Jakarta, 9 januari 2015

Maaf teman-teman pembaca blog, pengalaman perjalanan ke Objek Wisata Cirebon khususnya menjelajah objek wisata Keraton Cirebon di skip dulu ya soalnya aku mau berbagi tips betapa mudahnya mengurus visa ke Jepang apalagi di tahun 2015, mudah sekali! Proses pembuatan visa Jepang gak ribet! Jadi yang punya rencana perjalanan ke Jepang untuk sekarang ini tidak usah khawatir karena visanya mudah kok diurusnya, syaratnya cukup punya E-passport! Bagaimana pengalamanku mengurus sendiri E-pasport akan aku buat di artikel lain di blog ini.

PS: sabar ya menunggu sharing pengalaman pembuatan E-Passport di Jakarta, mudah kok! Sudah lama sih aku membeli tiket murah ke Jepang dan sempat dag dig dug kalau visa Jepang ditolak apalagi bulan November lalu aku terkena musibah kena hipnotis sehingga semua uang ditabungan ludes, sempat stress dan depresi berat karena tiket sudah ditangan, tapi takut visa ditolak lantaran uangnya hilang ama para penghipnotis! Tapi Tuhan itu maha Adil sehingga memberikanku hadiah berupa “visa gratis ke Jepang” ๐Ÿ˜ƒ.

Ibarat kata habis gelap terbitlah terang, paling tidak awal tahun 2015 yang menyenangkan! Rezeki anak sholeh๐ŸŒผ Soalnya kalau melihat isi tabungan miris kakak, namanya baru kena cobaan berat, tanggal 11 November 2014, kejadiannya baru kan ya? Awalnya aku sempat khawatir kalau Jepang menggratiskan visa bagi warga negara Indonesia hanya wacana doang, ternyata Alhamdulillah itu tidak sekedar wacana, visa jepang memang gratis bagi warga Indonesia pemegang e-passport! Untuk tarif normal pembuatan visa sekali entry Rp320.000. tapi jika bayar visa, kemungkinan visa diterima susah susah gampang kali ya! Itulah sebabnya niatku membuat e-passport karena satu-satunya cara menuju Jepang!

Buat yang mau mengurus Visa Jepang gratis maka syarat untuk memperoleh visa gratis jepang ialah:

1. E-passport

2. Tiket Jepang-Indonesia pulang pergi

3. Formulir isian visa jepang

4. Optional: surat rekomendasi kerja bagi yang sudah bekerja

20150110-091421.jpg Lokasi kedutaan Jepang berada di Jl.MH. thamrin Jakarta pusat dekat dengan Plaza Indonesia. Waktu pembuatan visa jam 09:00-12:00 tapi sudah pada antri mulai jam 8. Aku sendiri datang ke kedutaan jepang jam 10 pagi dan masuk ke dalam kantor kedutaan dengan menitipkan KTp lalu mengambil antrian B untuk visa. Satu hal yang aku salut dalam mengurus visa Jepang di kedutaan Jepang yaitu meski antriannya panjang dan banyak tapi cepat sekali pelayanannya! Waktu tu antrianku nomor B19 tapi cepat cuma 30 menit saja! Sempat bingung mau menekan tombol antrian mana saat didalam gedung pengurusan visa jepang karena satu nomor antrian khusus untuk pengurus visaJepang satu lagi buat pengurusan certifikat/ijazah dan lain-lain untuk expat/warga asli Jepang. Saat nomor urutanku dipanggil maka semua berkas pendukung aku berikan kepada petugas lalu aku diberikan surat tanda bukti penerimaan passportku!

Oh ya pasport kita ditahan satu hari di kedutaan Jepang untuk registrasi. Intinya e-passport kira harus diregistrasi dulu di kedutaan Jepang yang ada di Indonesia. Jangan main langsung berangkat ke Jepang ntar kena deportasi lagi๐Ÿ˜ƒ Kan ada tuh orang mikirnya kan udah E-passport jadi bisalah langsung terbang ke Jepang! Tidak bisa harus registrasi dulu ke kedutaan Jepang!registrasi passport sehari kerja doang kok! Karena aku mengurus visa gratis ke Jepang hari rabu maka seharusnya visaku selesai hari kamis, cuma karena tidak sempat mengambil passportku di hari kamis, maka aku mengambilnya di hari jumat. Untuk pengambilan passport memiliki jadwal pengambilan passport yaitu dari jam 13:30 sampai jam 15:00. Untuk pengambilan passport antriannya lumayan banyak. Aku dapat nomor antrian 76, sampai jam 2 selesai jam 3 dengan muka senang karena akhirnya e-pasport pertamaku isinya visa jepang!

