Travelling Ta Phom


Ta Prohm is the modern name of the temple atAngkot, Siem Reap, Cambodi was built in the Bayon style largely in the late 12th and early 13th centuries and originally called Rajavihar. Located approximately one kilometre east of Angkor Thom  founded by the KhmerKing Jayavarman VII as a Mahayana Buddist monastery and university. Unlike most Angkorian temples, Ta Prohm has been left in much the same condition in which it was found: the photogenic and atmospheric combination of trees growing out of the ruins and the jungle surroundings have made it one of Angkor’s most popular temples with visitors. UNESCO inscribed Ta Prohm on the World Heritage List in 1992. Today, it is one of the most visited complexes in Cambodia’s Angkor region. (Wikipedia)

ta phom angkor wat

Hello World

Aku sangat beruntung bisa melihat langsung tempat shooting nya Angelina Jolie di dalam film Tomb Rider di Ta Phom Cambodia. Sebenarnya Travelling Ta Phom masih satu catatan perjalan Angkor Wat dan memang Ta Phom masih satu kawasan dengan Angkor Wat. Ta Phom merupakan candi unik dengan pohon-pohon besar yang akarnya besar berdiri kokoh! Tidak heran kalau Simon West memilih Ta Phom. Berkat Simon West maka Komplek Angkor terkenal karena kokasi wisata dari film telah membuat penasaran termasuk aku 🙂

Berkunjung ke kompleks Angkor Archaeological Park merupakan pengalaman keren nekat bagiku!

Sebelum memasuki kompleks Angkor, para wisatawan diwajibkan membeli tiket masuk di pos pintu utama Angkot. Ada 3 macam tiket, one day pass seharga 20 $, three days pass 40 $ dan seven days pass 60 $. Mengapa sampai ada seven days pass karena untuk bisa selesai mengelilingi serta menelusuri setiap sudut komplek Angkor Wat tidak akan cukup hanya dengan satu hari kunjungan. Karena aku memiliki waktu terbatas maka aku mengambil one day pass dan hanya menembak ke Angkor, Ta Phom dan Bayon.

Hal unik saat travelling ke Angkor ketika di tiket masuk terdapat foto diriku berupa ID.

Ta Phom
Ta Phom

Angkor Wat sebuah candi yang berada di Kota Angkor, Kamboja, pertama kali terkenal di kalangan wisatawan dunia setelah muncul dalam film yang dibintangi Angelina Jolie, Tomb Raider. Penggambaran yang luar biasa itulah yang menggoda wisatawan untuk segera mengunjungi Angkor Wat. Sejak itu, wisatawan berbondong – bondong datang ke salah satu candi terbesar di Asia Tenggara ini. Dalam keadaan sebenarnya, Angkor Wat bahkan terlihat lebih megah dibanding dalam film. Tak heran banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk melihat candi ini.

Oh ya catatan penting kalau mengunjugi Ta Phom ialah bagi yang tidak terbiasa jalan kaki atau capek maka bisa menyewa tuk-tuk seharian seharga 15 USD yang bisa masuk 4 orang. Bagusnya travelling ke komplek Agkor Wat dengan rombongan agar bisa sharing cost. Lumayan kan jadi hemat 🙂

ta phom
Ta Phom

Ta Phom berada di kompleks Angkor Thom dikelilingi pohon yang sangat tinggi dan lebat. Arsitektural Ta Phom unik yang terdiri dari 37 menara dan beberapa diantaranya berpahatkan empat wajah. Di level paling bawah sisi selatan, terdapat hiasan relief yang menceritakan perang di laut antara kerajaan Khmer dengan Champa. Sementara di sisi yang lainnya menceritakan tentang kehidupan keseharian masyarakat Khmer dulu kala seperti kelahiran bayi, suasana pasar dan permainan tradisional.

Aku paling kagun dengan candi dengan 4 wajah bagaimana orang Khmer membuat patung seunik itu! I can not believe that! what a wondrfull Ta Phom with unique tree on it.

Info penting tentang Ta Phom

1. Mata uang Kamboja ada 3 yaitu Riel, Baht dan Dollar Amerika. Jika ingin berkunjung pertama kali ke Kamboja untuk newbie traveller  maupun mau coba Backpacker sendirian bawa uang Dollar aja atau Baht karena nilai Riel agak kecil. Nanti uang kembalian juga pasti di kasih Riel jadi tidak perlu menukar uang ke Riel

2. Untuk mengelilingi komplek Angkor Wat membutuhkan waktu yang lama. Jadi yang memiliki one day pass sebaiknya mengunjungi candi utama di komplek Angkor Wat yaitu Angkor Wat, Ta Phom dan Bayon

3. Jangan makan dikawasan Angkor Wat karena mahal dan tidak enak serta bagi muslim tidak cocok karena banyak yang menyediakan pork!

Aku sendiri sangat menyukai pemandangan di dalam Ta Phom khususnya pohon besar yang mengitari candi Ta phom. Langka dan Unik! Aku sampai tidak berkedip melihat untaian akar mengelilingi candi Ta Phom. T Phom sendiri luas jadi jika tidak cermat bisa keluar.

Di dalam Ta Pho sendiri ramai pengunjung dan tempat favorit untuk berphoto yang menjadi sasaran pengunjung ialah  tempat  Lara Croft, seorang arkeologis yang mencoba memecahkan misteri dengan berlari di antara labirin dan reruntuhan Angkor Wat.

Sampai ngantri ‘bok untuk berphoto dengan candi diatasnya akar pohon besar 😉

tempat shooting
Aku di Ta Phom

Travelling to Ta Phom was amazing for me

Tanpa sadar waktu telah menunjukkan jam 11 tapi masih di dalam Ta Phom. Harus buru-buru nih menuju Bayon!

 

Good bye Ta Phom, a sensual temple!

Salam

Weeny Traveller

Iklan

8 tanggapan untuk “Travelling Ta Phom

  1. Angkor Wat itu impian semua orang banget yaa kayaknya Mbak WInny.. x)
    dan aku baru tahu kalau mau bener2 mengeksplor angkor wat baru bisa selesai 1 minggu. waktu liburan bisa habis di situ, tapi kayaknya puas bangeeet.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s