Mengelilingi Museum Satwa Batu


Museum Satwa, Jawa Tmur Park 2 is wild animals Conservation Institute. Museum Satwa, which is present Stuffed Wild Animal and Ancient Fossil from many continent in the world such as, America, Africa, Asia, Australia, Europe, Artic, Antartic. All Stuffed animal in Museum Satwa are not earned by intentionally hunting the living animals, but Stuffed that already dead animal. Museum Satwa also present a Replica of Ancient Animal such as Apotosaurus, T-Rex, Stegosaurus, Mammoth, etc (Reference: Jawatimurpark 2)

museum satwa
Museum Satwa Batu

 

Hello World!

Travelling ke Museum Satwa Batu Malang memiliki kesan sendiri bagiku. Karena menurutku Museum Satwa yang merupakan bagian dari Jatim Park 2 adalah wisata menarik karena melihat koleksi museum yang unik berupa hewan yang diawetkan.

Museum Satwa adalah sebuah tempat rekreasi yang terdapat di Kota Baru, Malang Jawa Timur.  Museum Satwa merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2). Museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Erofa, Antartika, Artik. Seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh dari satwa yang telah mati lalu diawetkan. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperi Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Mammoth dan replika satwa purba lainnya (Reference: Wikipedia)

Dengan seribu langkah aku buru-buru dari Eco Green Park menuju Museum Satwa yang berdekatan. Hanya saja Robbi dan Lia telah kelaparan menunggu kami tapi karena kami sudah makan duluan di dalam Secret Zoo maka kami memiliki tenaga extra untuk mengelilingi Secret Zoo, Eco Green Park dan Museum Satwa sekaligus. Hanya saja tidak puas karena mengejar waktu sehingga aku tidak begitu menjelajah semua isi dari Jatim Park 2 dengan santai.

Memasuki gerbang Museum Satwa, perhatian kami dicuri dengan pintu utama Museum Satwa yang elegant, putih, keren mirip dengan Abraham Lincoln Memorial Memorial Circle di Washington, D.C.

Indonesia memang unik ya pasti ada-ada saja tempat yang terkenal di dunia yang juga ada di Indonesia. Misalnya yah Jam Gadang yang mirip dengan Big Ben, nah sekarang Museum Sastwa yang mirip dengan Abraham Lincoln Memorial Memorial Circle versi Indonesia. 🙂

Tanpa pikir panjang aku masuk dan kami telah disambut oleh fosil raksasa. Wowww pemandangan yang keren habis dah seolah kami masuk ke dalam dunia Jurrasic Park. Otomatis deh aku minta pengunjung lain untuk mengabadikan momen kami saat di Museum Satwa Batu. Aku penasaran juga sih dari mana dapatnya coba fosil segede itu, katanya sih itu replika Apatosaurus tapi tetap saja aku salut orang yang membuat replika semirip itu! Cerdas!

Lalu kami pun masuk kedalam lagi dan ternyata isi dari Museum Satwa mirip dengan Wild Musseum Rahmad Gallery yang di Medan loh! Itu loh bapaknya Raline shah!

Jadi hewan yang ada di awetkan seolah hidup tapi hewan-hewan yang ada bukan sengaja dibunuh buat di awetkan tapi memang hewan yang ada sudah mati lalu di awetkan. Koleksi mumi hewan unik-unik dari segala penjuru benua.

Aku langsung photo dengan Buaya Rawa karena pernah lihat photo Buaya Muara di website tentang Jatim Park 2 dan photo yang dipampang yah photo Buaya itu. Jadi pengen photo disitu heheheh 😀

 

museum satwa malang
Buaya Muara di Museum Satwa

Hal yang menyenangkan lagi saat mengelilingi Museum Satwa Batu ketika aku melihat fosil dari Mammoth dan tulang belulang hewan purba lainnya. Entah kenapa aku begitu tertarik dengan fossil, mungkin karena waktu SMP sering baca tentang fosil kali ya!

Kalau dibilang aku termasuk orang beruntung karena bisa melihat langsung hal-hal yang pernah aku baca di buku. Keren kan?

