Nikmatnya Paomo di Pusat Jajanan Makanan Muslim Xi’an


“Remember to celebrate milestones as you prepare for the road ahead.”

-Nelson Mandela-

makanan khas xian
Makanan Khas Xi’an

Hello World!

Xi’an, Juni 2015

Ramadhan begini aku akan teringat akan makanan khas Xian yaitu Pao mo. Pao mo adalah makanan halal di Tiongkok yang aku coba saat melancong ke Xi’an terletak di Quarter Muslim. Sepanjang Kampung Hui Muslim Street Xian atau disebut kawasan jajanan atau street food pasar malam Xi’an restoran Muslim bertaburan sehingga tidak perlu khawatir lagi makan dimana di Tiongkok bagi pelancong muslim ketika travelling ke China.

Keinginan untuk mencoba Paomo karena rekomendasi dari teman sekamar warga negara China yang katanya enak  sambil menunjukkan gambar. Saking penasarannya maka aku mencarilah soup lamb di pasar jajanan Xi’an. Pasar malam Xi’an kalau sudah mulai pukul 5 sore sudah dipadati oleh pelacong dunia karena memang Quarter Muslim Xi’an terkenal dengan pusat makanan halal di Tiongkok.

Paomo adalah adalah makanan khas Tiongkok yang halal yang terbuat dari sup dengan kuah cita rasa rempa kuliner khas Timur Tengah. Memiliki laksa, kuahnya enak dan unik serta yang paling lucu adanya roti gandum yang dicubit kecil-kecil terus dimasukkan ke dalam mangkok sup dengan pilihan sup kambing atau ayam. Serta memiliki sambel dan bawang putih.

paomo makanan khas xian
Paomo makanan khas Xi’an

Untuk memilih makan Paomo dimana di Xi’an, maka cukup memilih warung yang ada lebel tulisan Arab Assalmulaikum atau ada lebel Halalnya. Namun secara keseluruhan makanan Muslim Food Street di Quarter Xi’an halal. Memasuki restauran halal Xi’an, China penjaga langsung memberikan daftar list makanan serta harganya. Karena hanya penasaran dengan Paomo jadinya mencoba Paomo kambing dengan harga 30 Yuan serta minum soda orange 3 Yuan.

Hidangan akan diberikan didalam mangku yang langsung dimasak oleh chef. Aku melihat langsung bagaimana lihainya sang koki dari tempat menunggu. Sampai-sampi kualinya keluar percikan api bok! Untuk lama menunggu hingga hidangan sampai di meja 10-15 menit saja.

Lalu si mbak memberikan Paomo yang panas dengan kuah sup bening tapi rasaya nikmat!! 😀

menu xian
Menu makanan Halal Xi’an

Paomo is a specialty of Shaanxi cuisine and is a typical food eaten in the city of Xi’an. It is a hot stew of chopped-up steamed leavened bread, cooked in lamb broth and served with lamb meat, sometimes substituted with beef (Wikipedia)

Kesan sendiri ketika memakan Paomo ketika si mbak mengajari cara mengupas roti gandum kecil-kecil karena aku mengupasnya gede-gede. Sambil menunggu sup Paomo datang maka kerjaan yah itu membuat roti gandum jadi kecil-kecil lalu kalau sup sudah datang langsung dimasukkan ke dalam sup. Porsinya gede dan rasanya unforgetable!

Jadi rindu makan Paomo, kayaknya cocok untuk menu berbuka puasa atau saat sahur ya, tapi ada gak ya di Indonesia?

Salam

Winny

Iklan

66 tanggapan untuk “Nikmatnya Paomo di Pusat Jajanan Makanan Muslim Xi’an

  1. Lumayan ya Win ada menu yang ditulis pakai aksara latin, hehehe 😀 . Dulu aku kesana jarang banget nemu menu yang begini. Adanya pakai tulisan China semua, jadilah mesennya random aja, hahaha 😆 .

    Btw, kayaknya enak ya!!

  2. Haha kelihatan dari gambarnya kalo porsinya gede, ditambah roti gandum lg. Wah lumayan bgt ya Mbak Win utk pelancong muslim di sana jd gak terlalu sulit mencari makanan halal. 😃

  3. Hmm dagingnya ada banyak, pasti ini nikmat banget ya Mbak :hehe. Saya suka olahan sup yang banyak dagingnya, ah jadi ingat warung makanan Tionghoa di dekat rumah, mudik ini mesti tandang ke sana deh buat makan-makan :hehe. Enyak, enyak, enyak… :hihi. Masakan Tiongkok memang terkenal dengan ke-endeus-annya yang banget-banget, jadi yang ini tidak perlu diragukan lagi, ya :)).

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…

    Enak Paomo itu pada fotonya, Dagingnya kelihatan kenyal dan menggugah rasa.. Kalau rempahnya dari Timur Tengah memang akan terasa pedasnya ya kerana makanan bermpahnya bisa membuat kita hangat badan dan nyaman.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny..

    Tangan dihulur maaf dipinta,
    Erat hubungan sesama kita,
    Semoga gembira di hari yang mulia ini,
    Salah dan silap harap dimaaf,

    Selamat Hari Raya Aidilfitri,
    Maaf Zahir dan Batin.

    Salam Syawal dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  6. kalau sekadar dari lihat fotonya kok kuahnya kurang kental ya, dan selama ini saya selalu berkeyakinan makanan yang enak itu yang kuahnya kental,, padahal tak selamanya benar seperti itu ya, hehehe… eh iya Minal Aidin wal Faizin Mohon maaf lahir dan batin ya kak Winny O:)

  7. Dear Winny,
    masih adakah teman Indonesia di Xi’an ? Rencana Oktober 2015 mau ke Xi’an, kalo ada dan punya waktu, mau kita jadikan “tour guide” dadakan. Ada fee tentunya. Kalau memang ada, tolong dong kita dikasih kontaknya via email saya.

    Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s