If you want something that you have never had, then you have got to do something you have never done

By Unknown

Thamrin jakarta

Thamrin jakarta

Hello World

Jakarta, 2015

Teman-teman, dimana tempat nongkrong makan favoritmu di Jakarta atau kota lain di Indonesia? Karena aku sekarang tinggal di Jakarta maka ada beberapa tempat yang pernah aku coba untuk mencari kulineran di Jakarta dari yang aku suka sampai ke kurang aku suka. Untuk Jakarta sebagai kota besar memang kalau kumpul kebanyakan kerjanya itu makan-makan 😀

Nah ada 11 tempat yang pernah aku coba untuk kulineran dan beberapa diantaranya yang aku suka. Rekomendasi tempat terbaik Makan Enak di Jakarta

1. Benhil alias Bendungan Hilir

Bendungan hilir atau sering disebut Benhil yang berada di  kelurahan yang terletak di kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan tempat favoriteku untuk mencari makan atau kulineran karena lokasinya yang mudah dijangkau dari halte busway semanggi serta pilihan makannya banyak mulai dari seafood, martabak, sate, sop buah, capcay, mie Aceh dan masih banyak lagi sampai bingung mau makan apa. Pedagang makannya juga banyak berjejer disepanjang jalan. Kalau Ramadhan tempat ini sangat ramai karena banyak jajanan untuk bukaan puasa. Aku sendiri paling suka makan seafood dan mie Aceh disini. Untuk seafood nya lumayan agak mahal kalau di makan sendiri dan enaknya makan ramai-ramai. Kalau mie Acehnya emang biasa rasanya tapi masih mendingan daripada Mie Aceh yang ada di Jakarta malahan aku paling suka itu teh tariknya. Kalau untuk pengalaman lucu saat di Benhil ketika aku, Bang Dian, Bang Dendi, Bang Novrizal dan Gladies malam-malam makan martabak dipinggir jalan terus ada rebutan padahal itu jam 11 malam.

2.  Blok M

Untuk Blok M sendiri aku paling suka makan di foodcourtnya karena banyak pilihan, tempatnya asyik, harganya juga murah. Kalau mau makanan lengkapnya bisa mencoba pujasera di lantai bawah Blok M. Saking seringnya pergi ke Blok M aku sering diejekin penghuni Blok M. Kalau lagi senggang biasanya aku akan melipir ke Blok M duduk cantik di lantai atas mencoba makannya pas di dekat 21 nya Blok M. Untuk harganya juga murah berkisar Rp15000 keatas tergantung jenis makannya. Cuma kebanyakan yang datang ke Blok M ini anak-anak alay alias lebay kadang terlalu ramai dengan ABG yang pacar-pacaran jadi kadang agak lucu melihat tingkahnya. Nah makanan favoriteku di Blok M ini ialah ramen, tempatnya kecil dan ramennya ala tradisional tapi rasanya enak dan harganya cuma Rp15000.

3. Pasar Santa

Tidak diragukan lagi akan pasar Santa yang sekarang terkenal dengan Santa Modern Market pernah ngehitz di Jakarta sebagai tempat nongkrong asyik anak Jakarta. Entah kenapa Pasar Santa yang dulunya pasar tua berubah menjadi Pasar yang begitu terkenal di Jakarta. Banyak sekali anak muda jakarta hangout alias tempat kumpul dan nongkrong. Awalnya aku penasaran dimana pasar Santa, rupanya alamatnya di Jalan Cipaku. Lucunya pertama kali kesini bersama teman kumpulku Bang Dian, Bang Dendi, Bang Novrizal dan Gladies serta Bang Ai pas jam 10 malam. Dari depan kelihatan seperti pasar tradisional apda umumnya di lantai 1 nya berisi pedagang baju, sepatu, tukang jahit, eeh di lantai 2 itu lah letak jajananan itu. Sayangnya pas ke sana sudah tutup alhasil kami tidak jadi makan di Pasar Santa. Aku sendiri tahu pasar Santa dari temanku dari German karena dia merekomendasikan Pasar Santa sebagai tempat favoritenya di Jakarta. Untuk variasi makanan banyak disini dan harganya emang agak seperti harga Mall bukan harga pasar tradisional tapi tempat nongkrong bolehlah.

4. Kota Casablanka

Buat warga Jakarta pasti tidak asing mendengar mall yang satu ini, dari beberapa mall elit di Jakarta yang variasi makannya paling banyak menurutku di Kota Casablanka dan yang paling aku suka itu foodcourtnya. Sistemnya juga dengan memberi kartu berisi uang yang akan ditukarakn ke tendant makananya yang ada dengan memotong uang yang ada jika tidak beli tidak apa uang akan kembali. Pilihan makannya juga banyak dan yang paling membuatku penasaran makanan India kali ya 😀

5. Food Plaza Pantai Indah kapuk (PIK)

Pertama kali mencoba kulineran di PIK itu di Food Plaza Pantai Indah Kapuk bersama Bang Peterus seniorku waktu SMA tapi baru jumpa lagi di tahun 2015 ini. Karena aku penyuka seafood maka kami berdua makan seafood dan hargnay lumayan berdua Rp200.000 untuk kami berdua dengan pilihan yang banyak sampai kami super kenyang dan rasanya juga enak. Selain seafood banyak pilihan lain di tempat ini.

