Rincian Biaya Perjalanan Karimun Jawa


I do not care what people say or think about me. Your approval is not wanted or needed! If you do not like me, do not talk to me! If you think i am a bitch, You are 100% right!

By Unknown

karimun jawa
Karimun Jawa

Hello World

Jakarta, 22 Agustus 2015

Karena banyak sekali permintaan tentang contoh rincian biaya perjalanan ke Karimun Jawa atau itenary Karimun Jawa maka aku buat contoh itenary ngetrip Karimun Jawa secara Backpacker 4 Hari 3 Malam di tahun 2013 silam. Waktu itu aku travelling ke Karimun Jawa selama 3 hari 3 malam bersama Helga,  Zahra, Ferry, Danang dan Sigit.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum backpackeran ke Karimun Jawa terutama persiapan baik jadwal penyeberangan ke Kairmun Jawa serta penginapan.
Untuk daftar jadwal penyeberangan Jepara-Karimun Jawa serta tarif tiket Kapak ke Karimun Jawa
Jadwal Kapal Penyebrangan Jepara – Karimunjawa
Setiap hari : Senin, Rabu, Jumat (PP), dan Sabtu, jam keberangkatan pukul 07.00 WIB
Jadwal Kapal Penyebrangan Karimunjawa – Jepara
Setiap hari : Selasa (pukul 07.00 wib), Kamis (pukul 07.00), Jumat (pukul 13.00), dan Minggu (pukul 07.00)
Tarif tiket Kapak ke Karimun Jawa
1. Dengan Kapal Siginjai Rp57.000
2. Dengan KMC KARTINI I esksekutif Rp. 80.000 (eksekutif), bisnis Rp. 65.000
3. Dengan KMC EXPRESS BAHARI 2C harga tiket VIP Class Rp. 175.000, Executive Class : Rp. 150.000, Bussines Class Rp. 80.000
Waktu kami dulu ke Karimun Jawa kami pergi dengan kapal Bahari dengan harga tiket Rp110.000 sekali jalan dan termasuk kereta cepat selama kurang lebih 3 jam kalau kapal lambat selama 6 jam.
Tarif Homestay di Karimun Jawa
Harga penginapan di Karimun Jawa bervariatif mulai dari Rp50.000 keatas. Tidak usah khawatir dimana harus menginap di Pulau Karimun Jawa karena banyak sekali penginapan di Karimun Jawa.  Sepanjang Pulau Karimun Jawa rata-rata perumahan penduduk jadi penginapan.
wisata karimun jawa
wisata karimun jawa
Tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Karimun Jawa :
Pulau Menjangan besar, Pulau Menjangan kecil, Pulau Cemara besar, Terumbu Karang Gosong, Pantai Ujung Gelam, Pulau Kecil, Penangkaran Hiu, Pulau Tengah, Pulau Gosong Pantai Nirwana Laut, berburu sunset dan sunrise di Karimun Jawa serta Mangroove Karimun Jawa.
karimun jawa
karimun jawa

Tips trip ke Karimun Jawa

  1. Ketahui jadwal penyeberangan Jepara ke Karimun Jawa
  2. Sebaiknya pergi dengan rombongan supaya hemat biaya perjalanan
  3. Dari pelabuhan Karimun Jawa ke dalam Pulau lumayan agak jauh jadi sebaiknya ada yang menjemput
  4. Coba makanan khas di Pulau Jawa yaitu bakso ikan
  5. Sewa kapal mudah di dapat didermaga dan pandailah menawar

Itinerary Karimun Jawa 4 Hari 3 Malam

========================================

Kamis, 31 Oktober 2013
19.50 – 02.54 Perjalanan Jakarta Stasiun Senen – Stasiun Tawang Semarang via Senja Utama Rp120.000

Jumat, 1 November 2013
03.00 Tiba di Stasiun Tawang Semarang
05.00 – 06.00 Setelah subuh naik angkot Rp5000 ke Terminal Terboyo
06.00 – 07.00 Perjalanan Terboyo – Jepara naik bis ekonomi Rp13000
07.00 – 13.00 Tiba di Jepara naik bentor Rp10000 ke pelabuhan untuk beristirahat, sholat, makan Rp20000
14.00 – 16.00 Perjalanan Jepara – KJ naik kapal ekspress bahari Rp110000
16.00 – 17.00 Tiba di Karimun Jawa menuju homestay Rp70.000/2 orang
17.00 – 22.00 Makan malam Rp10000 + acara bebas

