Arung Jeram di Wisata Alam Taman Lauser


Hello World!!

Pernah dengar kata Bukit Lawang? Sungai Bahorok? Taman Lauser?

Well…

Its kinda popoler among the foreigner tourists.

Bukit Lawang merupakan objek wisata andalan Sumatera Utara.  Bukit lawang merupakan kawasan wisata alam bagian dari Taman Nasional yang terkenal dengan sebutan “Taman Lauser” yang berada di perbatasan antara Sumatera Utara dengan Aceh.

 

Taman Leuser
Taman Leuser

Taman Lauser terkenal dengan orang utan dan harimau Sumatera. Taman Nasional Gunung Leuser merupakan hutan liar dan penuh dengan vegetasi tumbuh-tumbuhan khas daerah tropis.

Objek wisata alam taman Lauser merupakan objek wisata favorit di Sumatera Utara dan kebanyakan turis mancanegara/bule seringnya melihat “Orang Utan Feeding Station” yang ada di Taman Lauser.

 

 

Gunung Leuser
Gunung Leuser

Objek wisata utama dari Bukit Lawang di Taman Lauser ialah Sungai Bahorok atau sering disebut juga dengan Sei Bahorok. Sungai Bahorok merupakan objek wisata favorite di Sumatera Utara karena letak sungai yang strategis. Di sisi kiri dan kanan terdapat hutan lebat dengan sungai besar yang ada yaitu sungai Bahorok itu sendiri. Terdapatat jembatan kayu yang menghubungkan sisi kanan hutan dengan sisi kiri hutan. Jika masuk ke hutan maka akan menemukan orang hutan bergelantungan di pohon.

Untuk masuk ke Bukit Lawang maka cukup membayar harga tiket masuk Taman Wisata Taman Lauser dengan harga Rp5000 tapi ini hanyalah harga tiket masuk Bukit Lawang beda dengan harga tracking ke hutan. Jika tracking ke hutan maka biayanya tergantung lama pendakian. Jika pendakian 2 hari maka harga tracking ke Gunung Leuser sebesar Rp500.000 untuk local. Mahal?

Yah cukup mahal tapi itu sangat worth it untuk bertemu dan merasakan sensasi hidup di hutan.

Sungai Bahorok
Sungai Bahorok

Aku, Friso dan Surya sewaktu tracking ke Bukit Lawang ikut paket dan yang paling seru dan banyak dilakukan pengunjung jika berkunjung ke Bukit Lawang ialah arung jeram di Sungai Bahorok.

Arung jeram yang cukup menantang adrenalin. Karena arung jeramnya bukan arung jeram sembarangan tapi arung jeram yang menguji nyali dengan bermodalkan ban. Bayangkan saja “floating tube on Bahorok River”!! Sungai Bahorok saja dipenuhi dengan bebatuan  dengan airnya yang “brrr” dingin!!

Tapi justru disinilah letak asyiknya. Bermain air dengan tubing, crazy? Absolutely but it’s a pleasure!!

 

Rafting
Rafting

Tapi jangan khawatir bagi yang takut dan was-was untuk memakai ban, di sekitar pinggirian sungai bahorok banyak terdapat tempat sewa alat rafting yang aman. Namun jika ingin merasakan sensasi yang menantang, aku sarankan mencoba tubing 🙂

Harga tubing di Sungai Bahorok  cuma Rp50.000-75.000 tergantung pandai menawar dan cukup menyenangkan karena kita akan diajak mendaki Gunung lalu masuk ke ban dan memulai tubing di Sungai Bahorok..

 

Bukit Lawang
Bukit Lawang

For me, flaoting on Bahorok River Bukit Lawang, National Leuser Park was stunning!! Having such a great friends did the crazies things and my lust on nature over out and made me alive!! Bukit Lawang is wonderfull countryside of Indonesia!!

“A great pleasure in life is doing what people say you cannot do –Walter Bagehot”

-Salam Blogger dan Backpacker Indonesia-

Winny Alna

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

45 thoughts on “Arung Jeram di Wisata Alam Taman Lauser

      1. waktu pelajaran IPS SD pernah tahu taman nasional gunung leuser. kamu masih inget?
        aku yang belajar taman leuser tapi kamu yang menikmati. pengalaman tentu lebih berkesan dan diingat daripada cuma pengetahuan yang dijejalkan.

  1. waktu jalan-jalan ke sumut rencana mau kesini, tapi berhubung jauh jadi batal. yang tubing sepertinya asik juga, sungainya gede O.O

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.