You build on failure. You use it as a stepping stone. Close to door on the past. You do not try to forget the mistakes but you do not dwell on it. You do not let it have any of your energy, or any of your time or any of your space.

(Johnny Cash)

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Hello World!

Pontianak, 29 Januari 2015

Malam pertama di Pontianak, ibukota Kalimantan Barat atau yang katanya West Borneo. Di hari pertama aku diajak oleh April untuk  mencoba beberapa makanan khas Pontianak. Bisa dikatakan edisi flashpacker kali ini kami berburu makanan khas Pontianak. Dengan bermodalkan motor maka kami pun menuju ke Alun-alun yang merupakan tempat yang aku suka selama berada di Pontianak.

Puas dari alun-alun maka kami berhenti di Jl. Pattimura untuk mencoba salah satu makanan khas dari Pontianak yaitu Sotong Pangkong. Sotong Pangkong ialah sotong/cumi yang telah kering lalu dimasak lalu disajikan dengan dipanggang. Kekhasannya ialah pada pangkongnya atau dipukul lalu disuwir kecil-kecil sehingga empuk dimakan. Tidak hanya itu, sotong memiliki kuah yang rasanya asam. Jujur rasanya aku tidak suka karena rasanya aneh karena sotong sendiri asin ditambah kuah yang asem sehingga rasanya aneh. Untuk harga Sotong Pangkong Rp40.000 beserta dua teh manis panas.

makanan khas Pontianak

Makanan khas Pontianak Sotong Pangkong

Kurang puas dengan Sotong Pangkong di Jl. Pattimura Pontianak maka kami mencoba makanan khas lain yaitu bubur ikan di Jl. Gajah Mada Pontianak. Harga bubur ikan Rp15.000 dan rasanya aneh hahahah. Bubur ikan sama dengan namanya yaitu terbuat dari ikan yang dipotong lalu dikasih nasi dengan kuah. Bagi yang tidak suka ikan direbus maka bubur ikan tidak direkomendasi tapi cukup bergizi.

Oh ya selain bubur ikan aku mencoba teh kembang yang rasanya aneh juga hahahah 😀

Harga teh kembang seharga Rp8000 rasanya pahit kemanis-manisan, bingung gak tuh?

Bubur Ikan

Bubur Ikan

Selain Sotong dan bubur ikan, kami juga sempat mencoba durian khas Pontianak yang berwarna kuning dengan ukuran kecil. Harga durian kuning Rp10.000 tapi rasanya tidak enak haahahah 😀

Rasa makan durian khas Pontianak ini agak aneh karena seakan makan durian mentah. Aku dan April sempat saling menatap tapi lumayanlah sekedar tahu 😉

Durian

Durian

Di hari pertama Pontianak membuat kami jadi rakus hahahha,, bayangin satu malam sudah bisa makan tiga makanan khas Pontianak. Gendut, gendutlah!


Salam

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

49 Comments

  1. hahaha..namanya lagi jalan-jalan, ya sekalian dinikmati makanan lokal 🙂 itu sotongnya enak banget keliatannya..

    Reply

    1. Iya indah hahhaha tp sotongnya asin

      Reply

    2. ongkie Sulaiman April 20, 2015 at 10:33 am

      hai indah dan rekan coba deh kuliner sby

      Reply

  2. Sotongnya nampak menarik, hehehe

    Reply

  3. Hihihi kok aneh semua win? Memang sih masalah lidah ga bisa dipaksa 🙂

    Reply

  4. Ak jg pernah cobain semacem during yg kuning itu ( lupa namanya), aneh sih mmg klo g biasa hehe

    Reply

  5. Hihi, kayaknya agak kurang memuaskan ya Win kulinernya, belum ada yang berkesan enakkah? :hehe
    Sementara saya di Medan sini kebingungan karena semua enak-enak :hoho

    Reply

    1. Ada bubur biasanya enak

      Reply

  6. Hahaha… Rasanya gak sesuai lidah ya, Win? Tapi seru juga tuh. Paling gak, jd tau makanan khas Pontianak 😀

    Reply

    1. Iya mirna tp gk semua yg dicoba

      Reply

  7. Kaya nya Buburnya enak tu…. hahaha 🙂
    selamat jalan-jalan aja deh mbak.

    Reply

  8. duriaaaaaan…. enak enak enak 😀

    Reply

    1. Rasanya kayak mentah pak

      Reply

      1. lho… jadi belum matang duriannya?

