Jakarta is a big city in Indonesia with various etnics and interesting place!! Its dirty, but also wonderfull. Its like white and black on the grey persepective”

Hell World , Hello Universe!!

Jakarta sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia memang kota yang super sibuk di seantaro Indonesia. Kota Jakarta identik dengan bancir, macet, jorok, sampah, hingga sarangnya kriminalitas!! Tapi terlepas dari segi negative Jakarta, Jakarta dan sekitarnya memiliki tempat menarik untuk dikunjungi. Slogan “Siapa suruh ke Jakarta” mungkin benar bagi yang datang untuk mengadu nasib tanpa skills! Tapi untuk berlibur atau sekedar mengahabiskan hari libur, Kota Jakarta patut untuk dikunjungi dan masuk salah satu temapat yang harus dilihat di Indonesia.

Ada beberapa tempat menarik di Jakarta dan beberapa tempat terkenal di Jakarta seperti Monas dan TMII. Karena setiap orang yang ingin mencari tempat wisata di Jakarta, pastilah tidak akan lupa mengunjungi Monas maupun TMII. Nah selain Monas dan TMII ada beberapa tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi Jakarta.

8 Tempat menarik di Jakarta:

1. Monumen Nasional Jakarta

Monas atau Monumen Nasional memang objek wisata populer dan di sukai di Jakarta. Karena Monas merupakan icon dari ibu kota dan di Monas kita bisa menemukan sejarah Indonesia serta peninggalan sejarah yang menarik. Suasana dan nuanasa Mmonas menarik dan khas. Akses ke Monas mudah karena berada di Jakarta Pusat dekat dengan istana Presiden. Angkutan umum juga banyak yang melewati Monas dan jika naik Transjakarta cukup membayar Rp3500 dengan jurusan Monas. Di dalam Monas terdapat museum yang berisi zaman perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia serta puncak Monas yang bisa melihat pemandangan Jakarta dari atas.

Monumen Nasional Jakarta

Monumen Nasional Jakarta

2. Ragunan

Ragunana merupakan objek wisata menarik di Jakarta karena Ragunan menyediakan koleksi hewan yang lengkap dengan nuansa hutan alami. Sayangnya hewan yang ada di Kebun binatang Ragunan kelihatan tidak bahagia dan tidak terawat. Biaya masuk ke Ragunan cukup murah sebesar Rp4000 dan akses menuju Ragunan cukup mudah khususnya dengan angkutan Umum Bus Transjakarta dengan biaya Rp3500. Kebun binatang Ragunan paling ramai dikunjungi saat hari libur dan suka melakukan piknik keluarga. Tapi sampahnya dibuang sembaranga (mengiris hati karena buang sampah sembarangan itu sudah menjadi kebiasaan buruk yang biasa).

Ragunan

3. Kota Tua Jakarta

Kota Tua juga merupakan tempat menarik di Jakarta. Di Kota Tua terdapat komplek sisa bangunan zaman Belanda dan banyak tempat wisata menarik di Kota Tua. Di komplek Kota Tua akan membawa kita merasakan sensasi bangunan ala Belanda. Arsitek bangunnannya khas Belanda dan terdapat museum yang berisi peninggalan dan penemuan yang indah. Hal yang menarik di  Kota Tua ialah terdapat patung hidup dan cocok untuk santai dan kumpul dengan teman. Disekitar Kota Tua terdapat rumah wayang, museum arca, museum fathillah dan pelabuhan Batavia yang tak jauh dari Kota Tua. Kawasan Kota Tua tidak dipungut biaya kecuali masuk ke dalam Museum.

Museum Fatahillah Kota Tua

4. Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Pulau Seribu memang tempat wisata andalan Jakarta. Salah satu tempat menarik di Pulau Seribu ialah Pulau Pramuka. Terdapat penangkaran ikan Hiu dan cocok untuk diving di pulau Pramuka atau sekedar bersepeda serta hutan bakau. Pulau Pramuka cocok bagi pecinta pantai. Akses menuju Pulau Pramuka dari Muara Angke dengan biaya kapal motor seharga Rp35000 dengan lama perjalanan kurang lebih 4 jam. Jadwal berangkat dari Muara Angke ke Pulau Pramuka cuma ada di jam 07.00-07.30 WIB pagi.

Pulau Pramuka

5. Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

Pulau Onrust, Cipir dan Kelor merupakan gugus Pulau Seribu. Hal yang bisa kita temukan di ketiga Pulau berupa benteng Monterlo, pemakaman Belanda, makam keramat Kertasuwiryo, seveen point, pasir putih, sisa reruntuhan zaman VOC, meriam dengan usia berabad, laut biru serta nuansa sejarah. Pulau Onrust, Kelor, Cipir dapat dijelajah selama 1 hari karena lokasi ketiganya berdekatan.

Silahkan baca pengalaman menjelajah Pulau Cipir, Kelor, Onrust

Kelor

6.Tugu Proklamasi Jakarta

Objek wisata menarik lainnya di Jakarta ialah Tugu Proklamasi yang berada di Jl. Proklamasi No.1, Menteng Jakarta Pusat  DKI Jakarta, Indonesia. Tugu Proklmasi berupa taman dengan monumen serta dua patung proklamtor Soekarno Hatta. Di tengah kedua patung Proklamator terdapat rumusan Teks Pancasila. Sore hari, anak kecil dan remaja suka mengujungi Tugu Proklamasi. Hal menarik di Tugu Proklamasi Jakarta terletak dari segi sejarah karena merupakan saksi bisu dibacakan Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 silam.

