If Allah took from you what you did not expect to lose, believe that Allah can give you what you don not expect to have, just be patient. (Unknown)

Hello World!

Januari 2015

Karena alasan syarat untuk mendapatkan free visa ke Jepang ialah WNI yang memiliki E-passport maka buru-buru aku mengurus perpanjangan passport biasa ke e-passport. Padahal passportku masih berlaku sampai juni 2015 tapi aku mencoba untuk memperpanjang passport biasa ke e-passport di bulan desember 2014. Aku berani mecoba untuk memperpajang sekaligus mengganti passport biasa ke e-passport karena salah satu temanku Desti yang hendak traveling denganku bisa memperpanjang passport biasanya padahal masih baru maka aku ikut-ikutan untuk mengurus pembuatan e-passportku.

Sebenarnya informasi syarat pembuatan/perpanjangan passport sudah jelas di web imigrasi http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa. Tapi untuk sekedar review syarat pembuatan baru/memperpanjang e-passport, dokumen yang harus dipersiapkan ialah transkip/akte kelahiran, kartu keluarga, KTP dibawa asli dan fotocopiannya. Untuk pendaftaran pembuatan passpot bisa daftar secara manual yaitu datang langsung ke imigrasi atau mendaftar secara online. Dari pengalaman Desti dia datang jam 7 pagi tapi antriannya panjang, dan dia mengurus di kantor imigrasi Jakarta Selatan. Datang pagi ngantri terus wawancara, photo lalu bayar langsung tunggu 1 minggu selesai. Kalau aku mengurus di Kantor imigrasi yang sama tapi daftar online pertama lalu bayar langsung dari ATM.

Biaya pembuatan e-passport sebesar Rp655.000 plus Rp5000 pembayaran administrasi bank BNI Saat aku mengurus perpanjangan sekaligus membuat e-passport baru di Jakarta Selatan, ternyata tidak ada bedanya antrian yang sudah bayar atau daftar online, karena nomor antrianku digabung dengan yang manual. Sehingga dari jam 8 pagi maka aku wawancara sekaligus pengambilan photo jam 3 sore, Gila lama kan antriannya! Sempat bete sih tapi demi e-passport gak apalah.

Waktu itu aku mengurus perpanjangan sekaligus ganti e-passport tanggal 19 Desember 2014 dan e-paspport seleasi tanggal 5 Januari 2015. Jadi dari pengalamanku mengurus e-paspport sendiri ke kantor imigrasi tidak ribet, mudah, ikuti prosedur saja tapi yah berkorban waktu 😉

Untuk pengalaman pengurusan passport sendiri oleh temanku yang lain yaitu Gladies, dia mengurus di Jakarta Pusat dan katanya di Jakarta Pusat dibedakan antrian pengisian online dengan yang datang langung ke imigrasi. Tapi karena transportasi agak susah bagiku ke sana maka aku memilih Warung Buncit Jakarta Selatan Karena dari Jl. Thamrin Jakarta cuma sekali naik busway dari kuningan ke arah Kuningan dan berhenti di halte imigrasi. Oh ya untuk jadwal pengambilan e-passport dimulai dari jam 13.00 berbeda dengan jadwal pembuatan harus datang pagi bener karena maksimum kuota pengurusan passport perhari hanya berjumlah 150 orang saja. Buat yang hendak mengurus perpanjangan passport atau ingin membuat e-passport silahkan dicoba tips membuat passport sendiri tanpa ribet cuma menyita waktu seharian dan no pungli 😉 So guys semoga pengalaman pengurusan e-passport ini berguna dan selamat mencoba! Catatan penting tentang pembuatan e-pasport

1. Masa berlaku paspor biasa dan e-paspor 5 tahun

2. Biaya paspor biasa Rp 300.000 untuk 48 halaman, paspor biasa elektronis (e-passport) Rp655.000 dengan jumlah 48 halaman, biaya pembuatan paspor biasa Elektronis (E-passport) 48 halaman.

3. Daftar online pra permohonan personal dengan mengisi data sesuai dengan jenis kebutuhan apakah karena pembuatan baru, berlaku habis, penggantian. Klik disini untuk pengisian online

4. Beda e-pasport dengan pasport biasa yaitu pada chip sehingga saat di bandara tidak perlu ngantri karena di chip ada auto gate.

5. Untuk pengurusan paspor biasa non-elektronik bisa diurus di semua kantor imigrasi tapi untuk pengurasan e-paspor hanya bisa diurus di kantor imigrasi tertentu yaitu Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selata, kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya.

Salam
Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

224 Comments

  1. Saya tampaknya masih harus bersabar dengan paspor biasa karena paspor ini masih baru dan untuk mengeluarkan biaya Rp655k buat mengganti ke e-passport hanya karena ingin ke Jepang bebas biaya visa… saya belum siap dengan pengeluarannya :hiks. Lagipula, selisihnya tidak terlalu jauh. Hehe.

    Setiap kantor beda-beda, ya. Saya dulu bikin di Jakarta Pusat, jadi nomor antriannya, seperti yang Mbak bilang di atas, dibedakan.

