Nyamannya Bus dari Makassar ke Tana Toraja

Remember even though the outside world might be raining, if you keep on smiling the sun will soon show its face and smile back at you.

By Anna Lee

bus ke toraja
Bus ke toraja

Hello World!

Makassar, 25 Desember 2015

Masih ingat pengalamanku naik bus ALS 72 jam dari Padangsidempuan ke Jakarta saat Lebaran tahun 2015 yang berujung kepada Biduran selama perjalanan? Waktu itu aku berpikir “tidak lagi deh naik bus”, terus ternyata saat hendak ke Tana Toraja dari Makassar harus naik bus lagi selama 8 jam. Parahnya aku tidak “ngeh” kalau harus beli tiket bus jauh hari sebelum ke Toraja karena saat “natal” alias “peak season” maka biasanya tiket bus itu pasti sold out. Untungnya kak Indri telah membelikan karcis bus ke Toraja dengan aplikasi celebus sehingga aku agak tertolong. Syukur ada kak Indri kalau gak aku udah sok-sokan mau “go show” padahal biasanya aku tipikal orang yang membuat itenary perjalanan sebelum bepergian tapi entah setan apa yang merasukiku alhasil aku malas buat itenary perjalanan sehingga yah pergi-pergi aja.

Untuk harga tiket bus dari Makassar ke Toraja Rp190.000 dengan lama perjalanan 8 jam, biasanya berangkat malam jam 9 atau 10 malam tapi ada juga kok yang berangkat pagi.

bus tanah toraja

Flashback jam 6 sore aku masih di Kabupaten Gowa dengan host CS ku si Baginda yang kata kak indri tempat busnya ada di dekat UNHAS yang awalnya jam 8 terus ke jam 9. Untungnya jam 9 sehingga masih terkejar untuk melihat Pantai Losari malam hari sampai makan kuliner pisang epe, kuliner khas Makassar sambil melihat Pantai losari di malam hari. Buru-buru kami ke bus Kharisma, yang sudah di booking kak Indri dari jauh-jauh hari untuk kami bertiga termasuk untuk Lukman, adik Kak Indri. Nah jam 8.30 malam aku sudah sampai dan bertemu dengan Kak Indri sama-sama naik bus Kharisma dengan tujuan Tana Toraja.

Bukit kasih Toraja

Saat memasuki bus olalalaa busnya nyaman banget. Pantas saat membaca pengalaman traveler yang pernah jalan ke Toraja dengan bus selalu memuji kenyamanan bus rute Makassar ke Toraja dan begitu sebaliknya. Untuk harga Rp190.000 selama 8 jam, worth it! Ada selimut, ada bantal serta wifi terus bangkunya bisa disetel kayak tempat tidur. Bus keren di Indonesia tak kalah bus saat ke Malaka maupun ke Singapuralah! Well, paling tidak inilah pengalaman pertamaku naik bus nyaman antar daerah di Indonesia jadi serasa hotel berjalanan, sayangnya belum ada toiletnya. Hanya saja jika ingin ke kamar mandi bisa loh request ke pak supir untuk berhenti. Kocak ya? Nah sepatutnya bus Makassar ke Toraja senyaman ini dapat menjadi standar bus di Indonesia, amin!

Salam

Winny

Iklan

69 tanggapan untuk “Nyamannya Bus dari Makassar ke Tana Toraja

1. Kayaknya bus itu masih baru ya.. Bagus.. Mirip damri yang royal.. Tp klo damri ada ruang buat ngerokok dan kamar kecilnya. Btw serem juga kalau kebelet pas d berentiin taunya d hutan hehe

2. nyaman banget mbak tempat duduknya. bisnya juga lebih kecil, mungkin menyesuaikan sama kondisi jalan ke sana. wah, lagi trip sulsel nih? jangan lupa ke pulau sekitaran makassar mbak, dekat dan bagus-bagus. Samalona trus Kodingareng Keke.

3. Jadi penasaran nih Win naik bus senyaman itu. Manalah ada wifinya. Keren kali kayaknya ini bus ya. Dengan lama perjalanan dan harganya mah kayaknya gw bisa bilang murah ini harganya.

4. Jadi sewaktu saya ke Makassar, terus juga ke TaTor, nah ini yang saya heran. Bayangin 8 jam perjalanan sama saja dari Jakarta ke Jogja dan itu sudah beda propinsi. Kok bisa ya TaTor dan Makassar masih satu Sulsel, nah itu yg saya heran…

Terus saya ke Tator naik mobil sewa, toyota. Baru kali ini saya nemuin supir semua jalan berlubang main gas ajah. Hasilnya saya mabook perjalanan

5. Di sini saya baru lihat deh bagian dalam busnya, ternyata memang keren yak, ada sandaran yang bisa dipanjangin terus bantalnya juga gede banget :haha. Tempat kakinya pasti lega banget itu. Ah andai saja bus yang ke Lombok atau kampungmu juga bisa sebagus ini ya, pasti bagus banget dan kayaknya saya bakalan sering naik bus deh Win :haha. Iya bagi saya juga ini harganya pantas banget, tapi di Jawa saya belum pernah naik bus sih jadi belum bisa membandingkan :hehe.

6. kemarin saya salah posisi, dapat bangku no 1, 8 jam perjalanan Toraja-Makassar kaki meringkel sesekali dilurusin ke atas kaca.

jadi kalo milih bangku, paling enak di 3 or 4 areanya masih luas.

7. Eh adanya aplikasi buat pesan tiket bus gitu?

Wah kalo gitu mah emang enak kak. Ada foot rest-nya. Standar bus malam super executive tuh. Biasanya bus-bus yang ngeline di Jawa-Sumatera ada juga tuh yang begitu, tapi yang super executive, dengan seat 2-2 atau 2-1.
    *kebetulan aku pecinta bis 😀

1. Ah bener ternyata, sesuai dugaan. Kok kyknya dari namanya aja udah sulawesi banget. Ternyata bener itu cuma buat pemesanan bus di Sulawesi 😀
        Tapi keren

8. Bus kharisma mang keren, sapa tahu ke makassarki lagi, jalan2ki ke lejja wisata air panas di kab. Soppeng, kolamnya bertingkat tingkat dgn air panas yang langsung turun dari gunung. 🙂

9. Saya asli toraja, numpang promo wisata.. di Toraja ada sekitar 10 agen bis besar dengan Type Bis yg selalu up to date. ( keluaran terbaru ). dan yg terakhir, pada bulan Desember 2016 rencana akan diluncurkan Bis Terbaru Rute Toraja-Makassar (PP) dengan Fasilitas Full Tempat Tidur 2 Tingkat.( Bukan lagi tempat duduk yg sebenarnya sudah sangat nyaman ). jadi benar2 seperti kamar hotel berjalan. selamat datang dan selamat menikmati keindahan Toraja.