Pengalaman Travelling ke Karimun Jawa


“The truth is, everyone is going to hurt you. You just got to find the ones worth suffering for”  By Bob Marley

Karimun Jawa

Hello World, Hello Universe

Liburan ke Karimun Jawa memang asyik dan menyenangkan meskipun jarak tempuh dari Jakarta ke Karimun Jawa begitu jauh dan berat di ongkos. Tapi perjalanan ke Karimun Jawa sangat worth it untuk dikunjungi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Karimun Jawa misalnya snorkeling, diving, hunting photo, tur mengelilingi Pulau Karimun Jawa seharian, menikmati sunrise dan sunset di Pulau Karimun Jawa dan masih banyak lagi kegiatan menarik yang sifatnya refreshing di Karimun Jawa.

Explore Pulau Menjangan Kecil
Explore Pulau Menjangan Kecil

Helga yang menyusun itenary perjalanan ke Karimun Jawa untuk jadwal kegiatan di hari kedua selama berada di Karimun Jawa. Meski pada aktualnya ada beberapa perbedaan.

Sabtu 2 Nov 2013
05.00		Hunting Sunrise
07.00		Sewa tur harian, kapal, alat snorkeling(110-150k)
07.30 - 13.00	Snorkeling 6 spot(Menjangan Kecil, Cemara Besar, Gosong, Pantai Tanjung Gelam)
13.00 - 14.00	Istirahat + Makan
14.00 - 17.00	Penangkaran hiu + hunting Sunset
18.00 		Kembali ke homestay + makan malam
19.00 - 22.00	Acara bebas

Buat yang mau solo travelling ke Karimun Jawa dari Jakarta siap-siap menyediakan uang sebesar Rp1 juta selama 3 hari. Tips jika ke Karimun Jawa sebaiknya menyediakan waktu libur yang panjang agar puas menjelajah Pulau Karimun Jawa, at least sediakan 3 hari.

snorkeling di karimun jawa
My Team to Karimun Jawa

Hari kedua di Karimun Jawa kami tidak bisa berburu atau hunting sunset di Karimun karena iklim yang tidak memadai. Memang bulan November merupakan masa penghujan. Bagi yang ingin ke Karimun Jawa sebaiknya pergi di bulan Maret hingga Oktober atau saat Indonesia tidak dalam musim penghujan dan jangan datang di Bulan Desember karena saat itu terjadi angin musim Barat. Hal ini aku ketahui dari guide kami di Karimun Jawa saat aku bertanya kapan bulan yang baik berkunjung ke Karimun Jawa.

Jam 8 pagi tour guide kami telah menyediakan perahu untuk mengelilingi Pulau Menjangan Kecil, Cemara Besar, Pantai Gosong, Pantai Tanjung Gelam. Setelah sarapan pagi dengan harga sarapan pagi di Karimun Jawa Rp15.000 kamipun menuju Dermaga dan beruntungnya jarak penginapan kami ke Dermaga cukup dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Aku sangat menyukai kapal yang ada di Karimun Jawa karena kapal motornya bersih dan bagus. Sewa perahu di Karimun Jawa tergolong murah menurutku hanya Rp400.000-Rp1.000.000/hari  tergantung besar dan jenis kapal. Kami hanya menyewa kapal yang kecil karena kami hanya berenam.

Yang pertama kami lakukan di Karimun Jawa ialah berburu hiu. What? Hiu beneran? Ya, hiu beneran memang ada di Karimun Jawa karena hiu-hiu di pelihara dan dikelola jadi kita bisa datang ke penangkaran hiu di Karimun Jawa.

penangkaran hiu karimun jawa
Penangkaran Hiu Karimun Jawa

Biaya masuk ke penangkaran hiu sebesar Rp10.000 dan jika ingin masuk ke kolam yang berisi hiu-hiu maka biaya masuk Rp15.000. Untuk perahu yang berhenti di tempat penglolaan penangkaran hiu, kapal juga kena charge  loh! Aneh-aneh dah!!

Penangkaran hiu ada dua kolam yang satu berisi hiu berwarna hitam yang satu lagi hiu berwarna putih. Ada kejadian lucu saat di penangkaran hiu ini saat aku merajuk dan esmosi melihat hasil jeperetan dari kameraku yang blurr!!

