You can be a doctor and save lives…

You can be a lawyer and defend lives…

You can be a soldier and protect lives..

But why to play with other’s lives?

So we simply became engineers to screw up our own lives (Unknown)

jalan-jalan ke bali

Tampak Siring Bali

Hello World!

Bali, 11 Agustus 2011

Akhir-akhir ini aku malas sekali update isi blog karena edisi pindahan kos yang menyadarkanku betapa banyaknya harta yang menumpuk yang tidak penting, pantas saja aku kere :D. Nah saat edisi pindahahanlah aku mengubek folder lama di laptop dan aku melihat folder BALI. Ternyata masih banyak cerita tentang pengalamanan ngetrip ke Bali bersama Santo, Surya dan William yang belun aku buat di blog.

Perjalanan ke Bali waktu itu, kami lakukan secara backpacker dengan mengandalkan peta bali serta kami menyewa dua motor sambil menelusuri jalan setapak bali demi menjelajah objek wisata ungggulan Bali. Dari tim perjalanan trip Bali,  akulah satu-satunya cewek di dalam rombongan sehingga aku kelihatan cewek maco alias cewek strong banget alias tangguh alias tomboy ya?.

tampak siring dan istana Presiden

Tampak siring dan istana Presiden

Karena modal perjalanan kami yang bermodalkan peta dan tanya orang lah yang membawa nasib kami mengunjungi Tampak Siring. Acara edisi perjalanan nyasar ke Tampak Siring memang tidak sengaja karena tujuan perjalanan di Bali kami sebenarnya hendak ke Puri Besakih. Siapa sangka kami menapakkan kaki hingga ke Tampak Siring. Masih segar di ingatan saat Santo menanyakan kepada penduduk lokal sedang dimana kami berada yang orang lokal menjawab di Tampak Siring. Lalu Santo bertananya kembali apa yang menarik di Tampak Siring, objek wisata Bali apakah yang ada di Tampak Siring lalu penduduk lokal berkata kalau di daerah kami sekarang ada sebuah telaga yang konon katanya bisa menyembuhkan penyakit serta terdapat istana presiden sehingga membuat keputusan kami bulat “menikmati nyasar dalam perjalanan”.

Tampaksiring was one of the governance centers in Bali during the kingdom period. Tampaksiring is the site of the Tampaksiring Presidential Palace

tampak siring

Tampak Siring

Nah bagi yang belum tahu tentang tampak siring Bali, tampak Siring merupakan salah satu dari lima Istana kepresidenan Indonesia yang berada di Bali. Empat istana presiden lainnya ialah Istana Merdeka di Jakarta, Istana Bogor di Bogor, Istana Cipanas di Bogor, dan Gedung Agung di Yogyakarta. Alamat Istana Presiden Tampak Siring di Jl. Astina Pura Utara Kec. TampakSiring Kab, Gianyar Bali. Untuk arti Tampak Siring sendiri ialah telapak yang miring.

Perjalanan kami dimulai dari Pantai Kuta Bali hingga menuju kearah Kintamani kemudian kami juga sempat singgah di Pasar Sukowati yang membuat kami kalap belanja tapi akhirnya kami tahu kami kena tipu. Pengalaman di Pasar Sukowati Bali akan aku ceritakan sendiri di sesi lainnya.

Saat kami memasuki istana tampak siring kami disambut oleh bangunan pura besar yang di Bali disebut Gelung Kori Ahung dengan nuansa ala Bali. Pada saat itu kami membayar tiket masuk ke holy spring yang aku sudah lupa harganya.

tampak siring

Tampak siring

Kenunikan dari Tampak Siring di kolam yang berisi mata air yang pada saat kami datang banyak sekali bule-bule dan pengnjung lainnya yang mandi di kolam. Dari kolam air terlihat jelas bagian atas istana presiden. Objek wisata Bali merupakan salah satu tempat wisata yang aku suka di Bali karena sejuk serta pemandangannya yang khas Bali sekali.

