Sometimes the hardest decision in life is which bridge to cross and which one to burn

By Unknown

bantimurung

Bantimurung

Hello World!

Maros, 28 Desember 2015

Hi Jakarta, pada masih takut akan kejadian kemaren dimana tiba-tiba Jakarta terkena aksi bom dan baku tembak membabi buta? Semoga aksi teroris tidak kejadian lagi, dan untuk korban turut berduka cita.

Nah sedikit mencarikan suasana ketegangan Jakarta aku mau berbagi pengalaman perjalanan ke Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung akhir Desember tahun lalu.

Puas melihat keindahan Leang-leang jaum menujukkan jam 3 sore dan aku bingung bagaimana caranya ke Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung karena beberapa objek wisata menarik di Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung antara lain penangkaran kupu-kupu, air terjun Bantimurung hingga ke Goa Mimpi dan Gua Batu.

 

wisata alam bantimurung

Waktu di Leang-Leang aku menanyakan berapa harga dari Leang-leang ke Bantimurung terus si bapak mengatakan Rp50.000. Sontak aku terkejut dengan harganya karena buatku itu cukup mahal, tapi kalau jalan kaki ke gang Leang-leang membuatku sedikit menarik napas. Akhirnya aku jalan kaki sambil berharap strategi “NEBENG” masih berhasil. Berjalan 5 menit aha beruntungnya aku pas menyetop motor seorang bapak separuh baya mau memberikan tebengan hingga ke gang besar Leang-leang karena beliau kebetulan juga hendak kesana. Eeh siapa sangka si bapak malah sekalian mengantarku ke Bantimurang yang berkisar sekitar 10 km. Terus berhentinya tepat di depan pintu masuk Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung lagi. Si Bapak itu adalah penjaga leang-leang dan beruntunglah bisa dapat tebengan.

bantimurung

Bantimurung

Sesampai di Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung aku membayar tiket masuk Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung seharga Rp25000. Di Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung sangat Indah menurutku ada penangkaran kupu-kupu dan museum kupu-kupu yang mirip di Jatim Park 2 Batu Malang. Tapi untuk masuk harus bayar lagi Rp5000. Karena aku pernah melihat hal yang sama di museum kupu-kupu Jatim Park 2 akhirnya aku memutuskan tidak jadi masuk.

bantimurung

Bantimurung

Alhasil gagal total melihat kupu-kupu yang banyak di Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung. Untungnya aku bisa melihat air terjun Bantimurang yang cakep walau debit airnya agak deras tapi lumayanlah. Sayangnya aku tidak memasuki Goa Mimpi dan Batu karena keterbatasan waktu serta cuaca yang hujan. Disekitar air terjun banyak orang yang mandi atau sekedar bertamasya. Aku sendiri memilih mengelilingi sambil cuci mata saja hingga akhirnya aku putuskan untuk pulang dan langsung ke Bandara.

air terjun bantimurang

Air terjun bantimurang

Di pintu gerbang pulang banyak sekali souvenir kupu-kupu walau aku tidak jadi membelinya! Akhirnya Taman Nasional Bantimurang Bulusaraung menjadi penutup perjalanan di Sulawei Selatan!

Trip Maros, 28 Desember 2015

15:00 – 16:00 Bantimurung melihta kupu-kupu dan air terjun

16:00 – 17:00 simpang Bantimurung nebeng motor terus ke Maros terus ke Bandara

17:00 – 17:30 Maros – Bandara sempat singgah makan Konro

17:30 – 18:00 sop konro ke Bandara, jalan kaki, nebeng terus jalan kaki terus nebeng hingga sampai ke Bandara

18:00 – 18: 30 minum di Dunkin

18:30 – 20:00 pesawat Lion delay 30 menit

20:00 – 22:00 Makassar-Jakarta

souvenir bantimurung

Souvenir Bantimurung

Rincian biaya pengeluaran Hari kedua Makassar

Tiket masuk Bantimurang Rp 25.000

Angkot Bantimurung – Maros Rp12000

Makan sop Konro Rp18000

Angkot ke Bandara dari warung sop Rp7000

Angkot ke Bandara Rp5000

Dunkin hot coklate Rp28500

Tujuan wisata Makassar hari kedua : Ramang-ramang, Leang-leang dan Taman Nasional 

 

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

32 Comments

  1. Wah untuk ada bapak bapak yang baik ya trus bisa nebeng…
    Penasaran gimana caranya n ngak takut klau orang jahat..?

    Reply

    1. aku malah berpikir pada dasarny setiap orang baik kak

      Reply

      1. Beruntung berarti win..

  2. Aduh bagus ya ternyata, semoga someday bisa kesini 🙂

    Reply

    1. amin kak tp tetap deh kak beruntungnya kak ke kantor om larry page 😀

      Reply

  3. Wah beneran keren ternyata di sana. Udah lebih berkembang dari yang dulu. Nyusul hehehe

    Reply

      1. Dulu pas awal2 dibuka sempat masuk tv wisata tsb. Skrg mah sudah lebih terknal 🙂

  4. aku pernah kesana sekali. iyaaa..bagus bantimurung..sayangnya, pas kesana cuacanya lagi ujan.

    Reply

    1. sama nana aku kesana juga pas hujan

      Reply

  5. yang aku salut dari kamu tuhh ya ituu….positif thinking banget sama orang. Kalo aku suka parnoan siiihh, makanya kadang suka males dan segan nanya2 ke orang 😀

    Reply

    1. terlalu positif malah tidak baik

      Reply

  6. itu kupu2nya lepas atau di sangkarin gitu, mbak?

    Reply

  7. Di Palembang juga ada taman kupu-kupu tapi belom sempat ke sana huhuhu

    Reply

  8. waahh, kak itu yg ada bentuk monyetnya apa namanya?

    Reply

    1. itu pintu gerbang bantimurung

      Reply

  9. Itu kamu sendirian win? Berani banget. Kalo gw suka bingung kalo jln sendirian

    Reply

    1. yang dari leang-leang dan bantimurung sendiri

      Reply

  10. Buset, debit airnya deras banget gitu Win. Pantas nggak ada yang mandi disitu ya, hehe. Dulu sewaktu bulan Agustus kesana, debitnya tidak sederas itu jadi banyak yang mandi deh 😀 . Mungkin karena musim hujan ya?

    Reply

    1. iya zilko sebenarnya tidak direkomendasikan pergi pas hujan

      Reply

  11. Di taman lawang ada gk yahh? :’D ahahaha

    Reply

  12. Bantimurung atau Bantimurang Win?
    dua nama itu silih berganti di atas

    eh nekat aja minta bonceng bapak2 sp Bantimurunh

    Reply

    1. typo kak harusnya bantimurung

      Reply

  13. Kalau aku bakalan sama sih, mikir semua orang baik. Jadi ya gakpapa juga. Kadang kalau orang jahat mah pasti dari awal nya suka agak2 gak ngenakin hihihi.

    Reply

  14. Aku lagi rencana ke Makassar nih win. TFS

    Reply

    1. jangan lupa ke leang-leang kak

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.