“Indonesia consists with thousands islands and one of intereting island is Sumatera. Sumatera consists with some of islands, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, and Bangka Belitung. Every island is uniquely and so is Sumatera Selatan. Capital City of Sumatera Selatan, Palembang has some interesting tourims, fully of cutltures, attraction, hystorical place and many more”

Palembang

Palembang

Bagi wisatawan maupun para traveller yang mungkin ingin mengunjungi Kota Kerajaan Sriwijaya, Palembang dan bingung mencari referensi tempat wisata menarik di Palembang, maka 8 tempat menarik di Palembang bisa menjadi pilihan tempat wisata yang dikunjungi. Tempat menarik Palemnbang bisa di kunjungi semuanya dalam 2 hari perjalanan karena kebanyakan “place you should visit on Palembang located on the middle of City”.

Dari pengalamanku menjelajah Palembang, dalam 3 hari,  tempat wisata Palembang murah dan mudah di akses. Jadi cocok buat kantong mahasiswa 😀 dan makanan yang paling aku suka di Palembang itu mpek-mpek Palembang, makanan khas Palembang yang berbahan ikan. Untuk tempat favorite di Palembang, aku lebih suka suasana  Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera dengan cahaya berwarna-warni yang begitu menarik perhatianku :).

8 Wisata Menarik Kota Palembang

1. Jembatan Ampera dan Wisata Sungai Musi

Jembatan Ampera di Sungai Musi

Sungai Musi kalau di pagi hari mungkin kelihatan biasa saja namun pada saat malam hari begitu indah khususnya di bagian Jembatan Ampera Palembang. Sungai Musi memang merupakan wisata andalan Palembang. Jembatan Ampera dan Sungai Musi yang merupakan icon Palembang mudah untuk dijangkau karena berada di tengah Kota Palembang. Para wisatawan tidak usahh khawatir karena wisata bahari Sungai Musi tidak dipungut biaya alias gratis.

Pengunjung juga bisa melihat kapal-kapal yang bersandar di sekitar Sungai Musi serta rumah yang berdiri diatas Sungai Musi. Tidak akan sah rasanya jika tidak berkunjung di Sungai Musi.

Aktivitas yang dilakukan di Sungai Musi ialah menyusuri sungai dengan perahu dan berkeliling Sungai Musi. Warna air Sungai Musi cokelat. Tidak disarankan untuk mandi.

Setiap tahun selalu diadakan lomba bidar dan lomba olahraga air yang menarik. Bagi bakcpacker yang suka hunting tiket murah bolehlah mencoba wisata Palembang.

Hal yang menarik di Sungai Musi ialah jalan atau nongkrong di malam haribersama teman ditemani mie telur yang mudah ditemukan di sepanjang sisi Sungai Musi yang dekat dengan Benteng Kuto Besak.

Di Sungai Musi, penduduk lokal biasanya memancing dan terdapat kios apung serta rumah apung.Rumah apung maksudnya rumah yang terapung di tengah Sungai Musi.

Rumah yang dibangun di atas Sungai memang unik dan jarang terlihat. Tapi di SungaI Musi dapat kita temukan. Dan saat berada di Sekitar Sungai Musi senantiasa menjaga kelestarian lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan.

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan sisa benteng Kerajaan Palembang Darussalam waktu zaman Belanda. Benteng yang dibangun untuk pertahanan menangkal serangan Belanda dan sekaligus rumah tempat tinggal Kerajaan Palembang. Benteng Kuto Besak merupakan tempat menarik karena benteng yang memiliki nilai sejarah dan bukti bisu perjuangan Bangsa melawan penjajah masih kokoh dan tidak jauh dari Sungai Musi Palembang.

3. Pulau Kemaro

Tempat wisata favorit di Palembang ialah Pulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro begitu banyak dikunjungi karena terdapat kisah romantis di Pulau Kemarau. Versi kisah cinta Romeo Juliet Indonesia, terdapat kisah cinta Tan Bu Ann (Keturunan Tionghoa) yang jatuh cinta kepada Putri Raja Siti Fatimah. Artis Indonesia sering juga ke Pulau Kemarau untuk melihat pohon cinta yang berada di samping Klenteng Kuan Im.

