I have an existential map; it has ‘you are here’ written all over it.”

– Steven Wright-

My Team in Oehala Waterfall

Air terjun Oehala

Hello World

Nusa Tenggara Timur 2012

Wisata Kupang tidak melulu pantai dan karang loh, tapi ada air terjun juga. Paling tidak selama 10 bulan pernah tinggal di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) aku sudah mengunjungi dua objek wisata alam air terjun Kupang yang terkenal yaitu Oenesu dan Oehala. Kedua air terjun Kupang baik Oenesu dan Oehala memiliki keunikan ciri khas tersendiri. Kalau Oenesu identik dengan bentuk karang air terjun seperti kepala singa dan gorilla, maka air terjun Oehala memiliki tujun undakan atau tingkat membentuk seperti anak tangga. Kedua air terjun Kupang juga sangat seru untuk dikunjungi.

Daftar dua air terjun di Kupang, NTT

1. Air Terjun Oehala

air terjun oehala

air terjun oehala

Aku bersama Andisu, Ade, Bobby, Bang Ari dan Monica ke Air Terjun Oehala Kupang dengan naik mobil. Air terjun Oehala memiliki keunikan bentuknya seperti anak tangga. Berada kurang lebih 10-13 km dari Kota Soe, atu kurnag lbeih 2,5 jam dari Kota Kupang. Kami waktu itu tidak tahu lokasi persisnya dimana hanya berjalan kearah Soe saja. Kalau di Kupang panas, maka Soe itu dingin mirip Bogornya versi Kupang. Waktu kami ke air terjun Oehala ramai-ramai sempat pas ditengah jalan ada pohon tumbang sehingga yang cowok-cowok memindahkan pohon dari jalanan. Terus kami juga menuruni anak tangga untuk sampai ke Air terjun Oehala Kupang. Air terjunnya bersih, penuh dengan pepohonan serta memiliki gazebo untuk pengunjung. Ade, Bobbi, Bang Ari paling semangat mandi di air terjun Oehala yang  berasal dari Gunung Mutis sementara Monica, aku dan Andisu lebih melihat saja air terjunya. Pengalaman ngetrip ke Air terjun Oehala bareng temanku sangat seru apalagi kita nyasar bareng,  senang sama-sama. Walau agak jauh dari Kupang, tapi terbayar dengan pemadangan hijau di Air Terjun Oehala.

air terjun oehala

air terjun oehala

Tiket masuk Air Terjun Oehala

Rp3000 (tahun 2012)

Lokasi Air Terjun Oehala

Kecamatan Mollo Selatan

Kabupaten Timor Tengah Selatan

Kupang, Nusa Tenggara Timur
Air Terjun Oenesu

Air terjun Oenesu

Air terjun Oenesu

Sewaktu travelling ke Air Terjun Oenesu bersama temanku Engki yang merupakan penduduk asli Kupang. Kalau Oehala berada di Soe, maka Oenesu berada di Kupang. Air Terjun Oenesu merupakan objek wisata popular di Kupang. Waktu itu aku bersama Engki naik motor karena dia tahu lokasinya. Bahkan aku sempat heran mengetahui kalau Kupang memiliki Air terjun. Waktu itu Engki berkata “Nona ada air terjun toh di Kupang”, Terus aku menjawab “be sonde tahu, bawa pung beta kesana dong”. Akhirnya cus dibawa deh ke Oenesu. Lokasi Oenesu dari Kota Kupang kurang lebih 17 km menuju Kupang Barat. Waktu itu cukup ramai yang mengunjungi Oenesu. Yang membuatku pangling bentuk batuan/karangd ari air terjun. Entah perasaranku atau imajinasi terlalu tinggi tapi aku merasa seperti bentuknya menyerupai muka singa dan gorilla. Mirip gak sih?

Tiket masuk Air terjun Oenesu

Rp5000 (tahun 2012)

Lokasi Air terjun Oenesu

Kelurahan Oenesu,

Kecamatan Kupang Barat,

Kupang, Nusa Tenggara Timur

air terjun oenesu

air terjun oenesu

Jadi, Kupang itu menarik untuk dikunjungi!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

39 Comments

  1. Nama air terjunnya asing ya Win, kira2 artinya apa tuh ya?

    Reply

  2. Ga keliatan sih di foto win, jadi gatau apakah emang mirip singa/gorila ;D

    Reply

    1. ntar malam tak edit lg 😀 hahaha

      Reply

  3. Kupang itu menarik untuk dikunjungi. Tapi jauh win 😥

    Reply

  4. Mantap yoo jam terbang Kakak Winny bertraveling-ria. Nice article

    Reply

  5. Mantap mba win… Sdh eksplor kupang aja nih. Beta ada punya sepupu yg tinggal di kupang, cuma beta belum pernah pigi kesana. 😀

    Reply

    1. pigi su, begitu kalau kata orang Kupang abah

      Reply

  6. Setuju!
    Selama ini banyak orang blm tau dengan potensi wisata di NTT, khususnya Kupang

    Reply

    1. soalnya antimainstream kali ya

      Reply

  7. Itu kenapa keterangannya tahun 2012 kak ?

    Reply

    1. soalnya pas kesana tahun 2012 leli 🙂

      Reply

  8. asik banget ya, cerita perjalanannya sudah kemana-mana.

    Reply

    1. tapi kakak lebih jauh perjalanannya

      Reply

      1. jauh iya say, tapi yang di indo nggak ada yang dikunjungi… hiks

  9. Foto air terjun Oenesu kok ga ada win?

    Reply

    1. sabar 😀 proses editing

      Reply

  10. Ku juga kepo sama foto nya. Namanya lucuk ya mba hahaha

    Reply

  11. Top banget Winny, dikau bener-bener tahu hidden treasure-nya Indonesia..keep sharing yaaa.. xoxo

    Reply

  12. Air terjunnya kecil ya kayaknya

    Reply

    1. lumayan gede sih zilko ntar tak aku tambahin photonya

      Reply

  13. Jdi pngen main air klo liat air terjun. 😀

    Reply

  14. Huahuahua Kupang, pengen rasanya bisa ke Kupang 😀

    Reply

  15. enggak cuma pantai yah…. air terjun juga ada

    Reply

  16. Mbak, fotonya nggak keliatan ._. duh penasaran :3 namanya uniiiik mbak :3

    Reply

  17. Klo ke air terjun gak mandi kurang seru mbak ha ha ha….. Jangan2 mbak win gak bisa berenang ya? Eh….

    Reply

  18. Aku belum kesampaian ke kupang ihik ihik ihik

    Reply

  19. wiih air terjun di kupang bagus2nya..
    hmm foto kedua liat bentuk air terjunnya seperti tirai ya..
    mirip sama air terjun di sekitar jogja 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s