Menjelajah wisata Bandung bersama teman


“Indifference and neglect often do much more damage than outright dislike.”
― J.K. Rowling, Harry Potter and the Order of the Phoenix

kawah putih bandung

Hello World!

Juli 2011

Kenekatan untuk menjelajah wisata Bandung membuat kami memberanikan untuk membeli tiket promo meski waktu itu status kami masih mahasiswa. Berkat Suhu Susanto yang menyusun anggota para penjelajah maka terkumpullah Aku, Anni Intan, Fensi, William, Surya dan si Santo sendiri maka terwujudlah mimpi jalan-jalan ke Bandung. Untukku sendiri mengunjungi ke Bandung merupakan kedua kalinya setelah di tahun 2o10 aku nekat travelling sendiri ke Bandung. Sampai di Bandung kami dijemput oleh teman Santo yang menjadi guide kami untuk mengeksplor semua objek wisata yang ada di Bandung. Aku juga mengajak temanku Muja yang kuliah di Unpad waktu itu.

Dalam perjalanan Bandung sitem perjalanan kami ialah sharing cost dan kesan yang tidak terlupakan kala itu ketika tempat penginapan di Bandung kami dibawah ekspektasi sehingga Anni dan Fensi ampe stress habis. Murah emang tapi karena suasanya horor jadinya mereka ampe kapok buat backpackeran ahhaha 😀

Adapun tempat wisata populer Bandung yang dapat kami jelajahin ialah

1. Air Panas Ciater

Kalau bicara objek wisata Bandung yang satu ini buat aku cekikan karena gak jauh beda dengan pemandian panas Sidebu-debu di Brastagi cuma bedanya di Bandung terdapat pemandangan pegunungannya jadi ketika mandi di kolam air belerang air panas Ciater maka kami senang sambil ketawa-ketawa.

Ketika kami masih kurus di air panas Ciater!

air panas ciater

 

2. Kawah Putih Ciwidey

Tempat yang paling aku sukai di Bandung ialah Kawah Putih Ciwidey karena keindahan warna kawahnya yang biru banget. Kami paling eksis di kawah putih berjalan di hutan matinya serta para pemain kecapi telah menyambut kedatangan kami. Teman-temanku paling suka berphoto ria di kawah putih. Untukku sendiri pertama kalinya mengunjungi Kawah Putih!

kawah putih
Kawah Putih

Untuk menuju ke Kawah Putih memang jalanannya jauh sekali sehingga aku sarankan pergi dengan teman kelompok jalan agar bisa menyewa mobil yang cukup 7 sampai 8 orang. Aku sudah lupa berapa harga tiket masuk ke kawah putih tapi tentunya masuk ke Kawah putih wajib banget karena indahnya itu loh!

Oh ya selain itu jangan lupa membawa masker jika berkunjung ke kawah putih karena bau sulfur masih tercium serta jangan lupa bawa payung karena panas sekali di kawah putih atau paling tidak memakai sunblock. Untuk luas Kawah Putih sendiri memang tidak terlalu luas sehingga 1 hingga 2 jam cukup untuk mengelilingi Kawah Putih.

Keindahan kawah putih yang selalu mempesona!

kawah putih ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

 

3. Tangkuban Perahu

Untuk pengalaman jalan-jalan ke Tangkuban Perahu juga seru sekali meski panas kami tidak merasakannya karena asyik dengan kawah serta gunung tangkuban perahu yang sudah mendunia 🙂

Walau ke Tangkuban perahu merupakan kedua kalinya bagiku begitu juga Muja tapi kali ini kami malah berdua menghilang dari rombongan berjalan hingga ke ujung Tangkuban Perahu yang sebelumnya kami tidak kelilingi sampai sejauh itu.

Tangkuban perahu
Tangkuban Perahu

Ibaratnya kami nyasar berdua jauh dari rombongan mengikuti jalan setepak melewati hutan bahkan kami bertemu dengan anak bule yang imut banget kira-kira berumur 12 tahun anak cowok dengan rambut cokelatnya.

Aku dan Muja juga berjalan melewati jembatan dari kayu hingga terlihat jelas sekali kawah Tangkuban perahu. Kira-kira kami berjalan sekitar 2 jam dari pasar yang ada di Tangkuban Perahu hingga akhirnya teman yang lain kewalahan mencari kami.