    Tapi teteup sih, nunggunya lama…

    Reply

    1. Emang kalau tidak perlu perlu amat mendinh gk usah gara😄

      Reply

    2. anggya savitri May 27, 2015 at 3:40 pm

      Mohon inform, kalo perpjg passport sama ya dengan persyaratan bkn baru? apakah harus ada akta lahir? apabila akta lahir tidak ada apakah bisa diganti dengan Ijazah terakhir? thanks ya..

      Reply

      1. iya sama seperti buat baru. kalau tidak ada akta lahir bisa dibawa ijazah

      2. Hm… setahu saya sih bisa ya. Soalnya teman saya dulu perpanjang paspor pakai ijazah terakhir, dan itu diterima saja oleh petugasnya. Kalau pengalaman saya, jika ada persyaratan yang tidak lengkap tetap diproses kok, persyaratan yang tidak lengkapnya bisa disusul pada saat pengambilan paspor. Semoga membantu :)).

    3. mbak kalo E Passport Daftar online pra permohonan personal itu sebaiknya pilih yg mana ya ?saya sudah punya passport biasa sebelumnya dan masa berlaku belum habis dan saya ingin mengganti dengan E Pasport.Apakah dipilih pembuatan baru, berlaku habis, penggantian? Mohon infonya.thank

      Reply

      1. Ko di kanim 1 jkt selatan tdk bisa daftr online hrs walk-in? sementara klo liat di petunjuk pembuaan e pass hrs daftar online dl. mohon info thx

      2. wah kurang tahu silahkan hubungi keimigrasian

  2. Nohok banget aku bayar calo dapat yang biasa, antri pula. Lebih menohok lagi denger orang Spanyol cerita bikin passport tinggal kasih foto dua biji, sepuluh menit kemudian langsung jadi. Ya ampun!!!!

    Reply

    1. Pasti tu nyebelin yah kak

      Reply

      1. Pilihanku karena ga punya kartu keluarga 😦

      2. Susah ya kak buatnya?

      3. Gampang sih tapi ribet, akhirnya harus ke imigrasi tiga kali. Jatuhnya jadi mahal banget.

    2. Di amrik juga bikin paspor murah banget dan cepat. emang imigrasi kita mesti berbenah lebih banyak yaa

      Reply

      1. Kakak tinggal d amrik ya

      2. nggak kok. cuma pernah baca baca soal proses pembuatan paspor di Amrik

  3. Klo akte di ganti dengan ijazah asli bisa gak ya? Soalnya lupa bawa akte asli yg tinggal di kampung halaman…

    Reply

  4. Kapan yak aku punya passport.

    Reply

  5. Huaaa,pengen juga punya yang e-passport. Apa daya kemarin sewaktu perpanjangan di Belanda belum bisa, hehe

    Reply

    1. Hanya berlaku di indonesia aja ya?

      Reply

  6. Rifqy Faiza Rahman January 16, 2015 at 8:52 am

    Informasi yang sangat bermanfaat mbak Winny. Semoga ke depan Indonesia makin banyak negara sahabat yang bebas visa ya 🙂

    Reply

  7. Blum bisa bikin paspor blum bisa ke luar negeri..

    Reply

    1. Keliling daerah sekitr aja dlu gk apa

      Reply

  8. Gk punya duit buat keluar negri apalagi buat paspor…

    Reply

    1. Apa benar ke jpang skrg hanya perlu daftarin e passport ke kedutaan jepang saja? Ga ada tambahan syarat lain (mis: rek tabungan min dll)?

      Reply

      1. benar tapi harus e-paspport serta menunjukkan tiket pulang pergi tidak perlu rek tabungan

  9. Win… berarti kalau passport biasa masih berlaku lama, trus bikin e passport, berarti punya dua passport dong yaa.

    Reply

    1. Passpor baru jadi..passpor lama dicabut / digunting petugas imigrasi…
      Jd tetap dng 1 passpor baru..ok

      Reply

      1. terimakasih informasinya

  10. Sekarang bikin paspor tambah gampang ya

    Reply

  11. thanks artikelnya. ini sangat bermanfaat 🙂

    Reply

  12. Makasih mbak informasinya, sangat membantu sekali..

    Reply

  13. Waktu perpanjang paspor di Kanim Jakbar nomor antriannya dibedakan antara pendaftar online dengan manual. Saya dpt nomor 3 (waktu itu saya pilih waktu wawancara pukul 9), sementara bapak-ibu sebelum saya dpt nomor puluhan. Lalu mereka menatap saya sambil bisik-bisik dengki, hahaha! Makanya daftar online dong, om-tante..

    Reply

    1. Aku waktu itu juga online tp antriannya sama kayak manual

      Reply

      1. berarti tergantung kantor imigrasinya yang mana ya..

  14. Kantor Imigrasi katanya emang masih proses berbenah, cuma antriannya masih bikin pusying.
    Waktu aq bikin paspor dl juga antriannya banyak bgt, malah kepikirannya, orang Indonesia ternyata mampu kok, buktinya banyak yang mo ke LN.

    Reply

    1. iya kak ziza semoga sistemnya makin ok ya kak

      Reply

  15. Baru tahu ada e-passport. Terima kasih, ini memudahkan kami untuk bertemu idola kami Hercule Poirot dan Sherlock Holmes. Salam Kenal dari Situs Hitam.