20150110-093314.jpg I’m coming Jepangโค๏ธ

Salam

weeny traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

98 Comments

  1. Passportku masih passport biasa Win…

    Reply

    1. Ntar kalau ada rencana ke jepang ganti aja epassport

      Reply

  2. Wow yang mau ke Jepang, keren, keren.
    Kalau paspor biasa gimana? Bayar Rp320k itu kali ya?
    Ditunggu cerita jalan-jalan ke Jepangnya ๐Ÿ™‚

    Reply

    1. Jepangny masih maret gara, passpor biasa 320rb ๐Ÿ˜ƒ

      Reply

      1. Bagi info soal tiket murah dan rencana itinerary selama di Jepang dong Mbak, hehe ๐Ÿ™‚

      2. Saya lagi mau urus visa gratis. EPaspor baru jadi. Syaratnya apa aja mbak. ditanyain apa aja?
        Apa cukup dengan epasport, tiket, itienary? Apa ndak ada pemeriksaan buku tabungan, historis perjalanan keluar negri. mohon informasinya.

        Btw saya Mei ke Jepang. Ntar share itienary nya y? Thank u

      3. kalau sudah e-paspor datang ke kedutaan bawa tiket pulang pergi terus kalau ada surat rekomendasi, itu saja. tabungan ama historis perjalanan tidak perlu

  3. Ditunggu deh tulisan e passport ny… solany dr kemaren2 pengen ngurus passport..

    Reply

  4. Mb winny congraaatz! Habis gelap terbitlah terang yes

    Reply

  5. Oh iya kalo paspor lama msh blaku, gpp bkn e-passport mb?

    Reply

    1. Bisa kak, aku pasporku masih berlaku kok

      Reply

  6. eh kalo paspor biasa belum habis masa berlaku bisa dituker e pasport ya ? aku papsor abis 2016 sih rencana ngurusnya sekalian aja jadi ke jepang rencana 2016

    Reply

      1. Tapi belum niat ke jepun thn ini…

  7. cieeee yang mau ke Jepang .. hehehe ..

    Reply

  8. ditunggu cerita jalan-jalan ke jepangnya.

    Reply

    1. Ke jepangnya masih maret kak

      Reply

  9. wah .., asyiknya Win.. bisa ke Jepang dipermudah semuanya ya

    Reply

    1. Iya kak sejaka kehilang tu kayaknya uangnya ada aja๐Ÿ˜ƒ

      Reply

  10. Pantes kemarin nanya-nanya udah pernah ke Jepang atau belum, mau ke sana rupanya. Senangnya, bikin iri ๐Ÿ˜ฆ

    Kamu kok bisa jalan-jalan terus sih, Win. Kerja apa sih? #kepomaksimal

    Reply

    1. Aku kerja di pabrik semen. Sebenarnya gak jalan-jalan melulu sih kebetulan blogku mengenai travelling dan dikunpul trs dah kelihatan jalan2 terus๐Ÿ˜

      Reply

  11. Turut prihatin sama musibahnya, Win.. Semoga tergantikan dengan yg lebih baik.. Selamat ya udah dapet visa Jepang..! Aku ikut seneng bacanya.. Jadi pengen cepet ganti paspor ke e-passport nih.., setahun lagi..

    Reply

  12. Rifqy Faiza Rahman January 10, 2015 at 2:10 pm

    Selamat ya Mbak, Hatio-hatio di jalano haik! ๐Ÿ˜€

    Reply

      1. Rifqy Faiza Rahman January 18, 2015 at 8:32 pm

        Hehehe, mendoakan itu kan tidak harus menunggu pas berangkat ๐Ÿ˜€

  13. paspor asliku masih biasa dan ktp palembang..bisa ga sih buat e-paspor pake ktp palembang?

