30 Daftar Objek wisata menarik di Sumatera Utara #JelajahWisataSumut


“Let money follow your dreams. Don’t let your dreams follow money.”
― E’yen A. Gardner-

Salju Panas Tinggi Raja
Salju Panas Tinggi Raja

 

 

Hello World

Jakarta, 18 Desember 2015

Dua tahun lalu aku membuat postingan tentang 15 Tempat Menarik Yang Wajib di Kunjungi di Medan dan sekitarnya dan sekarang aku ingin membuat tentang #JelajahWisataSumut karena Sumatera Utara itu tidak melulu Medan loh! masih banyak objek wisata menarik Sumatera Utara yang bisa dijelajah dan siapkan waktu yang panjang untuk jelajah Sumut bahkan aku yang berasal dari Sumatera Utara belum selesai untuk mengunjunginya satu-satu. Nah bagi yang hendak liburan ke Sumatera Utara maka semoga Daftar Objek wisata menarik di Sumatera Utara dapat bermanfaat khususnya sebagai referensi wisata Sumatera Utara.

30 Daftar Objek wisata menarik di Sumatera Utara

  1. Melihat kebun Salak di Padangsidempuan
Simarsayang Padangsidempuan
 Padangsidempuan

Pernah melihat kebun salak langsung? Kampung halamanku Padangsidempuan tekenal dengan Kota Salak sehingga salah satu pengalaman menakjubkan jika bisa mengunjungi kebun Salak sambil memetiknya langsung dari pohonnya. Dulu sewaktu SMA aku pernah memetik salak di Parsalakan, nama tempat di Padangsidimpuan dengan kebun salak yang luas. Waktu itu melewati hutan tapi seru. Nah jika ingin memetik salah maka kunjungilah kampungku.

PS : Selain kebun salak, di kampungku makanannya enak-enak loh dan ramah dikantong alias murah meriah.

  1. Danau Toba di Parapat
Danau Toba Sumatera Utara
Danau Toba Sumatera Utara

Tidak diragukan lagi pesona Danau Toba yang merupakan Danau vulkanik Indah. Anehnya walau aku orang Sumatera Utara tulen, mengunjungi Danau Toba itu hanya sekali dalan hidupku tahun 2011 dengan beberapa teman, tapi melewatinya sangat sering karena jika aku pulang kampung ke Padangsidempuan dari Medan dengan mini bus yang disebut Taxi maka hamparan Danau Toba sangat memukau dan menghipnotisku. Apalagi dari atas Danau Toba itu menawan sampai aku selalu memilih bangku disebelah jendela bahkan pernah sengaja memilih pulang pagi agar bisa melihat pemandangan Danau Toba. Di Danau Toba juga pengunjung bisa main ke Pulau Samosir untuk melihat budaya Batak. Terus untuk tiitk terindah melihat Danau Toba itu dari Air Terjun Sipiso-piso yang lokasinya di daerah Tongging, Karo beda lokasi dengan Prapat ya.

  1. Danau Siais di Tapanuli Selatan

Jujur saja walau dekat dari kampungku, aku belum pernah mengunjungi Danau Siais. Danau Siais ini cukup luas juga loh dan semoga nanti aku bisa mengunjunginya.

  1. Danau Siombun di Mandailing Natal

Sama hal nya dengan Danau Siais, aku juga belum pernah mengunjugi Danau Siombun sehingga penasaran juga dengan Danau Siombun.

  1. Danau Marambe di Mandailing Natal

Nah Danau Marambe juga masih di daerah Mandailing Natal dan belum aku kunjungi dan ternyata banyak yah potensi wisata Mandaliling Natal untuk dikunjungi.

  1. Air Terjun Aek Sijornih di Tapanuli Selatan

Kalau orang Sidempuan liburan maka tempat wisata yang popular dekat Padangsidempuan itu yah Aek Sijornih artinya air jernih. Aek Sijornih itu sebenarnya mata air dair pegunungan kemudian mengalir berbentuk kolam dan iar terjun mini sehingga menarik untuk dikunjungi. Airnya dingin dan alami serta pemandagan alam keren sehingga tidak heran banyak dikunjungi, sayangnya masuk kedalam Aek Siornih siap-siap pungli dari setiap pintu dan tidak hanya sekali bisa berkali-kali. Untuk aek terjun Sijornih merupakan tempat yang sering aku kunjungi mulai dari kecil hingga besar sekarang kalau pulang kampung.

air_terjuan_aek_sijornih_1

  1. Air Terjun Sigura-gura di Toba Samosir

Air terjun Sigura-gura merupakan air terjun yang membuatku penasaran karena aku pernha melihat Air Terjun Sipiso-Piso saja sudah takjub apalagi melihat Air terjun Sigura-gura ketinggian mencapai 250 meter. Air Terjun Sigura-gura berlokasi di Toba Samosir yang must visit saat menjelajah Sumatera Utara.

