You have brains in your head. You have feet in your shoes. You can steer yourself in any direction you choose. You’re on your own, and you know what you know. And you are the guy who’ll decide where to go.

Dr. Seuss

rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu

rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu

Hello World

Bengkulu, 13 Januari 2016

Tahun 2012 aku pernah mengunjungi rumah pengasingan Soekarno di Ende, Flores walau gagal masuk kedalam rumah karena tutup dan hanya melihat dari luar saja. Eh siapa sangka aku beruntung untuk jalan-jalan ke rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu. Perjalanan ke wisata Bengkulu tidak tanggung-tanggung karena aku berhasil masuk ke dalam rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu.

Alamat rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Cukup dekat dengan Simpang Lima Kota Bengkulu. Dulu dalam imaginasiku yang namanya tempat pengasingan berada di hutan belantara rupanya pas ke Bengkulu letaknya di jantung Kota. Dulu kata Bapak penjaga rumah pengasingan Soekarno merupakan perkebunan terus  seiring perkembangan zaman letak rumah pengasingan Soekarno menjadi daerah strategis di Bengkulu.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Sewaktu aku datang ke rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu, walau cuaca hujan tapi lumayan banyak juga pengunjung  berdatangan mungkin mereka tertarik dengan wisata sejarah Bengkulu apalagi dulunya Bapak Proklamator kita Ir. Soekarno pernah menempati rumah sederhana di  Bengkulu tahun 1938-1942.

Memasuki rumah pengasingan Soekarno, sepatu harus dilepas serta membayar tiket masuk ke rumah pengasingan Soekarno Rp3000 saja terus mengisi buku tamu. Rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu memiliki halaman yang sangat luas dan tertata rapi. Sekilas tidak kelihtan rumah khusus karena mirip dengan rumah biasa hanya saja bentuknya limas hanya tulisan di depan rumah pengasingan Soekarno maka barulah tahu kalau rumah itu rumah pengasingan Soekarno yang menjadi saksi sejarah.

Di rumah pengasingan Soekarno terdapat ruang kerjanya yang berisi gambar Teknik Ir. Soekarno. Aku yang merupakan alumni anak Teknik sangat senang melihat hasil gambar Teknik Pak Soekarno terletak di dinding.

Wajar bangga jadi anak Teknik 😀

Masuk ke dalam rumah terdapat ruang tamu, serta kmar tidur berupa ranjang besi yang dulunya di pakai oleh Pak Soekarno serta lengkap dengan koleksi buku serta foto keluarga. Terus peninggalan yang tak kalah menarik berupa sepeda yang pernah dipakai oleh Pak Soekarno selama di Bengkulu, jadi bisa ketebak berapa usia sepeda itu.

Walau rumah pengasingan Soekarno kelihatan kecil tapi napak tilas di rumah yang dulunya tempat tinggal Soekarno menjadi jalan-jalan sejarah dengan kesan tersendiri.

 

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

48 Comments

  1. Hebat nian bung karno.dmn mn se indonesia pasti ada jejak beliau, jngn jngn travel blogger jg mbk win hehee

    Reply

  2. Di Bengkulu ada rumahnya ibu Fatmawati juga ya berarti Winn ?

    Reply

    1. ada kak rumahnya dekatan lagi beda gang doang

      Reply

  3. Aku kepengen sekali kesini. Sama penasarannya pas gak bisa masuk keliling kedakam istana tampaksiring. Entah ya yg berhub sama Soekarno buatku bikin penasaran.

    Reply

    1. eh sama kak aku lihat juga yang tampak siring tapi gk bisa masuk cuma lihat dari luar aja

      Reply

      1. Iyaa, sama. Nanggung bgt kan ya udah sampe sana.

      2. sama kak aku merasa begitu

  4. Winny hebat banget euy, selalu konsisten kalo nulis cerita perjalanannya *gagal fokus* 😀

    Reply

    1. soalnya temanya travel blogger adhya 🙂

      Reply

  5. Ke rumahnya fatmawati juga nggak mbak? Hihi. Kalau rumah sukarno di anggut, rumah fatmawatinya di penurunan 🙂

    Reply

    1. iya aku kesana kedua pergi. dirimu anak asli bengkulu kan ya

      Reply

      1. Iya 😀
        Sekarang masih di Bengkulu kah? Atau sudah pulang?

  6. rumahnya kecil tapi pekarangannya luas ya, mbak

    Reply

  7. Owalah mbak Win ki anak teknik tow,,,, 🙂 itu sepeda masih ya mbak? keren lah,,,, nggak bisa masuk di Ende gpp.,,, tapi bisa masuk yang ada di Bengkulu 🙂

    Reply

    1. iya Anis 😀 lumayan jadi pengobat hati

      Reply

  8. ke Bengkulu berapa lama sih win? kapan?
    cepet banget tau2 di Makassar…tau2 di Bengkulu 😀
    *geleng-geleng*

    Reply

    1. itu pas bom jakarta dit, itu di bengkulu

      Reply

  9. Luar biasa Pak Soekarno ini, saya juga pernah ngebahas tentang jejak keberadaan beliau di Palangka Raya di http://www.abangdhani.net/2016/01/tugu-soekarno-titik-awal-kota-palangka.html

    Reply

    1. ada juga ya di palangkaraya

      Reply

      1. Muhammad Ramdhani January 28, 2016 at 1:11 pm

        Nampaknya jejak beliau ada di seluruh Indonesia

  10. Semangat Bung Karno menambah semangat jalan jalan nya Winny. Terpelihara rapih ya.

    Reply

    1. banget kak apalagi aku penggemarnya kak

      Reply

  11. Keren ya rumah pengasingannya kini dibuka menjadi museum Win :D.

    Reply

  12. Waaaakh, aku liat gambar tekniknya Pak Soekarno, duuuh detail juga ya :)) hebaat wkwkw 😀 beliau ini nih yang dibanggakan sama anak-anak teknik 😀 wkwkwk

    Reply

    1. ama pak habibie satu lagi

      Reply

      1. Waaah iya mbak, bener. Pak Habibieee fenomenal 🙂

  13. Walaupun sdg diasingkan beliau tetap produktif menghasilkan sebuah karya ya mba win.. Btw itu gambar rumah ya mba ? Spt joglo ya.. ? 😀

    Reply

    1. iya mirip pak baru ngeh mirip joglo

      Reply

  14. Wah berkesan sekali yaaa… Win, jalan terusss yaaa… dari Timur ke Barat, dari Barat ke Timur, Ke Utara ke Selatan… kayak punya baling-baling bambu… hihihi

    Reply

    1. yang utara ke selatan belum kakak 😀

      Reply

      1. nah ayo dijalanin… 😀

  15. mantabz ini..mengenang sejarah

    Reply

  16. hal yang saya simpulkan dari Bung Karno dan pengasingannya adalah bahwa rumah itu selalu berdekatan dengan air bahkan pantai atau danau besar. Saya sudah mendengar dan mengunjungi beberapa pengasingannya yang populer… Bengkulu, adalah tempat masa kecil saya yang sudah sangat lamaaa… dan mengunjungi pengasingan tersebut baru baru ini, memang memberikan pengalaman tersendiri yang sangat detil, sahaja, dan mengharukan ^^v

    Reply

  17. Uang karcis masuknya murah ya.

    Reply

  18. Keren, bisa napak tilas perjalanan bung karno. Smg jg bisa kesanaa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.