    Reply

    1. Bisa yg penting bawa kk asli ama ktp dan akte lahir/ijazah

      Reply

  14. Informasi yang sangat bermanfaat bagi calon pelancong nih Win.

    Reply

    1. Syukurlah kak berguna๐Ÿ˜ƒ

      Reply

  15. Waaa senangnya akan ke Jepang ๐Ÿ™‚

    Reply

    1. ๐Ÿ˜„semoga kak kalau penerbangannya jadi soalnya pake AA

      Reply

      1. Insya Allah jadi ya ๐Ÿ™‚

      2. Amin makasih ya kak puji

  16. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Winny…

    Alhamdulillah, semua itu dimudahkan Allah SWT untuk anak solehah dan redha dengan segala ujian yang ditempuh. Maka, Allah memberi hikmah yang tersembunyi disebalik musibah yang menimpa. Welcome to Jepang, mbak. Semoga keberadaan di sana juga dimudahkan Allah SWT.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. ๐Ÿ™‚

    Reply

    1. Amin terimakasih banyak ya Siti๐Ÿ˜ƒ

      Reply

  17. Win, passport biasa kalau masa berlakunya masih setahun lebih emang boleh bikin e passport?

    Reply

    1. Boleh kak, kemaren gitu kasusnya bisa kok

      Reply

      1. sudah dapat yang cover biru ya?

      2. Cover hijau kok kak fe

      3. oh..kalau gitu juni juli aja ngurusnya,expirednya masih feb 2016 mudah2an udah dapat e-paspor baru yg biru…oktober ke jepang deh..

      4. Amin kak fe, pengen loh aku jalan sama ama kakak

  18. Pernah membaca visa Jepang gratis untuk pemegang e-passport dan postingan Winny ini buktinya. Menunggu postingan pengurusan e-passport, saat tanya2 ke agen untuk sesi poto Jawa Tengah belum bisa shg hrs ke kantor imigrasi Jakarta or Surabaya. Trim ya Winny sharingnya.

    Reply

  19. visanya sih gratis..hidup selama di sono itu bikin kantong kering hehe.. by the way selamat dah kak…

    Reply

    1. Bener bgt kak abdul hahahah, ntarlah dibuat strateginya

      Reply

  20. Waaaah… turut berduka untuk musibahmu, Win. Semoga dapat ganti berkali lipat yah..dan semoga pelaku hipnotisnya segera tobat. Syukurlah udah punya visa ke Jepang. Ditunggu cerita-ceritanya, Win. ๐Ÿ˜€

    Reply

    1. Terimakasih citraa๐Ÿ˜ƒ amin amin ya

      Reply

  21. Toooo… Akhirnya ya. Msh beruntubg dpt tiket murah. Yg sri lanka kapan dah?

    Reply

    1. Sri lanka: oktober ito ikt?

      Reply

      1. tgl brapakah?, gue mo hunt tiket nihh.

  22. wehe udah jadi aja tinggal nunggu berangkat aja ini sik Jepang? kayanya sih udah gak ribet ngurus sekarang yaa

    Reply

    1. Ericka: mudah banget ericka

      Reply

  23. Sayangnya pengurusan e-passport sepertinya belum bisa dilakukan di semua kantor imigrasi ya.

    Reply

    1. Bener bgt terbatas di jakarta, surabaya dan batam

      Reply

  24. wah selamat ya,,yeay ,jalan2 ke jepang,,ikuut,,,
    btw ternyata mudah ya buat visa ke jepang,tp ganti pasport masih lama, msh lama ganti ke e-passport nih,,

    Reply

    1. Ayo ikut adhya kesana kt, aku ganti pasport kmrn msh berlaku

      Reply

  25. Walah, harus registrasi dulu jadi ya ga ‘bebas visa’ lah ya karena masih harus menghabiskan waktu untuk ngurus.

    Reply

  26. Winny, gimana ceritanya bisa kena hipnotis? btw, dirimu jadi ke Srilanka?

    Reply

    1. Defi: ntar aku buat postingan khususnya, sri lanka jadi defi, ikut?

      Reply

      1. Aku nyimak ceritanya aja kak. Dirimu sendiri ke Srilanka?

  27. Wah asik…bentar lagi ada cerita tentang Jepang doong…Berapa lama berlaku visa-nya Winny?

    Reply

    1. 15 hari indah, tapi pake aa jndah

      Reply

  28. Wuiih asiknyaa ๐Ÿ˜€ btw turut berduka utk kehilanganmu akibat dihipnotis Win. Semakin waspadalah Win.

    Reply

    1. makasih messa ๐Ÿ™‚

      Reply

  29. waaah asiknya mau ke jepang Win ^^

    Reply

  30. Win, kalau bebas visa udah dapat apa perlu booking hotel/ hostel?

    Reply

  31. waaaaa…. pas sakura mekar dong yaaa… bisa berhanami! Pengen kesana lagi jadinya….:D

