Sunrise di Angkot Wat


Angkor literally means capital city or holy city Khmer refers to the dominant ethnic group in modern and ancient Cambodia. The temple ruins in the area of siem reap are remnants of angkorian capitals and represnt the pinnacle of the ancient khmer architecture art and civilization.

sunrise angkor

Hello World!

20 Maret 2014

Jam telah menunjukkan angka 5.30 berisik menganggu tidurku yang hanya 5 jam setelah melalui 12 jam perjalanan darat dari Thailand. Tapi demi sunrise Angkor Wat, mau tak mau harus memaksakan diri untuk bangun pagi meski badan terasa pegal luar biasa. Yah apapun dilakukan demi mengejar matahari terbit di Angkor Wat, Kamboja. 😀

Seahri seblumnya telah menyewa Tuktuk seharga 15 USD selama seharian walau bapaknya tidak bisa berbahasa Inggris tapi karena rasa iba tinggi akhirnya malah menyewa bapaknya seharian mengelilingi wisata andalan Kamboja “Angkor Wat”. Padahal sebelumnya saat di supir taxi menurunkan di terminal di daerah Siam Reap ada tuktuk yang fasih Bahasa Inggris menawarkan diri untuk dicharter tapi ditolak karena sifatnya gak banget. Tidak apa-apalah menyewa jasa supir tuk-tuk yang memakai bahasa Tarzan aaaiiiuuueeeeeuoooo daripada supir tuktuk jago Bahasa Inggris tapi nipu-nipu!

Bapak supir Tuktuk sangat baik sekali pagi buta sudah menjemput demi melihat bagaimana dasyatnya Angkor Wat tempat shooting Angelina Jolie di Tomb Rider! Sebenarnya dari tempat penginapan ke kawasan wisata komplek Angkor Wat tidak terlalu jauh hanay berkisar 10 km saja dari Siam Reap tapi karena berburu waktu dan ingin mengunjungi wisata Kamboja yang luas maka alternatif terbaik ialah dengan  menyewa Tuk tuk seharian. Berhubung jarak antara Angkor Wat dengan Candi lainnya seperti Ta Prohm (pohon tumbuh diatas Kuil tempat shooting Angelina Jolie) lumayan jauh.

sunrise in angkor wat
Sunrise Angkor Wat

Saran saya jika ingin ke Angkor Wat Kamboja usahakan 3 hari untuk menjelajah semua wisata candi Kamboja karena Angkor Wat itun mah kecil mirip Prambanan tapi disekitarnya loh banyak candi-candi lain yang bertebaran. Angkor sendiri terkenal dengan amazing sunrise! Yah kalau menurutku sih beti -beti dengan Prambanan lah!

Perbedaan Prambanan dengan Angkor bisa dibaca di Angkor vs Prambanan

Untuk masuk ke dalam Kawasan Angkor maka kita harus ke pintu utama yaitu membayar tiket. Untuk paket biaya masuk tergantung durasi harinya. Aku sendiri memilih 1 hari dengan paket 20 USD. Satu hal yang aku salut dari kawasan Angkor Wat ialah saat di pintu utama maka pengunjung akan diphoto langsung serta mendapat tiket Angkor pass lengkap dengan identitas dan photo diri.  Hal yang bisa dicontoh oleh kita yah apalagi memasuki wisata Indonesia!! Lumayan kan ada identitas langsung take a photo print jadi deh ID pass Angkor! ID Angkor itulah yang ditunjukan memasuki kawasan wisata UNESCO WORLD HERITAGE ANGKOT WAT!

I love Cambodia with my lovely ID Angkor!!

ticket entrance angkor
Tiket masuk Angkor

Sesampai di kawasan Angkor Wat aku terpada dengan puing-puing peninggalan persis zaman Fir’aun gitu seperti pintu utama yang menyamnbut dengan ukiran ular serta serta kolam diisekeliling Angkor. Lumayan luas Angkor Wat!! Ukiran relief dinidngnya unik dengan gambar wanita yang telanjang tapi saat jalan ke dalam maka terdapat patung Dewa yang jujur aku tidak tahu hanya saja tangannya banyak!

Hal unik aku dapatkan selama travelling Angkor Wat pada pelestarian kawasan Angkor Wat yaitu kalau ada yang rusak maka langsung diperbaiki bahkan tangga menuju ke dalam kuil dibuat dari kayu untuk menjaga keutuhan dari Angkor. Hal yang patut dicontoh dan dicatat untuk wisata candi Indonesia biar awet dan tidak rusak! 🙂

angkor wat, cambodia
Gambaran Angkor Wat Cambodia

 

Sesampai di Angkor jam 06.00 pagi, ternayta Angkor telah dipenuhi oleh traveller seluruh dunia telah menunggu. Busyet banyak amat pengunjungnya mirip pasar ikan euyyy!! 😀 hehehe..

Saingan berburu sunrise di Angkor Wat ternyata berjubel!!

Tapi jujur saja, sunrise Angkor Wat indah apalagi saat matahari terbit diatas candi sehingga pas di kolam Angkor akan memantulkan Angkor. Saking asyiknya keliling Angkor tak terasa sudah jam 8 oagi padahal gayanya mau pulang k Thailand jam 12 tapi rasanya tidak mungkin deh karena perjalan ke Ta Phom dan Bayon masih menunggu!

‘Sir lets bring us to Bayon” BAYON!!!

Okey BAYON im coming!!

siam riep

Salam-

Weeny Traveller

 

Iklan

13 tanggapan untuk “Sunrise di Angkot Wat

  1. Hi winnymarch!

    September ini aku mau ke Kamboja, bener2 jadi wishlist trip aku ke Angkor Wat, hehehe..

    Tapi transaksinya dengan USD ya.. 😦 yalah.. disini ga ada penukaran mata uang Kamboja ya 😛

    Curhat dikit nih, aku baca komentar diatas.. orang2 suka bilang aku duitnya ga abis jalan2 mulu.. aku setujuh sama jawaban winny, mesti tau estimasi biayanya biar ada gambaran mau nabung berapa. Mereka ga tau ya perjuangan nabung sampe rela ga nge-hedon, mungkin mereka tidak sadar selagi mereka kongkow2 di mall, blanja anu itu.. sebaliknya aku jarang kongkow di mall atau blanja2.. -.-“

    1. walau USD harganya masih terjangkau kok Princhesta :)…. kayaknya sama kayak aku loh dikira kaya padahal ngirit abis bahkan kalau jalan2 itu kayak miskin gk ketolongan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s