Life isn’t about getting and having, it’s about giving and being

By Kevin Kruse

tongkonan batutumonga

Tongkonan batutumonga

Hello World

Tana Toraja, 27 Desember 2015

Teriknya siang langsung pudar ketika kami melihat Tongkonan Batutumonga yang super cakep dibawah kaki Gunung Sesean Toraja. Saat sang Pak Angkot menurunkan kami di depan Tongkonan Batutomonga kami benar-benar “blank” dimana itu Batutumongnya! Yang kami lihat adalah hamparan Kota dari atas terus disampingnya Tongkonan yang merupakan rumah tradisional di Toraja. Setelah melewati jalanan yang mendaki dengan jalanan super kecil yang membuatku kagum betapa jagonya orang Toraja membawa mobil ke Gunung dengan jalan yang seperti itu maka kami sampai di atas dengan tidak tahu dimana letak Batutumonganya! Yang kami tahu ialah orang suka naik ke Gunung Sesean meruapakan titik tertinggi Toraja, dan butuh waktu kurang lebih 45 menit katanya.

Kak Indri dan Lukman di Batutumonga

Kak Indri dan Lukman di Batutumonga

Memandang Gunung Sesean membuat kami saling menatap! Oh tidak kayaknya tidak sanggup deh naik keatas Gunung Sesean dengan waktu yang menunjukkan jam 10. Alhasil aku, Kak Indri dan Lukman malah memilih menghabiskan waktu di Tongkonan Batutumonga. Kak Indri paling senang mengahbiskan waktu di wisata Batutumonga berupa Tongkonan yang menurutku unik sampai si kakak masuk ke dalam Tongkonan yang kosong. Aku lebih memilih untuk melihat sekitar karena seekor kerbau menarik perhatianku di depan Tongkonan Melihat pemandangan Tongkonan di depannya sapi membuatku rindu kampungku dimana persawahan, hijau berhamparan!

Liburan ke Toraja benar-benar liburan!

tongkonan batutomonga toraja

Bbatutomonga Toraja

Paling tidak, kami puas melihat Tongkonan yang merupakan rumah adat masyrakat Toraja baik yang bayar maupun yang gratis. Uniknya Tongkonan itu ialah bentuknya yang khas mirip perahu katanya terus beratap bambu atau ada juga seng kalau Tongkonannya modern terus ada susuan tanduk kerbau di tiangnya. Jumlah tanduk kerbau berbaris berdasarkan bentuknya dari bawah ke atas yang menunjukkan tingginya dearjat keluarga tersebut saat upacara penguburan anggota keluarganya karena upacara adata Toraja seperti pemakanan maka kerbau dan babi harus dikrobankan lalu dibagikan kepada masyarakat.

Menarik bukan?

tongkonan batutomonga toraja

Tongkonan batutomonga toraja

Sepintas aku merasa kalau adat Toraja mirip dengan adat Batak khusunya dalam upacara kematian,tentu saja menarik yah jadi penelitian!

Di wisata Tongkonana Batutumonga kami menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam an loh, walau hari kedua dan sering lihat Tongkonan mulai dari Ke’te Ke’su hingga ke Lemo tapi saat melihat Tongkonan di Batutumonga eh kemaroknya belu ilang-ilang juga ya!

tongkonan batutomonga toraja

Puas di Tongkonan Batutumonga saatnya jalan ke Loko Mata!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

41 Comments

  1. Bangunan rumahnya tinggi tinggi..itu mksdny menghindari hewan liar n buas y

    Reply

    1. bukan mas bentuknya emang beitu menghadap utara

      Reply

  2. unik banget ya mba rumahnya, jadi penasaran mereka kalau ke kamar mandi gmn mba??

    Reply

  3. Selain adat, bentuk rumah Toraja mirip dg suku Batak 😀 .
    Melihat perumahannya apa beda nya antara yg bayar dan gratis Win?, apa klo bayar ada guide nya?.

    Reply

    1. kalau lihat tongkonan di desa kete kesu bayar tiket masuk kak kalau yang di beberapa tempat seperti di lemo dan batutumonga gak bayar kak

      Reply

  4. Tadinya kirain salah nulis loh Win. Ternyata emang namanya Tongkonan ya. hahahaha.

    Reply

    1. iya bg febri ahhaha kirain tongkohan ya?

      Reply

      1. kirain mau tulis tongkrongan Win

  5. kalau bentuknya ada kemiripian dengan rumah adat minang yah… sekilas aja seh

    Reply

  6. kece banget Toraja tripnya!! suka ih

    Reply

  7. Acara adat kematian di Toraja sama seperti ngaben di Bali yang butuh dana besar kan? CMIIW

    Reply

    1. beda kak kalau di bali dibakar kan ya

      Reply

      1. Maksudku perlu dana besar untuk acara adatnya

  8. Banyak teman bule yg justru lebih penasaran sama toraja ketimbang Bali & Lombok. Mungkin bagi mereka ini lebih eksotis dan keren yaa..

    Reply

    1. kata orang Prancis itu si Dana karena di Toraja dia kaget melihat nyanyian diadain pas acara meninggal

      Reply

  9. The opening statement is wonderfully powerful. …. I love those houses. Happy New Year, Winny!

    Reply

    1. thanks Frank, hope u enjoy it

      Reply

  10. pengen balik lagi le toraja lihat foto2 ini

    Reply

  11. Di foto terakhir dirimu terlihat kecil sekali mbak? Apa rumah adatnya memang besar ya?

    Reply

    1. iya beasr shiq rumah gede

      Reply

  12. Toraja, dari bagunan rumahnya saja sudah eksotis.. apalagi kalau melihat acara-acara adatnya lebih dekat ya 🙂

    Reply

  13. Win, rumahnya ituasoh ada yg tinggal gk sih?

    Reply

  14. duh typo mau tanya kalo rumahnya itu msh ada warga yg tinggal didalam gak sih? apa cuman jadi tempat wisata aja?

    Reply

    1. ada yang masih ditinggal atau yang kosong dan tempat wisata adhya, kalau di pallawa ada orang yang tinggal tapi kalau di batutumonga dan kete kesu tidak ada yang tinggal

      Reply

  15. Keren banget Win…ini udah keliling Indonesia ya jadinya 🙂

    Reply

    1. masih kurang papua dan maluku Indah

      Reply

      1. ayo kejar buat tahun 2016 ini dong..ke Raja Ampat!!! cek Tripooke deh, itu suka oke oke harganya..

      2. siap kak semoga dapat 😀

  16. Beehhhh mau ah kesana juga penasaran betul aku.

    ” Siiap siap ambil celengan buat nabung.. “

    Reply

  17. keren banget, kapan ya bisa jalan jalan keliling Indonesia (keluar jawa baru di Bali doang), pengen banget keliling Indonesia

    Reply

      1. kalo sudah menikah dan punya anak agak susah mbak, ninggalin keluarga,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.