Menjelajah Objek Wisata Bontang, Kalimantan Timur


“What is that feeling when you’re driving away from people and they recede on the plain till you see their specks dispersing? – it’s the too-huge world vaulting us, and it’s good-bye. But we lean forward to the next crazy venture beneath the skies.”  – Jack Kerouac, On the Road

rumah adat Dayak

 

Hello World!

Penjelajahan objek wisata Kalimantan Timur dimulai dari sebuah Kota yang bernama Bontang, sebuah kota yang identik dengan pabrikPupuk Kalimantan Timur. Lama perjalanan dari Bandara Sepinggan ke Kota Bontang sekitar 6 jam dengan travel berupa mobil pribadi sewaaan dengan harga travel Balikpapan-Bontang Rp150.000.

Aku yang telah tiba di Sepinggan jam 2 siang harus menunggu mobil jam 6 sore, duh lamanya! Untungnya teman ku Wicahya telah menjadi guide local sehingga dia kena apes dari ku :D.. Oh ya ternyata aku memiliki 3 teman yang ada di Bontang yaitu Wicahya, Akbar dan Yayat. Sayangnya aku hanya bertemu dengan Wicahya Indra dan Akbar sementara Yayat alaias Maulana Hidayat tidak berjumpa karena baru tahu dia di Bontang lantaran dia komen status di Facebookku tapi aku sudah keburu di Samarinda.

PS: Rata-rata teman ku itu cowok jadinya kesannya aku jauh dari kata Feminim dan apesnya susah dapat pacar yang menerima keadaan tomboyku (curcol).

Bersama Wicahya kami dengan penumpang lain merasakan sensasi naik travel 6 jam di malam hari dengan jalanan yang cukup lumayan tidak bagus!

Well,

Welcome to East Borneo

Kesan pertama saat menginjakkan kaki di Kalimantan ialah dipenuhi dengan hutan yang mulai terkikis dan pengurasan hasil tambang serta biaya termahal, Jakarta lewat!! Kenapa aku bisa berkata begitu? Akan aku sampaikan di sesssion tersendiri so just wait ya para pembaca setia 🙂

winny alna

Setelah sampai di Bontang jam telah menunjukkan jam 12 malam, begitu dingin dan kasihannya Indra harus mengantar dan mencarikan penginapan di Bontang. Salah satu penginapan murah di Bontang tempatku menginpa tepat di depan Pupuk Kaltim namanya Cahaya Bone di Jl. S.Parman Km 6 Bontang, Kalimatan Timur (tapi aku tidak rekomendasi untuk menginap disini karena servicenya buruk). Biaya penginapan deluxe seharga Rp190.000, untuk sewa semalam superior seharga Rp180.000 dan untuk standar seharga Rp140.000. Alhasil aaku mengambil yang deluxe! Andai si Monica atau Gladies atau Muja ikut lumayan banget bisa sharing cost tapi karena sendiri sayang banget! Ngirisnya hampir sama dengan biaya penginapan murah di Singapura.

Hal yang tidak aku suka di penginapan CB ketika aku meminta kamar standar tapi petugasnya bilang full padahal pas aku menginap disana gak ada orang juga! Makanya aku hanya bisa geleng kepala dan karena gak ada pilihan daripada terlantar di Bontang sehingga aku pun mau tak mau mengambil penginapan yang ada toh jam juga sudah jam 1 malam.

Dari pengalaman travelling ke Kalimantan Timur sendirian dalam rangka berburu objek wisata Kalimantan tepatnya di Bontang, Samarinda dan Tenggarong bukan daerah yang ramah dengan turis selain mahal, fasilitas untuk para wisatawan buruk banget. Sayang sekali padahal potensi wisatanya bisa maju kalau didukung fasilitas (typikal Indonesia banget pada umumnya)!

Badan pun terasa lelah seharian melakukan perjalanan panjang. Ada sederet list tempat wisata Bontang yang menarik diantaranya Pulau Beras Basah, Bontang Kuala, Tugu Khatulistiwa, Danau Pupuk Kaltim tapi mata sudah terpejam diatas kasur!

 

Itenari Perjalanan Hari-1 Kalimantan Timur

02.00 pm sampai di Bandara Sepinggan Kalimantan Timur

06.00 pm – 12.00 pm Perjalanan Balikpapan-Bontang dengan harga travel Rp150.000 selama 6 jam

1.00 am Menginap di CB Bontang dengan biaya hotel untuk kamar type deluxe Rp190.000. Jam check out jam 2pm WITA.

 

Salam

Weeny Traveller 

 

 

Iklan

12 tanggapan untuk “Menjelajah Objek Wisata Bontang, Kalimantan Timur

  1. Haii Winny..
    senang juga bisa mengajakmu jalan-jalan di Bontang walaupun hanya setengah hari tapi sepertinya berkesan banget, hahhaha
    Ditunggu cerita selanjutnya..

    (Back linknya (nama saya) gak ditemukan tuh)

  2. hey win…

    what a nice post… and my apology for your terrible travel to Bontang, I’m feel regret due to I have no time to accompanying you.

    But next time I won’t it happen again, end of this year we must have an excellent itinerary… bring back my Traveler adrenalin… hahaha

    1. M ba..bln dpn rncanax aq mw liburn k bontang..(trnspirasi liburanx mba winy)..info pnginapan murah d bontang donk..slain t4x mba winny nginap..

  3. Hi winny salam kenal ya… q Linda anak Bontang ne, wah trip ke Bontang kurang menyenangkan ya..ha..ha coba q tahu mau ke sini q temanin dh ke pulau beras basah, Bontang kuala dll, memang Win di Bontang sektor wisatanya belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah jd belum di kelolah dengan maksimal.

  4. Hey Linda… Btw di Bontang nih? Kalo punya itinerary next week Boleh dong Ikutan, kebetulan aku jg lagi tugas di Bontang dan butuh penyegaran. Hehehe, aku udah setahun lebih di Bontang dan belum kemana2 … how Poor I am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s