There are several paths to the top of the mountain, but the view is the same

By Unknown

tanduk kerbau di toraja

Hello World

Toraja, 27 Desmeber 2015

Walau gagal melihat pesta kematian adat toraja atau sering disebut upacara adat rambu Solo’ saat di Tana Toraja  tapi kami sempat melihat yang disebut pesta saat di Batutumonga. Si Bapak Angkot yang membawa kami menyuruh masuk ke dalam padahal ada orang meninggal disebut pesta. Memasuki rumah orang meninggal aku melihat hiasan rumah berwarna merah lengkap dengan alat-alat untuk memasak. Entah kenapa aku merasa mirip dengan Batak dimana kalau meninggal yang tamu datang akan disuguhi makanan. Khasnya pas di depan pintu ada kepala kerbau yang disusun dari ukuran terkecil ke besar.

pesta toraja

Pesta Toraja

Bekas alat masak terlihat jelas di depan rumah duka. Ikatan kekeluargaan terlihat jelas khususnya peralatan masaknya. Terus di depan sebuah panggung terlihat beberapa tamu berkumpul di dekat makam kemudian disbeerang ada kumpulan laki-laki yang makan.

adat pesta di toraja

Adat pesta di Toraja

Terus jalan lagi aku melihat seorang nenek di depan peti mati suami yang sudah meninggal.  Di depan peti mati terdapat photo si kakek. Sayangnya kami hanya sebentar jadi tidak bisa melihat pasti susuan acaranya secara detail hanya sepintas saja kalau tidak pasti seru melihat adat kematian di Toraja mulai dari awal hingga akhir. Semoga nanti ada kesempatan kembali untuk melihat rangkaian upacara kematian Toraja!

adat pesta di toraja

Adat pesta di Toraja

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

30 Comments

      1. Apa artinya?
        Tolong deh bikin artikelnya
        Masak cuma gambar
        Cieee…😁😁😁

  1. sepintas emang mirip batak tok … merah, hitam, putih
    btw, rumah tongkonan mirip tudung cewek karo kan…
    oya, satu lagi, pesat adat toraja mirip sama sayur matua kalo di batak kan, pesta kematian opung yg udah punya cucu….

    Reply

    1. itu yang aku pikir tok malah akau jadi pengen nulis tentang Batak ini

      Reply

  2. Tanduk kerbaunya itu khas banget

    Reply

  3. Tapi aku baca-baca pestanya di Toraja itu serem juga Win, hehehe 😀 .

    Ah, aku juga dulu mengambil foto tanduk kerbau yang disusun itu 🙂

    Reply

  4. itu ngumpulin tanduk kerbaunya berapa lama yak..btw setia banget sama suaminya..sampe segitunya…seremm

    Reply

    1. kumpulinnya pas berapa kali pesta bang

      Reply

    2. kumpulinnya pas berapa kali pesta bang

      Reply

  5. Kalau nggak salah… Pake acara potong2 kerbau ya mbak? Pernah lihat di tv…. Tp nggak yakin juga kalau itu salah satu proses upacara kematian

    Reply

    1. iya bener bang potong kerbau dan babi. cuma waktu itu kami udah keburu pulang harusnya ada acara itu

      Reply

  6. Foto pertama-nya itu keren banget Winny..

    Reply

  7. pesta yang ‘sedikit’ serem untuk dibilang sebuah pesta ya :’

    Reply

  8. Foto detail susunan tanduk kerbau unik ya Win, tinggal hitung perkalian berapa duit yg tertumpuk. Salam wisata

    Reply

    1. benar kak satu kerbau bisa 35 juta paling murah

      Reply

  9. Di Aceh pun demikian mbak, kalo ada yang meninggal bakal disuguhi makanan. Kadang aku malah salah niat kalo melayat, mau makan makanan yang memang dimasak waktu orang meninggal

    Reply

  10. aku juga pengen banget ke toraja Win… 🙂

    Ntar ubek2 lebih dalam buat nyari itin-nya… 🙂

    Reply

    1. ada aku buat itennya loh kalau mau dicontoh

      Reply

      1. Di blog? oyaa… ntar tak cari n liat deh… Makasih ya…

  11. waah kampung saya nihh, heheee ada yang namanya upacara ma nene juga yang bisa bangkitin mayat…

    folback yyo wordpressnya hehee

    Reply

      1. saya dari sulsel tepatnya di makassar, tp sering ke toraja jalan2 jg heheee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.