31 Daftar Referensi Museum yang pernah aku kunjungi

Winny Marlina on November 14, 2015

Success is a lousy teacher. It seduces smart people into thinking they can’t lose.

Bill Gates

Koleksi Patung di Museum Nasional

Hello World

Banten, 11-11-2015

Ternyata iseng-iseng dikumpulin banyak juga list museum yang pernah aku kunjungi. Padahal awalnya bukan penggemar museum lama-lama malah sering main ke museum terus ketagihan. Alasan jalan-jalan ke museum karena banyak peninggalan sejarah terus wisata museum itu wisata murah meriah. Lucunya baru sadar kalau di beberapa negara aku sempatin kunjungi museumnya jadinya kocak dah. Dan semoga kedepan bisa menjelah museum-museum yang lain, amin!

1.Museum Lubang Buaya

Kalau dipikir-pikir memang banyak sekali museum yang ada di Jakarta salah satunya ialah Museum Lubang Buaya yang berada satu area dengan Lubang, Jakarta Timur.  Akses ke museum Lubang Buaya paling murah dengan naik busway jurusan Pinang Ranti dan menaiki angkot dengan membayar Rp2000 maka akan diturunkan di gerbang pintu Lubang Buaya. Sayangnya waktu itu aku kesorean datangnya serta museum sedang renovasi sehingga hanya bisa melihat Lubang buaya.

2. Museum Nasional  Jakarta

Koleksi museum Nasional terdiri beberapa peninggalan arkelog yang menakjubkan. Museum Nasional beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat persis depan halte busway Monumen Nasional (Monas). Jam buka Museum Nasional pada hari senin tutup, selasa-jumat jam 8.30-16.00 dan sabtu minggu jam 8.30-17.00 WIB. Harga tiket masuk Museum Nasional untuk perorangan dewasa sebesar Rp 5000, tiket masuk untuk anak-anak seharga Rp 2000 dan tiket masuk untuk pengunjung asing Rp10.000.

3. Museum kata andrea hirata

museum kata andrea hirata belitung

Museum kata andrea hirata belitung

Museum Kata Andrea Hirata berada di Manggar Belitung. Isi museum cukup menarik terdiri dari kata-kata yang dibuat Andrea serta koleksi buku-buku Andrea. Museum terdiri dari Ruang Ikal, Ruang Lintang bahkan pernghargaan serta koleksi buku Laskar pelangi yang sudah diterjemahkan dalam beberapa bahasa Asing. Harga tiket masuk ke dalam Museum Andrea Hirata ialah Rp2000 saja.

4. Museum Negeri Sumatera Utara

Museum Negeri Sumatera Utara

Jika ingin tahu tentang Batak serta suku-suka lain di Sumatera Utara maka ada baiknya mengunjungi Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara. Lokasi Museum Negeri Provinsi Sumatera UtaraJl. H.M. Joni no. 51 Medan dengan harga tiket masuk Rp5.000 untuk dua orang.

5. Monpera

Salah satu museum unik seperti Monas Jakarta ialah Monpera Palembang karena museum berada di dalam monument. Monpera merupakan bukti perjuangan rakyat Palembang. Lokasi Monpera begitu strategis berada di pusat kota Palembang. Alamat Monpera alias Monumen Perjuangan Rakyat di Jl. Merdeka Palembang di depan Masjid Agung, Palembang, Sumatera Selatan. Harga tiket masuk ke Monpera, Monumen Perjuangan Rakyat Rp 1000 dan harga tiket masuk ke dalam Museum Monpera Rp5000.

6. Museum Mulawarman Kalimantan Timur

Museum Mulawarman

Mengunjungi Museum Mulawarman di Tenggarong Kalimantan merupakan salah satu kenangan yang paling berkesan buatku. Karena dari Jakarta rela-rela jalan ke Balikpapan terus ke Bontang terus ke Samarinda hingga akhirnya bela-belain ke Tenggarong demi Museum Mulawarma, kerajaan Hindu pertama (cmiw).  Tiket masuk ke dalam Museum Mulawarman Kalimantan Timur untuk dewasa seharga Rp3500 dan untuk turis mancanegara tiket masuk Rp5000. Tiket masuk ke dalam Museum Mulawarman Kalimantan Timur untuk pelajar/anak-anak seharga Rp1500.

