak Winny, ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  29. Gado-gado dan lontong nya pakai mie ya Win. Beda dengan yang ada di kotaku. Penasaran dengan rasanya hehehe. Harganyapun cukup murah ya

    Reply

  30. gulai daun ubi tumbok gak masuk, tok ??

    Reply

    1. masuk banget tok tp itu gk beli mamaku masakan

      Reply

  31. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…. saya pertama kali merasai sate padang di Bangi, Selangor (Malaysia). rasanya tidak manis. Kok lontongnya makan dengan mie, ya.. Di sini biasanya makan dengan nasi himpit. Makanan kampung memang enak ya Win. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ™‚

    Reply

    1. saya jadi penasran dngan sate selangor

      Reply

  32. memang enak banget ya kalo punya ibu yang suka & pinter masak..nikmat deh!

    Reply

  33. Makanan yg khas banget Padangsidempuan itu mie buffet ya Win?

    Reply

  34. Ah enak semuanya ini Win. Komen perdana disini ๐Ÿ™‚

    Reply

    1. Khas Indonesia banget ya kak makasih kak udah mampir

      Reply

  35. murah-murah juga ya kakak, makanan di sana. top banget ni buat referensi kalau jalan-jalan ke sana. makasih kak winny…

    Reply

    1. kalau datang ke kampungku kabarin ya

      Reply

  36. Almarh Mamaku asal dari Padangsidempuan. jadi kangen nyokap, dia suka banget masak masakan dari kampungnya ๐Ÿ™‚

    Reply

  37. btw, apa kabar salak2 disana ? apa ada yg dibuat oleh2 kayak keripik, dodol dll ?

    Reply

  38. Sangat mengoda makanannya…..

    Reply

  39. lontongnya mirip ama lontong pical di pekanbaru, aduh jadi kebayang-bayang rasa lontong kampungku nich jadinya. Semuanya kelihatan enak dan murah gitu yach? Kalau pulang kampung pasti puas2in kulineran, soalnya kapan lagi hehehe.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s