    Reply

    1. terimakasih kunjungannya mr eno 😛

      Reply

  16. terima kasih yach win. kebetulan paspor ku habis juni 2015 sudah harus diperpanjang.

    Reply

    1. Sama adel aku jg hbsnya bulan segitu

      Reply

      1. Pas bangat dech baca artikelmu.

  17. Haii mbak mau tanya, untuk daftar online itu kan ada pilihan : penggantian habis masa berlaku dan penggantian halaman penuh. Nah kalau paspor yang belum habis masa berlaku trus mau ganti ke epaspor pilihannya apa? Apa tetap pilih habis masa berlaku? Thx b4 ^^,

    Reply

    1. aku kemaren sih habis masa berlaku karena memang kebetulan mau habis.. kalau penuh tapi belum pernah pake aneh kan ya

      Reply

    2. mbak aq juga punya pertanyaan kayak mbak diatas.apakah mbak sudah buat e passport nya?btw kemarin saat pengajuan online E Passport karena masa berlaku passport saya belum habis apakah saya harus pilih pembuatan baru, berlaku habis, penggantian? Mohon infonya.thank

      Reply

  18. Pagi Win, Saya domisili di Depok, di Kanim Depok kayaknya blm ada pelayanan online, bisa ga daftar di Kanim yg ada online systemnya?
    Tks ya Win.

    Reply

      1. Nanya mba pembuatan e paspor tempat nya dmna aja ada

      2. jakarta, batam dan surabaya

  19. met malam Win, salam kenal. saya domisili di Bandung. Mo tny, sebenernya klo tanggal datang ke kanim bisa pilih atau ditentukan dari Kanim? kr sy terima email dg tanggal yg sdh ditentukan, dan itu jadinya 1 bulan kedepan (saya permohonan 8 Maret, dimita datang ke kanim Bandung 09 April.) Memang selama itu kah klo pendaftaran via online?

    Reply

  20. halo salam kenal mba, infonya bermanfaat sekali. mau nanya kalo misal domisili di luar jakarta, ngurus e-passportnya harus tetap di jakarta ya ? satu lagi mba, bisa ga kalo pembuatan e-passport di urus sama pihak travel? makasih sebelumnya 🙂

    Reply

    1. bisa diurus travel… ngurus pasport bisa jakarta, batam dan surabaya

      Reply

  21. Saat ini untuk pembuatan e-passport baru ga bisa via online ya? Kok ga ada pilihannya? Adanya cuma yg biasa.

    Reply

    1. untuk manual bisa langsung ke imigrasi seto

      Reply

      1. Cara buat e-pasport : teuteup daftarnya pake online, trus utk pilihan “e-pasport” nya tsb (bukan pasport biasa) ada di mana Mba?
        Di kantor imigrasi-nya, di pembayaran atm atau …??

      2. wah maaf aku kurang tahu enda

  22. Hai mb.. Mau info lg donk, Kalo e paspor gax bisa daftar on line ya? Ak udh masukin pra pemohon, yg ada paspor biasa… Total bayar 355..

    Reply

    1. bisa mbak ada pilihan membuat e-pasport

      Reply

      1. Aku juga punya masalah yang sama… Nggak keluar pilihan membuat e-paspor 😦
        Atau harusnya pilih “Penggantian 24H/48H eks Pemegang 24H/48H/SPLP”?? Udah coba itu sih, tapi yang keluar biayanya tetap Rp355.000

      2. Nggak nemu jugaa T___T *putus asa* Tapi makasih yaa :’)

      3. Udah e-mail humasnya imigrasi. Katanya e-paspor memang lagi habis dan mereka lagi mau restock. Heuu… Pdhal paspor udh mau habis masa berlaku. Terpaksa perpanjang dulu ke paspor biasa deh xD

      4. pantes soalnya waktu aku bisa aja rara

  23. gak bisa daftar e-passport online euy… ga ada opsinya.. cuma yg biasa… huffffffff

    Reply

  24. bisa sh cepat… tapi mau pake duit lebih. pengalaman bro d immigration kalbar. ini institusi korup banget.

    Reply

  25. Hai sis Winny. Salam kenal. Mau tanya kalo e paspor, kolom tanda-tangannya juga ditandatanganin manual lg kah? Krn sejak bikin saya belum tanda-tgn di kolom halaman 3. Saya jd takut, soale kaya bank di buku tabungan gk blh ditandatangan manual lg krn datanya sdh ada di system. Kalo yg e paspor gmn ya?