7. Museum Kebangkitan Nasional

Jika ingin merasakan sensasi STOVIA zaman dulu maka Museum Kebangkitan Nasional Jakarta bisa menjadi pilihan untuk wisata museum murah. Harga Tiket masuk Museum Kebangkitan Nasional untuk dewasa Rp2000. Alamat Museum Kebangkitan Nasional Jl. Abdul Rahman Saleh No.26 Jakarta. Di museum bisa melihta peninggalan alat-alat kedokteran zaman dahulu serta bagaimana kondisi STOVIA zaman dahulu.

8. Museum Katedral Jakarta

Museum Katedral Jakarta berada di Gereja Katedral di lantai 2. Isi dari museum berisi peninggalan dari Paus Paulus dan sepintas tidak kelihatan museum. Jam Buka Museum Katedral : Senin, Rabu dan Jumat  jam 10.00-12.00. Jadi terbatas jam kunjungannya.

9Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Harga tiket masuk Museum Perumusan Naskah Proklamasi Rp2000 dan beralamat Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jl Imam Bonjol No 1, Jakarta Pusat. Isi museum berupa sejarah tentang Perumusan Naskah Proklamasi.

10. Museum Taman Prasasti

Musuem Prasati selalu menarik untuk dikunjungi karena berisi patung-patung gaya eropa dan simbiol-simbol menarik bahkan ada replika makam yang umurnya ratusan tajun.

11. Museum Fatahillah

Bagi warga Jabodetabek, Kota Tua merupakan wisata wajib di Jakarta dan Museum Fatahillah merupakan salah satu tujuan wisata di Kota Tua. Waktu pertama kali ke Kota Tua bersama di tahun 2012 biaya tiket masuk Rp2000 saja dengan memakai KTM alias Kartu mahasiswa. Untuk sekarang tiket masuk ke Museum Fatahillah Rp5000 untuk dewasa. Sampai sekarang aku masih suka dengan museum Fatahillah alias gak pernah bosan.

12. Gedung Joang 45

Museum Gedung Joang '45 - Jakarta

Museum Gedung Joang ’45 – Jakarta

Gedong Joang 45 berada di kawasan menteng, walau namanya gedung tapi isinya museum kok tentang perjuangan tempoe dulu. Lokasi Gedung Joang 45 berada di  Jl. Menteng Raya No.31, Menteng, Jakarta Pusat. Tiket masuk ke dalam Gedung Joang ’45 atau Museum Juang 45 untuk dewasa Rp5000, mahasiswa Rp3000 dan pelajar Rp2000.

13. Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution

Museum AH Nasution

Museum AH Nasution

Jalan-jalan ke Museum museum Abdul Haris Nasution atau tepatnya Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution bersama Jakarta Good Guide dengan harga tiket masuk Rp5000 berisi tentang kejadian sewaktu G3SPKI khususnyaberisi tentang kejadian tertembaknya Ade irma Suryani pada masa itu . Lokasi Museum Abdul Haris Nasution di Jl. Teukur Umar No. 40 Jakarta Pusat .

14. Museum Satria Mandala

museum satria mandala

Museum Satria Mandala

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) maka bisa mengunjungi Museum Satria Mandala yang diresmikan tahun 1972. Tiket masuknya Rp5000.

15 Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Tepat di depan Lubang Jepang Bukitting ada sebuah museum bernama Museum Ekasatriya Mandala yang berisi dengan koleksi senjata serta peniggalan hasil temuan dari Lubang Jepang. Sayangnya waktu itu museum tutup sehingga hanya melihat dari luar saja.

16. Museum Sumpah Pemuda

Kalau mau napak tilas tentang kisah Sumpah Pemuda maka pilihannya berkunjung ke Museum Sumpah Pemud dengan harga tiket masuk Rp2000 saja. Lokasi dekat dengan shelter busway Pal Putih.

17. Museum Tekstil

Museum Tekstil berusi tenatng hasil tekstil dengan tema berbeda-beda tapi waktu kedatanganku temanya berupa tenunan. Harga tiket masuk Museum Tekstil untuk dewasa  Rp5000 (2015). Alamat museum tekstil di Jl. KS Tuban No2-4 Jakarta Barat.

18. Museum Rekor Indonesia (MURI)

Satu lagi museum yang gagal aku masuki karena tutup ialah Museum Rekor Indonesia (MURI) Jakarta yang berisi pencatatan rekor tingkat nasional yang kemudian nantinya dibukukan ke Guinness’ Book of World Record. Lokasi Museum Rekor Indonesia (MURI) Jakarta di Lower Ground Floor Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading Jakarta. Harga tiket masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) Jakarta Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5000 untuk anak-anak.

