Jakarta Karnaval 2013


Hello World!!

Siapa diantara pembaca yang fans sama Pak Jokowi?

Aku salah satu fans yang mengidolakan Jokowi..

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi memang selalu memiliki gebarakan yang unik untuk mengangkat kebudayaan asli Jakarta, budaya Betawi. Gebrakan yang dilakukan salah satunya ialah Jakarta Karnaval yang merupakan lanjutan acara dari Night Festival untuk merayakan HUT DKI ke 486.

Tentu saja gebrakan Jakarta Karnaval menarik minat wisatawan mancanegara yang ingin mengetahui kebudayaan Indonesia khususnya Jakarta. Karnaval Jakarta memang unik dan berhasil menyedot perhatian masyarakat yang tidak hanya lokal tapi banyak juga turis yang travelling dan sedang berlibur di Jakarta  yang ikut bergabung dengan warga dan antusias untuk Jakarta Kanaval. Sewaktu aku dan Daboo ikut nimbrung, sudah ribuan penonton yang memadati Bundaran HI untuk melihat kedatangan Pak Jokowi.

Masyarakat yang menanti Jakarta Festival
Masyarakat yang menanti Jakarta Festival

Lokasi Jakarta Karnaval dimulai dari Balai Kota hingga ke Bundaran HI. Jakarta Karnaval telah menghidupkan kebudayaan Jakarta. Karnaval dimulai sejak pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. (hasil dari rajin baca detik :D). Sebagai pembuka karnaval diawali dengan pasukan paskibra yang membawa bendera merah putih.

Karnaval Jakarta
Karnaval Jakarta

Untuk merapikan jalanan yang dipenuhi oleh masyarakat, maka polwan pun memakai sepatu roda dan siap menyuruh warga untuk memberikan jalan kepada peserta karnaval. Dan sebagian lagi polisi wanita mengendarai motor. Cool banget gaya polwan-polwan dalam menertibkan warga yang sangat antusias menunggu kedatangan Pak Jokowi,

Polwan
Polwan

Hal yang menarik dari karnaval pada ukuran ondel-ondel yang besar yang ditandu dengan beberapa orang. Memang acara budaya Jakarta Karnaval mengangkat tema “Keajaiban Ondel-Ondel”. Budaya khas Jakarta “ondel-ondel” yaitu yang merupai orang yang dihias. Yang paling ajaib jumlah peserta yang mengikuti karnaval berjumlah 1500 peserta yang berasal daro Jakarta, Jember, Solo, Subang, Magelang yang kesemuanya memakai pakaian hias.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Aku dan Daboo telah siap menunggu parade karnaval di Kawasan protokol yaitu di Jl. M Thamrin karena yang paling dekat dengan kosan :D. Sebenarnya yang buat aku penasaran ialah Pak Jokowi karena dalam Karnaval Jakarta, beliau akan mengendarai kuda. Ternyata bukan aku saja, rata-rata masyarakat datang untuk melihat Pak Jokowi. Pak Jokowi memakai baju yang super beda dari yang lain yang mencuri perhatian siapa saja. Kenapa tidak? Kostum Jokowi yang unik terbuat dilengkapi dengan topi kaisar.

Jokowi
Jokowi

Kedatangan Jokowi memang memiliki magnet tersendiri, low profile dan bersahaja. Padahal acap kali Jokowi minum air karena haus dan capek bahkan sekali-kali melepas topi yang gede diikuti gelak tawa masyarakat. Dan tentu saja Jokowi di kawal oleh polisi yang  juga berkuda dengan kuda yang besar. .

JOkowi
Jokowi di Karnaval jakarta

Meski kelihatan capek tapi Jokowi tetap melambaikan tangan dan menebar senyum kepada masyrakat. Jokowi yang terkenal dengan blusukan serta pernah di nobatkan sebagai 3rd winner mayor prize  memang pemimpin yang merakyat. Kalau aku perhatikan, yang menjadi magnet acara Karnaval justru kedatangan Jokowi, masyarakat terhibur dengan wisata budaya yang kental dengan budaya Betawi secara gratis.

Antusias Warga Jakarta melihat Jokowi
Antusias Warga Jakarta melihat Jokowi

Setelah sampai di panggung, Jokowi memberikan pesan kepada masyrakat Jakarta dan emnitip Jakrta agar tidak membuang sampah sembarangan, tidak menginjak taman dan membersihkan selokan. Yah nasehat yang simple yang bisa merubah wajah Jakarta yang bersih agar slogan “Enjoy Jakarta” bisa diaplikasikan dan yang paling penting kemudahan mengakses wisata dan semua tempat yang dapat menarik traveller maupun backpacker untuk menikmati sisi lain Jakarta.

Jokowi di Karnaval Jakarta
Jokowi di Karnaval Jakarta

Acara karnaval Jakarta lumayan juga buat liburan dan menikmati acara menarik dalam menghabiskan weekend. Jalan-jalan hemat tanpa bayar :D..Dan yang paling penting, akhirnya bisa melihat Jokowi dan dapat photonya!! Aku pun tak mau kalah dengan berkostum unik juga :)..

Sore yang menyenangkan di Jakarta!!

Aku di Karnaval Jakarta
Aku di Karnaval Jakarta

 

 

Iklan

11 tanggapan untuk “Jakarta Karnaval 2013

  1. Jakarnaval ini sudah ada dari jamannya pak Kumis, hanya saja tahun ini dibuat lebih meriah oleh mas Joko.
    btw, saya kemarin juga ada di tengah keriuhan penasaran lihat polwan-polwan bermoge dan beroller blade 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s