    Reply

    1. kalau aku, aku tanda tangani cherie

      Reply

  26. Kiki Agus Triananda April 2, 2015 at 4:15 pm

    Mbak winny, saya mau tanya nih. saya baru bikin paspor biasa januari 2015 kemarin, ternyata buat ke jepang musti e-paspor, untuk ganti ke e-paspor. permohonan nya gimana ya? kan paspor saya belum dipake sama sekali, daerah saya tidak termasuk wilayah yg bisa bikin e-paspor, ditunggu jawaban nya mbak 🙂

    Reply

    1. bisa kok. permohonan penggantian aja tp kalau e-pasport harus daerah tertentu mengurusnya. sebaiknya buat visa manual aja dengan catatan biaya hidup di jepang standarnya 1 jt per hari. jadi dikalikan berapa hari

      Reply

  27. halo mbak Winny salam kenal. Mau tanya kalo passport dah mati….setahun lalu…kalo mau urus skrg masuk kategori urus baru atau perpanjang ya? terima kasih

    Reply

    1. kayakny perpanjangan walau mati soalnya kan udah pernah buat pasport. tp saya kurang tahu mendingan ditanyakan langsing keimigrasian

      Reply

      1. brapa lama proses bikin E-PASPOR

      2. 3-7 hari dari wawancara

  28. aahhh..jadi pengen ke jepang 😀

    Reply

  29. maaf numpang ikut diskusi beberapa hari yang lalu saya sudah pernah kirim email menanyakan terkait pembuatan E-Pasport tersebut ke Imigrasi Jakarta Selatan(warung buncit) namun smpai dengan saat ini belum ada balasan apakah pembuatan E-Pasport sudah bisa dilakukan lagi atau belum disana, mohon masukannya mba WInny kira2 saya harus menghubungi kemana yah karena saya ada rencana mau ke Jepang tahun ini dan mau buat E-Pasport di Imigrasi Jakarta Selatan(karena palind dekat dengan domisili).
    Terima Kasih

    Reply

    1. harus ke imigrasi sih mbak karena mereka lebih berwenang

      Reply

  30. Kalau punya e-passport persyaratan apa saja yg harus kita daptarin di kedutaan jepan? kalau passport bisa harus ada buku tabungan, persayaratan tempat tingal di jepan.

    Reply

    1. persyaratannya cukup tiket pulang pergi aja

      Reply

  31. Halo Mba Winny, saya mau tanya, berhubungan saya sedang tidak tinggal di Indonesia dan saya punya rencana balik untuk bikin E-passport ini. Saya dengar katanya pembuatan E-passport ini diberhentikan sejak Maret ya mba? Kira2 mba tau, alesannya apa dan mungkin kapan bisa diberlakukan lagi?

    Makasih sebelumnya

    Reply

  32. mau tanya dong, kalo pembuatannya di luar Jakarta apa bisa di urus perpanjangannya di Jakarta?

    makasi sebelumnya

    Reply

    1. bisa kok aku kmeren buatnya di medan tapi perpanjangan paspornya di Jakarta yang penting bawa kartu keluarga asli

      Reply

      1. Hi, Winny, mau nanya. Utk domisili medan gmn urus e passport ya? Thanks before..

      2. epasprt hanya bisa diurus di jakarta, surabaya dan batam

  33. 1. saya sudah ada sebelumnya sudah ada passport biasa namun saya akan memperpanjang passport ke epass yang saya tanyakan adalah apakah no pass lama saya (biasa) apabila di jadikan e-pass akan berbeda atau dapet no pass yang baru lagi?
    2. untuk memperpanjang pass itu persyataratan sama dengan membuat pass yang baru?

    Terima kasih

    Reply

    1. berbeda nomor yg lama mati. persyaratannya sama dengan buat pasport baru

      Reply

  34. tanya dong, apply e-passport bisa isi online juga? soalnya baca2 di internet kalau e-passport harus datang langsung. makasih ya.

    Reply

  35. yakin muflikhin May 6, 2015 at 7:47 pm

    pengen banget deh pergi ke jepang, tp kog masih bingung ya cara bikin e-pasport.
    tiket PP itu di bawa waktu bikin e-paspor di imigarsi ya mbak??
    makasih.

    Reply

    1. bikin epasport mudah kok. tiket pp dibawa ke kedutaan jepang

      Reply

      1. yakin muflikhin May 14, 2015 at 7:13 am

        kalo gitu waktu di imigrasi g perlu bawa tiket PP ya mbak??
        makasih infonya

  36. Pas apply Visa gratis ke Jepang apakah diminta ngeliatin tiket pp atau copy rek tabungan?

    Reply

    1. ngelihatin tiket pp aja

      Reply

  37. hy kak, mau tny kalau perpanjang paspor ganti ke epaspor no paspor nya tetap sama sama yang paspor manual ga kak? thx

    Reply

  38. itu visa jepang bener free mbak winn ? kl pake paspor biasa bisa gk ya?

    Reply

    1. iya bener tp pake e-passport bukan biasa

      Reply

      1. Jadi bisa ya mba misal baru perpanjang paspor biasa trus mau ganti ke e-paspor? harus isi form pergantian paspor saja gt mba? Trims.. Soalnya kata bbrp org kl mau ajuin visa ke jepang skrg hrs ada yg sponsornya gt ya mba? Pgn pergi kesana tp kendala visa. Takut sudah beli tiketnyq tp visa gak di approve. ^^

      2. gk harus kok yg penting epasport

  39. Hallo kak, sy pengen bikin e-passport scara online, sy kerja di Jakarta tp KTP Bandung, bisa di urus di Jakarta? Atau harus k kanim Bandung? Kl Kanim Bandung udh bs melayani e-passport scara online??