Gunung Tangkuban perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Setelah puas melihat sisi lain Gunung Tangkuban perahu maka kami pun mencari teman yang lain yang sudah menunggu kami karena kami harus ke tempat wisata lainnya.

Oh ya catatan perjalanan untuk Gunung Tangkuban Perahu baiknya datang pada pagi hari agar puas mengelilingi berjalan kaki serta memutari kawah tangkuban perahu.

kawah Tangkuban perahu
Kawah Tangkuban Perahu

 

4. De Ranch Lembang

Untuk De Ranch Lembang lebih tepatnya untuk melihat kuda-kuda di perkebunan ala cowboy! Di De Ranch Lembang seru sekali makan serta nyantai. Hal yang kami sukai di De Ranch Lembang ialah susu sapinya serta jus strawberri yang lezat 🙂

de ranch lembang
De Ranch Lembang

 

5. Kampung Daun

Kampung daun juga merupakan tempat yang kami kunjungi karena temanku makan siang disini sementara aku dan Muja karena puasa malah mengelingi serta melihat sekitar saja. Ciri khas Kampung Daun ialah gazebo yang terbuat dari ijuk yang memberi kesan segar alami 🙂

Kampung daun
Kampung daun

 

6. Paris Van Java

Untuk yang terakhir wisata Bandung ialah Paris Van Java yang sebenarnya mall biasa tapi karena icon banget serta salah satu landmark Bandung mau gak mau berphoto juga heheh 😀

paris van java
Paris Van Java

 

Tips melakukan perjalanan ke Bandung

1. Ajak teman biar bisa berbagi cost lumayan kan menjelajah semua tempat wisata Bandung secara hemat? Jalan-jalan itu gak harus hedon kok.

2. Kalau bisa butuh 3 hari untuk puas di Bandung agar dapat spot yang diinginkan seperti menjelajah Tangkuban dan Kawah putih dua hari serta 1 hari keliling Kota Bandung.

3. Susun dulu itenary perjalanan kamu supaya mudah sehingga baru pertama kali ke Bandung biar tidak bingung bila perlu print peta objek wisata Bandung

4. Selain wisata alam, hal yang patut dicoba di Bandung ialah wisata kuliner dan wisata belanjanya yang super keren!

 

Ini ceritaku, mana ceritamu?

Salam 

Winny

 

Iklan

42 tanggapan untuk “Menjelajah wisata Bandung bersama teman

      1. Belajar sendiri dari buku-buku. Sekarang juga masih perlu belajar kok..dari mbah Google 😀 Dulu waktu awal-awal masih pake kamera analog sih ikutan fotografer.net juga 🙂
        kalau foto malem mesti pake tripod dan jangan pake flash ..biar ketangkep cahaya-cahaynya..yg perlu sabar sih kalu motret malem..

  1. Tiket masuk Kawah Putih mahal bingits sekarang mah, gara-gara komersil sering dipake syuting dan photoshoot. Tapi biar murah mah harus punya kenalan orang Ciwidey-nya.

  2. Ciater, kawah putih, tangkuban perahu dan de ranch udah pernah, yg paling aku suka kawah putih tapi jauh bngt.. Kalo pvj dan kampung daun blm pernah, skrg ada dusun bambu yg kayanya menarik jg Win hehe

  3. kEREN Mbak . . saya juga hoiby nya jalan2 . hanya saja untuk saat ini hanya bisa jalan2 disekitaran daerah tmpt saya tinggal sekarang (Medan), krna masih terbatas nya biaya . hehe . saya sangat berharap bisa kayak mbak, boleh jalan2 kemana saja, tntunya mencari inspirasi buat hidup . salam kenal mbak ,
    mampir ke situs ku jga ya kak . maakasiih

    1. jangan khawatir Christ dulu saya juga mahasiwa kok, justru di Medan itu banyak sekali tempat wisata yang nota benenya gk harus nguras kantong. perbanyaklah berteman dgn yg suka toruing lumayan loh jalan di hari weekend ke tmpt wisata. misalnya d medan kan bisa ke istana maimun ulas tentang sejarahnya. ke pasar tradisonal di medan kayak pajak ikan, petisah dsb nya. intinya memperkenalkan daerah kita ke orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s