Pulau Kemaro Wisata Palembang

 

Pulau kemarau kental dengan ornamen Tionghoa serta pagoda yang indah dengan jumlah 9 lantai. Hari libu paling banyak dikunjungi. Memasuki Pulau KemarO, wisatawan tidak perlu bayar hanya perlu membayar biaya transportasi yang berupa perahu kecil. Perahu kecil untuk menuju Pulau Kemaro dapat ditemukan di sekitar jembatan Ampera.

4. Masjid Cheng Ho, Palembang

Tempat menarik lainnya yang bisa dinikmati di Palembang ialah Masjid Cheng Hoo Palembang. Sebuah Masjid bergaya nuansa ornamen Tionghoa. Lokasi Masjid Cheng Ho Palembang di Jakabaring Palembang Sumatera Selatan. Merupakan tempat beribadah dan tidak dipungut biaya namun harus tetap menjaga ketenangan umat islam yang beribadah. Masjid Cheng Hoo Palembang bisa menjadi wisata pilihan yang murah meriah di Palembang.

Pilar Masjid Cheng Ho Palembang

Pilar Masjid Cheng Ho Palembang

5. Wisata Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang merupakan wisata bersejarah buat warga Palembang karena di Bukit ynag dipenuhi dengan pohon yang rindang terdapat makan Raja dan Ratu Palembang serta ditemukannya patung Buddha. Makam-makan yang bsia kita lihat di Bukit Siguntang Palembang ialah Raja Sigentar Alam,  Pangeran Raja Batu Api, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Kuning and Panglima Bagus Karang.

Makam Putri Dadar di Bukit Siguntang

Makam Putri Dadar di Bukit Siguntang

Tiket masuk ke Bukit Siguntang seharga Rp5000 dan sudah termasuk biaya parkir motor. Akses ke Bukit Siguntang mudah karena tak jauh dari Kancil Putih Palembang. Meski kesannya angker karena terdapat beberapa makam keramat, tapi Bukit Siguntang merupakan wisata murah, adem, segar dan nyaman. Cocok untuk refreshing dan menikmati suasa kesegaran alam.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya atau sering disebut dengan Jakabaring Sport Center Palembang merupakan tempat olahraga yang lengkap karena Stadion Sriwijaya dibuat untuk even Internasional khususnya perlombaan olahraga.

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport Center Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport Center Palembang

Pengunjung cukup membayar Rp2000 untuk tiket masuk yang seklaigus biaya perawatan gedung. Di depan stadion Palembang terdapat Tugu Jakabaring dengan air mancur unik. Jakabaring sport center cocok untuk menikmati sore hari dan Danau buatan saat sunset menjadi momen yang diburu para photographer maupun pengunjung biasa.

7 Monpera Palembang

Monpera yang merupakan monumen yang di dalamnya terdapat Museum tentang seluk beluk Palembang juga menarik untuk dikunjungi. Selain murah, objek wisata Monpera juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Monpera

Monpera

Monpera berlokias di Jl, Merdeka Palembang, dekat dengan Masjid Agung Palembang. Biaya masuk ke Monpera sebesar Rp1000 dan biaya masuk ke Museum Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat) Palembang sebesar Rp5000. Hal yang bisa dilihat di Museum Monpera seperti koleksi mata uang Indonesia (Rupiah) dari zaman Soekarno hingga sekarang, photo pahlawan Palembang, senjata, baju dan peninggalan lain yang berhubungan dengan sejarah Palembang.

8. Taman Kambang Iwak Palembang

Kambang Iwak berupa Taman yang berada di tengah Kota Palembang. Lokasi Taman Kambang Iwakdi Jl. Tasik Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan.

Kambang Iwak Family Park Palembang

Untuk masuk ke Taman Kambang Iwak tidak dipungut biaya. Hal menarik di Kambang Iwak berupa bambu untuk berteduh, air mancur dan jembatan merah yang berada di tengah Kolam di Taman Kambang Iwak. Masyarakat paling suka jogging di sore hari di Kambang Iwak dan tempat favorit untuk menikmati sore hari.

So do not wait more, take your bag, take your shoes and lets travelling!! Lest have fun and enjoyo our holiday!

