9 Pilihan Tempat Wisata di Malaysia bagi Backpacker


“Try not to become a person of success, but rather try to become a person of value

By  Albert Einstein

Petronas

Hello World

Jakarta, 26 September 2015

Artikel ini khusus dibuat untuk temanku Ilham Simbolon yang ingin melakukan trip perdana ke Malaysia secara backpacker dengan teman-temannya sebagai referensi objek wisata yang ada di Malaysia. Aku sendiri belum tamat untuk menjelajah wisata Malaysia, paling yang sudah hanya tiga kota saja yang mainstream seperti Kuala Lumpur, Melaka dan Penang. Untuk keliling Kuala Lumpur pertama kali di tahun 2013 bersama My Selangor Story keliling beberapa objek wisata Selangor kemudian di tahun yang sama di bulan yang berbeda aku menjalah wisata Melaka dan yang terakhir Februari 2015 kemaren ke Penang dan Kuala lumpur lagi. Dan objek wisata Malaysia lumayan banyak sebenarnya seperti ada Gunung Kinabalunya, Langkawi yang Balinya Malaysia dan terengganu yang membuatku penasaran yang belum jalan-jalan. Tapi untuk pemula Kuala Lumpur, Penang atau Melaka bisa jadi pilihan berkunjung saat di Malaysia apalagi jika travellingnya singkat maka salah satu kota sudah mewakili. Paling tidak ada 9 pilihan Tempat Wisata di Malaysia bagi Backpacker buat temanku dan semoga bermanfaat.

1. Menara Kembar Petronas

Kayaknya tidak serasa ke Malaysia jika tidak mengunjungi Menara Kembar Petronas karena tempat ini iconic Malaysia banget terus photo di depannya tidak bayar alias gratis. Tapi jangan ekpektasi tinggi-tinggi karena namanya juga Menara maka Menara Kembar hanyalah menara biasa cuma merupakan daya tarik pengunjung jika berada di Malaysia. Lokasi Menara Kembar Petronas berada diantara Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan.  Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Towers) atau sering disebut KLCC memilki berlantai 88 serta menyatu dengan mall. Pertama kali aku ke Menara kembar bersama bang Rusli si ramble and wamble bersama teman-teman MSS lainnya pas malam-malam mengejar demi photo di depannya. Dua tahun berikutnya aku malah membawa geng Kamseupay kesana lagi tapi disore hari jadi ada perbandingan antara suasana malam dengan suasana siang di Petronas Twins Tower. Tapi ada satu kesan lucu saat di Twins Tower kalau kebanyakan wisatawan yang berphoto itu orang Indonesia loh hahaha 😀

Baca juga Backpacker ke Malaysia sehari

 

2.  Batu Caves

Pertama kali mengunjungi Batu Caves yang terkenal dengan perayaan Thaipusamnya setiap tahun itu saat di MSS juga tahn 2013. Kemudian 2 tahun setelah itu aku membawa geng Kamseupay ke Batu Caves. Daya tarik Batu Caves terletak pada gunungnya dari batu kapur lengkap dengan patung emas Murugan terus masuk kedalam wisata Batu Cave itu gratis alias wisata gratis Malaysia.

Cara akses ke Batu Caves dari KL Sentral dengan naik commuter line Malaysia seharga 2 RM yang merupakan pemberhentian commuter line Malaysia paling akhir terus turun dari kereta cukup berjalan sedikit sampailah ke Batu caves.

Thaipusam Batu caves
Thaipusam Batu caves

Baca juga tentang Thaipusam

3. Little India

Hal yang aku suka di Malaysia itu ialah saat jalan-jalan di Littel India Klang karena mencoba kuliner India di Litte India itu maknyos apalagi makan nasi briyani tambah lemon teanya yang tidak bisa aku lupakan sampai sekarang. Waktu pertama kali mengunjungi Little India itu saat MSS juga dan waktu itu kami dapat sari gratis. Asyik hahaha 😀

Kalau berada di Little India Klang serasa berada di Bollywood dengan nyanyian India, ketemua orang India, dan mudah mendapat film India dan terakhir jangan lupa makan makanan India 😀

