The significant problems we face cannot be solved at the same level of thinking we were at when we created them

By Albert Einstein

Sunrise on Kelimutu Flores

Hello World!

Jakarta, 5 Februari 2015

Indonesia memiliki alam yang luar biasa menakjubkan, salah satunya wisata kawah. Paling tidak sudah 8 kawah Indah di Indonesia yang telah aku kunjungi dan kesan mengunjungi kawah Indah itu selalu mengagumkan. Kedelapan daftar kawah itu berdasarkan pengalaman Pribadi dan masih penasaran mengunjungi kawah Indah lainnya yang ada di Indonesia

Daftar 8 Kawah Indah di Indonesia

1. Kawah Kelimutu di Flores, NTT

kelimutu

Kelimutu

Kawah Kelimutu yang berada di Gunung Kelimutu sering ditafsirkan sebagai Danau Kelimut yang terkenal dengan 3 warnanya dan warnanya selalu berubah-ubah. Aslinya sih kawah karena Gunung Kelimutu merupakan Gunung Volkano/berapi aktif. Aku ke Kawah Kelimutu tahun 2012 bersama teman-temanku sewaktu tinggal di Kupang dan sampai sekarang kenangan jalan-jalan ke Kawah Kelimutu menjadi jalan-jalan keren yang pernah aku lalui dalam hidupku. Untuk sampai ke Puncak Kelimutu harus melalui tangga, serta keajaiban dari Kawah Kelimutu itu warnanya tidak bisa diprediksi dan selalu berubah setiap tahun. Waktu aku mengunjungi Kelimu, warnanya biru toska, hijau dan hitam. Dua Kawahnya menyatu dengan satu pembatas sedangkan satu kawah lagi terpisah. Ketiga Kawah di Gunung Kelimutu bernama Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua), Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau anak- anak atau gadis) dan Tiwu Ata Polo (danau para pendosa).

Lokasi Kawah Kelimutu

Moni, Ende Flores

Nusa Tenggara Timur

2. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah ijen tidak kalah cantiknya menurutku, apik dan menawan. Berada di ujung Jawa Timur dengan warna biru toskanya. Travelling ke Kawah waktu itu bersama teman kuliahku dan seru sekali karena kami jalan-jalan ke Kawah Ijen itu menumpang dengan mobil sayur hingga mobil belerang. Kesan waktu ke kawah Ijen itu belajar tentang mensyukuri hidup karena belajar dari penambang belerang di Kawah Ijen. Menariknya lagi Gunung Ijen memiliki blue fire yang katanya hanya ada dua di dunia dan satunya itu di Gunung Ijen.

Lokasi Kawah Ijen

Tamansari, Licin

Banyuwangi

Jawa Timur

3. Kawah Putih Ciwidey, Bandung

kawah putih ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Siapa yang tidak pernah mengunjungi Kawah Putih Bandung yang sangat terkenal dengan keindagannya. Bahkan di tahun 2011 sewaktu mahasiwa USU aku dan teman-teman kuliah di Teknik industri USU rela-relain ke Bandung hanya demi melihat Kawah Putih ciweday. Kawah putih berasal dari belerang serta air kawahnya kehijuan sehingga membuat wisatawan suka dengan pemandangannya. Tak heran Kawah Putih sering dikunjungi.

Lokasi Kawah Putih

Jalan Situ Patengan, Rancabali

Bandung, Jawa Barat

4. Kawah Domas Tangkuban Perahu

kawah Tangkuban perahu

Kawah Tangkuban Perahu

Kawah Domas berada di dalam Gunung Tangkuban Perahu. Warnanya cokelat dikelilingi bebatuan gunung berwarna putih. Pertama kali aku mengunjungi Bandung tahun 2010 langsung ke Tangkuban perahu bersama temanku Muja terus nyasar ke Kawah Domas.

