Napak Tilas Pengasingan Soekarno di Bengkulu


You have brains in your head. You have feet in your shoes. You can steer yourself in any direction you choose. You’re on your own, and you know what you know. And you are the guy who’ll decide where to go.

Dr. Seuss

rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu
rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu

Hello World

Bengkulu, 13 Januari 2016

Tahun 2012 aku pernah mengunjungi rumah pengasingan Soekarno di Ende, Flores walau gagal masuk kedalam rumah karena tutup dan hanya melihat dari luar saja. Eh siapa sangka aku beruntung untuk jalan-jalan ke rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu. Perjalanan ke wisata Bengkulu tidak tanggung-tanggung karena aku berhasil masuk ke dalam rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu.

Alamat rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Cukup dekat dengan Simpang Lima Kota Bengkulu. Dulu dalam imaginasiku yang namanya tempat pengasingan berada di hutan belantara rupanya pas ke Bengkulu letaknya di jantung Kota. Dulu kata Bapak penjaga rumah pengasingan Soekarno merupakan perkebunan terus  seiring perkembangan zaman letak rumah pengasingan Soekarno menjadi daerah strategis di Bengkulu.

Rumah Pengasingan Soekarno di Ende
Rumah Pengasingan Soekarno di Ende

Sewaktu aku datang ke rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu, walau cuaca hujan tapi lumayan banyak juga pengunjung  berdatangan mungkin mereka tertarik dengan wisata sejarah Bengkulu apalagi dulunya Bapak Proklamator kita Ir. Soekarno pernah menempati rumah sederhana di  Bengkulu tahun 1938-1942.

Memasuki rumah pengasingan Soekarno, sepatu harus dilepas serta membayar tiket masuk ke rumah pengasingan Soekarno Rp3000 saja terus mengisi buku tamu. Rumah pengasingan Soekarno di Bengkulu memiliki halaman yang sangat luas dan tertata rapi. Sekilas tidak kelihtan rumah khusus karena mirip dengan rumah biasa hanya saja bentuknya limas hanya tulisan di depan rumah pengasingan Soekarno maka barulah tahu kalau rumah itu rumah pengasingan Soekarno yang menjadi saksi sejarah.

Di rumah pengasingan Soekarno terdapat ruang kerjanya yang berisi gambar Teknik Ir. Soekarno. Aku yang merupakan alumni anak Teknik sangat senang melihat hasil gambar Teknik Pak Soekarno terletak di dinding.

Wajar bangga jadi anak Teknik 😀

Masuk ke dalam rumah terdapat ruang tamu, serta kmar tidur berupa ranjang besi yang dulunya di pakai oleh Pak Soekarno serta lengkap dengan koleksi buku serta foto keluarga. Terus peninggalan yang tak kalah menarik berupa sepeda yang pernah dipakai oleh Pak Soekarno selama di Bengkulu, jadi bisa ketebak berapa usia sepeda itu.

Walau rumah pengasingan Soekarno kelihatan kecil tapi napak tilas di rumah yang dulunya tempat tinggal Soekarno menjadi jalan-jalan sejarah dengan kesan tersendiri.

 

Salam

Winny

Iklan

48 tanggapan untuk “Napak Tilas Pengasingan Soekarno di Bengkulu

  1. hal yang saya simpulkan dari Bung Karno dan pengasingannya adalah bahwa rumah itu selalu berdekatan dengan air bahkan pantai atau danau besar. Saya sudah mendengar dan mengunjungi beberapa pengasingannya yang populer… Bengkulu, adalah tempat masa kecil saya yang sudah sangat lamaaa… dan mengunjungi pengasingan tersebut baru baru ini, memang memberikan pengalaman tersendiri yang sangat detil, sahaja, dan mengharukan ^^v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s