Sabtu, 2 Nov 2013
05.00 Hunting Sunrise
07.00 – 08.00 Makan pagi di homestay Rp15000
08.00 Sewa tur harian, kapal Rp400.000, guide Rp100.000, alat snorkeling Rp25.000, sewa underwater Kamera     Rp200.000, sandaran di penangkaran hiu Rp70.000
08.00 – 13.00 Tiket Penangkaran Hiu Rp25.000 Snorkeling (1) P. Menjangan Kecil
13.00 – 14.00 Istirahat + Makan seafood di Pulau Cemara Kecil Rp15.000
14.00 – 17.00 Snorkeling (2) Cemara Besar, Gosongan, Pantai Tanjung Gelam hunting Sunset
18.00 Kembali ke homestay
19.00 – 22.00 makan malam Rp10.000 + acara bebas

Minggu, 3 November 2013
05.00 Hunting sunrise
07.00 – 08.00 Makan pagi di homestay Rp15.000
08.30 – 10.00 Sewa motor Rp70.000/12jam) Trekking Mangrove, Pantai Legon Lele, Pantai Nirwana
13.00 – 15.00 Perjalanan Karimun Jawa – Jepara naik kapal ekspress bahari Rp110.000
15:00- 16.00 Ke Terminal Terboyo naik bis Rp13000-Rp25000
22.00 – 05.00 Perjalanan Semarang – Jakarta dari Stasiun Tawang via Majapahit Rp165.000

Total Pengeluaran 6 Orang :
– Tiket Kereta JKT-Semarang PP 6×265 = 1590k (bisa lebih murah naik kereta ekonomi/bis)
– Tiket Kapal Jepara-Karjaw PP 6×220 = 1320k (bisa lebih murah naik kapal muria)
– Bis Semarang-Jepara 6×13 = 78k
– Becak motor pelabuhan 3×10 = 30k
– Tur harian
– Kapal = 400k
– Guide = 100k
– Snorkeling 6×25 = 150k
– Makan siang 6×15 = 90k
– Kamera underwater = 200k
– Sandaran Kapal = 70k
– Homestay 3×70 = 210k
– Makan pagi homestay 6×15(3 hari) = 270k
– Sewa Motor 3×70 (2 hari) = 420k (bisa lebih murah)
– Bensin 20×3 (2 hari) = 120k (bisa lebih murah)
– Becak motor 3×15 = 45k
– Bis eksekutif Jepara-Semarang 5×25 = 125k (bisa lebih murah naik bis ekonomi)
=============================================== +

Total Pengeluaran = 5218k / 6 Orang = Rp870.000

Catatan :
– Makan siang+malam biaya sendiri
– Penangkaran hiu biaya sendiri

Semoga tulisan ini bermanfaat khusunya panduan backpacker ke Karimun Jawa.

Baca juga

1. Pengalaman ke Karimun Jawa

2. Pengalaman trekking Mangroove Karimun Jawa

3. Pengalaman travelling ke Karimun Jawa

4. Dangdutan di Karimun Jawa

Salam

Winny

Iklan

43 tanggapan untuk “Rincian Biaya Perjalanan Karimun Jawa

  1. Saya kira dirimu baru habis dari Karimun Jawa Win, baru mau protes kenapa saya tidak diajak *lah siapa gue emangnya :haha*. Wihi, thanks ya, saya belum ada rencana ke sana sih soalnya belum ada teman yang bisa diajakin :haha tapi kayaknya wisata laut memang kurang cocok kalau solo traveling (atau berdua) soalnya sewa kapalnya lumayan mahal (kecuali emang lagi pingin bakar duit bolehlah ya sendiri ke sana :haha).
    Eh, ada angkot apa dari St. Tawang ke Terboyo Rp5k? Ada angkot yang ke Simpang Lima yang lewat Jl. Imam Bonjol tidak, ya… kalau ada mau infonya dong Win :hehe.
    Thanks for sharing!

      1. Kalau sudah ada teman yang mau diajak sih Win… dan sekarang belum ada :haha. Tapi belum dalam waktu dekat, saya masih belum siap snorkeling lagi, sedangkan di sana kan mesti snorkeling banget ya :haha.

  2. sepertinya lebih murah dibandingkan dengan paket wisata..
    kalau sendirian mungkin biayanya bisa membengkak..harus cari rombongan nih..
    makasih infonya..semoga bisa kesampaikan kesana 😀

  3. halo kak, untuk homestay nya sendiri kamu udah booking darii jauh2 hari atau pas dateng ke karimun jawa langsung nyari disananya yaaa? hehe aku ada rencana untuk ke karimun jawa soalnyaa tapi masih bingung juga mending ikut tour atau sendiri ajaa ehehehe 😀

  4. Mbak winny, maaf saya masih kurang paham.. Masalah homestay sama naik kapal nya itu dipesan dari jauh2 hari atau pas sampai disana baru pesan ?
    Soal nya baru pertama kali mau nyoba mbak, tolong di jelaskan ya mbak.. Hehe
    Makasih mbak

  5. Saya maub ke karjaw hari kamis 28 Dec. Dengan istri dan anak 5thn. Mohon saran dan rekomendasi. Naik mobil pribadi. Belum ada yg jemput d karjaw. Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s