Penangkaran hiu di Karimun Jawa
Penangkaran hiu di Karimun Jawa


Terbayang kan betapa kesalnya melihat hasil photo yang tidak jelas?  Padahal bahagia banget pas main-main dengan hiu eeh hasilnya malah kabur alias mirip kartun. Teman-temanku: Zahra, Helga, Danang dan Singgih sempat dibuat pusing dan tertawanya melihat tingkahku yang merajuk. Kalau diingat-ingat malu juga sih!! hehehhee 😀

Untungnya ada hasil photo yang bagus. Soalnya bayangin aja kita bela-belain masuk ke kolam demi photo dengan hiu jauh-jauh dari Jakarta!! haahaha parah ah kalau penganut naricisme tingkat dewa 😛

Puas bermain dengan hiu kami melanjutkan perjalanan laut kami untuk snorkeling. Karimun Jawa memang spot yang baik untuk snorkeling karena kekayaan biota lautnya yang luar biasa.

Helga dan
Helga, Ferry dan Sigit di dalam Kapal

Teman-teman perjalanan ke Karimun Jawa sempat tertidur di dalam kapal selam perjalanan laut antara Menjangan Kecil ke Cemara besar hingga ke Pantai Gosong hingga kembali ke Tanjung Gelam. Buat yang belum tahu tentang Karimun Jawa, pulau-pulau menarik di sekitar Karimun Jawa, atau tempat menarik di Karimun Jawa maka harus mengunjungi Menjangan Kecil dan besar, Cemara Besar, Gosong dan Tanjung Gelam.

Snorkeling di Karimun Jawa
Snorkeling di Karimun Jawa

Snorkeling di Karimun Jawa wajib hukumnya hahah 😀 dan menyengkan serta hal yang membuat kami excited banget saat melihat ikan Nemo alias clownfish ..

Pengalaman lucu di Karimun Jawa juga banyak khususnya tingkah tim backpack ku seperti si Helga yang mabok laut, Zahra, Singgih yang tidur di kapal, dan Ferry, Danang yang menikmati suasana perjalanan laut.

Helga yang Mabuk Laut
Helga Mabuk Laut

Kami sempat menggodain si Helga yang ternyata mabuk laut hahah 😀

Sedangkan temanku Zahra lebih memilih tidur di kapal dengan menikmati angin sepoi-sepoi laut.

Karimun Jawa
Zahra Tertidur di Kapal

Lucu-lucu juga melihat tingkah teman seperjalananku.

Karimun Jawa
Ferry di Perjalanan Karimun Jawa
Karimun Jawa10
Danang di Perjalanan Karimun Jawa
Karimun Jawa
Singgih di Perjalanan Karimun Jawa

To be continue

Weeny Traveller-

Iklan

45 tanggapan untuk “Pengalaman Travelling ke Karimun Jawa

  1. saya pernah kesana mbak jaman lulus kuliah dan sekarang temen saya punya wisatakita.com travel disana..hehe dulu surveynya sama saya..wow keren habis pertama kali sana diving dan pengalaman paling ngeri ketika naik perahu sewaan di tengah laut bot nya mesinnya mati dan mau ujan 😦 heheh seruuuu

  2. Hallo MbaWinny…

    Saya ingin menanyakan untuk waktu berlibur mbawinny selama di karimunjawa itu berapa hari ya mba?
    Dan untuk total biaya secara keseluruhan selama disana berapa?

    Terimakasih.

  3. Halo kak, saya mau tanya, untuk tour guide nya kakak ada contact nya kah? Dan pada saat menginap, kakak nginap di penginapan apa? Terimakasih sebelumnya kak:)

  4. Thank you infonya. Itinerary-nya aku pakai yaa 🙂
    By the way sebenernya penangkaran hiu di karjaw sebaiknya sih jgn dijadikan agenda. Karena kalau masuk sana dan bayar, berarti kita support penangkaran hiunya. Pdhl hiu itu hidupnya di laut bebas dan kalau hiu ditangkap, bisa mempercepat punahnya hiu. Pdhl hiu kan penjaga keseimbangan ekosistem laut. Hehehe just share info dari Mbak Riyani Djangkaru 🙂

    Keep writing ya 🙂
    http://www.fikhanza.com

  5. Hai mbak, mau nanya dong, diatas mbak ada nyebutin tour guide. Kalo boleh, mau dong no hp tour guidenya, trus sewa tour guide berapaan ya mbak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s