Liburan ke Museum Keramik Jakarta


Time flies over us, but leaves its shadow behind.

Nathaniel Hawthorne

Museum Keramik
Museum Keramik

Hello World

Jakarta, 29 November 2015

Meski sudah tinggal di Jakarta dua tahun menjelang tiga tahun, tapi masuk ke dalamnya Museum Seni Rupa dan Keramik baru pertama kali. Padahal tahun 2012 pernah main ke Kota Tua dengan teman jauh-jauh dari Bogor ke Fatahillah eeh berphoto doang di depan Museum Keramik tanpa masuk barulah lihat blog orang yang masuk ke dalam ternyata museum keramiknya isinya keren banget sejak itulah ada keinginan untuk berkunjung ke Musuem Keramik yang merupakan salah satu landmark Kota Tua. Tapi yah itu walau dekat masuknya juga baru setelah tahun berlalu 😀

Padahal kalau dipikir-pikir dekat dan wisata murah lagi karena masuk kedalam museum Rp5000 saja tapi realisasinya lama banget! Nah mumpung mau menjelajah objek wisata Jakarta dengan waktu singkat maka aku pergilah ke Musuem keramik yang awalnya ama Rinta tapi karena Rinta berhalangan akhirnya aku perginya cuma pergi dengan Ana, teman asrama waktu kuliah di USU.

The Museum of Fine Arts and Ceramics
The Museum of Fine Arts and Ceramics

Sesampai di Kota Tua maka aku langsung ke dalam Museum Seni Rupa dan Keramik dengan membayar tiket masuk Rp5000 saja. Nah museum terdiri dari koleksi seni rupa berisi karya seni rupa berupa patung, sketsa, lukis batik bahkan ada gamabr dari Affandi. Beberpa terdiri dari patung zaman Majapahit, patung Bali hingga ke koleksi keramik baik yang lokal maupun keramik dari zaman Dinasti Ming.

Yang menarik perhatianku di Museum Seni Rupa dan Keramik ialah lukisan dari Van den Bosch, di salah satu dinding. Gak nyangka saja muka setampan itu bisa menerapkan tanam paksa (Cultuurstelsel) zaman penjajah dulu!

Johannes van den Bosch
Johannes van den Bosch

Keunikan lain dari Museum Seni Rupa dan Keramik terdapat pada bentuk tangganya yang melingkar dari baja dengan warna hitam. Untuk koleksi di dalamnya aku agak terheran-heran juga sebenarnya karena beberapa karya seni itu agak porno menurutku tapi sebagai orang awam aku agak bingung membedakan seni itu sendiri. Di sisi lain tiba-tiba ada lukisan bertulisakan Arab, intinya karya-karya seni dan rupa di Museum Seni Rupa dan Keramik menarik. Yang paling membuatku kaget ketika melihat patung kelelawar yang seperti wanita jadi agak gimana!

Untuk fasilitas di dalam Museum Seni Rupa dan Keramik terdapat musholla dan toilet serta bangku disamping museum tempat kebanyakan pengunjung ialah anak muda yang sedang pacaran ahhaha 😀

Terus 1-2 jam cukup untuk mengitari Museum Seni Rupa dan Keramik. lumayanlah mengisi liburan di Jakarta, Kalau menurutku sih wisata murah Jakarta karena cukup Rp5000 saja maka bisa melihat benda seni yang unik dan aneh.

Sejarah Museum Seni Rupa dan Keramik

Tahun 1870: Lembaga Peradilan tertinggi Belanda (Raad van Justitie)

Tahun 1967: Kantor Walikota Jakarta

Tahun 1968 -1975: Kantor Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta

Tahun 1976: Gedung Balai Seni Rupa

Tahun 1990: Museum Seni Rupa dan Keramik

Alamat Museum Seni Rupa dan Keramik:
Jl.Pos Kota no.2 

Jakarta Barat (Kota Tua)

Jam Buka :
Selasa-Minggu: 09:00-15.00
Senin dan hari besar tutup

Harga tiket masuk: Rp 5000

 

Salam

Winny

Iklan

40 tanggapan untuk “Liburan ke Museum Keramik Jakarta

  1. saya punya foto tangga melingkarnya itu… tangganya memang bikin pengen foto yak. hahahaha. rela deh diri dari atas diliatin banyak orang.

    harusnya ke sana pas lagi ada kelas bikin keramik Win. Seru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s