Berburu wisata kuliner khas Pontianak


You build on failure. You use it as a stepping stone. Close to door on the past. You do not try to forget the mistakes but you do not dwell on it. You do not let it have any of your energy, or any of your time or any of your space.

(Johnny Cash)

Sotong Pangkong
Sotong Pangkong

Hello World!

Pontianak, 29 Januari 2015

Malam pertama di Pontianak, ibukota Kalimantan Barat atau yang katanya West Borneo. Di hari pertama aku diajak oleh April untuk  mencoba beberapa makanan khas Pontianak. Bisa dikatakan edisi flashpacker kali ini kami berburu makanan khas Pontianak. Dengan bermodalkan motor maka kami pun menuju ke Alun-alun yang merupakan tempat yang aku suka selama berada di Pontianak.

Puas dari alun-alun maka kami berhenti di Jl. Pattimura untuk mencoba salah satu makanan khas dari Pontianak yaitu Sotong Pangkong. Sotong Pangkong ialah sotong/cumi yang telah kering lalu dimasak lalu disajikan dengan dipanggang. Kekhasannya ialah pada pangkongnya atau dipukul lalu disuwir kecil-kecil sehingga empuk dimakan. Tidak hanya itu, sotong memiliki kuah yang rasanya asam. Jujur rasanya aku tidak suka karena rasanya aneh karena sotong sendiri asin ditambah kuah yang asem sehingga rasanya aneh. Untuk harga Sotong Pangkong Rp40.000 beserta dua teh manis panas.

makanan khas Pontianak
Makanan khas Pontianak Sotong Pangkong

Kurang puas dengan Sotong Pangkong di Jl. Pattimura Pontianak maka kami mencoba makanan khas lain yaitu bubur ikan di Jl. Gajah Mada Pontianak. Harga bubur ikan Rp15.000 dan rasanya aneh hahahah. Bubur ikan sama dengan namanya yaitu terbuat dari ikan yang dipotong lalu dikasih nasi dengan kuah. Bagi yang tidak suka ikan direbus maka bubur ikan tidak direkomendasi tapi cukup bergizi.

Oh ya selain bubur ikan aku mencoba teh kembang yang rasanya aneh juga hahahah 😀

Harga teh kembang seharga Rp8000 rasanya pahit kemanis-manisan, bingung gak tuh?

Bubur Ikan
Bubur Ikan

Selain Sotong dan bubur ikan, kami juga sempat mencoba durian khas Pontianak yang berwarna kuning dengan ukuran kecil. Harga durian kuning Rp10.000 tapi rasanya tidak enak haahahah 😀

Rasa makan durian khas Pontianak ini agak aneh karena seakan makan durian mentah. Aku dan April sempat saling menatap tapi lumayanlah sekedar tahu 😉

Durian
Durian

Di hari pertama Pontianak membuat kami jadi rakus hahahha,, bayangin satu malam sudah bisa makan tiga makanan khas Pontianak. Gendut, gendutlah!


Salam

Weeny Traveller

Iklan

49 tanggapan untuk “Berburu wisata kuliner khas Pontianak

  1. Hihi, kayaknya agak kurang memuaskan ya Win kulinernya, belum ada yang berkesan enakkah? :hehe
    Sementara saya di Medan sini kebingungan karena semua enak-enak :hoho

  2. Hahahaha Winny, ortuku dr Pontianak dua-duanya 😀 aku suka banget tuh sama tu bubur ikan n duren. Kamu makan ibab gak Win? Kalo makan, HARUS cobain kwecap Pontianak, cah kwetiau dan nasi ayam ala Ponti.
    Kalo nggak harus makan bakmi kepiting (cari yang resto Ou Kie ini terkenal turun temurun dari jaman nenekku), nasi kare ala Ponti dan Bakso PSP 🙂

  3. Winniiiyyy… Kotakuu ini, kotakuuu..

    Sotong pangkong memang khas Pontianak sih, tapi kamu dapet yang kemahalan kayaknya yaa.. xD Trus duriannya ga enak ya? Aduuh, padahal gue biasa beli durian bisa habis sebuah sendiri loh.. Salah beli kayaknya kamu… *pokoknya ga mau disalahin makanannya*

    Ahahaha..

    Next time kalo ke Pontianak lagi, nyobanya bubur pedas, roti canai pake gulai kambing, air tahu + kembang tahunya, bakwan, bakso, sate (tiga terakhir ini beda loh dibanding daerah lain :p), ato aku ajak makan-makan di rumahku deh nasi kebuli lengkap.. Ahahaha..

    *dih gue jadi ngidam, kan kalo mo pulang jauh 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s