  1. Benteng Huraba di Tapanuli Selatan

Waktu kecil aku suka melewati benteng Huraba tapi lucunya pas benar-benar singgah itu sekitar 2 tahun lalu karena ingin menjelajah objek wisata Kampung sendiri. Sama seperti namanya Benteng Huraba ialah sebuah benteng yang masih kokoh sehingga melihat jalanan dari Benteng Huraba sangat menyenangkan. Sayangnya tempatnya kecil dan tidak terurus.

Benhur Tapanuli Selatan
Benhur Tapanuli Selatan
  1. Huta Siallagan di Pulau Samosir

Jika ingin mengenal adat budaya Batak maka Huta Siallagan harus menjadi top wisata dalam #jelajahWisataSumut karena keunikan dari deretan batu-batu berbentuk kursi tersusun melingkari meja batu.

  1. Pulau Murshala di Sibolga

Pulau Murshala merupakan sebuah Palau yang ada di Sibolga tempat shooting film Murshala sayangnya film tersebut tidak lolos sensor padahal jika iya maka keindahan alam Murshala akan terlihat jelas. Waktu Lebaran kemaren aku gagal mengunjungi Murshala karena harus pagi dan ramai-ramai karena sewa kapal padahal penasaran dengan air terjun Murshala.

  1. Pulau Berhala di Serdang Bedagai

Aku tahu Pulau Berhala dari teman segeng touring waktu kuliah bernama Imam, sayangnya pas tahunya setalah aku meninggalkan Sumatera Utara sehingga belum berkesempatan mengunjungi. Di Pulau Berhala terdaapat pasir putih serta bebatuan yang mirip tapi tak sama dengan Belitung.

  1. Pantai Pandan di Sibolga

Pantai Pandan Sibolga merupakan tempat liburan favorite karena dari kecil suka berkunjung di Pantai Pandan. Makan seafood goreng dengan harga murah yang paling aku suka di Pantai Pandan.

  1. Pantai Puri di Sibolga

Pantai Puri di Sibolga terkenal dengan pasir putihnya tapi belum pernah kesini.

  1. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake di Nias

Nias selain terkenal bagi penyuka olaharaga air selancar, juga memiliki pantai yang menawan seperti Pantai Lagundri dan Pantai Sorake.

  1. Taman Wisata Rohani Salib kasih di Tarutung

Sama halnya dengan Danau Toba, Salib kasih sering aku lihat dari kejauhan ketika pulang kampung dan melewati Tarutung. Sama seperti namanya Salib kasih berupa Salin yang sangat cocok bagi wisata Rohani khusunya umat Kristen.

  1. Air Soda Sirara Tarutung

Di Air Soda Sirara Tarutung bisa merasakan sensasi mandi air soda walau aku belum pernah juga sih tapi membayangkannya pasti seru sekali. Bayangkan saja kolam soda sambil mandi dengan pemandangan alam Tarutung.

  1. Patung dewi kwan im di Pematang Siantar

Nah bagi yang selalu berpikir kalau Sumatera Utara itu Batak maka sebarnya tidak melulu Batak karena ada juga etnis Tionghoa loh dan umat Buddha. Patung Kwan Im di Siantar merupakan tertinggi di Asia Tenggara oleh MURI tahun 2008 loh. Jadi wisata Sumatera Utara tidak melulu alam ada juga wisata religi Sumatera Utara. Patung Kwan Im di Siantar mirip seperti Patung Kwan Im di Hatyai, Thailand.

Bodhisatava Kuann Im
Bodhisatava Kuann Im
  1. Tradisi lompat batu di Pulau Nias

Tidak diragukan kalau Nias juga menarik untuk dikunjungi apalagi tradisi lompat batunya yang disebut Fahombo, Hombo Batu, olah raga tradisional suku Nias. Oh ya kalau yang masih menyimpan mata uang Rupiah 1000 TAHUN 1992 maka lompat batu Nias ada di mata uang itu. Konon dulu  yang pemuda Nias harus melompati batu setinggi lebih dari 2 meter baru bisa menjadi lelaki dewasa baru boleh bergabung sebagai prajurit maupun menikah.

  1. Candi Bahal di Portibi, Padang Lawas

Ada candi di Sumatera Utara? Tentu saja ada candi di Portibi dengan nama Candi Portibi dan yang tersusun dari beberapa Candi. Aku baru menjelajah Candi Portibi liburan Lebaran kemaren dengan temanku Ilham dan seru sekali perjalannya.

candi portibi
candi portibi
  1. Sungai Asahan di Asahan

Waktu kecil mamaku sering membawaku ke Tanjung Balai untuk melihat sungai asahan. Jadi sungai juga ada di Sumetera Utara.

  1. Bukit Gundaling di Brastagi

Kalau orang Jakarta sering ke Puncak Bogor, maka orang Medan main ke Gundaling, puncaknya wisata Medan di Brastagi. Uniknya Gundaling memiliki jasa kuda jika ingin naik ke atas Gundaling dan lumayan seru memandangan dari Gundaling.