  9. Hari pertama habis duit berapa Win buat wisata kuliner? 😀 .

    Reply

  10. AH itu lidahnya kali yang tidak bersahabat hahahaha, padahal orang lokal sangat gandrung dengan makanan itu.

    Reply

  11. Jadi kagak seru wisata kulinernya win. Tapi cukup bagus buat para traveller untuk tahu kuliner Pontianak.

    Reply

    1. Lumayan yasir sekedar tahu hehehe

      Reply

  12. Hahahaha Winny, ortuku dr Pontianak dua-duanya 😀 aku suka banget tuh sama tu bubur ikan n duren. Kamu makan ibab gak Win? Kalo makan, HARUS cobain kwecap Pontianak, cah kwetiau dan nasi ayam ala Ponti.
    Kalo nggak harus makan bakmi kepiting (cari yang resto Ou Kie ini terkenal turun temurun dari jaman nenekku), nasi kare ala Ponti dan Bakso PSP 🙂

    Reply

    1. Kwecap pengen tp sayangnya susah nyari halal

      Reply

      1. Oww ic… kalo mau halal bakso psp enak, sop kki sapi, mie kepiting n nasi kare. Cobain mocinya juga… n coipan (kue kucai n bengkoang)

    2. ongkie Sulaiman April 20, 2015 at 10:37 am

      Coba deh ke surabaya, cobain bubur sumsum dan Rujak ulek Mrs passion fruit

      Reply

      1. terimakasih ya atas informasinya

  13. “Harga durian kuning Rp10.000 tapi rasanya tidak enak”. Hahahahh…jujur sekali kak 😀
    Mungkin redaksinya bisa diganti: “tapi rasanya membuat lidah terkejut dan kening berkerut”, wkwkwkwk :p 😀

    Reply

    1. kan harus jujur hahahahha tapi saran yang bagus 😀

      Reply

  14. Duh tergiur sotong pangkong! Btw gak nyoba bubur pedas, kak?

    Reply

    1. sayangnya tidak badai beda di lidah soalnya heheh

      Reply

  15. durennya tuch menggiurkan. srupp.. srupp

    Reply

      1. beberapa tahun lalu aku pernah dapat kiriman tuch duren enak bangat dech.

      2. Iyaaa. Bentuknya juga sama persis. Rasanya legit bangat.

  16. Durennya bikin gemes deh.

    Reply

  17. Winniiiyyy… Kotakuu ini, kotakuuu..

    Sotong pangkong memang khas Pontianak sih, tapi kamu dapet yang kemahalan kayaknya yaa.. xD Trus duriannya ga enak ya? Aduuh, padahal gue biasa beli durian bisa habis sebuah sendiri loh.. Salah beli kayaknya kamu… *pokoknya ga mau disalahin makanannya*

    Ahahaha..

    Next time kalo ke Pontianak lagi, nyobanya bubur pedas, roti canai pake gulai kambing, air tahu + kembang tahunya, bakwan, bakso, sate (tiga terakhir ini beda loh dibanding daerah lain :p), ato aku ajak makan-makan di rumahku deh nasi kebuli lengkap.. Ahahaha..

    *dih gue jadi ngidam, kan kalo mo pulang jauh 😦

    Reply

    1. ah kalau aku ke pontianak lagi ajak aku kulineran lagi ya

      Reply

  18. terimakasih atas info wisata kulinernya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.