Salam Blogger dan BackpaCker Indonesia

-Winny Alna-

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

80 Comments

  1. Masjid di Palembang unik sekali bentuknya 😉 . Bisa naik ga sampai ke atas kubahnya?.

    Reply

  2. Ih keren keren ya.
    Pengen suatu saat main ke Palembang.

    😀

    Reply

  3. pengen ke stadiooon 🙂

    Reply

    1. banyak kenangan disana

      Reply

      1. iya aku suka stadion

    2. saya mahu ke palembang macam mana?

      Reply

      1. cobalah ke Palembang Ghazali

  4. Keren banget yaa jembatan ampera kalo malam hari, kata nya ada mitos kalo ke palembang mesti menyentuh air dari sungai ampera biar kita bisa secepat nya balik ke palembang. Bener atau tidak yaa ???

    Reply

    1. saya belum pernah sentuh malah, saya lebih suka keadannya di malam hari sih

      Reply

    2. itu kan mitos.
      sbg pnduduk asli sni, Aku jstru gk prcaya. tp mnkmati jmbatan ampera dmalam hri treasa di san fransisco. heheheheheh

      Reply

      1. iya juga asyik emang suasana malam Palembang

      2. Bahkan ada lagunya : Palembang di waktu malam….

    3. ya bener tu apa lg kalo kita kena magic cpt bgt ilang karna air sungai musi tawar

      Reply

  5. aku dong, belum pernah ke palembang…
    *lah kok malah bangga? haha*

    Reply

  6. ada kebiasaan unik bagi wisatawan yang melintas dibawah jembatan Ampera, biasanya mereka akan diminta oleh guide untuk berteriak “Aaaaaaaaa” sekuat tenaga bersama-sama ketika tepat melintas dibawah jembatan ampera dengan menggunakan perahu Ketek..
    silahkan dicoba..

    Reply

    1. harus dicoba, terimakasih infonya hannn

      Reply

  7. kalo nyentuh jembatan ampera bisa balik lagi kok hehee, nice info all about my city 🙂

    Reply

    1. harusnya aku menyentuhnyaaa ya

      Reply

  8. Mb winny, sy berencana ke palembang, untuk ke jakabiring, transport yg murah naik apa ya *maklum ngirit/pergi dadakan* lalu kapal ke pulau kamaro biayanya berapa? Thanks infonya ya.

    Reply

    1. kalau ke Pulau Kemaro harganya ada disni mbak https://winnyradc.wordpress.com/2013/09/06/wisata-pulau-kemaro-palembang/ kmeren kami berdua 100 rb pp

      Reply

  9. Satu lagi naik ketek, biayanya berapa, melintas dari mana ke mana. makasih.

    Reply

    1. dari jembatan ampera ke pulau kemaraunya biayanya Rp15000-25000 tergantung pandai nawar untuk seklai jaalan

      Reply

  10. Mbak Winny, saya berencana mau ke Palembang nih bulan Desember nanti.
    Mau tanya, kalau transportasi yg murah dr bandara ke Pusri pake apa ya?
    Makasih 🙂

    Reply

    1. naik angkot atau trans Palembang aja Happy

      Reply

      1. Kalau naik trans musi itu harus beli card yg di isi ulang itu ya?
        Itu bisa bayar yg sekali jalan aja gak ya?
        Thanks Winny 🙂

      2. harus beli kartu sih mending minjam dari orang palembang aja

      3. Oke Winny, makasih ya infonya 🙂

  11. aku perlu info hotel yg “murah” 🙂 deket pantai, eh sungai musi. ada referensi??

    Reply

    1. kalau yang murah hostel aja sih

      Reply

  12. Asik jg ya dsna…

    Reply

  13. kapan biso kesano lagi.. punti kayu ada gak?

    Reply

      1. ilham widiyanto January 14, 2014 at 6:59 pm

        Ada persewaan motor atau mobil gak buat jalan2. Soalnya akhir bulan mau kesana. Ada hotel yg recomended?