  1. Kebun Jeruk di Tanah Karo

Tau tidak kalau Karo itu merupakan tanah yang subur dan Indah? Pertama kali menginjakkan kaki ke Tanah Karo sewaktu kuliah dan diajak oleh Mbak Eli untuk memetik jeruk langsung dari pokonya dan itu pengalaman yang menakjubkan.

  1. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk di Karo

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk atau sering terkenal dengan nama Sidebu-debu merupakan tempat favorite bagi orang Medan karena mandi air panas belerang di kolam dengan pemandangan Gunung Sibayak itu menakjubkan.

  1. Pemandian Air Panas Sibanggor di Mandailing Natal

Mirip tapi tak sama dengan pemandian air panas Lau Sidebuk, Pemandian Air Panas Sibanggor di Mandailing Natal juga patut dicoba.

  1. Pemandian Air Panas Padang Bujur di Sipirok

Pemandian air panas Padang Bujur Sipirok sangat dekat dengan kampungku dan sering dikunjungi oleh wisatawan tidak hanya wisatawan lokal juga wisatawan mancanegara.

  1. Tor Simago-mago Sipirok

Kalau hendak melihat alam pedesaan dengan hawa dingin dikelilingi pegunungan dan persawahan maka Tor Simago-mago Sipirok bisa menjadi tujuan wisata #jelajahWisataSumut

  1. Gunung Sorik Merapi di Mandailing Natal

Selain gunung Gunung Sibayak dan Sinabung di Karo, daerah Natal juga memiliki gunung berapi loh dengan nama Gunung Sorik Merapi yang artinya Gunung berapi.

  1. Taman Wisata Iman 5 Agama dalam Satu Tempat di Dairi

Taman Wisata Iman 5 Agama dalam Satu Tempat di Dairi menunjukkan kalau Sumatera Utara itu toleransi antar umat beragama. Di Taman Wisata Iman 5 Agama Dairi dapat melihat rumah agama dari masing-masing agama yang ada di Indonesia. Menarik bukan?

  1. Museum TB Silalahi di Balige

Jika ingin mengenal suku Batak lebih dalam maka Museum TB Silalahi di Balige tempatnya. Lokasinya di Jl. DR. Tb Silalahi No. 88, Desa Pagar Batu, Kecamatan. Balige, Toba Samosir

  1. Pacuan Kuda Siborong-borong

Pacuan kuda tidak hanya ada di Bandung loh, Borong-Borong Sumatera Utara juga patut dihitung. Aku saja tidak menyangka kalau Siborong-borong yang merupakan nama daerah Tapanuli Utara memiliki wisata pacuan kuda yang patut dikunjungi.

 

Ternyaata banyak kan potensi wisata Sumatera Utara yang dapat dijelajah?

Jadi jelajah objek wisata menarik Sumatera Utara tidak melulu wisata Medan ya. Nah itulah 30 daftar Objek wisata menarik di Sumatera Utara #JelajahWisataSumut selain objek wisata terkenal seperti Taman Nasional Gunung Leuser di Langkat, Tangkahan di Serdang dan Salju Panas Dolok Tinggi Raja di Tinggi Raja.

 

Yuk mari mengunjungi Sumatera Utara, Provinsi yang memiliki budaya dan alam yang menarik

 

Salam

Winny

 

Iklan

40 tanggapan untuk “30 Daftar Objek wisata menarik di Sumatera Utara #JelajahWisataSumut

      1. masih banyak kak win, ada air terjun si lima-lima sama air terjun yang agak kecil tapi lupa namanya di marancar, terus uap air panas di aek nabara marancar juga sama danau tao kak..

  1. Sumut tuh batak bukan ya? Apa sumbar? Atau padang ya yg sumbar? Suka bingung euy.. bagus banget ya danau toba. Dari dulu kepengen kesana euy.. tapi belom kesampaian terus. Dibawa dalam mimpi dulu aja jalan2 ke danau tobanya 😅

  2. Barus juga Win, jangan lupakan Barus, rumahnya kapur barus :hehe.
    Ajak aku dong Win kalau mau ke Sumatera Utara, betulan deh ini banyak banget yang bisa diselami dari satu provinsi saja. Alangkah ruginya jika tidak dieksplor dan diceritakan semua, karena pasti banyak banget cerita di sana. Aaaak dan lengkap! Sejarah, alam, belanja, kuliner, keberagaman, semua ada di Sumatera Utara! *kemudian nyanyi jingle Pesona Indonesia*

  3. aah..ada aek milas di Padang Bujur, selain itu di Sosopan dan Parandolok Sipirok…
    aduuh jadi kangen kampung,
    kalalu pulang kampung mandi paginya selalu ke aek milas

  4. Wuaah..baru tahu ada salju panas 🙂
    oya, dulu aku pernah mbak ke rumah teman terus di dekat rumahnya ada budidaya salak…rada gimana gitu pas ikut memetik salak langsung dari pohonnya, takut sama yang tajem2nya, tapi kalo makannya sih gak nolak apalagi dikasih cuma2 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s