6. Blok S

Blok S sebelas dua belas dengan Blok M yang menjadi tempat favoritku untuk kulineran di Jakarta. Tapi karena lokasinya yang agak jauh dari tempatku jadi agak malas ke Blok S. Pertama kali ke Blok S waktu ditraktir makan oleh Ben temanku dari Australia bersama teman lain karena dia merekomendasikannya dan yang aku makan waktu itu Soto Betawinya, menu makanan kesukaanku di Jakarta.

7. Kemang

Siapa yang tidak kenal Kemang yang menjadi tempat favorite anak gaul Jakarta. Kemang itu terkenal dengan tempatnya expatriat terus terdapat hiburan malam di daerah ini. Tapi Kemang juga memiliki tempat makanan yang banyak disepanjang jalan. Sayangnya aku tidak terlalu suka dengan Kemang karena lokasinya jauh.

8. Thamrin

Untuk daerah Thamrin juga salah satu tempat berburu kuliner. Dulu waktu kantor di Menara BCA, aku sering sekali makan siang di foodcourtnya, sudah harganya murah menunya variatif sampai bingung mau makan apa. Foodcourtnya ada di lantai 2 dan 3 dan jangan heran ada makanan Rp10.000 saja disana. Kalau di Grand Indonesia ada di lantai 6 untuk kantin karyawan tapi kalau yang di Thamrin pilihannya lebih luas dan harganya juga enak dikantong. Thamrin merupakan tempat makan yang aku suka

9. Plaza Festival

Kalau Pasfes alias plaza Festival yang berlokasi di Kuningan Jakarta lebih tepatnya tempat nongkrong di Jakarta tapi tempat ini bisa juga menjadi salah satu pilihan berburu kuliner walau kebanyakan makanan cepat saji. Tapi untuk santai dan makan bolehlah

10. Jalan Sabang

Untuk jalan Sabang banyak sekali makanan dan warung berjejer disepanjang jalan. Entah kenapa banyak sekali orang suka kulineran di Jalan Sabang padahal menurutku harganya agak lumayan mahal dibandingkan dengan Benhil. Terus yang paling tidak aku suka itu rasa makannya itu tidak terlalu enak terus pengamennya bisa ganti 5 orang dalam sekali periode makan. Tapi ini hanya menurut pendapatku pribadi ya. Untuk Jalan Sabang paling yang aku suka itu kopi tiam Oey sabang. Karena lokasinya di tepi jalan pelayanannya juga ramah.

11. Wisata Kulineran Pecenongan

Sebelas dua belas dengan Jalan Sabang, aku juga heran dengan wisata kulineran Pecenongan. Memang tempatnya asik, tempat makannya banyak cuma harganya tidak sesuai dengan rasanya. Pengalaman makan di Pecenongan ama Sarta waktu malam kami jalan terus karena tidak lapar kami makan pisang goreng Pontianak. Nah disamping pisang goreng Pontiank ada Dapur 333 namanya, yang menjual makanan. Pas aku lihat menu makannya tidak ada daftar harganya pas aku tanya mas penjaga berapa harga di beberapa menu dia bilang tidak tahu. Terus agak mencurigakan dan beneran dong kalau harga yang aku pesar fantastis. Yang aku pesan itu minuman yaitu teh tarik dan harganya Rp18500 dan rasanya tidak enak sama sekali dan menjadi minuman teh tarik termahal yang pernah aku makan untuk ukuran jalanan. Sehingga kapok makan di Peconongan, mahal hahaha 😀 Tapi walau begitu aku suka kok makan martabak pecenongan seru untuk makan ramai-ramai walau harganya agak lumayan.

Dari 11 tempat makan di Jakarta, pasti banyak lagi tempat makan enak, murah dan asyik di Jakarta. Teman-teman ada saran untuk Pilihan Tempat Kuliner di Jakarta?

Salam

Winny

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

57 Comments

  1. oohh jadi Winny suka ke blok M buat ngeliatin ABG2 pacaran?! 😛 *dijejelin mie aceh*

    Reply

    1. hahaha iya Rinta lucu tingkah lakunya

      Reply

  2. Jalan Sabang sih must try banget buat kulineran di Jakarta ya..

    Reply

    1. Haish belom beres udah kepenceeet. Maksudnya biar tahu gimana sebenernya makan di jakarta itu rasanya. Udahlah harga agak mehong rasa ya gitu deeeh. Tapi senengnya bisa ngerasain macet dan panas teriknya Jakarta. Mihihihi.

      Reply

      1. klo itu iya buat tw jakarta 😀

    2. aku kurang suka mas soalnya kurang enak

      Reply

  3. Kelapa Gading kan surganya kuliner Win?

    Reply

    1. aku belum pernah mas kesana next time harus dicoba kayaknya

      Reply

      1. siap terimakasih mas rekomendasinya

    2. Kelapa Gading sih memang gudangnya deh Win – walau jarang banget ke sana tapi harus acungin jempol deh buat daerah ini.

