Do it now! can affect every phase of your life. It can help you do the things you should do but don’t feel like doing. It can keep you from procrastinating when an unpleasant duty faces you. But it can also help you do those things that you want to do. It helps you seize those precious moments that, if lost, may never be retrieved.

By Napoleon Hill

Sumber Indonesia kaya

Sumber Indonesia kaya

Hello World

Jakarta, November 2015

Janjian bertemu dengan teman di Mall Arion Rawamangun yang masih satu kawasan Pulogadung dengan gojek ternyata tak sengaja aku melihat plakat Makam Pangeran Jayakarta yang langsung membuatku ingin berziarah kesana. Karena beberapa bulan lalu wisata jiarah Jakarta salah satunya makam Pangeran Jayakarta ada di TV. Dari Mall Arion akupun berjalan kaki ke terminal bus Rawamangun dan mengambil angkot no 2 terus berhenti di depan Masjid Jami’ Assalafiyah. Masjid Jami’ Assalafiyah sedang renovasi dan lalu aku menyempat sholat ashar disana barulah aku masuk kedalam Kompleks makam Pangeran Jayakarta.

Sebenarnya kompleks Masjid Jami’ Assalafiyah tediri dari beberapa makam. Makan Pangeran Jayakarta dengan empat makam lainnya dari raja terdahulu berdekatan dan sudah dipagari serta sudah dilindungi. Disekitar makam ada tempat untuk ziarah. Kebanyakan pengunjung membacakan ayat-ayat suci disamping makam. Bau Melati tercium jelas di 5 makam kramat ini. Lokasi makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Konon makam Pangeran Jayakarta berasal dari abad ke -17 dan makamnya disembunyikan barulah setelah Belanda pergi maka makam diumumkan keberadaannya.

Bagi yang tidak suka wisata makam, sebaiknya tidak usah mengunjungi makam Pangeran Jayakarta karena hanya berupa makam saja tapi bagi makam hunter sangat cocok untuk dikunjungi mengingat hubungan sejarah Pangeran Jayakarta dengan kota Jakarta.

Untuk masuk kedalam makam Pangeran Jayakarta maka pengunjung sebaiknya berpakaian sopan serta jika ada rezeki sedikit boleh menyumbangkan uang seikhlasknya di kotak donasi yang tersedia di pintu depan masuk kedalam makam.

Oh ya disamping makam Pangeran Jayakarta terdapat pohon besar yang katanya umurnya sudah 2000 tahun, tapi benar atau gak aku kagak tahu dah!

PS potonya masih ambil dari indonesia kaya dot com, nanti poto sendiri akan dibuat!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

13 Comments

  1. Huaaa, serem bener mengunjungi makan Win. Eh, aku juga pernah ding sekali mengunjungi Necropolis 😛 .

    Reply

      1. Aku kesananya siang Win jadi nggak seberapa serem 😛

  2. jadi keinget jaman dulu Win, ziarah makam wali songo, dari Cirebon, demak kudus, gresik, madura, bali. Ditunggu fotonya Win!

    Reply

    1. aku malah penasaran ama makam wali songo

      Reply

      1. kalo ada waktu bisa lah ke Cirebon ada, Demak, Kadilangu, Tuban, Gresik, banyak peziarahnya Win,

  3. Kalau di Palembang ada makam Bukit Siguntang, dan lokasinya sering dipake buat foto prewed 🙂

    Reply

    1. aku pernah kesana tp aneh ya ada prewed di makam kan horor ya

      Reply

      1. Mungkin tema prewed nya mistis haha 😀

  4. kalau ziarah, biasanya banyaknya pengajian ibu2 😀

    Reply

    1. pas kesana dtg bpk2 yg banyak mas

      Reply

  5. Waah, winny suka makam hunter ya semacam pecinta sejarah hihi.
    Di Bandung juga banyak makam yang semacam ini tapi belum pernah coba wisata religi kayak gitu sih 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.