The human brain has 100 billion neurons, each neuron connected to 10 thousand other neurons. Sitting on your shoulders is the most complicated object in the known universe

By Michio Kaku

Masjid Istiqlal Masjid Negara Republik Indonesia

Hello World!

24 September 2015

Salah satu tempat yang paling aku suka di Jakarta itu ialah Masjid Istiqlal yang berarti Merdeka. Yah Masjid Istiqlal artinya masjid Merdeka yang merupakan masjid nasional negara Indonesia yang dibangun pada masa Ir. Soekarno tahun 1951. Uniknya arsitek Masjid Istiqlal itu umat Kristen Protestan loh Frederich Silaban.  Terus yang paling heboh pas November 2010 ketika Barack Obama dan istrinya mengunjungi Masjid Istiqlal.

Nah kesanku sendiri terhadap masjid Istiqlal itu mengagumkan “masterpice” karena dulu sewaktu di kampungku Padangsidempuan kalau hari Lebaran maka aku akan melihat di TV Presiden Indonesia, wakil Presiden bahkan para pejabat negeri berkumpul dan melakukan sholat berjamaah di Masjid Istiqlal. Terus waktu kecil aku berhayal “keren juga bisa sholat di tempat para pejabat sholat” ahahha 😀

Beruntungnya aku papling tidak mimpi di waktu kecil kesampaian pas gedenya karena paling tidak aku pernah sholat Hari Raya Idul Fitri tahun 2014 dan Hari Raya Idul Adha berturut-turut tahun 2014 dan 2015 di Masjid Istiqlal. Mungkin bagi warga Jakarta sholat di Istiqlal biasa saja tapi buat anak kampung sepertiku sangat luar biasa. Bayangin aja dulu lihat di TV terus sekarang bisa berada di tempat nyatanya! 😀

Istiqlal Mosque, Jakarta

Istiqlal Mosque, Jakarta

Kemarin pas momen idul Adha aku diajak Gladies untuk sholat Idul Adha bareng Indri ke Masjid Istiqlal. Karena lokasinya tak jauh dari Thamrin makanya kami jam setengah tujuh berangkatnya, syukurnya kami sampai tepat waktu karena jam 7 sholat Idul Adha baru dimulai. Yang sholat pas Hari idul Adha kemaren lumayan banyak walau tidak sepadat pas hari Raya Lebaran.

Sayangnya pas Lebaran atau hari besar umat Islam pasti banyak sekali pengemis atau penjual bertebar disepanjang masjid. Bukannya aku benci pengemis di Jakarta atau pelit memberikan seribu sepuluh ribu hanya saja kadang di Jakarta itu pengemis itu “profesi” alias orang yang mengemis itu bukan karena susah tapi malas bekerja bahkan ironisnya ada dalang di baliknya terus lucunya yang pengemis biasanya Islam pula padahal jelas dalam Islam bahwa mengemis itu haram hukumnya kecuali bagi salah satu dari tiga orang: (1) seseorang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian berhenti, (2) seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan (3) seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan, ‘Si fulan telah ditimpa kesengsaraan hidup,’ ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup. (dalam riwayat Sahabat Qabishah bin Mukhariq al-Hilali Radhiyallahu ‘anh).

Sorry yah jadi ceramah ahahhaha 😀

masjid istiqlal

Masjid istiqlal

Pas pulang Idul Adha aku, Gladies dan Indri melihat pelangi di Air mancur di tengah kolam sudut barat daya taman Masjid Istiqlal. Beruntung ya 😀

Yang terakhir SELAMAT IDUL ADHA!

Air mancur di tengah kolam sudut barat daya taman Masjid Istiqlal

Air mancur di tengah kolam sudut barat daya taman Masjid Istiqlal

Alamat Masjid Istiqlal

Jl. Taman Wijaya Kusuma, Jl. Taman Wijaya Kusuma

Jakarta Pusat

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

30 Comments

  1. Selamat Idul Adha jugaaa. Iya ya, kalo idul adha atau idul fitri, di tv suka ada siaran live nya

    Reply

  2. Waduh.. kapan yaa Saya bisa kesana…

    Reply

  3. Selamat Idul Adha Win. Kalo sholat di masjid ini adem.

    Reply

  4. dreams come true ya. ceramahnya mantep 😀

    Reply

  5. Kamu gak poto bagian dalamnya? Mampir ke bagian bedug yang guede banget itu ndak?

    Reply

    1. ada kak tp belum dimasukin

      Reply

  6. Saya juga sering lihat di TV. Ingin pas ke Jakarta bisa mampir hehe

    Reply

  7. Thanks buat sharing soal ilmu agama dan hakikat pengemis itu Win :hihi. Iya memang banyak banget pengemis di Jakarta dan itu sangat meresahkan masyarakat banget :huhu. Istiqlal memang hebat! Dari dulu juga begitu, mengingat posisi yang hampir seperti tanjung yang mempulau terus keadaannya yang berdampingan dengan Katedral menjadi simbol kerukunan umat beragama. Belum lagi soal masa lalunya, dulu Istiqlal ini setahu saya adalah Citadel Prins Frederik Hendrik, benteng pertahanan tengah kota yang megah dan punya terowongan rahasia! Keren pokoknya.

    Reply

    1. iya gara eh wa mu gk aktif ya

      Reply

      1. Aktif kok Win…

  8. Suamiku jg pgn sholat ke Istiqlal 🙂 tp 2x lebaran disini (Lebaran Idul Fitri & Lebaran Haji), sholatnya di Bakrie terus. Tp lumayan pas Idul Fitri, ketemu Pak Prabowo, hehehe.

    Reply

    1. d bakri yg kuningan kak?

      Reply

  9. dari dulu pengen coba sholat id disini tapi gagal mulu karena kesiangan XD jadinya selalu di dekat kost deh~

    Reply

  10. berada di tempat istimewa di saat yang istimewa, tentu sebuah anugerah yang patut disyukuri.
    Idul Adha kemarin saya sholat Ied di SMA-IT Al Madinah, sekalian antar anak

    Reply

  11. Selamat Id Adha, Winny 🙂
    dari yang hanya liat di tivi, akhirnya bisa ngerasain sendiri itu wow rasanya, hhehe.

    Reply

  12. Selamat Idul Adha Winny 🙂

    Reply

  13. Masjid istiqlal ya? alhamdulillah dah pernah kesini 🙂 btw itu foto air mancurnya ada pelangi kecilnya 😀

    Reply

      1. Tos! Follback ya 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.