Tugu Proklamasi

7. Ice Skeating Jakarta

Tempat unik dan menarik di Jakarta lainnya pada ice Skeating Jakarta karena kita dapat merasakan sensasi taman es buatan. Jadi serasa berada di Eropa atau di Amerika ketika musim salju. Ice skeating Jakarta berada di Mall Taman Anggrek Jakarta Barat. Di Taman Ice Skeating Jakarta terdapat coach atau pelatih, jadi jangan khawatir jika tidak bisa bermain es skeating. Cuma harus membayar ekstra untuk pelatih. Harga masuk ke ice skeating lebih murah di hari biasa dibandingkan hari libur.

Ice Skeating Jakarta

8. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasika Sakti merupakan saksi bisa pemberontakan G30 SPKi. Monumen Pancasila Sakti menjadi tempat menarik di Jakarta karena kisah sejarah yang ada di Kawasan Monumen Pancasila Sakti. Terdapat lubang buaya dan patung tujuh jenderal yang tewas dalam pemberontakan G 30 S PKI. Lokasi Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya Jakarta Timur.

Monunem Pancasila Sakti Lubang BUaya

Monunem Pancasila Sakti Lubang Buaya

Nah dari 8 objek wisata menarik di Jakarta, sudahkah kamu kunjungi semuanya?

 

Salam Blogger dan Backpacker

-Winny Alna-

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

31 Comments

  1. hihihihi, baru cuman pernah ke monas sama ragunan dari ke delapan tempat itu
    udah lama gak ke jakarta jenguk sodara,

    Reply

    1. sebenarnya wisata jakarta lebih dari 8 sih buanyak bgt hehe.. drmu harus blaik lg berarti

      Reply

  2. Nah jadi penasaran ke tugu proklamasi jakarta 🙂

    Reply

    1. ayok kak Yusmei biar aku antar hehe

      Reply

      1. iyaaa…kebetulan minggu depan aku mau ke jakarta win 🙂

      2. nginap di tempatku aja kak Yusmei

      3. aku nginep tempat temenku di kebayoran lama win…ntar kalau senggang, ketemuan yuks 🙂

      4. jalan bareng yah kak.. minta kontak kakak 🙂

      5. bolehhh…nomerku 081393618922

      6. aku simpan yah kak Yus, kantorku di menara BCA

      7. aku minta contactmu juga dong win, siapa tahu bisa janjian 🙂

      8. 085288699371 kak Yusmei

      9. wiin maaf banget gak sempat ketemuan pas main ke jakarta. Aku tunggu kalau main ke solo ya :))))

      10. yah pdhal mw jumpa Mabk Yus.. tp tak apalah ntar di Solo saya ditampung yah mbak 😀

  3. Belum.

    Nambahin satu, Bundaran HI.
    Coba malam hari ke sana, banyak tukang kopi. Sungguh nyaman buat santai bersama teman.

    Reply

    1. yep boleh juga hehhehe.. mungkin karena dekat kosan kali maknay tidak dimasukkan 😀

      Reply

  4. Tinggal Monumen Pancasila sakti dan Tugu Proklamasi Jakarta.

    Tempat Menarik Lainnya:
    Kampung Betawi “Setu Babakan”
    DUFAN ANCOL

    Reply

    1. Terimakash telah menambahkan Akbar

      Reply

  5. Kayaknya hampir semua aku belum datengin *parah haha..

    Reply

    1. monas juga gk kak? ahhaha bukannya kakak tgl d jakarta bukan?

      Reply

      1. Iya ke Monas pun belum pernah #memprihatinkan ya..

      2. ayo kesana aku bawa kaka hehe

  6. saya mau ke jakarta dari malaysia, siapa bisa bantu jadi touris guard hubungi saya melalui email wakyatiman@yahoo.com

    Reply

  7. Dari 8 tempat menarik diatas, gua baru ke Ragunan doang :D. Maklum perantau disini Hahaha serta kesibukan kerja sambil kuliah di Cikarang jadi susah buat ngatur waktunya. Next Destination -> Kota Tua !

    Tapi kalo diluar artikel ini gua udah ngunjungin TMII, ama Ancol (Dufan) :D.

    Reply

    1. kayaknya mesti dibuat lg crta khbusus Dufan dan TMIII nih ehhee

      Reply

  8. Buat yang kepulau pramuka itu harga 35000 tahun berapa ya?

    Reply

  9. Kota tua sekarang ramai banget trnyata

    Reply

    1. iya sudah tertata rapi

      Reply

  10. saya pngen ngetrip ke baduy dalem, lagi nyari tmn, soalnya baru pertama mau ksna, klo bisa qt bareng2 ksna saya tinggal di bogor, klo berminat bisa hubungin di 085716798421

    Reply

  11. […] Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia dipastikan memiliki berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh pelancong. Buat yang baru pertama kali ke Jakarta atau ada rencana ingin liburan di Jakarta maka semoga tulisan referensi tempat wisata Jakarta bermanfaat. Oh ya tulisan ini merupakan update tempat wisata menarik Jakarta yang pernah aku buat dengan judul yang sama yaitu 8 tempat menarik di Jakarta. […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.