19. Museum Layang-Layang Indonesia

Mnegunjungi museum layang-layang Indonesia seakan kembali kemasa kecil merasa bocah.  Harga tiket masuk seharga Rp10.000. Dan harga tiket cukup worth it karena harga termasuk nonton video tentang sejarah layang-layang, free tourguide serta membuat layangan sendiri yang akan menjadi souvenir dari museum.

20. Museum Manusia Purba Sangiran

Salah satu musuem yang menarik yang pernah aku kunjungin ialah Museum Manusia Purba Sangiran yang berisi fosil Manusia pubra dari Pacitan Jawa Timur yang merupakan replika tengkorak, manusia Song Braholo dari Gunung Kidul dan sebagainya. Untuk masuk ke dalam Museum Purbakala Sangiran maka kami membayar uang masuk Rp30.000/6 orang.

21. Monumen Perjuangan Yogyakarta

Waktu itu kalau tidak salah pernah ikut anak CS Yogya dalam night at museum jadinya mengelilingi museum Yogyakarta dari titik point Monumen Perjuangan Jogja berjalan kaki mengitari museum yang ada. Waktu itu kalau tidak salah bayarnya Rp25.000/orang dan seru acaranya. Pengalaman pertama tour museum pada malam hari.

22. Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Mengunjungi Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz yang  berisi sejarah tentang bermulanya Kesultanan Selangor ketika diajak My Selangor Story 2013 jadi melihat sekelis kehidupan Raja Selangor.

22 Monas

Monas berisi museum tentang Indonesia dan makna Garuda serta karagaman Indonesia. Aku sangat suka Monas walau ke museumnya pertama kali tahun 2008 setelah itu tahun 2012 terakhir belum pernah ke Puncak Monas lagi tapi tetap menarik.

23. Museum House of Sampoerna

museum sampoerna

museum sampoerna

Sebenarnya sangsi apakah rumah Sampoerna termasuk museum atau tidak soalnya berisi tentang sejarah rokok Sampoerna dan masuk ke dalamnya gratis. Masuk kategori museum gak sih Rumah Sampoerna?

25. Museum Doraemon

 

Fujiko·F·Fujio Museum

Fujiko·F·Fujio Museum

Museum ini sangat berkesan buatku karena dari kecil suka nonton Doraemon pas mengunjungi langsung serasa bahagia.Museum Doraemon atau di Jepang terkenal dengan Museum Fujiko F. Fujio ialah sebuah museum yang dibuat khusus untuk menunjukkan hasil karya serta biography dari Fujiko F. Fujio, penulis manga “Doraemon”, animasi yang sudah pasti dikenal diseluruh dunia. Untuk bisa mengunjungi Museum Doraemon maka pengunjung harus membeli tiket masuk di toko Lawson yang ada di Jepang. Ada mesin khusus berbahasa Jepang untuk membelinya. Jika ingin ke Musuem Doraemon maka sebaiknya membeli tiket terlebih dahulu karena tidak ada penjualan tiket di Museum Doraemon.Jam masuk kedalam Museum Doraemon ada 4 jadwal dalam sehari yaitu jam 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00. Untuk hari selasa museum Doraemon tutup. Untuk harga masuk kedalam Museum Doraemon seharga 1000 Yen.

26  Emperor Qinshihuang’s Mausoleum Site Museum

Emperor Qinshihuang's Mausoleum Site Museum

Emperor Qinshihuang’s Mausoleum Site Museum

Jujur saja awalnya tidak menyangka kalauterracota warrior merupakan museum. Pas di China barulah tahu kalau Terracota Warrior Horses  merupakan museum yang berisi replika patung terracota army terbagi dalam 3 pit yaitu pit 1, pit 2, dan pit 3. Pit 1 berisi ribuan tentara terracota dan kudanya dalam tumpukan berdiri berjajar. Harga tiket masuk kedalam Qinshihuang Mausoleum (Terracota) seharga 150 Yuan.

27 Museum satwa malang

museum satwa malang

Sebelas dua belas dengan Gallery Rahmat Medan, museum Satwa yang merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) berisi hewan diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Erofa, Antartika, Artik. Seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh dari satwa yang telah mati lalu diawetkan. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperi Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Mammoth dan replika satwa purba lainnya (Reference: Wikipedia).

