Keep some room in your heart for the unimaginable

By Mary Oliver

kuliner khas gresik nasi krwau

Aku dan Suji di Nasi Krawu Bu Azzah

Hello World

Gresik, Juni 2015

Pertama kali mau ucapin terimakasih banyak kepadaDyah Sujiati penulis buku dalam Benciku masih ada Cinta yang telah mentraktir nasi Krawu, makanan kuliner khas Gresik pas bulan Ramadhan lalu. Maaf ya lama banget baru update nya ahhaha, maklum blogger abal-abal jadinya nulisnya agak lama gitu 😀

Jadi beberapa waktu lalu aku business trip ke Gresik, nah waktu itu sempat whatsappan ama Suji kalau ada waktu ke Gresik kami akan berjumpa dan memang rezeki akhirnya kita ketemu dan ketemu teman Blogger itu rasanya menemukan teman sejenis ahhahaha ;D

Waktu itu padahal malam hari, Suji datang mendatangi ke penginapan yang ada di Gresik terus janjian ketemuan. Awalnya nanya ama kak Cumi sih makanan khas Gresik itu apa, lalu direkomendasikan kak Cumy untuk mencoba nasi krawu yang ada di PangSoed Gresik. Eeh rupanya rezeki anak soleh, Suji datang terus aku dibawa ke nasi krawu Bu Azzah yang tak jauh dari penginapan. Bukan cuma itu, Suji so sweet banget ampe dikasih brose, tapi nanti semoga akan berguna jika aku berjilbab kelak, amin 🙂

kuliner khas gresik

Kuliner khas Gresik

Berboncengan kami menuju ke warung Bu Azzah untuk mencoba nasi krawu eh tapi yang makan aku doang. Untuk nasi krawu sendiri memiliki kekhasan tersendiri dari nasinya yang pulen disajikan diatas daun pisang serta terdiri dari lauk berupan sayatan daging atau jeroan kemudian dilengkapi dengan sambal terasi serta kuah semacam sup.

Saat si mbak menghidangkan nasi Krawu diatas daun pisangnya aku malah teringat nenekku, dulu waktu kecil kalau dibekalin nasi pasti dibungkus pake pelepah pisang dan rasanya itu enak banget. Untuk nasi Krawu sendiri aku suka banget dengan rasa sambel terasinya cuma karena aku tidak suka dengan jerohan jadi aku tidak suka. Maklum luarnya aja kelihatan ekstrim dalamnya soft hahahah ;D

Nah sepanjang makan, aku dan Suji cerita-cerita lucu ampe gak terasa loh baru kenal dan jumpa. Teman sekantor aja bingung ” Win, temanmu kenal dimana?”, terus jawab”Teman Blog pak baru mau jumpa?”, terus si bapak bilang “kacau masa baru jumpa?”, sambil muka tak percaya.

Walau jumpa si Suji singkat banget tapi orangnya seru walau dia jarang BW dan males balas komen loh ahahhaha 😀 tapi aslinya orangnya asyik kok. Semoga dikesempatan lain bisa bertemu kembali soalnya asih penasaran dengan Gunung Jamur, objek wisata Gresik yang terkenal.

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Alamat Nasi Krawu Bu Azzah

Jl. Panglima Sudirman No. 83 A

Gresik, Jawa Timur

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

28 Comments

  1. Gresik… Gresik… Kapan aku nyampe Gresik… T.T
    Eh, selain pantai, ada air terjunnya juga ternyata…

    Reply

    1. ada katanya eh di kampungku juga ada air terjunnya

      Reply

      1. padang sidempuan Win?

  2. Bandeng juga makanan Khas Gresik Win, kalau kapan2 mampir sana lagi.

    Reply

    1. ada coba kak bandeng nya enak

      Reply

  3. kembali menikmati kuliner jawa ya Win? (setelah beberapa waktu di negeri lain), apa sih Win perbedaan rasa antara masakan jawa dan sumatera? atau sesama jawa? jawa tengah/Jogja dengan jawa Timur, dengan JawaBarat?

    Reply

  4. Kalau Gresik aku kok malah teringat Bandeng Pak Elan ya Win? Hahaha 😀

    Reply

    1. aku coba yg otak ikan malah zilko

      Reply

  5. Masyaalloh nasi krawu itu enakkkk bgt loh. Aku bisa abis 2 porsi krn takaran-nya kecil, hahaha. Tp sewius. Enak!!!

    Reply

    1. wah kak suka pedasnya juga sih

      Reply

  6. Kalau ke Gunung Jamur saya mau ikut dong Win :haha *anaknya lagi suka dengan pegunungan :haha*. Nasinya kelihatan menggugah selera :hehe, saya juga favorit banget dengan nasi yang dibungkus daun pisang, kayaknya lebih sedap saja gitu makan dari sana :hehe. Sip, semoga suatu hari nanti bisa sampai Gresik jadinya bisa coba Nasi Krawu ini, terima kasih buat rekomendasinya ya!

    Reply

      1. Siap :)).

  7. Namanya cukup aneh, Krawu, kira-kira artinya apa ya? mungkin ada sejarahnya kenapa disebut krawu.

    Reply

  8. Oohhh namanya nasi krawu to duh tu bikin ngiler…

    Reply

    1. jogja juga banyak kulineranya kan kak

      Reply

  9. Nasi krawu ini yang khas serundeng kelapa-nya yang ada 3 warna ya. Enaaak dan pedes, jadi pengen nihh

    Reply

  10. krawunya bikin perut aku bergoyang laperr

    Reply

  11. Waah… asik juga yaa wisata kuliner sambil ngeblog hihihi

    Reply

  12. Winny, rezeki anak soleh dapat ‘bros – aku do’akan, moga2 cepat pake jilbab – ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus … 🙂

    Reply

  13. tengok ditengok, kayaknya kuahnya enak. mirip sama nasi gandul pati sajiannya.

    Reply

  14. Ahaha bo’ong banget itu tentang Suji-nyaaa :p

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.