Travelling dengan Anak Indigo ke Ngalau Indah Payakumbuh


“It’s OK If You Don’t Know How Much More You Can Handle. It’s Fine If You Don’t Know What To Do Next. Eventually, You’ll Let Go Of How Things Should Be And Start To See Possibilities Based On Reality. It’s YOUR Life, Grasp The Steering Wheel And Force Yourself To Pay Attention To Where You’re Going.” -Wendy Keller

Ngalau indah Payakumbuh Sumbar
Ngalau indah Payakumbuh Sumbar

Hello World!

Payakumbuh, ‎January ‎08, ‎2012

Dari objek wisata Sumatera Barat “Lembah Harau” maka aku dan si Nyakmat melanjutkan perjalanan ke Ngalau Indah, sebuah goa alami yang ada di Payakumbuh Sumatera Barat. Walau waktu sudah sore tapi keinginanku untuk mengajak si Nyakmat melihat Goa harus tercapai sehingga kamipun tiba di loket pembelian karcis masuk Ngalau Indah.

Untuk masuk ke Ngalau Indah waktu itu kami membayar tiket masuk seharga Rp5000 dan untuk sampai ke atas maka kami harus menyewa ojek seharga Rp10.000 untuk pulang pergi. Dari pintu utama maka kami disambut dengan sapaan hangat “Selamat datang di Objek Wisata Kota Payakumbuh”.

Ngalau indah Payakumbuh
Pemandangan dari bukit Ngalau indah Payakumbuh

Jadwal buka  Ngalau Indah Payakumbuh jam 08:00-18:00. Saat itu kami sampai jam 5.00 sore dengan dua ojek yang mengantarkan kami ke atas bukit. Pemandangan dari atas bukit sangat Indah karena melihat pemandangan Kota Payakumbuh.

Sesampai di depan Goa Ngalau Indah maka aku melihat pasar tradisional untuk membeli souvenir khas Minang serta warung untuk membeli makanan, petanda sebuah tempat objek wisata. Dari papan Objek wisata Ngalau Indah maka kami menaiki tangga menuju depan Gua Ngalau Indah.

Tangga menuju Ngalau Indah
Tangga menuju Goa Ngalau Indah

Dari penjelasan orang lokal di dalam Goa Ngalau Indah terdapat batu yang berbentuk Gajah serta bentuk lainnya. Goa Ngalau Indah merupakan gua alami sehingga banyak terdapat kelelawar. Tepat di depan mulut Gua Ngalau Indah terdapat sebuah akar pohon yang besar. Aku sempat berphoto dengan akar pohon.

Saat hendak masuk ke dalam Goa tiba-tiba muka temanku si Nyakmat mukanya pucat pasi dengan spontan dia melerai masuk ke dalam Goa. Dengan aura wajah seperti itu aku langsung mengangguk lalu tanpa basa basi kami berjalan cepat dengan langkah seribu.

Sebenarnya aku penasaran berat ingin masuk ke dalam Goa walaupun guanya agak bau tapi tidak tega dengan si Nyakmat. Begini nih rasanya kalau Travelling dengan Indigo, aku jadi ikut-ikutan takut. Sesampai di bawah bukit aku menanyakan Nyakmat apa yang dia lihat saat kami hendak masuk ke dalam Goa.

Ngalau indah
Ngalau indah

Nyakmat berkata dia melihat mahkluk halus sekilas saat di mulut gua. Gila, aku asli jadi merinding! Kenapa tidak? Soalnya di mulut Goa aku photo narsis tingkat tinggi. Untungnya aku sempat mengambil photo depan Goa, paling tidak ada gambaran sedikit tentang Ngalau Indah. Memang salah kami juga sih datang ke Ngalau Indah pada saat sore menjelang magrib sehingga yang penjalajahan ke dalam Goa tidak sepenuhnya lengkap. Mission incomplete kali yeee.. 😀

Tapi tidak apa-apa, semoga bisa datang kembali ke Ngalau Indah dengan cerita lainnya!

Tips penting tentang perjalanan ke Ngalau Indah

  1. Datanglah pada saat siang atau pagi untuk bisa menjelajah Goa Ngalau Indah, jangan datang pada sore hari.
  2. Sebaiknya menyewa jasa tur guide untuk mengelilingi isi Goa
  3. Bawa masker karena di dalam Goa banyak kotoran kelelewar
  4. Bawa lampu untuk alat penerangan
  5. Berpakaian sopan dan jaga sikap ketika berada di Goa Ngalau Indah
  6. Akses ke Goa Ngalau Indah harus naik ke Bukit sebaiknya dengan sepeda motor atau mobil

Salam

 

Weeny Traveller

Iklan

46 tanggapan untuk “Travelling dengan Anak Indigo ke Ngalau Indah Payakumbuh

  1. padahal kalo nggak tau bakalan tetep masuk ya?
    aku pernah ke tempat yang agak mistis gitu, terus sengaja kesananya ramean karena takut tapi penasaran. setelah pulang, baru ngasih tau ke temen-temen jalan soal kemistisannya 😛

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb Winny… tempatnya sangat indah dan masih lestari ya. memang tidak puas kalau berjalan dalam masa singkat. nanti bisa kembali lagi melanjut perjalanannya, Winny. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s