Liburan Minggu Di Jakarta Ke Rumah Si Pitung


The best way to deal with people who are trying to pull you down is by climbing out of their reach

By Apoorve Dubey

rumah si pitung marunda
Rumah si pitung marunda

Hello World

Jakarta, 22 November 2015

Bingung mau kemana pas liburan hari minggu di Jakarta? Ke rumah si pitung saja, si Robin Hood versi Indonesia. Lokasi rumah si Pitung berada di daerah Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara Cara. Cara akses ke rumah si pitung dengan angkutan umum turun di Halte Enggano naik angkot Nomor 05 turun di Cilincing kemudian ambil angkot U05 merah dengan tujuan Rusun Marunda turun di depan rusun atau bisa juga turun di STIP karena lokasi kampung si pitung satu kawasan dengan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) Marunda.

Keinginan untuk travelling ke rumah si Pitung, sosok legenda bagi warga Betawi sebenarnya sejak setahun silam tapi baru kesampain November 2015. Lalu aku mengajak teman kuliah dulu si Yosi Sihite itupun harus janjian dua minggu sebelum keberangkatan.

rumah si pitung wisata pesisir
rumah si pitung wisata pesisir

Perjalanan ke rumah si Pitung agak lucu karena kami memulai naik busway dari GOR Sumantri lanjut ke Kota terus ke Tanjung Priok. Dari referensi cara akses ke rumah Si pitung harusnya kami turun di Halte Busway Tanjung priok tapi karena saat di halte enggano ada angkutan 05 arah Bulak akhirnya kami turun dan naik itu angkot. Ongkos angkot dari halte enggano ke Cilincing Rp5000 terus kami lanjut dengan angkot 05 warna merah. Di dalam angkot lama sekali menunggu terus ya pas karena kita mau ikut anak kecil yang hendak ke pantai dimana mereka tidak tahu jalan juga yang ujungnya kami dimarahin si Bapk angkot. Pasalnya kami kira si bocah tahu jalan maka kami hendak turun nah pas melewati STIP Marunda si sopir nanya apa ada yang lewat RUSUN atau tidak. Karena kami tidak tahu kalau kampung si Pitung itu dekat dengan RUSUN MARUNDA akhirnya kami dimarahin si bapak ketika menanyakan ke penumpang lain cara ke rumah Si Pitung. Kami hendak turun di STIP kemudian dibelain oleh penumpang lain kalau kami tidak tahu jalan, walau begitu tidak sedap banget dimarahin si bapak angkot. Belum lagi pas turun anak bocah seangkot dengan kami dimarahin si bapak karena kurang bayar. Angkot dengan supir tempramen yang pernah aku dapatin. Si Yosi sih mereasa lucu maklum di anak psikolog sih hehehe 😀

rumah si pitung wisata pesisir
Rumah si pitung 

Nah sampai di dekat rusun Marunda, ada plakat tulisan “KAMPUNG SI PITUNG”, nah kami berjalanlah ke dalam yang lumayan dekat. Cat warna kuning kontras sekali serta gaya rumah panggung dengan kayu berwarna cokelat. Sayangnya rumah si Pitung sedang renovasi hingga tanggal 15 Desember 2015 akhirnya kami hanya melihat dari luar saja. Hiks!

rumah si pitung wisata pesisir
Rumah si pitung 

Terus disamping rumah si Pitung ada banyak Danau buatan untuk memancing terus pas hendak pulang ada jualan bakso. Aku dan Yosi lalu makan baksolah seharga Rp5000 tapi enak banget hingga kami mencari Pantai di ujung Marunda. Eeh di tengah jalan, jalannya becek nah untungnya kami pake sepatu dan lucu deh pelepotan. Hujan terus tiba-tiba panas lagi begitulah perjalan kami hingga akhirnya kami tertidur 30 menit di masjid  Masjid Al Alam, terkenal dengan kisah sumur 3 rasa,  tidak jauh dari rumah Si Pitung di Marunda. Lalu kami melanjutkan perjalan mencari pantai di ujung Marunda.

Salam

Winny

Iklan

32 tanggapan untuk “Liburan Minggu Di Jakarta Ke Rumah Si Pitung

  1. Gak ngajak-ngajak… saya juga mau banget deh ke rumah Si Pitung, ini dekat masjid yang katanya dibangin dalam semalam itu, ya? Terima kasih buat petunjuk jalannya ya, nanti diterapkan kalau main ke sana. Eh kalau jalan ke museum atau tempat lain ajak-ajak dong Win, siapa tahu saya bisa ikut :haha.

  2. Dari dulu saya juga mau ke rumah si pitung tetapi tau lagi direnov, jadi membatalkan dulu.. Sayang kan kalo ga masuk.. hihihi.. Selesai Desember ya? Pake molor ga ya??? Abis itu, sekitarnya pake banjir ga ya? hihihi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s