Mudahnya mengurus Visa Jepang


Jakarta, 9 januari 2015

Maaf teman-teman pembaca blog, pengalaman perjalanan ke Objek Wisata Cirebon khususnya menjelajah objek wisata Keraton Cirebon di skip dulu ya soalnya aku mau berbagi tips betapa mudahnya mengurus visa ke Jepang apalagi di tahun 2015, mudah sekali! Proses pembuatan visa Jepang gak ribet! Jadi yang punya rencana perjalanan ke Jepang untuk sekarang ini tidak usah khawatir karena visanya mudah kok diurusnya, syaratnya cukup punya E-passport! Bagaimana pengalamanku mengurus sendiri E-pasport akan aku buat di artikel lain di blog ini.

PS: sabar ya menunggu sharing pengalaman pembuatan E-Passport di Jakarta, mudah kok! Sudah lama sih aku membeli tiket murah ke Jepang dan sempat dag dig dug kalau visa Jepang ditolak apalagi bulan November lalu aku terkena musibah kena hipnotis sehingga semua uang ditabungan ludes, sempat stress dan depresi berat karena tiket sudah ditangan, tapi takut visa ditolak lantaran uangnya hilang ama para penghipnotis! Tapi Tuhan itu maha Adil sehingga memberikanku hadiah berupa “visa gratis ke Jepang” 😃.

Ibarat kata habis gelap terbitlah terang, paling tidak awal tahun 2015 yang menyenangkan! Rezeki anak sholeh🌼 Soalnya kalau melihat isi tabungan miris kakak, namanya baru kena cobaan berat, tanggal 11 November 2014, kejadiannya baru kan ya? Awalnya aku sempat khawatir kalau Jepang menggratiskan visa bagi warga negara Indonesia hanya wacana doang, ternyata Alhamdulillah itu tidak sekedar wacana, visa jepang memang gratis bagi warga Indonesia pemegang e-passport! Untuk tarif normal pembuatan visa sekali entry Rp320.000. tapi jika bayar visa, kemungkinan visa diterima susah susah gampang kali ya! Itulah sebabnya niatku membuat e-passport karena satu-satunya cara menuju Jepang!

Buat yang mau mengurus Visa Jepang gratis maka syarat untuk memperoleh visa gratis jepang ialah:

1. E-passport

2. Tiket Jepang-Indonesia pulang pergi

3. Formulir isian visa jepang

4. Optional: surat rekomendasi kerja bagi yang sudah bekerja

20150110-091421.jpg Lokasi kedutaan Jepang berada di Jl.MH. thamrin Jakarta pusat dekat dengan Plaza Indonesia. Waktu pembuatan visa jam 09:00-12:00 tapi sudah pada antri mulai jam 8. Aku sendiri datang ke kedutaan jepang jam 10 pagi dan masuk ke dalam kantor kedutaan dengan menitipkan KTp lalu mengambil antrian B untuk visa. Satu hal yang aku salut dalam mengurus visa Jepang di kedutaan Jepang yaitu meski antriannya panjang dan banyak tapi cepat sekali pelayanannya! Waktu tu antrianku nomor B19 tapi cepat cuma 30 menit saja! Sempat bingung mau menekan tombol antrian mana saat didalam gedung pengurusan visa jepang karena satu nomor antrian khusus untuk pengurus visaJepang satu lagi buat pengurusan certifikat/ijazah dan lain-lain untuk expat/warga asli Jepang. Saat nomor urutanku dipanggil maka semua berkas pendukung aku berikan kepada petugas lalu aku diberikan surat tanda bukti penerimaan passportku!

Oh ya pasport kita ditahan satu hari di kedutaan Jepang untuk registrasi. Intinya e-passport kira harus diregistrasi dulu di kedutaan Jepang yang ada di Indonesia. Jangan main langsung berangkat ke Jepang ntar kena deportasi lagi😃 Kan ada tuh orang mikirnya kan udah E-passport jadi bisalah langsung terbang ke Jepang! Tidak bisa harus registrasi dulu ke kedutaan Jepang!registrasi passport sehari kerja doang kok! Karena aku mengurus visa gratis ke Jepang hari rabu maka seharusnya visaku selesai hari kamis, cuma karena tidak sempat mengambil passportku di hari kamis, maka aku mengambilnya di hari jumat. Untuk pengambilan passport memiliki jadwal pengambilan passport yaitu dari jam 13:30 sampai jam 15:00. Untuk pengambilan passport antriannya lumayan banyak. Aku dapat nomor antrian 76, sampai jam 2 selesai jam 3 dengan muka senang karena akhirnya e-pasport pertamaku isinya visa jepang!