Baca juga Klang wisata Malaysia

4. Petailing Street dan Bukit Bintang

petailing street
Petailing street

Petailing Street atau dikenal dengan China Townnya Malaysia merupakan tempat yang aku suka untuk berburu oleh-oleh khas Malaysia yang murah meriah tergantung pandai-pandai menawar dan makannya juga banyak pilihannya. Sebelas dua belas dengan Bukit Bintang yang tak jauh dari  Menara Kembar Petronas yang aku dan geng Kamseupay suka pada makanannya serta kami sampai nongkrong jam 2 malam di Bukit Bintang waktu itu. Gila kan? Teh tarik Bukit Bintang itu enak banget 😀

5. Medan Muara Ikan Bakar Tanjung Harapan, Klang

Kalau suka dengan seafood maka Medan Muara Ikan Bakar Tanjung Harapan bisa menjadi pilihan. Lokasi Medan Muara Ikan Bakar Tanjung Harapan di Jalan Sultan Hishamuddin Kaw 20, Bandar Sultan Suleiman, Pelabuhan Klang Utara, 42000 Port Klang, Selangor.

Pertama kali aku mencoba kuliner di Medan Muara Ikan Bakar Tanjung Harapan bersama MSS kami mencoba otak-otaknya. Ikan akan dipilih kemudian dimasak, mirip seperti seafood yang di Benhil Jakata atau di Pantai indah Kapuk, atau Bandar Djakarta deh 😀

 

7. Kelap Kelip Kampung Kuantan

Kelap-kelip maksudnya itu ialah kunang-kunang yang berada di Kampung Kuantan. Wisata kelap-kelip saat malam menelusurusi sungai dengan di pohon bakau yang tumbuh liar di tebing Sungai dengan cahaya lampu dari kunang-kunang. Jadi sungai yang gelap ditelusri lalu memandangi cahaya dari kunang-kunang yang berada di tepian sungai yang menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang aku suka di Malaysia.

8. Malaka

Melaka Malaysia
Melaka Malaysia

Untuk Melaka ialah temapt yang menarik di Malaysia menurutku karena selain World Heritage juga mirip perpaduan Eropa dan Malaysia serta banyak peninggalan di masa lampau yang masih bagus. Aku sendiri suka dengan Sungai Melaka sambil berjalan ke Jonker Street untuk membeli gantungan kunci murah dan icip-icip makanan khas Malaysia.

Baca juga Seharian keliling Malaka

9. Penang/Street Art in George Town

objek wisata penang
objek wisata penang

Sama dengan Penang adalah Kota yang ada di Malaysia yang terkenal dengan Rumah Sakitnya sebenarnya cuma untuk wisatanya juga banyak sekali pilihannya. Wisata Penang yang paling populer tal lain tka bukan dengan Street Art in George Town yaitu Welded iron wall caricatures marking George Town : Jimmy Choo, win win situation, Mr. Five Footway, one leg kicks all, bullock cart wheel, cheating husband, tok tok mee, wrong tree, too hot, ting ting thong, labour to trader, kopi O, untrained parakeet, three generations, rope style dan masih banyak lagi.  Istilah kerennya George Town UNESCO heritage world!

 

Baca juga hari pertama di Malaysia

Selain 9 pilihan wisata diatas masih banyak pilihan objek wisata Malaysia yang menarik yang aku juga belum kesana misalnya The Blue Mosque dan Kanching Recreation Forest. Semoga nanti ada waktu kesana lagi 🙂

Salam

Winny

Iklan

36 tanggapan untuk “9 Pilihan Tempat Wisata di Malaysia bagi Backpacker

  1. Win, kalau mau ke sana ajak-ajak saya dong… :huhu. Saya soalnya belum pernah ke luar negeri jadi sampai sekarang paspor masih kosong *et dah padahal solo traveling kan bisa ya :haha*. Malaysia kaya akan tempat wisata yang dikelola dengan baik ya. Indonesia sebetulnya bisa lebih dari itu, ibarat kata kita punya banyak tempat yang bisa jadi World Heritage City :hehe.

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Winny…

    Senang menyapa dan kembali aktif di dunia maya. Sebagai anak Malaysia saya berterima kasih kepada mbak Winny atas 9 pilihan tempat wisata menarik buat backpecker di Malaysia. Semua tempatnya menarik, mbak. Jangan lupa juga wisata ke Sarawak. Di Sarawak mbak bisa berkunjung ke Gua Niah, Miri atau Kampung Budaya di Kuching.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s