Menikmati Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu


Hello world!

pulau seribu   Penat dengan kemacetan Jakarta maka bisa menikmati liburan pekan ke Kepulauan Seribu. kepualau Seribu merupakan primadona baru untuk wisata alam menarik yang tak jauh dari Jakarta. Sama halnya denganku dan dengan tiga teman, satu diantaranya si haholongan Daboo. Aku, Andisu, Hery dan Nurul bersama-sama menjelajah dan menikmati serta berakhir pekan ke Kepulauan Seribu dan Pulau yang kami pilih ialah Pulau Pramuka.

Perjalanan kami ke Pulau Pramuka butuh perjuangan yang menyenangkan. Mulai dari jam kumpul di Halte Harmoni pukul 06.00 WIB, aku dan daboo sama-sama menunggu Hery dan Nurul. Jam 06.00 WIB lewat barulah Hery dan Nurul datang. Si Hery dengan tas backpack nya yang gede dengan tenda yang sudah ready. Dengan membayar busway seharga Rp3500 dari Harmoni kami melanjutkan ke Halte Grogol, dari Grogol transit dan menuju ke Pluit. Di Pluit kami berhenti dan menaik angkot dengan jurusan Muara angke seharga Rp2000.

Nah memasuki pelabuhan Muara Angke, bau yang menyegat telah menyambut kami. Dari pengalamanku, Pelabuhan Muara Angke Jakartalah pelabuhan yang terkotor yang pernah saya lihat dalam hidup saya. Bayangkan air lautnya saja berubah menjadi hitam, tapi di pasar Muara Angke terdapat pasar ikan yang segar-segar hasil nelayan kita.

Setelah sampai di pintu masuk menuju kapal, kami kena bodoh-bodohin dengan membayar uang Asuransi Rp2000, karena kami tidak tahu kalau asuransi itu tidak perlu dibeli, kami kira membeli karcis kapal ke Pulau seribu di depan rupanya langsung masuk ke kapal yang sudah menunggu. Tapi kamipun berpikir, “gak apalah, itung-itung asuransi jiwa”.

Nah buat yang belum pernah ke Pulau Seribu dan sering searching di internet kalau waktu  keberangkatan kapal ke Pulau seribu tepat jam 7.00 WIB tidak usah khawatir karena jam berangkat kapal dari Muara Angke ke Pulau Seribu jam 07.30WIB yang paling lama. Jujur saya awalnya khawatir karena kami datang telat sekitar jam 07.10 WIB, tapi rupanya berangkatnya jam 07.30 WIB. 

Kamipun menaiki kapal asal masuk, dan lucunya tempat duduknya lesehan dengan baiya kapal ke Pulau Pramuka Kepulauan Seribu seharga Rp30.000. Di kapal kami mengalami yang namanya mabuk laut karena goncangannya yang super “wow”, Daboo sampai pusing dibuatnya.

Setelah 4 jam berlalu (waktu dari Jakarta ke Pulau Pramuka dengan kapal laut), kamipun disambut dengan penangkaran ikan hiu yang berada di kolam dekat laut.

ikan hiu-kepulauan seribu
ikan hiu-kepulauan seribu

Ketika menginjakkan kaki ke Pulau Pramuka kami begitu antusias dan takjub, berbeda sekali dengan komdisi Jakarta yang sumpek, kotor dan bau serta macet, tidak heran pulau seribu jadi pulau primadona untuk turis lokal maupun turis mancanegara untuk menghabiskan weekend dengan menikmati nuansa pulau yang indah dengan airnya yang biru dan suasana pedalaman yang menghangatkan. Pulau pramuka yang bersih dan masih asri, pulau kecil dikelilingi oleh lautan luas. Penduduk lokal yang sebahagian menjadi pedagang menajajakan jualannya disekitar pelabuhan. Mataku pun tertuju pada anak kecil yang bermain air di pelabuhan menambah sambutan kepada kami, “alangkah indahnya pulau pramuka”.