    Reply

    1. bisa yang penting KK jakarta

      Reply

  40. Harus KK Jakarta ya? Dokumen yg mesti ada apa aja? Ijazah harus ada atau boleh di ganti dg akte lahir?

    Reply

  41. saya mau bertanya, sekarang kalau mau mengajukan pra permohonan pembuatan e-paspor online sudah tidak bisa ya? saya sekarang baru mau daftar baru, tapi dari sistem website menunjukan kalau tidak bisa dilakukan secara online dan harus walk-in ke kanim bersangkutan, apakah ada perubahan kebijakan?

    Reply

    1. mungkin bisa langsung ke kantor imigrasi

      Reply

      1. Mbak tanda tangan di e pastor ttd sendiri ato sewaktu di kantor imigrasi, krn kolom itu kan kosong takutnya memang sudah masuk sistem tanda tangannya?
        Mohon balas via email ya mbak
        Terima kasih sebelumnya

      2. boleh ditanda tangan di epasprotnya kok

  42. Selamat malam,saya mau tanya e paspor itu berlaku seumur hidup gak?

    Reply

  43. kak, mau nanya, E-paspor itu kan manfaatnya bisa free visa ke Jepang ya? apa khusus Jepang saja? untuk negara lain apakah berlaku hal yang sama? contohnya Amrik gt kak??

    makasiii kak 🙂

    Reply

    1. setahuku cuma ke jepang doang untuk Amrik kayaknya belum harus urus visa sendiri

      Reply

  44. Thanks banget infonya tentang pembuatan epassport Winny…besok mau coba buat di Kanim Bandara Soeta. Walk in langsung, karena sekarang sudah tidak ada layanan online untuk epaspor. Kemaren saya sempat telp kantor imigrasi karena waktu coba apply online gak bisa, dan mereka menjawab bahwa untuk epaspor saat ini tidak bisa mendaftar secara online. Btw, love your blog! keep on jalan2& keep share with us! Thank you dear..

    Reply

    1. sama0sama miharjo… kalau begitu sekarang harus on the spot ya

      Reply

  45. kak, mau nanya. apakah sekarang ke Jepang jika sudah mengurus e-passport maka tidak perlu mengurus visa ? Jika ke Jepang dengan passport biasa bagaimana ya kak ? Makasih

    Reply

    1. kalau e-pasport bebas visa ke jepang tp tetap melapor ke kedutaan kalau paspor biasa harus mengurus visa seperti biasa

      Reply

  46. Mo nanya mba, saya udah pernah bkin pasport thn 2001 tp dah hilang apa ditanyain nanti pas bkin e-passport ny ga? Trims

    Reply

    1. bawa surat ilangnya aja

      Reply

      1. Nanti pas wawancara ny d tanyain rekomendasi ga mba? Mksdny klu kita karyawan swasta atau wiraswasta gt..

      2. biasanya sih tergantung yg wawancara tp itu optional sih

  47. terimakasih infonya mba, insyaAllah besok akan mengurus perpanjangan dari biasa ke e-paspor hehe

    Reply

  48. perlu dokumen apa aja buat biki e-passport ini? perlu surat polisi juga? ato pengantar RT/RW?

    Reply

    1. tidak perlu surat polisi atau penganatr RT/RW. Pembuatan epassport sama dengan passport biasa hanya perlu ijazah/akte lahir serta kk dan ktp

      Reply

      1. thank you info nya yah winny

  49. Mbak Winny.. maaf mau bertanya.. saya tinggal di medan, ktp, kk, semua medan, bisa tidak ya saya ke jkt buat apply e paspor?? Thanks sebelumnya..

    Reply

  50. mbak mau tanya. dokumen yg dibawa itu semua asli atau hanya eKTP aja yg di bawa asli? maksud saya, akte kelahiran apa juga harus bawa yang asli? karena akte + ijazah sya semua di cari ga ketemu. Kalo mau urus bikin baru lagi perlu waktu, sedangkan saya butuh epassport untuk ke Jepang juga. makasih sebelumnya

    Reply

    1. bawa asli. kalau tidak ada ijazah bisa bawa akte lahir karena milih salah satu

      Reply

  51. mbak Winny, kami di bdg mo coba buat epaspor ke jkt. apk saat pengambilan epaspor yg sdh jadi bisa diwakilkan ato blh salah 1 dr kami, tks

    Reply

    1. bisa diwakilkan oleh salah satu tp buat surat pernyataan yg ada di imigrasi

      Reply

  52. Itu letak fto copy prsyrtan bkin paspor agr tdk slah posisi bagaimana ya? Posisi horisontal kah vertikal?

    Reply

      1. Hi dear?
        kalau buat e-paspor apa bs via online? Karena di web imigrasi g ada opsi pra permohonan e-paspor, ada paspor biasa z tuh

      2. dulu aku bisa sekarang lihat di webnya aja

  53. kak, KKnya itu harus bawa yg asli atau boleh fotocopiannya aja ya kak??

