Menjelajah Menteng di jakarta walking one day tour


Hypocrisy can afford to be magnificent in its promises, for never intending to go beyond promise, it costs nothing.

Edmund Burke

Museum AH Nasution
Museum AH Nasution

Hello World

Jakarta, Oktober 2015

Keliling objek wisata Jakarta dengan jalan kaki sehari bisa loh dengan good guide yang membawa ke tempat-tempat wisata tersembunyi di Jakarta. Untuk biayanya hanya berupa donasi artinya terserah mau memberikan atau tidak. Aku dan beberapa blogger ikut berpartisipasi dalam walking tour Menteng yang didakan goodguide Jakarta. Jadi kita akan mengelilingi objek wisata di Menteng yang mungkin luput dari berita. Nah kami mulai dari Taman Suropati yang merupakan titik kumpul acara. Blogger yang ikut walking tour itu aku, Rinta, Citra, Gara, Akbar, Putri, Fahmi dan Adlin.

Kami di musuem teks proklamasi
Kami di musuem teks proklamasi

Aku baru “ngeh” kalau Taman Suropati memiliki patung berkuda karena selama ini kan taunya Taman Suropati itu merupakan salah satu taman terbaik di Jakarta yang dibuat jadi tempat nongkrong apalagi malam hari ramai sekali. Dari Taman SUROPATI kami melewati Gereja Ayam yang berada di samping Bappenas yang juga merupakan bangunan peninggalan zaman dulu. Ternyata banyak juga Gereja ayam begitu colotehku kepada Akbar karena dia pernah ke Gereja Ayam di Pasar Baru. Dari Gereja ayam kami masuk ke Museum Teks Proklamasi dengan peserta bayar sendiri seharga tiket masuk Rp2000 saja kalau tidak salah. Karena aku pernah masuk ke dalam Museum teks Proklamasi jadi aku hanya menunggu duduk manis sampai kelompok walking tour menuju ke Sekolah Obama. Gila baru tahu letak sekolah Obama yang ternyata berada di Menteng. Sekolah obama waktu kecil yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke 44 di SDN 01 Basuki atau SD 01 Menteng, Jl Besuki, Jakarta. Terdapat patung Obama kecil di depan sekolah dan baru tahu sekolah masa kecil Obama dari walking tour Jakarta. Dari Sekolah Obama kami ke Museum museum ade irma suryani atau terkanal dengan Museum Abdul Haris Nasution atau tepatnya Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution. Lokasi Museum Abdul Haris Nasution di Jl. Teukur Umar No. 40 Jakarta Pusat . Tiket masuk ke dalam Museum Abdul Haris Nasution Rp5000 berisi tentang kejadian tertembaknya Ade irma Suryani pada masa itu. Kalau menurutku museumnya agak horror ya tapi lumayanlah untuk menambah koleksi wisata museum di Jakarta yang pernah aku kunjungi.

Oh ya di walking tour Jakarta aku berkenalan dengan Yulis temannya Citra yang mirip banget dengan Alissa Soebandono. Lucu jadinya!

Nah dari Museum kami melewati rumah Bapak Soeharto di Jalan Cendana. Kemudian kami melanjutkan ke Tugu kunstkring paleis Menteng yang juga bangunan peninggalan masa kolinial/ tugu kunstkring paleis pernah menjadi kantor imigrasi dari penjelasan Kak Indri, kakak blogger yang ikut berpartisipasi dari rumah Cendana. Terakhir walking tour kami ke Masjid Mutia yang juga merupakan peninggalan zaman dulu juga.

Walking tour Menteng cukup lumayan capek tapi fun, terimakasih good guide!

 

Salam

Winny

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

33 thoughts on “Menjelajah Menteng di jakarta walking one day tour

      1. lagi dong foto atau tulisannya hahaha
        aku penasaran sama bekas kantor imigrasi itu
        sekarang jadi apa yah?
        *jangan bilang jadi apa prok prok prok yah #hahaha

  1. Yang benar Jakarta goodguide bukan goodguide Jakarta.

    Menyusuri Kawasan Menteng, seru banget bersama kalian. Setiap tempat punya cerita sendiri.
    Terutama Jalan Cendana, jalan yang sangat spesial di zaman presiden Soeharto dimana jalan itu tidak bisa dilewati kecuali keluarga cendana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: