You’re going to go through tough times – that’s life. But I say, ‘Nothing happens to you, it happens for you.’ See the positive in negative events.

Joel Osteen

 

museum negeri sumatera utara

Museum negeri sumatera utara

 

Medan, 1 November 2015

Hello World!

Trip ke Medan di hari terakhir aku mengunjungi Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara bersama parmaenku alias keponakanku. Dengan motor kami menuju Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara melewati Teladan. Jujur saja walau dulu aku kuliah di USU Medan selama 4 tahun tapi tidak pernah sekalipun menginjakkan kaki di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara hanya numpang lewat saja. Nah mumpung lagi di Medan sekalian saja melihat isi koleksi Museum Sumatera Utara.

Awalnya kami hendak ke Gereja Kuil Di Medan yang bernama Graha Bunda Maria Annai Velangkanni yang beralamat Jl. Sakura III No. 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat. Tapi karena di area Dr Mansyur banjir dan motor tidak bisa lewat alhasil kami batal berkunjung jadinya ke Museum saja.

museum sumatera utara

Museum sumatera utara

Memasuki objek wisata Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara kami membayar tiket Rp5.000 untukku dan sepupuku Vivi tapi tidak tahu pasti harga tiket masuk ke dalam Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Museum terdiri dari dua lantai dengan bentuk bangunan yang menunjukkan rumah tradisional Sumatera Utara. Di lantai pertama maka terdapat pakaian adat dari berbagai suku besar yang ada di Sumatera Utara. Jadi Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara tidak melulu Batak loh karena Medan itu multienits bahkan Bahasa orang Medan malahan ke Melayu-Melayuan yang terkontaminasi dengan logat Batak. Kenapa multietnik di Medan karena terdapat suku Melayu, , Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak, Nias, Chinesss bahkan India. Jadi lima agama yang ada di Indonesia ada semua di Medan. Jadi agak lucu ketika ada teman yang mengatakan kalau Medan itu Batak semua padahal Medan itu ibaratnya Kota besar dengan beraneka ragam etnis.

museum sumatera utara medan

museum sumatera utara medan

Untuk koleksi Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara terdiri dari benda-benda peninggalan sejarah budaya mulai dari masa prasejarah, klasik pengaruh Hindu-Buddha, Islam, hingga seluk beluk budaya suku yang ada di Sumatera Utara. Musuem sendiri terdiri dari ruangan masa sejarah dengan replika fosil manusia purba, diorama kehidupan prasejarah, hingga koleksi peninggalan agama Hindu-Buddha yang ditemukan di situs Percandian Padang Lawas. .

Yang menarik perhatianku ialah peninggalan megalit seperti peti mati dari batu (sarkofagus), benda-benda religi berupa patung batu dan kayu, tongkat perdukunan, wadah obat dari gading, serta koleksi naskah Batak Kuno yang ditulis pada kulit kayu yang disebut Pustaha Laklak dan arca batu, perunggu, pecahan keramik, dan mata uang kuno, juga sebuah replika candi induk dari Candi Bahal I.

Dulu sewaktu di Candi Bahal aku penasaran Arcanya dimana rupanya letaknya di Museum Sumetera Utara berupa patung Ganesha. Sayangnya beberapa peninggalan diletakkan diluar saja untuk ukuran besar dan Museum ini menurutku belum bertema tapi lumayanlah untuk mengenal baju adat tiap suku mulai dari Mandailing, Karo, Pak-Pak, Toba, Nias bahkan Tapanuli Tengah serta meniatur rumah adat tiap suku.

Secara keselurahan liburan di wisata Medan Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara lumayan menambah pengetahuna khusunya mengenai si Suku Batak
Alamat Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara:
Jl. H.M. Joni no. 51
Medan
Sumatera Utara

Harga tiket masuk Museum Sumatera Utara:
Rp 5000/2 orang

Jam Kunjungan:
Selasa-Kamis: 08:30-17:00 WIBB
Jumat-Minggu: 08:30-16:30 WIBB
Senin, Hari Besar: Tutup

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

24 Comments

    1. iya kak rocky saya juga suka museumnya

      Reply

  1. Lumayan ya, minimal tahu macam2 baju daerah di Sumut, 🙂

    Reply

  2. Yang ini museumnya nampak bagus dan lebih terawat ya Win 😀 . Senang lihatnya 🙂

    Reply

    1. cuma kurang ada temanya zilko

      Reply

  3. Eh, ada fosil manusia purbanya ya :3

    Reply

  4. tiga kali tok ke museum ini 🙂

    Reply

      1. I love batak tok …
        dulu sempet kursus online bhs batak toba tapi gak smp selesai hahahaa

  5. Wah kalo mudik mau ke sini aaah

    Reply

  6. Museumnya bagus ya (^_^)

    Reply

    1. palembang juga banyak kan ya kak museum

      Reply

      1. Kalau banyak enggak juga ya. Yang aku tau malah cuma satu doang win 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.