    Reply

  54. Hai ka. Aku mau tanya donk. Kalo paspor lama kita diganti sm e-paspor cap dan visa dipaspor lama ilang ya?
    Kedata ga sih di e-paspor itu kalo kita uda kemana aja sebelumnya?
    Aku mau ke jepang, nah kalo ganti e-paspor enak jd bebas visa. Tapi aku takut bermasalah pas di imigrasi gate.ditanya macem2 krn e-paspor baru masih kosong.
    Apalagi aku beda pesawat sm temen2ku pasti kayak traveling sendiri dgn paspor kosong.males aja kalo ditanya2 org imigrasinya.
    Tolong dijawab ya ka.makasih

    Reply

    1. paling ditanya mau kemana itu doang gk ribet deh

      Reply

  55. Ka, kalo ganti epaspor visa dan stempel di paspor lama otomatis hilang ya. Tp terdata ga ya kalo kita uda kenegara mana aja sebelumnya?

    Reply

    1. ntar paspor lama dibalikin ke kita kok. untuk datanya masih ada kok di data base imigrasi

      Reply

  56. pada saat wawancara apa saja d’tanyakan ?

    Reply

  57. Saat Wawancara apa saja yang ditanyakan ? mohon d jawab y….terimah kasih…..

    Reply

  58. mba mau nanya, saya kan tahun 2014 bikin paspor biasa dan belum pernah saya gunakan sama sekali, tapi saya mau ganti e-paspor tahun ini. apakah saya pilih opsi pembuatan baru atau gimana ya mba? dan apa di kanim nya nanti ditanyain soal paspor lamanya? tolong dijawab ya mba, terima kasih banyak..

    Reply

    1. mending lansung konsultasi ke pihak imigrasi ya

      Reply

  59. mba, saya mau tanya, saya sudah ada paspor biasa yg saya bikin tahun 2014 dan belum pernah saya gunakan sama sekali. apakah saya bisa bikin e-paspor skrg (diganti dari paspor biasa jadi e-paspor)? dipermasalahkan tidak nantinya di kanim? dan apa ada biaya penalty-nya mba, karna paspor biasa saya belum pernah digunakan dan tiba2 saya ganti e-paspor?

    Reply

    1. mending lansung konsultasi ke pihak imigrasi ya

      Reply

  60. mat siang mba, mau nanya kalau aku pengen buat e-passport tapi domisili di Manado (Sulwesi Utara), syarat2 yg harus aku bawa apa aja mba ? makasih atas bantuannya

    Reply

    1. bawa akte kelahiran/ijazah asli dan copian, ktp asli dan copian, kartu kerluarga asli dan copian kalau ada pasport lama bawa sekalian

      Reply

  61. mba saya mau nanya, kalau aku pernah buat passport dan da habis masa berlakunya ! aku tinggalnya di Manado, kalu aku buat di Jakarta syarat apa saja yg aku bawa ? dan untuk pengurusan visanya, kira2 bisa minta bantuan mba untuk pengurusan e-passport dan visanya ? makasih sebelumnya mba,….ini alamat email aku rudy_bitung@yahoo.com

    Reply

    1. bawa kk, ktp, ijazah/akte, pasport asli dan fotocopyannya

      Reply

      1. Mba. Kalo alamat di kk dan ktp beda gimana?

      2. tidak boleh harus sama

  62. hai kak winny, utk pembuatan visa ke jepang berapa lama ya? aku berangkat ke jpg tgl 22 maret, kira2 keburu gak ya? aku harus perpanjang passport aku dulu tapi 😦

    Reply

    1. masih sempat tp cepat urus. hari kasih kekedutaan besoknya langsung jadi. epasport butuh waktu 2 minggu prosesnya kejar dari sekarang aja

      Reply

      1. Aku sdh buat tadi di kanim kelas 1 soekarno hatta. ternyata gampang banget, tgl 2 uda bisa diambil e passport nya. utk persyaratan visa waiver nya apa aja ya kak? apa harus ada surat sponsor kah? cuma 1 hari langsung jadi visa nya? cepet yah

      2. iya langsung jadi esoknya asal persyaratnnya lengkap

      3. Kak Winny boleh tau gak ya persyaratannya apa aja? Jadi aku bisa siapkan dari sekarang sembari nunggu e paspor jadi. Waktu itu kakak pake jasa tour atau tidak utk visa waivernya? thanks ya Kak Winny

      4. urus sendiri, bawa pasport asli, tiket pesawat pulang pergi, kalau yg bekerja surat keterangan bekerja, udah itu aja

  63. Kalo penolakan sistem itu gmna ya.??

    Reply

  64. Bagi masyarakat sekitar imigrasi yg bisa buat e-paspor ya enak gak perlu susah payah mikirin biaya ke luar banyak.
    tapi kesannya imigrasi sepertinya tidak adil bagi seluruh warga negara indonesia yang tempat tinggalnya jauh dari imigrasi tersebut. sedangkan di kota medan ada kedutaan jepang, dan bberapa kedutaan negara lainnya. lalu mengapa peraturan tersebut tidak jadi pertimbangan bagi imigrasi untuk memberikan pelayanan sama halnya dengan imigrasi di ke 3 daerah seperti jakarta, batam dan surabaya. indonesia ini luas lai, bukan jakarta, batam dan surabaya saja wahai dirjen imigrasi.