    Reply

    1. Gk ka hiks soalna awal maret

      Reply

      1. waaa sayang sekali, google cari tempat yang udah mekar… datengin! ๐Ÿ˜€

      2. Thank u kak nice idea

  32. Formulir isiannya itu tentang apa aja Winny? Diminta itinerary kah?

    Reply

  33. Assalamualaikum,wah aq ada rencana nih thn ini ke jepang dan aq baru pny paspor biasa,baru bikin april 2015…kira2 bisa ga ya mba ganti jd e-passport??mohon infonya mba,thx ya

    Reply

    1. bisa kok kmren teman jg baru pasprotnya lalu dia ganti jd e-passport

      Reply

      1. Iya alhamdulillah bs ganti epassport mnggu dpn br bs ambil epassportnya,pas regritasi di kedutaan hrs ada tiket pp ya?trs di bandara apa saja yg ditanyakan dari pihak imigradi bandara?terima ksh

  34. mbak win saya mau ke jepang bisa di bantu info kerjaan di sana ?

    Reply

      1. Persyaratn membuat pasport sm visa ada dicek kesehatan gt ga mba? Kaya medical check up gitu? Mksh.

      2. seharusnya tidak ada

  35. saya mantan kenshu atau dah pernah kerja jpan jika ngurus e pasport bermasalah gak ya….

    Reply

    1. saya kurang tahu mas sebaiknya ditanyakan ke kedutaan

      Reply

  36. Hai Winny,

    Kalau sudah punya E-passport, tiket pesawat, surat referensi kantor buat urus visa jepang, apakah yang bersangkutan harus datang sendiri atau bisa diwakilkan, misalnya urus visa untuk suami-istri tetapi yang urus ke embassy hanya suami saja tetapi dia bawa dokumen suami dan istri?

    Reply

    1. bisa diwakilkan tp harus lengkap

      Reply

  37. wijayanticatur July 14, 2015 at 4:31 pm

    Halo mbak winy.saya ada rencana bln oktober ini berangkat dan kebetulan sy mahasiswa. Saya mau nanya apakah saat pengajuan visa hrs butuh surat pernyataan org tua sbg penanggung biaya saat berada disana meskipun sy melampirkan bukti rekening milik saya sendiri?

    Reply

    1. Kayaknya punyamu sendiri gk apa

      Reply

  38. Arimbi Simbolon July 22, 2015 at 4:25 pm

    Mba, boleh dikirim itinirarynya donk pleaseee…..via email yahhh di riby.dja@gmail.com
    makasih banyak yahh mba…

    Reply

    1. Hai mbak winny aku mau nanya dong.
      Aku domisili makassar,,tapi punya e passpor bisa gak sih ngurus visa jepangnya di jakarta. Karena aku kerjanya di jakarta.
      Terimakasih

      Reply

      1. kalau sudah ada e passpor bisa ngurus visanya

  39. Mbak, mau nanya. Ngurus free visa ke kedutaan Jepangnya bisa diwakilkan oleh adik/ orang lain ga ya mba? Terima kasih

    Reply

    1. untuk ngurusnya sendiri tp ngambil boleh diwakilkan

      Reply

  40. Hai mba winny mau tanya pada saat mengurus perubahan passport biasa ke epassport alasannya apa yah mba padahal expired date passport biasa masih lama ? trus pada saat mengurus free visa berarti passport kita khan kosong lagi tuh mba, apakah akan ditanya2in di kedutaan jepang, soalnya bbrp info yg saya tau rada sulit mengurus free visa klo passportnya masih kosong. Trus apakah perlu menunjukan booking penginapan selama disana dan itenerarynya juga ? mohon bantuannya yah mba. Terima kasih

    Reply

  41. Hai mba winny mau tanya pada saat mengurus perubahan passport biasa ke epassport alasannya apa yah mba padahal expired date passport biasa masih lama ? trus pada saat mengurus free visa berarti passport kita khan kosong lagi tuh mba, apakah akan ditanya2in di kedutaan jepang, soalnya bbrp info yg saya tau rada sulit mengurus free visa klo passportnya masih kosong. Trus apakah perlu menunjukan booking penginapan selama disana dan itenerarynya juga ? mohon bantuannya yah mba. Terima kasih

    Reply

    1. aku kemaren gk ditanay2 alasan perubahaan passportnya. untuk kedutaan juga hanya nunjukin tiket pulang pergi ama surat keterangan dari perusahaan tu saja pingkan

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s