      Reply

      1. aku kesana deh bg penasaran

  4. Kelapa Gading banyak makanan enak juga Win 🙂

    Reply

  5. Pantesan mbaknya tanya ada nggak tempat kulineran, hehe…

    Di Jl Panglima Polim – Jl RS Fatmawati lumayan byk jg mbak kalo mlm, kiri kanan kulineran semua.

    Itu btw kalo Kemang dkt dr t4 kosku, plg cuma 10 menit, haha

    Reply

    1. siap next time aku mw kesana

      Reply

  6. Kalo lagi di Jakarta saya suka nongkrong di lapak buku di ground floor Blok M Square itu. Beli minuman + cemilan, sudah bisa ngedem sambil baca buku sampai sore, haha…

    Reply

    1. sama mas aku suka ngedem di atas murmer makannya

      Reply

  7. Kurang Kelapa Gading win. Surga makanan itu, secara anak kelapa gading jadi mesti belain areanya wkwkwk..

    Reply

    1. aku belum pernah ke Gading kak mw ah kesana

      Reply

      1. Ayooo win, entar kita janjian dech kalau lu ke kelapa gading. hehehehe

      2. siap kak bg no wa aja kak

  8. Yang di Blok M enak, dulu saya pernah makan di gulai tikus di sana :hehe. Banyak sih tempat kuliner di Jakarta, yang di daftar ini saja saya belum coba semua. Thanks for the recommendation! Kapan-kapan saya cobain deh satu-satu tempat yang belum didatangi :hehe.

    Reply

    1. gultik emang terkenal gara murmer lg ya kak.. u benhil udah kan ya?

      Reply

  9. Musti coba ke Kelapa Gading Win. Itu surga makanan banget. Soalnya kosku dulu deket sana. Sama coba ke Rawamangun. Itu berlimpah2 makanan enak disana. Sebelah Arion makanan pada berderet2 enak semua. Rawamangun full makanan enak.

    Reply

    1. aku kayaknya harus kesana ya kak, makasih kak rekomendasinya

      Reply

  10. Hehehe, Ibukota jelas pasti banyak ya pilihan kulinernya 😀

    Reply

    1. di belanda juga kan ya zilko

      Reply

  11. saya suka di Kelapa Gading, tempat makan seafood favoritku itu di RM. 212

    Reply

  12. Aku belum nyobain PIK..nanti kalau main ke Jakarta..makasih atas list-nya Winny 🙂

    Reply

    1. kalau u ke jakarta wajib kabarin aku yah dah 😀

      Reply

      1. 😀 hahaha..iya nanti pasti aku kabari 🙂

  13. Di daerah Kelapa Gading banyak yang maknyus2 juga Win 😀

    Reply

    1. aku belum pernah messa haha

      Reply

  14. Y pernah mampir di tempat ini, untuk soal kuliner yg penting dijajaki semua nyicip kan gpp, beda sama laper 😀

    Reply

  15. baru pernah ke 1,2 sama 10.. laennya beluumm.. eh, udah pernah atau gak tau namanya yaa…hahaha

    Reply

      1. Surabaya win.. Kalo lagi dinas ajaa mampirbke sononya 😀

      2. kalau aku ke surabaya lg mw ketemu kakak ah

  16. Nomor 5 aja yang aku belom pernah 🙂

    Reply

    1. kak eka mah gk diragukan lagi

      Reply

  17. Coba sekali-kali makan di daerah Pasar Baru, Mbak. Di daerah Krekot Bunder ada toge goreng enak banget. Kalau malam, di sekitaran Harco Pasar Baru ada banyak tenda-tenda, Nasi Uduk Kota Intan yang paling ramai.

    Reply

    1. terimakasih sarannya ntar saya coba ke pasar baru

      Reply

  18. catet dulu, buat kulineran nanti 😀

    Reply

    1. fahmi mah udah khatam semua

      Reply

  19. Baru 2 kali ke Jakarta, dan belum pernah satupun tempat-tempat diatas saya datangi 😀 makan di rumah keluarga aja, duluan penat sama keramaian di Jakarta soalnya 😀

    Reply

    1. iya kak macetnya gk nahan

      Reply

  20. Pecenongannya di mananya nih Win?
    Thamrin gak terlalu banyak sih, lebih banyak Sabang. Terus kalau Gading sih wajib tuh Win – memang gudangnya makanan. Mana lagi ya?
    Tergantung jenis makanannya sih kalau menurut saya Win.

    Reply

    1. thamrin banyaknya di foodcourt lantai 2 ama 3 pak, jadi penasaran ama gading pak. kalau pecenongan yang di dekat juanda

      Reply

      1. Duh. Gw dipanggil Pak. 😂

  21. Kalau Kemang sih emang agak mehong yaa… Sabang sih setuju ada Kopi Sabang 16, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, dan Gulai Tikungan di Blok M

    -M.
    https://inklocita.blogspot.co.id/2016/12/jakarta-sebelum-tertidur.html

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.