      2. sewa motor ama mobil ada, klo hotle bnyak sih murah2 loh tp mending tgl ama org lokal biar lbh seru

  14. Saya udah 5 Tahun tinggal di Palembang tapi belum pernah ke Pulau Kemaro. Hihihihi..

    Reply

    1. kesana aja Anton kan dekat hahaha

      Reply

  15. Yang prnah d kunjungi baru Ampera aj Mbak…. jdi pngen k sana…

    Reply

    1. ayo coba wisata Palembang

      Reply

      1. kemarin 3 hari ke palembang… cuaca sangat panas, dari rencana mengunjungi pulau kemaro batal karena bawa alasan keluarga 😀 (bawa bayi), akhirnya cuma ke hutan punti kayu (lumayan adem), sama wisata kuliner… empek2x yg saya rekomendasikan empek2x VICO depan PIM, kalau yg “saga sudi mampir” rasanya aneh… trus nyajikannya sembarangan, masak empek2xnya adem…

  16. lama ngak pulang ke palembang,kangen kewisata sana eyyyyy…..

    Reply

      1. Sebenarnya msh ada wisata yg lain selain yg disebutin diatas. Tpi emang kbykan wisata2 itulah yg diandalkan. Seperti kwsan pembuatan songket dan jumputan
        . Yg paling enak diplmbg adl wisata kuliner, krna ada spot2 tertentu yg emang nyediain kuliner yg enak banget.

      2. kebetulan baru itu yang bisa saya jejakin ehhehe 🙂 ntar klo kesana lagi mau nyoba kulinernya

  17. wah…..udah lama g jenguk tanah kelahiran….pingin pulang menjelajahi wisata palembang

    Reply

  18. Klau ikut paket ini .brapa biayanya ya?

    Reply

    1. waduh saya tak buat paket perjalanan maaf ya

      Reply

  19. wah, makasih nih infonya. Akhir Mei kebetulan mau main2 ke Palembang

    salam
    catur

    Reply

  20. outing tahun ini aku ditunjuk sebagai seksi sibuknya :D… abis baca blog ini, jd kepikiran masukin Palembang k dlm salah satu list pilihan destinasi untuk dipilih 🙂

    Reply

    1. boleh aku dibawa ya fanny hehhehehe

      Reply

  21. mat din bin kadir September 1, 2014 at 10:41 pm

    saya dari malaysia. 6 orang..boleh sediakan kenderaan

    Reply

  22. kalau mau ke Air Terjun Lematang Indah, dari kota Palembng naik apa ya..? Jauhkah jaraknya dari kotanya? Saya ada rencana ke Palembang bulan Oktober nanti. Terima kasih.

    Reply

    1. wah waktu kesana saya justru gk pernha ke air terjunnya

      Reply

  23. wah tinggal di lengkapi wisata kulinernya, saya baru tahu kalo di Palembang juga ada mesjid Cheeng hoo. mirip Pagoda Waatugoong di Semarang. Makasih ya.

    Reply

    1. iya ntar tak lengkapin ya

      Reply

  24. wah seru yach, tgl 17 okbr mw ke palembang, mbak winny mohon info nya dong aku baru pertama kali ke palembang rencana mw ikut tes bkn palembang, skalian mw jalan2 juga,. dr bandara ke hotel d kawasan jalan letkol iskandar brp yach mbak?

    Reply

  25. Win, artikelmu ini aku bookmark yah. Makasih info2nya dan tunggu laporanku, hahaha 😀

    Reply

    1. mw ke palembang ya mawi?

      Reply

  26. gan aku nak nanyo di palembang dimano tempat sewo motor buat sehari bae

    Reply

  27. Yang belum pernah cuma ke masjid Cheng Ho. (y) Paling sering mah ke pulau kemaro sama jembatan ampera. (y)

    Reply

    1. kamu tinggal di palembang putri?

      Reply

  28. Ke plaju ke kilang pertamina…

    Reply

    1. Waktu itu tidak pergi kesana

      Reply

  29. Hai Winny, apakah aman kalau perempuan jalan2 sendiri di Kota Palembang baik siang hari maupun malam hari? Ada tipsnya?

    Reply

    1. waktu itu aku ada bareng pacar sih kesananya. Kalau jalan sendiri aman-aman saja karena aku sering melakukannya intinya mawas diri ama jangan membawa barang yang bisa membawa niat jahat orang

      Reply

  30. sewa motor palembang dimana ya?
    thanks

    Reply

  31. mau tanya tempat sewa motor di palembang di mana ya?

    thanks

    Reply

    1. maaf saya kurang tahu mas

      Reply

  32. ada tak tour agency yg di palembang ini ..bantuinn

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.