28 Museum Wayang

Musuem Wayang Jakarta

Musuem Wayang Jakarta

Masih di dalam kawasan Old Batavia atau Kota Tua Jakarta maka Museum Wayang bisa menjadi pilihah berisi berbagai wayang dari berbagai daerah mulai dari wayang Nusantara hingga wayang ala komleni Belanda zaman dahulu.

30 Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage merupakan museum menarik yang berada di Tangerang. Dengan harga tiket masuk Museum Benteng Heritage seharga Rp20.000 tapi tidak boleh photo di dalam museum. Museum Benteng Heritage merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berasitektur tradisional Tionghoa yang menurut perkiraan merupakan salah satu bangunan tertua di Tangerang, bisa dibilang mirip dengan Tjong Afie Medan kali ya.

31. Museum Kapal Selam Surabaya

Museum Kapal Selam Surabaya

Sama dengan pengalaman di Bukittingi dan MURI, maka waktu ke museum Kapal selam hanya bisa melihat dari luar saja karena tidak sempat. Jadi ada 3 museum yang gagal aku masuki sebenarnya.

Nah dari teman-teman ada yang penyuka museum juga?

Museum apa yang direkomendasikan untuk dikunjungin atau paling berkesan?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

39 Comments

  1. wow hebat Win 30 venue museum…. museum Geologi Bandung dah belum ?

    Reply

  2. Yang di Jakarta aja belom sampe 10 museum yang didatengin, itu juga semuanya pas masih SD-SMP :))

    Btw foto Terracota-nya kece bingitss!

    Reply

  3. warbyasakkk kamu mbak win..udah keliling ke museum.. o iya di solo selain sangiran ada 1 yang belum kamu kunjungi, yaitu Museum Radya Pustaka 🙂

    Reply

    1. penasaran jadinya Museum Radya Pustaka 🙂

      Reply

      1. coba search di google,warbyasak pokoknya..

  4. Dah byk jg ya win kunjungan museumnya.. bs jadi rekomendasi jg ni..

    Reply

    1. tp masih banyak yg belum dikunjungi krsitin

      Reply

  5. Luar biasa Win, dirimu memang benar-benar almanak berjalan kalau soal museum :hehe. Hmm, museum favorit sejauh ini museum nasional ya, soalnya peninggalan arkeologinya banyak banget. Eh tapi museum yang lain juga bagus sih, soalnya semuanya pasti menyimpan cerita tersendiri. Sebagai pencari jejak alias pencari cerita, museum itu bagaikan gudang… bingung mau mulai dari mana soalnya semua keren banget!

    Reply

  6. Museum yang di Monumen Perjuangan Yogyakarta itu maksudnya Benteng Vredeburg-nya kah Win? 🙂

    Museum di Bukittinggi-nya mengingatkanku akan museum dirgantara di Yogya. Duluu banget sewaktu TK (kayaknya) aku pernah kesana 😛 .

    Reply

    1. iya bener di yogya banyak museum kan ya

      Reply

  7. Wuih kereeeeen!.. Gw baru yang di sekitaran jakarta doang dan gak banyak euy. Mau targetin berapa Museum Win?

    Reply

  8. Kamu penjelajah museum ya mbak win:3

    Reply

  9. penasaran ama Museum Purba Sangiran,,, sudah menjadi warisan dunia, tapi malah terlewatkan,,,, salam kenal kak Winny

    Reply

  10. penasaran ama Museum Purba Sangiran,,, sudah menjadi warisan dunia, tapi malah terlewatkan,,,, salam kenal kak Winny

    Reply

    1. salam kenal anis, semoga bisa kesana lagi ya

      Reply

  11. Terakota …. langsung inget path momentnya Winny. hmmm
    Baru tulisan doang sih Ryan is here. hehehe.

    Keren Win. Dah banyak banget

    Reply

    1. makasih bg ryan semoga nanti bs ketmept yg lain lg

      Reply

      1. sip bg ntar di tujuan beritkunya

  12. Banyak juga museum yang kamu kunjungi aku baru 7 dari 30 list yang kamu buat Win.

    Reply

    1. karena dikumpulin kak ternyata banyak juga

      Reply

  13. ada ga ya museum mantan ..

    Reply

  14. No: 1, 3, 5, dan 13 aku pernah mengunjunginya, Win!! Cuma tidak kutulis saja, itu bedanya. Haha. Jempool!

    Reply

  15. Gak ke museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang win? Padahal letaknya di belakang Monpera?

    Reply

    1. sayangnya gk malah ketinggalan

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: