“It’s OK If You Don’t Know How Much More You Can Handle. It’s Fine If You Don’t Know What To Do Next. Eventually, You’ll Let Go Of How Things Should Be And Start To See Possibilities Based On Reality. It’s YOUR Life, Grasp The Steering Wheel And Force Yourself To Pay Attention To Where You’re Going.” -Wendy Keller

Ngalau indah Payakumbuh Sumbar

Ngalau indah Payakumbuh Sumbar

Hello World!

Payakumbuh, ‎January ‎08, ‎2012

Dari objek wisata Sumatera Barat “Lembah Harau” maka aku dan si Nyakmat melanjutkan perjalanan ke Ngalau Indah, sebuah goa alami yang ada di Payakumbuh Sumatera Barat. Walau waktu sudah sore tapi keinginanku untuk mengajak si Nyakmat melihat Goa harus tercapai sehingga kamipun tiba di loket pembelian karcis masuk Ngalau Indah.

Untuk masuk ke Ngalau Indah waktu itu kami membayar tiket masuk seharga Rp5000 dan untuk sampai ke atas maka kami harus menyewa ojek seharga Rp10.000 untuk pulang pergi. Dari pintu utama maka kami disambut dengan sapaan hangat “Selamat datang di Objek Wisata Kota Payakumbuh”.

Ngalau indah Payakumbuh

Pemandangan dari bukit Ngalau indah Payakumbuh

Jadwal buka  Ngalau Indah Payakumbuh jam 08:00-18:00. Saat itu kami sampai jam 5.00 sore dengan dua ojek yang mengantarkan kami ke atas bukit. Pemandangan dari atas bukit sangat Indah karena melihat pemandangan Kota Payakumbuh.

Sesampai di depan Goa Ngalau Indah maka aku melihat pasar tradisional untuk membeli souvenir khas Minang serta warung untuk membeli makanan, petanda sebuah tempat objek wisata. Dari papan Objek wisata Ngalau Indah maka kami menaiki tangga menuju depan Gua Ngalau Indah.

Tangga menuju Ngalau Indah

Tangga menuju Goa Ngalau Indah

Dari penjelasan orang lokal di dalam Goa Ngalau Indah terdapat batu yang berbentuk Gajah serta bentuk lainnya. Goa Ngalau Indah merupakan gua alami sehingga banyak terdapat kelelawar. Tepat di depan mulut Gua Ngalau Indah terdapat sebuah akar pohon yang besar. Aku sempat berphoto dengan akar pohon.

Saat hendak masuk ke dalam Goa tiba-tiba muka temanku si Nyakmat mukanya pucat pasi dengan spontan dia melerai masuk ke dalam Goa. Dengan aura wajah seperti itu aku langsung mengangguk lalu tanpa basa basi kami berjalan cepat dengan langkah seribu.

Sebenarnya aku penasaran berat ingin masuk ke dalam Goa walaupun guanya agak bau tapi tidak tega dengan si Nyakmat. Begini nih rasanya kalau Travelling dengan Indigo, aku jadi ikut-ikutan takut. Sesampai di bawah bukit aku menanyakan Nyakmat apa yang dia lihat saat kami hendak masuk ke dalam Goa.

Ngalau indah

Ngalau indah

Nyakmat berkata dia melihat mahkluk halus sekilas saat di mulut gua. Gila, aku asli jadi merinding! Kenapa tidak? Soalnya di mulut Goa aku photo narsis tingkat tinggi. Untungnya aku sempat mengambil photo depan Goa, paling tidak ada gambaran sedikit tentang Ngalau Indah. Memang salah kami juga sih datang ke Ngalau Indah pada saat sore menjelang magrib sehingga yang penjalajahan ke dalam Goa tidak sepenuhnya lengkap. Mission incomplete kali yeee.. 😀

Tapi tidak apa-apa, semoga bisa datang kembali ke Ngalau Indah dengan cerita lainnya!

Tips penting tentang perjalanan ke Ngalau Indah

  1. Datanglah pada saat siang atau pagi untuk bisa menjelajah Goa Ngalau Indah, jangan datang pada sore hari.
  2. Sebaiknya menyewa jasa tur guide untuk mengelilingi isi Goa
  3. Bawa masker karena di dalam Goa banyak kotoran kelelewar
  4. Bawa lampu untuk alat penerangan
  5. Berpakaian sopan dan jaga sikap ketika berada di Goa Ngalau Indah
  6. Akses ke Goa Ngalau Indah harus naik ke Bukit sebaiknya dengan sepeda motor atau mobil

Salam

 

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

46 Comments

  1. Hmmm… guanya penuh dhemit….

    Mungkin lain kali ya mbak dirimu diberi kesempatan ke sana lagi. Tapi ya tetap di mana-mana ada dhemit sih….

    Reply

    1. iya mawi udah lumrah ya hehe

      Reply

  2. hehe kalo ke sana lagi bawa parfumm ahh biar gak wangi hehehe… keren mbak jalan-jalannya salam pejalan ^-^

    Reply

    1. salam kenal juga buat apa gitu parfum ahhaa

      Reply

  3. Aaaak….. serem juga ya kalau bisa liat makhluk halus! untung nggak kefoto bareng kamu itu makhluknya 😀

    Reply

    1. iya Swastika bisa pipis dicelana dah klo makhluk ikut di photo 😀

      Reply

  4. Liat foto dalam Goa jadi inget Goa Jatijajar di Kebumen. Di Goa Jatijajar sudah dikelola dengan cukup baik, masuk ke dalam nda perlu guide, nda perlu bawa lampu dan masker.

    Reply

    1. Sudah pernah ke Goa jatijajar lebih alami cuma kotoran kelelawar bau bgt

      Reply

  5. Lembab dan gelap = sarang meme >.< Udah cek hasil fotonya ada yang blur nggak? hehehe

    Reply

    1. hahah untungnya tak ada. di solo jg ada pengalaman dgn makhluk halus

      Reply

      1. Hee? Serius? Pas di mana? Cetho atau Sukuh? Sempat masuk Radya Pustaka nggak? #kepo

      2. cakra hahahahah. gk sih

      3. Wohh cakra hihihi… itu gamelan set nya memang ehem ehem Win 😀

      4. pantes hahaha serem ya

  6. tapi tetep ya namanya Goa dalemnya gelap serem dan jaga sikap nggak boleh sembarangan dari masuk sampai keluar

    Reply

    1. tapi alhasil tidak masuk

      Reply

  7. Konon di mana manusia jarang ada, di situlah makhluk lain suka menempati.. Tapi tetep informasi wisatanya bagus, mana tahu ada goa di Payakumbuh ini..

    Reply

    1. hihi aku juga tahunya gk sengaja kak walau tak masuk

      Reply

      1. Kalo tau dari awal mungkin mikir-mikir mau masuk apa gak kali ye..hehehe..

  8. itu serem juga ya lokasinya… lembab..

    eh itu apa yang di belakang kak? *loh

    Reply

    1. hahaha iya yg suka tempat horor bolehlah kesana

      Reply

  9. padahal kalo nggak tau bakalan tetep masuk ya?
    aku pernah ke tempat yang agak mistis gitu, terus sengaja kesananya ramean karena takut tapi penasaran. setelah pulang, baru ngasih tau ke temen-temen jalan soal kemistisannya 😛

    Reply

    1. iya bener bagusnya begitu biar gk tw tp kamu hebat ya tetap masuk wakau takut

      Reply

  10. Assalaamu’alaikum wr.wb Winny… tempatnya sangat indah dan masih lestari ya. memang tidak puas kalau berjalan dalam masa singkat. nanti bisa kembali lagi melanjut perjalanannya, Winny. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

    1. amin Siti terimakasih ya

      Reply

  11. mbak, baca blogmu bikin ngiri
    pengin bisa jalan-jalan kayak mbak winny
    kapan yak punya duit buat jalan-jalan?!

    😀

    Reply

    1. gk harus banyak duit jalan disekitar kt banyak wisata jga

      Reply

  12. untung ga terlihat di foto ya,
    singkat tapi berkesan ya.

    Reply

  13. Jadi penasaran di dalam guanya seperti apa Win. Hehehe. Tempatnya indah banget di sekitar guanya. Tapi serem sih emang kalo ada yang bisa lihat-lihat gitu.

    Reply

    1. katanya indah di dalam tapi itu takut

      Reply

  14. “Bawa masker karena di dalam Goa banyak kotoran kelelewar” – bau banget ya kotorannya?

    Reply

      1. hahahaha….mesti sama bawa minyak wangi juga kai setelah kunjungan 😀

      2. hahahha gk mempan kayaknya

  15. Pas ke sana aku juga sampai sudah sore, dan akhirnya memang batal masuk juga.
    He he he . . kita senasib nih Win, belum masuk ke guanya 🙂

    Reply

    1. sama teman senasib heheh

      Reply

  16. wiih sorang petualang.. cobab mampir ke gua putih gunung Rinjani. tak kalah indahnya

    Reply

    1. kalau ada kesempatan pasti kesana 🙂

      Reply

  17. Guanya keren mbak, belum lama ini berkunjung kesana

    Reply

  18. Saya pernnah mengalami kejadian mistis d gua ini lengkap dgn bukti fotonya

    Reply

  19. Duh…pengin ke ke sana jadi galau nih… Mana ajak anak2 lagi….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.