20150110-093314.jpg I’m coming Jepang❤️

Salam

weeny traveller

Iklan

98 tanggapan untuk “Mudahnya mengurus Visa Jepang

  1. Wow yang mau ke Jepang, keren, keren.
    Kalau paspor biasa gimana? Bayar Rp320k itu kali ya?
    Ditunggu cerita jalan-jalan ke Jepangnya 🙂

      1. Saya lagi mau urus visa gratis. EPaspor baru jadi. Syaratnya apa aja mbak. ditanyain apa aja?
        Apa cukup dengan epasport, tiket, itienary? Apa ndak ada pemeriksaan buku tabungan, historis perjalanan keluar negri. mohon informasinya.

        Btw saya Mei ke Jepang. Ntar share itienary nya y? Thank u

      2. kalau sudah e-paspor datang ke kedutaan bawa tiket pulang pergi terus kalau ada surat rekomendasi, itu saja. tabungan ama historis perjalanan tidak perlu

  2. Turut prihatin sama musibahnya, Win.. Semoga tergantikan dengan yg lebih baik.. Selamat ya udah dapet visa Jepang..! Aku ikut seneng bacanya.. Jadi pengen cepet ganti paspor ke e-passport nih.., setahun lagi..

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Winny…

    Alhamdulillah, semua itu dimudahkan Allah SWT untuk anak solehah dan redha dengan segala ujian yang ditempuh. Maka, Allah memberi hikmah yang tersembunyi disebalik musibah yang menimpa. Welcome to Jepang, mbak. Semoga keberadaan di sana juga dimudahkan Allah SWT.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  4. Pernah membaca visa Jepang gratis untuk pemegang e-passport dan postingan Winny ini buktinya. Menunggu postingan pengurusan e-passport, saat tanya2 ke agen untuk sesi poto Jawa Tengah belum bisa shg hrs ke kantor imigrasi Jakarta or Surabaya. Trim ya Winny sharingnya.

  5. Waaaah… turut berduka untuk musibahmu, Win. Semoga dapat ganti berkali lipat yah..dan semoga pelaku hipnotisnya segera tobat. Syukurlah udah punya visa ke Jepang. Ditunggu cerita-ceritanya, Win. 😀

  6. Assalamualaikum,wah aq ada rencana nih thn ini ke jepang dan aq baru pny paspor biasa,baru bikin april 2015…kira2 bisa ga ya mba ganti jd e-passport??mohon infonya mba,thx ya

      1. Iya alhamdulillah bs ganti epassport mnggu dpn br bs ambil epassportnya,pas regritasi di kedutaan hrs ada tiket pp ya?trs di bandara apa saja yg ditanyakan dari pihak imigradi bandara?terima ksh

  7. Hai Winny,

    Kalau sudah punya E-passport, tiket pesawat, surat referensi kantor buat urus visa jepang, apakah yang bersangkutan harus datang sendiri atau bisa diwakilkan, misalnya urus visa untuk suami-istri tetapi yang urus ke embassy hanya suami saja tetapi dia bawa dokumen suami dan istri?

  8. Halo mbak winy.saya ada rencana bln oktober ini berangkat dan kebetulan sy mahasiswa. Saya mau nanya apakah saat pengajuan visa hrs butuh surat pernyataan org tua sbg penanggung biaya saat berada disana meskipun sy melampirkan bukti rekening milik saya sendiri?

    1. Hai mbak winny aku mau nanya dong.
      Aku domisili makassar,,tapi punya e passpor bisa gak sih ngurus visa jepangnya di jakarta. Karena aku kerjanya di jakarta.
      Terimakasih

  9. Hai mba winny mau tanya pada saat mengurus perubahan passport biasa ke epassport alasannya apa yah mba padahal expired date passport biasa masih lama ? trus pada saat mengurus free visa berarti passport kita khan kosong lagi tuh mba, apakah akan ditanya2in di kedutaan jepang, soalnya bbrp info yg saya tau rada sulit mengurus free visa klo passportnya masih kosong. Trus apakah perlu menunjukan booking penginapan selama disana dan itenerarynya juga ? mohon bantuannya yah mba. Terima kasih

  10. Hai mba winny mau tanya pada saat mengurus perubahan passport biasa ke epassport alasannya apa yah mba padahal expired date passport biasa masih lama ? trus pada saat mengurus free visa berarti passport kita khan kosong lagi tuh mba, apakah akan ditanya2in di kedutaan jepang, soalnya bbrp info yg saya tau rada sulit mengurus free visa klo passportnya masih kosong. Trus apakah perlu menunjukan booking penginapan selama disana dan itenerarynya juga ? mohon bantuannya yah mba. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s