So, this was my journey to Palembang. I had a wonderfull trip during my vacation. Seeing some excited tourisms of Palembang. Palembang offered some cozy destination places. One of them  was Monpera. I felt excited and more alive”

This is my travelling.

Monpera

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa. Mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika memang mau berjuang – Abdul Muis, 1883-1959”

Akhirnya aku menginjakkan kaki ke Tanah Sriwijaya, Kota Palembang untuk melihat pernikahan Kak Wiwit. Sudah lama nian aku memimpikan untuk menjelajah objek wisata di Palembang . Walau bermodalkan 3 hari, ternyata aku bisa menikmati liburan yang menyenangkan di Palembang. Hampir semua objek wisata di Palembang aku kunjungi. Salah satu objek wisata di Palembang yang aku kunjungi ialah Monumen Perjuangan Rakyat atau orang Palembang sering  sebut dengan kata “Monpera”. Monpera merupakan bukti perjuangan rakyat Palembang. Lokasi Monpera begitu strategis berada di pusat kota Palembang. Alamat Monpera alias Monumen Perjuangan Rakyat di Jl. Merdeka Palembang di depan Masjid Agung, Palembang, Sumatera Selatan. Harga tiket masuk ke Monpera, Monumen Perjuangan Rakyat Rp 1000 dan harga tiket masuk ke dalam Museum Monpera Rp5000.

Saat aku diajak Daboo is my hero melihat Monpera, ada hal yang menarik dari Monumen itu yaitu tulisan di pagar yang bertuliskan hal yang harus dilakukan selama di dalam Taman Monpera. Harus menjaga kebersihan dan jangan mencoret dan wajib membayar uang masuk Rp1000. Yang lucu itu harganya loh 😀

Begitu masuk ke Taman Monpera aku telah disambut oleh garuda yang berdiri kokoh dan tinggi sekali, setinggi monumen yang memiliki 4 lantai. Hal yang bisa dilakukan di Monpera ialah duduk santai dan menambah pengetehuan tentang sejarah perjuangan Rakyat Palembang. Di sekitar Monpera juga terdapat taman serta tempat duduk, sehingga para pengunjung dapat beristirahat. Bisa aku katakana  Monpera merupakan wisata murah di Palembang, Sumatera Selatan. Lalu mengajak Daboo melihat isi museum dan kami harus membayar Rp5000 lagi. Di dalam museum banyak hal yang kami lihat mulai dari photo para pejuang dan tokoh dan pahlawan Palembang, peninggalan sejarah seperti senjata, baju, serta sejarah uang dari masa ke masa. Daboo dan aku mengamati seksama isi dari Monpera, wisata ekonomis di Palembang. Sesekali kami mengambil photo dari Museum.

Di dalam dinding museum ada tulisan yang menarik perhatianku yaitu  Se’iyo sekato senasib sepenanggungan. Jadikanlah setiap kampung halaman sebagai tempat pertahanan. Sepenggal kata yang sederhana tapi penuh makna.

Aku juga mengabadikan patung para pejuang Palembang yang wajah para pahlawan di pahat sedemikian rupa mirip aslinya.

Para pengunjung museum Monpera cukup banyak karena kebetulan kami berkunjung pada saat HUT RI ke 68 tahun, 17 Agustus 2013. Jadi objek wisata museum jadi incaran para turis local untuk menghabiskan waktu liburnya. Dan objek wisata yang diburu ilah Monpera. Meskipun demikian aku dan Daboo menikmati momen bersama kami dalam berburu objek wisata Palembang. Monpera telah memberikan kesan sendiri dan masuk ke dalam daftar list objek wisata Indonesia yang patut dikunjungi.

-Salam Blogger Indonesia dan Backpacker-

Winny Alna

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

9 Comments

  1. aku belon pernah kepalembang nih

    Reply

  2. perjuangan ito, bukan penderitaan 🙂

    Reply

    1. hahahhaa terimkaih ito itu gara si andiero ito org palembang yg kasih tw

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.