Ziarah ke Makam abad ke-17 Pangeran Jayakarta


Do it now! can affect every phase of your life. It can help you do the things you should do but don’t feel like doing. It can keep you from procrastinating when an unpleasant duty faces you. But it can also help you do those things that you want to do. It helps you seize those precious moments that, if lost, may never be retrieved.

By Napoleon Hill

Sumber Indonesia kaya
Sumber Indonesia kaya

Hello World

Jakarta, November 2015

Janjian bertemu dengan teman di Mall Arion Rawamangun yang masih satu kawasan Pulogadung dengan gojek ternyata tak sengaja aku melihat plakat Makam Pangeran Jayakarta yang langsung membuatku ingin berziarah kesana. Karena beberapa bulan lalu wisata jiarah Jakarta salah satunya makam Pangeran Jayakarta ada di TV. Dari Mall Arion akupun berjalan kaki ke terminal bus Rawamangun dan mengambil angkot no 2 terus berhenti di depan Masjid Jami’ Assalafiyah. Masjid Jami’ Assalafiyah sedang renovasi dan lalu aku menyempat sholat ashar disana barulah aku masuk kedalam Kompleks makam Pangeran Jayakarta.

Sebenarnya kompleks Masjid Jami’ Assalafiyah tediri dari beberapa makam. Makan Pangeran Jayakarta dengan empat makam lainnya dari raja terdahulu berdekatan dan sudah dipagari serta sudah dilindungi. Disekitar makam ada tempat untuk ziarah. Kebanyakan pengunjung membacakan ayat-ayat suci disamping makam. Bau Melati tercium jelas di 5 makam kramat ini. Lokasi makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Konon makam Pangeran Jayakarta berasal dari abad ke -17 dan makamnya disembunyikan barulah setelah Belanda pergi maka makam diumumkan keberadaannya.

Bagi yang tidak suka wisata makam, sebaiknya tidak usah mengunjungi makam Pangeran Jayakarta karena hanya berupa makam saja tapi bagi makam hunter sangat cocok untuk dikunjungi mengingat hubungan sejarah Pangeran Jayakarta dengan kota Jakarta.

Untuk masuk kedalam makam Pangeran Jayakarta maka pengunjung sebaiknya berpakaian sopan serta jika ada rezeki sedikit boleh menyumbangkan uang seikhlasknya di kotak donasi yang tersedia di pintu depan masuk kedalam makam.

Oh ya disamping makam Pangeran Jayakarta terdapat pohon besar yang katanya umurnya sudah 2000 tahun, tapi benar atau gak aku kagak tahu dah!

PS potonya masih ambil dari indonesia kaya dot com, nanti poto sendiri akan dibuat!

Salam

Winny

Iklan

13 tanggapan untuk “Ziarah ke Makam abad ke-17 Pangeran Jayakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s