Ngetrip ke Kampung Sunan Ampel


In the middle of every difficulty lies opportunity.

— Albert Einstein 

kampung sunan ampel surabaya
Kampung sunan ampel surabaya

Hello World

Surabaya, Juni 2015

Perjalanan ke Kampung Sunan Arab terinspirasi dari tulisan mbak Noni tentang wisata Religi Surabaya dan kebetulan aku berada di Surabaya maka terjadilah aku jalan sendiri ke kampung Sunan Ampel Surabaya. Dari Patung Buddha empat wajah maka aku menuju ke jembatan merah Plaza Surabaya masuk melalui pasar ikan jalan terus sambil tanya-tanya sekitar. Yang lucu ketika aku melewati pasar sampai ke Kampung Sunan Ampel, banyak sekali keturunan Arab yang berjualan seolah aku berada di little Arab Indonesia.

kampung ampel surabaya
kampung ampel surabaya

Saat berjalan sendirian seolah aku merasa diperhatikan. Dalam hati ini orang menatapku begitu banget ya apa karena kucel atau karena cewek jalan sendiri atau karena akunya saja ke-GR-an! Cuma satu yang pasti aku suka sekali dengan Kampung Sunan Ampel yaitu suasanya terus banyak penjual parfum, perlengkapan sholat serta berbagai kebutuhan umat Islam. Lalu aku masuk ke Gerbang tempat kampung Ampel untuk melihat makam Sunan Ampel melewati pasar. Waktu itu karena aku datangnya pas Ramadhan banyak sekali pengunjung yang hendak berziarah tapi karena aku tidak terlalu suka dengan makam, alhasil aku hanya melihat ke dalam.

Tips jika ingin berkunjung ke Makam Sunan Ampel untuk wanita sebaiknya memakai pakaian yang menutup aurat karena walau berpakaian celana jeans panjang maupun kaos tetap kelihatan mencolok apalagi jika berjalan sendirian.

kampung ampel
kampung ampel

Hal lain yang aku suka saat travelling ke Kampung Sunan Ampel ialah makanan khas serta beberapa kue yang aku beli. Sayangnya pas Ramadhan kalau tidak pasti seru sekali berburu kuliner di Kampung Arab Sunan Ampel Surabaya ini, paling tidak merasakan sensasi makanan Arab di Indonesia.

Perjalanan ke kampung Sunan Ampel memang singkat tapi aku mendapatkan berbagai kue hasil borongan dari pasar yang ada di Sunan Ampel!

kampung sunan ampel
kampung sunan ampel

Best Regard

Winny

Iklan

33 tanggapan untuk “Ngetrip ke Kampung Sunan Ampel

  1. Saya justru penasaran dengan sejarah Sunan Ampel dan makamnya :hehe. Tapi belanja-belanja begini memang asyik sih… :hehe. Dilihat dari gerbang dan kanopinya, agaknya tempat ini memang sudah dikhususkan menjadi suatu lokasi wisata budaya-religi-belanja ya Mbak, seperti Pasar Baru :hehe. Jadi dalam satu lokasi bisa mendapat banyak tempat yang menarik tentunya.

  2. Aku juga belon pernah ke sini. Pdhal masa remaja ku di surabaya. Harus diagendakan nih. Btw kue yg enak kue apa ? Maklumin tukang makan. Begitu denger ada kue enak. Langsung pengen ke sana😀😀😀

  3. Barusan saya baca postingan tentang patung Budha empat wajah yang merupakan kebudayaan Budha, sekarang ketemu lagi tulisan traveling kentalnya nuansa Islami di kampung Sunan Ampel. wow betapa kayanya budaya Indoneisa…

  4. Tahun lalu sempat berkunjung ke sana dengan teman2…tapi malam hari dan hanya sebentar… Mudah2an lain waktu bisa berkunjung lagi siang / sore hari… Oya saat ke sana waktu sholat Isya… Jalan ke arah dan dari masjidnya itu krodit byangeeet…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s