Untuk mengitari Tampak Siring sendiri cuma butuh 1 jam buat kami serta khasnya itu di kolamnya dengan air mancur yang keren. Tapi walau demikian kami tidak mencoba mandi di dalam kolam tersebut. Soalnya itu kan kepada percaya gak percaya 🙂

Holy Spring Tampak Siring

Holy Spring Tampak Siring

Untuk kesan perjalanan saat di Tampak Siring ketika aku dan Surya minta photo ama anak bule yang cute abis kepada orang tuanya. Lucunya saat photo si anak bule berpose imut hahahah 🙂

Oh ya pada saat di photo kelihatan rempoang deh aku karena membawa hasil belanjaan dari Sukowati berupa oleh-oleh khas Bali. Plesiran Bali dengan teman kuliah memang seru apalagi jalan-jalannya hemat sehingga perjalanan pun makin oke 😀

Tampak Siring

Tampak Siring

Keindahan Tampak Siring selain kolam suci ialah pada saat melihat orang Buddha berdoa, inilah momen yang menarik perhatian para pengnjung serta dekorasi yang mirip gazebo tapi dengan gaya ornamen Bali. Saking kerennya bocah bule aja sok menjadi photographer sambil memphoto bagian atas dari altar yang mirip gazebo itu. 🙂

Aku di tampak siring

Aku di Tampak Siring

Disamping Tampak Siring terdapat pasar tradisional untuk membeli oleh-oleh cindremata khas Bali berupa patung kayu gajah, buddha, tapak tangan dan sebagainya serta gantungan kunci. Jadi bagi pecinta souvenir khas Bali bolehlah ke pusat pasar tradisional oleh-oleh yang merupakan jalur pulang dari Tampak Siring.

Dari kolam air suci yang di Tampak Siring akhirnya kami ke Istana Presiden yang kala itu di penuhi dengan bendera Indonesia karena kami datangnya pada Agustus.

Pusat oleh-oleh di Tampak Siring

Pusat oleh-oleh di Tampak Siring

Plesiran Bali memang menyenangkan 🙂

Salam

Weeny Traveller

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

24 Comments

  1. Banyak yang percaya sama mandi dipancuran situ membawa sebuah kebaikan.
    kok ga basah-basahan?

    Reply

    1. soalnya udah sore mas diazz

      Reply

  2. Duh balii 😍
    Semangat Win pindahan kosnya moga cepet beres hihi

    Reply

  3. Nyasar tapi ketemu Istana Tampak Siring, membawa berkah berarti ya 🙂

    Reply

  4. Hahaha, dulu banget aku pernah ke Tampak Siring. Sempat melihat istana kepresidennya juga tetapi nggak boleh masuk (ya iya lah 😛 ).

    Reply

    1. sama hahah kami ke sana gk boleh masuk jg cuma bisa ngintip dari luar

      Reply

  5. aku selalu iri sekaligus salut sama ulasan mbak winny tentang jalan-jalan keliling Indonesia. Sebelum nanti dapet kesempatan ke luar, bagusnya bisa keliling negara sendiri dulu ya. Huhuhu. Asik bangeeet

    Reply

    1. iya mbak sekar harus mengenal daerah sendiri

      Reply

      1. just call me, sekar.. haha. Aku kan masih kecil 😛

  6. yang mandi cuma bule-bule aja ya wien? gak dingin apa airnya? 🙂

    salam
    /kayka

    Reply

    1. dingin tp kita gk mandi,, orang lokal juga mandi kayka

      Reply

  7. such a fun trip….
    knp gak mandi sekalian ito?

    Reply

  8. Waktu ke Bali, ini adalah salah satu tempat yang gagal aku datengin, jauh sih habisnya hehehe 😀

    Reply

    1. buat rencananya lagi papa

      Reply

      1. Ayok direncanakan mbak? Hehehe 😀

  9. Busyett win, tuh bawaan tas kreseknya banyak benerr hahaha

    Reply

    1. hihi itu oleh-oleh Bali semua kak hasil belanjaan di Sukowati hehe

      Reply

  10. bocah bulenya lucu bangettt //salahfokus

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.