Pulau Pramuka
Pulau Pramuka

Hari menunjukkan pukul 12.00 WIB dan rasa lapar mengahampiri aku dan tim.Kamipun mencoba mie ayam pulau seribu dengan harga Rp 8.000 saja dan jika tambah mie ayam bakso jadi Rp10.000. Lumayan murah untuk daerah wisata!

Kamipun mencari-cari penginapan dan mengelilingi Pulau Pramuka. Ternyata di Pulau Pramuka banyak homestay dan kebanyakan berbentuk rumah. Jadi makin banyak peserta maka penginapan makin murah, itulah tips hemat ke Pulau Seribu (rahasia yang terpecahkan).

Singkat cerita kamipun mendapat rumah murmer (murah meriah) cukuplah untuk penginapan murah di Pulau Seribu seharga Rp200.000/malam. Rumah ini kami dapat di belakang Pulau Pramuka dengan menjelajah dan memutari pulau pramuka. Ciri khas Pulau Pramuka ialah terdapat bakau di tengah laut, itulah temapt wisata menarik di Pulau Pramuka kepulauan seribu.

pulau pramuka-kepulauan seribu
pulau pramuka-kepulauan seribu

Aku, Daboo, Hery dan Nurul mengabadikan photo bakau Pulau Pramuka. Uniknya pengunjung lebih banyak ke bagian depan Pulau Pramuka, padahal bagian belakang Pramuka sangat indah dan pohon bakau di tepi laut pulau pramuka sangat menakjubkan.

Perjalanan ke Pulau Pramuka sangat mudah dan hemat menurutku ditambah keindahan alam yang tak terkira! Sama halnya saat kami memandang disekitar Pulau Pramuka yang disekelilingnya terdapat pulau-pulau kecil yang merupakan bagian pulau Seribu.

Kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan di Pulau Pramuka ialah snorkeling dan diving. Tapi ada juga yang bersepeda mengelilingi Pulau, tapi tidak ada motor disini, hanya ada sepeda dan kapal nelayan. Kapal nelayan inilah satu-satunya alat transportasi untuk menuju ke pulau disekitarnya.

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu

Nah back to the topic, kami yang mendapatkan penginapan kemudian beristirahat untuk melanjutkan perjalanan berikutnya..

(to be continue)

Pulau Pramuka

Iklan

42 tanggapan untuk “Menikmati Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

      1. iya, kmrn udh ada yg tlp sih. trus dikasih patokan-patokannya gitu. Jd still wating koq. santai aja 🙂

  1. Mau tanya, dari muara angke sepeda bisa masuk kapal gan?
    trus untuk tujuan nya request ke awak kapal atau setiap kapal punya jurusannya masing2..?

    1. sepeda motor apa sepeda biasa? pengalaman waktu kesana gk ada yang bawa sepeda soalnya kapal kecil khusus penumpang… kapalnya sesuai dengan tujuan masing2.. jd kalau mau ke pulau tidung naiknya beda dengan kapal yang ke pulau pramuka

  2. mau tanya dong gan, untuk penyebrangan dari muara angke ke pulau pramuka dan sebaliknya, selalu ada setiap hari atau nggak ya??? ditunggu jawabannya gan 😀 *minat kesana nih 😀

  3. Pulau pramuka memang ramai untuk di kunjungi dari dulu sampai sekarang.karena keindahan alam lautnya yang masih alami, dan keramahan penduduknya yang familiar dengan siapa saja.

  4. Gan mohon info , kalau di muara angke apakah ada penitipan mobil ? Saya dari bogor baiknya naik mobil pribadi atau transport umum ya Gan ? rute ke muara angke bagaimana ya , saya belum tahu. Oya mohon info diperjelas itu tarif penginapan maksudnya 200 ribu per orang kan …?
    Syam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s