Lokasi Kawah Domas

Cikahuripan, Lembang

Bandung, Jawa Barat

5. Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Tahun 2013 ketika mengunjungi dataran tinggi Dieng bersama-sama teman kantor sekaligus menjelah beberapa objek wisata di Dieng dan salah satunya ke Kawah Sikidang Dieng. Warna pegunungannya orange serta kawahnya memiliki air panas yang sangat panas. Kawah Dieng begitu Indah dengan pemandangan pegunungan disekelilingnya.

Lokasi Kawah Sikidang

Dieng Kulon, Batur, Dieng Kulon, Kec. Banjarnegara,

Banjarnegara, Jawa Tengah

6. Kawah Gunung Papandayan

Kawah Papandayan

Kawah Papandayan

Mengunjungi Gunung Papandayan tahun 2014 bersama teman kantorku. Tidak disangka di dalam Gunung Papandayan memiliki kawah walau kecil. Khasnya mengeluarkan asap sampai teman Thailand bernama Nui penasaran mengunjungi Papandayan gara-gara melihat photoku di dekat kawah Gunung Papandayan.

Lokasi Kawah Gunung Papandayan

Karamatwangi, Cisurupan

Garut, Jawa Barat

7. Kawah Gunung Galunggung

Kawah Galunggung

Kawah Galunggung

Mengunjungi kawah Galunggung tahun 2015 bersama teman jalanku. Warna kawahnya khas berwarna hijau dan Indah sekali. Menaiki tangga yang lumayan untuk sampai ke puncak terus pas di puncak disambut dengan keindahan warna hijau kawah Galunggung.

Lokasi Kawah Gunung Galunggung

Linggawangi, Leuwisari

Tasikmalaya, Jawa Barat

8. Kawah Bromo

Candi di Kaki Kawah Bromo

Kawah Bromo

Oh ya Kawah Bromo juga harus masuk dalam hitungan karena kawahnya besar dan menakjubkan juga. Ke Taman Nasional Bromo dan Tengger tahun 2013 bersama daboo serta pengalaman tak terlupakan di Bromo.

Ternyata banyak ya kawah menarik dan Indah di Indonesia. Delapan Kawah di Indonesia baru yang sudah saya kunjungi dan masih banyak kawah Indah di Indonesia. Ada lagi daftar kawah Indah di Indonesia selain daftar yang sudah disebut?

Salam

Winny

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

59 Comments

  1. baru 2 kali ke kawah. Sikidang dan Tangkuban Perahu, tapi ga tahan sama bau belerangnya. beneran pas turun mabok bae aku Win 😀 😀

    Reply

    1. belerangnya emang yah kak khas banget di ciwedeay juga kak

      Reply

  2. oo kawah kelimutu itu warnanya berubah setiap tahun ya.

    Reply

    1. iya kak puji, ajaib ya kak

      Reply

  3. Banyakan yg belom drpd yang udahnya

    Reply

    1. eh di yogya ada kawah juga kan ya aqied?

      Reply

  4. Aku suka banget Kawah Bromo Win sebenernya, hehehe 😀 . Ah, tapi penasaran juga nih sama Kawah Kelimutu!! 😀

    Reply

    1. untung zilko ingatin, iya bromo juga ada kawahnya indah juga, makasih zilko

      Reply

  5. Jaman kuliah dlu, palingan sering lht kawah Domas krn acara malmingnya ska nnjk k TP menyusuri jln setapak Jayagiri.

    Reply

    1. kuliahnya di bandung ya kak

      Reply

  6. Kereeeeennnn.. aku baru ke kawah tangkuban perahu. Besok mau ke kawah putih klo ga ujan. Doain yaa

    Reply

    1. gimana kawah putihnya kak

      Reply

      1. Rame win.. hahaha.. nti ya aku post di blog

  7. naik ke bromonya penuh perjuangan, di atas cuma bbrp menit, krn ga kuat sm belerangnya. jalan di lautan pasirnya jg berasa lamaaaa ga sampe2 parkiran hehe. ngeluh mulu ya?