    Reply

    1. Silahkan dikirim surat ke imigrasi mengenai keluhannya siapa tahu bisa ditindak lanjutin

      Reply

  65. Bunda Aghniyaa April 21, 2016 at 3:12 am

    Mau nanya bagaimana kalau saya sdh memperpanjang passport bukan di indonesia (KBRI Doha) tp mudik nanti mau merubah ke e-passport di indonesia… nomor passport otomatis berubah yaa…apa nanti pas balik ke doha nggak masalah krn waktu keluar doha nomor passport yg lama tp pas masuk lg ke doha nomor passport baru.

    Reply

    1. pasportnya udah mau mati atau gimana mbak? klo perpanjangan harusnya udah mw mati kan jd akan otomatis tertracking

      Reply

      1. Blm sih…msh sampe januari 2017. Tp mau mudik indonesia juli sampe agustus. Jd kayaknya hrs diperpanjang dulu di doha sebelum mudik.

      2. harusnya bisa kk kan otomatis itu no pasport kt berubah di kedutaan tp cmiw

  66. Mbak mau tanya,dulu saat saya membuat passport biasa melampirkan surat keterangan dari kelurahan berhubung nama antara KK dan akta kelahiran beda,apakah saat akan ganti e passport juga harus sertakan aurat keterangan itu kembali?

    Reply

    1. harusnya iya Mia karena dipastikan KK sama dengan KTP

      Reply

  67. klo dah diganti ke epaspor. paspor lamamya apa masih bisa dipakai

    Reply

  68. Hey kak, Aku mau tanya nih
    Aku kerja sebagai wartawan di sebuah majalah diluar jakarta, sementara pendiri majalah tersebut ortu aku sendiri. Untuk pembuatan e passport bagaimana ya?
    Mohon kasih pendapatnya kak 🙂

    Reply

    1. harus ngurus di jakarta sih yg penting lengkap semua dokumen trs langsung ke imigrasi

      Reply

  69. siang …
    mau tanya , waktu itu aku ada pengajuan pembuatan paspor biasa melalui online, tapi pada saat kan di bayarkan ke bni data tsb tdk ada.

    nah kalo aku mau langsung buat epaspor aja bisa ya ga?

    Reply

    1. bisa mbak langsung ke kantor imigrasi

      Reply

  70. Himma Sholihah May 11, 2016 at 4:09 pm

    Dear MbakWinny. Mohon tanya, kalo passport saya belum habis masa laku, kemudian ganti ke e-passport, masa berlaku e-passport itu nanti akan 5 tahun setelah dibuat atau sesuai dengan passport yang lama? Terimakasih.

    Reply

    1. boleh, berlaku dari tanggal sejak pembuatan passport

      Reply

  71. Pandu B.Mulya May 23, 2016 at 2:13 pm

    selamat siang mbak winny, saya ada passport biasa. jika saya upgrade ke e-passport itu harus membayar 655rb atau gimna mbak? terima kasih

    Reply

  72. Pandu B.Mulya May 23, 2016 at 2:16 pm

    Selamat siang mbak winny, saya ada passport biasa. jika saya ingin upgrade ke e-passport itu harus membayar 655rb atau gimana mbak? terima kasih

    Reply

    1. betul harus membayar sesuai dengan buat baru, untuk harga bisa di check di situs keimigrasian

      Reply

  73. Met siang mba win.
    Sy asli makassar,dokumen ktp kk de el el smua makassar.di makassar blom ada layanan e paspor.boleh gk ke jkt ngurus?trus harus ada surat domisili atau apalah gitu?

    Reply

  74. siang mbak,
    saya mau tanya, passport saya habis masa berlaku bulan maret 2017 nanti dan oktober taun ini saya mau ke jepang, otomatis oktober itu sudah masa 6 bulan sebelum masa berlaku habis sehingga saya harus memperpanjang passport, rencananya saya mau ganti ke e-passport, nah saya pilih pembuatan baru atau penggantian habis berlaku?

    Reply

  75. aprilia prabawani July 10, 2016 at 3:37 pm

    mbak saya mau tanya, saya punya passpor biasa & masih berlaku untuk 4thn kedepan. sedangkan tahun depan rencananya saya ke jepang & jadilah saya mau mengurus e-passport biar bebas visa. apa boleh ya saya buat e-passport sedangkan passport biasa saya masih berlaku sampai 4th kedepan?

    Reply

  76. Haiii….e ktp lagi dalam proses (yg entah kapan keluarnya).Bisakah buat e pasport pake surat keterangan?Thanks.

    Reply

    1. coba langsung ditanyakan kepada bagian imigrasi elis

      Reply

  77. Kalau untuk wawancara pd pembuatan epassport, lain kantor imigrasi tentu lain juga pelayanannya barangkali disalah satu kantor ada yg sulit ada juga yg mempermudah.Kira2 kantor imigrasi yang mana ya mudah dan baik pelayanannya khususnya di jakarta.Mksh mba Win.