Putri alias OP teman kaliahku pernah bilang, “Win, bagi lucky charm mu,” saat dia mau masuk ke Bank Indonesia hingga akhirnya masuk ke Bank Indonesia. Walau emang nasib dia yang mujur soalnya aku gak masuk tuh di Bank Indonesia hahahha

Tapi yang penting perjalanan itu adalah sebuah pelajaran hidup yang nyata dan gak harus mahal kok. Yang penting ada impian pasti suatu saat impian akan menunutun ke nasib sesuai impian itu walau waktunya lama 😉

(sedikit menasehati tentang paradigma kolot yang menganggap travelling itu buat jadi miskin atau kere karena travelling gak melulu menghabiskan uang)

museum satwa jatim park 2

Ok back to the topic hahahah kebanyakan ngelantur hihii 😀

Setelah melihat fosil aku dan Andisu pun menelusuri Musuem Satwa Batu dari satu etalase ke etalase lainnya. Hewan awetan berada di dalam sebuah ruangan yang dibatasi kaca dengan gaya hewan seolah hidup.

Beberapa hewan seperti singa yang memangsa zebra pernah aku lihat saat di Medan tepatnya koleksi Rahmad Gallery. Selain itu ada Bison yang berdiri gagahnya didalam sangkarnya yang terbuat dari kaca bening dengan suasana ala Africa dengan cahaya agak buram.

Aku menyukai perjalanan Malang kali ini, meski dibilang kekanak-kanakan, whatever! yang penting happy 🙂

Mengelilingi Musuem Satwa walau singkat cukup menyenangkan selain menambah pengetahuan juga menemukan kejutan yang langka.

Jawa Timur Park 2,
Koleksi Museum Satwa Kota Batu

Catatan perjalanan Jatim Park 2

1. Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 yang meliputi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo plus Eco Green Park seharga Rp120.000 karena Maret 2014 kami mengambil paket PAHAE 3 dengan tiket berbentuk gelang dan cukup menunjukkan gelang maka bisa masuk ke tiga tempat wisata tersebut.

2. Agar puas untuk mengelilingi Jatim Park 2 dan Eco Green Park setidaknya harus memiliki waktu libur yang cukup agar tidak buru-buru seperti kami, sediakan waktu seharian mulai dari pagi agar lebih menikmati wahana yang ada.

3. Tidak cocok bagi yang tidak suka dengan hal monoton karena di dalam Museum Satwa hanya berupa hewan-hewan awetan jadi jangan ekpektasi yang lain

 

Tips ke Museum Satwa Malang
1. Jika dengan rombongan sebaiknya menyewa angkot atau mobil dan harganya variatif sesuai kemampuan bernegoisasi. Waktu itu kami berempat dengan harga sewa mobil pribadi Rp400.000/8 jam untuk 4 orang. Tidak aku rekomnedasi karena tergolong mahal dengan jumlah orang yang hanya 4 orang padahal bisa kapasitas mobil 7 orang.

2. Cara akses ke Museum Satwa Batu mudah karena masih satu lokasi dengan Jatim Park 1 apalagi Jatim Park merupakan wisata populer di Malang. Untuk alamat Museum Satwa di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No.9, Kota Wisata Batu Jawa Timur. Untuk menuju kesana dari Stasiun Malang naiklah angkot menuju ke Batu harga ongkos juga paling mahal Rp10.000 sudah sampai di Batu. Note : Malang itu Kota Kecil jadi mudah untuk aksesnya.

3. Penginapan untuk backpacker banyak disekitar stasiun Malang yang harganya mulai dari Rp100.000.

museum satwa batu jatim park 2
Replika Mammoth

 

What is adventure? If a lone wolf lifts his plaintive call into the moonlight near your campsite, you might call that adventure. While you’re sweating like a horse on a climb over a 12,000 foot pass, that could be adventure. When howling head winds press your lips against your teeth, you face a mighty struggle. When your pack grows heavy on your shoulders as your climb a 14,000 foot peak, you feel the adventure. When you suffer freezing temperatures and 20 inches of fresh powder on a hut to hut trip in the Rockies, that could be called adventure. But that’s not what makes an adventure. It’s your willingness to conquer it, and to present yourself at the doorstep of nature. That creates the experience. No more greater joy can come from life than to live inside a moment of adventure. It is the uncommon wilderness experience that gives your life expectation.”– Frosty Wooldridge, Golden, Colorado

So, What do you think about Museum Satwa Batu?

 

Salam

 

Weeny Traveller

Iklan

11 tanggapan untuk “Mengelilingi Museum Satwa Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s