    Reply

  8. Saya kak, bertahun tahun di bdg belum jg ke kawah putih –‘

    ><

    Reply

      1. hihi.. smoga segera. niat2 dowang inih mah dr dulu 😀

  9. Call me cupu. Blom pernah wisata ke kawah, payah banget. Hehehe. Keren2 banget ya kawah2 itu, super adorable.

    Reply

    1. gk apa kak frany ntar pas ada kesempatan boleh dicoba yg dekat-dekat

      Reply

  10. Super duper Hebat kamu Win, 8 kawah. Aku cuma 1, kawah gn. Tangkubanprau. Oh iya gn. Merapi…

    Reply

    1. aku belum ke gunung berapi

      Reply

  11. Kawah Kelimutu & Kawah Putih aku belum pernah 😀

    Reply

  12. waah…semua foto ber-watermark, suskes terus jalan-jalan ke kawah-kawah yang lain kak 😀

    Reply

  13. Keren. Aku pernahnya hanya ke kawan putih ciwidei 🙂

    Reply

  14. Top list-nya Win, jadi terinspirasi untuk ke sana lagi 🙂 emang gak ada dua-nya kawah-kawah di Indonesia

    Reply

    1. makasih indah, emang Indonesia paling kece soal alam 😀

      Reply

  15. Indah-indah banget semuanya, semoga bisa mengunjungi lebih banyak lg kawah di Indonesia:)

    Reply

  16. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…. ternyata kesan dari letusan gunung berapi memberi efek kawah yang bisa menjadi lokasi wisata tersohor di Indonesia ya. Anugerah Allah tentunya. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

    1. betul sekali Siti, terimakasih ya

      Reply

  17. Wah hebat deh kamu sudah mengunjungi 8 kawah itu..👍🏼 Aku baru ke dua kawah: Kawah Putih dan Tangkubanparahu..

    Reply

    1. aku selalu suka itu kak kawah yg di bandung

      Reply

  18. wah hebat mba win, sampe ke kalimutu … padahal flores pulau tersendiri khan ya ?

    Reply

    1. iya abah beda pulau dengan kupang

      Reply

      1. transporntya naik apa mba ? ada peswat kecil kah dari kupang ?

  19. Baca ini jadi inget rencana ke Kawah Ijen… Sekarang rencana itu udah kekubur sama rencana-rencana trip lain yang persiapannya udah jauh lebih mateng. Hiks.

    Reply

  20. Bikin mupeng aja kakak ini.

    Reply

  21. Berhubung di Bandung, jadi cuma pernah ke kawah no 3 sama 4 hahaha

    Reply

  22. wow…. indonesia memang luar biasa alamnya… pengen banget ke Kawah Ijen dan kawah Putih

    Reply

    1. ntar pas balik kak boleh ke kawah putih dekat

      Reply

    2. Indonesia memang juara kalo urusan tempat wisata, ngga akan pernah kehabisan stock spot cantik untuk diabadikan kamera. tapi kebanyakan buat menuju kesananya perlu perjuangan hahaha jalannya ancur biasanya 😀

      Reply

  23. Klao kawah hati bagaimana ??? hahaha

    Reply

  24. Indonesia memang eksotik teman. Oleh karena itu marilah kita menjaga kelestarian alamnya bersama. Terimakasih

    Reply

  25. keren nih sudah keliling hampir semua kawah TOP di Indonesia
    saya segera menyusul 😀

    Reply

  26. Kawah Kelimutu sama gunung Galunggung yang belom pernah. Paling gak tahan baunya kok Kawah Sikidang Dieng yah, kayak bau H2S yang sangat pekat, wahh sampai mual2 mau foto sebentar aja..Pernah bawa temen2 org Jepang ke kawah Putih, bangga juga mereka bilang bagus banget.

    Reply

    1. aku juga selalu suka ama kawah putih

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.