    Reply

    1. Kalau wawancara rata-rata asik kok dimanapun dia gak terlalu ribet. Paling antriannya yang gak tahan

      Reply

      1. Halo mba Win,.mf sy masih bertanya lagi nih.Pernah dulu saya coba tanyakan ke salah satul agen travel soal masuk ke jepang itu dgn visa waifer.Dia bilang ”orang Indonesia yang bisa masuk kejepang dgn visa waiver harus yang sudah pernah keluar masuk jepang minimal tiga kali”.Jadi pikir saya kalau pengen jalan2 kejepang pakai visa waiver sepertinya khayalan saja,karena saya sama sekali gak pernah keluar negeri.Kira2 menurut mba Winny gimana ya? mksh

      2. Aku pertama kali ke jepang waktu itu dapat kok visa waivernya cuma aku pake epassport

  78. Kalo gt mba Winny pasti ada kenalan di jepang ya.Karena itu salah satu syarat bisa masuk ke jepang.Klu sy pengen jg sih jalan2 ksana cuma gak punya kenalan di jepangnya.Mba Win ada kenalan gak yg bisa di kontak nanti klu di jepang biar bs temanin jalan2 dijepangnya atau yg jamin gitu(saya ngerti koq) ronyadam86@yahoo.com ,mksh

    Reply

      1. Halo mba Win,maksud sy gini.Kan Mba udah pernah kejepang tentunya mba udah ada kenalan dsna org indonesia sebagai penjamin.Aku kan pengen jg ke jepang cuma gak ada penjamin djepangnya yang bisa dihubungi kalau kita udah dijepang nantinya.jadi sulit ut.masuknya.”Dan Mungkin Bila Nanti”sy jadi kejepang pasti sy butuh kenalan dsana.Ada gak mba punya kenalan dijepangnya?bagi info kontaknya dong,kalau dia bisa jamin gak apa2 sy bayar juga,gitu maksud saya.Mksh

      2. wah waktu itu aku gak pake gitu-gitu an deh Romy mending u beli tiketku aja sini tak urusin trs kesana bareng hahaha

  79. Halo Mba Win.Kalo gitu dulu Mba berangkatnya traveling ya,yg booking hotel dan tiket pp gitu.Trus emang Mba jual tiket gitu.Ok deh sy beli tiketnya sekalian berangkat bareng,hahaa pasti bisa keliling japan.

    Reply

      1. Halo de Win,mf bisa minta no.yg bisa kt hubungi biar bisa nanya2 langsung gt.

      2. email aja winny.marlina at gmail.com

  80. saya berdomisili di bali, apakah saya bisa membuat e-paspor di surabaya karena mgkn sby lah yang terdekat, dan saya mau tanya jika saya ingin membuatkan e-paspor untuk anak2 saya yg usai nya smua dibawah 3 tahun syaratnya gmn ya?kan mereka belum punya KTP. terima kasih

    Reply

    1. surabaya bisa mbak, untuk syarat dan ketentuan monggo di ubek web nya imigrasi di imigrasi. go.id

      Reply

  81. kl mau perpanjangan e-passport lewat online bisa ato endak yah (passport skrg msh passport biasa & maunya perpanjangannya diganti yg e-passport)????

    Kl bisa, wkt kantor imigrasi sy hrs pilih kantor mana yg bisa melayani e-passport?

    Reply

    1. kalau waktu saya buat bisa mas, kalau sekarang mending di telpon langsung kantor imigrasinya.

      Reply

  82. Hallo mba Winny.. Numpang nanya.. Kalau ktp saya cilacap dan saya mau buat passport di jakarta. Apakah bisa mba?

    Salam
    Johan

    Reply

    1. bisa johan tapi bawa persyaratan lengkapnya

      Reply

  83. Halo mba winny saya mau nanya saya kan berdomisil di pekanbaru saya mau ngurus e pasport di batam bisa gak ya ?
    Dan syarat yg diperlukan apa aja pas wawancara yg ditanya apa aja ya ?

    Reply

    1. bisa bawa ktp, kartu keluarga, ama ijazah masing2 asli ama forocopy dan wawancara paling ditanya mau kemana bilang aja liburan ke luar negeri

      Reply

  84. Mba winny, saya mau buat e paspor, ktp saya depok saya mau buat di jakarta..apakah masih perlu surat rekomendasi? Surat rekomendasi dibuat jika apa ya mba?

    Reply

    1. gak perlu surat rekomendasi yang penting bawa KK, KTP dan ijazah asli dan fotocopyan

      Reply

  85. Mbak winny mau tanya dong, passport biasa saya berlaku smp 2020 apakah saya bisa mengganti ke epass, krn saya ada rencana untuk ke jepang bln april ini dan dana di rekening tdk memungkinkan untuk pengajuan visa.
    Apakah akan di persulit??
    Terima kasih mbak

    Reply

    1. seharusnya bisa namun monggo langsung telepon pihak Imigrasi

      Reply

  86. Mba… mohon advisenya,
    Passport konvensional saya belum habis masa berlakunya, tetapi ingin segera membuat E-passport karena ingin brgkt ke jepang. Bolehkah seperti itu mba. Soalnya takut gk bsa dtg jauh2 dari medan 😢.

    Reply

    1. coba hubungi pihak imigrasi

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s